cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No 23-25 Kramatjati, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
ISSN : 25493310     EISSN : 26232901     DOI : 10.37012/jipmht
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para peneliti.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin" : 6 Documents clear
Manajemen Strategi Pengembangan Sumber Daya Pendidikan di SMK Al-Kalam Bani Marwan Kabupaten Lebak Fahmi Alfin Ibrahim; Raidah Sulistiarini; Iwan Purwanto; Sita Ratnaningsih
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v7i1.1583

Abstract

Sumber daya pendidikan selalu berbanding lurus dengan ekonomi pendidikan karena seiring dengan semakin tajamnya persaingan akibat perkembangan teknologi yang sangat drastis dan diiringi dengan mode industri 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya manajemen strategi proses pengembangan sumber daya pendidikan di SMK Al-Kalam Bani Marwan dengan harapan terbangun sebuah pemikiran substantif yang utuh (tidak terdikotomis dan parsial). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, adapun data yang diperoleh berdasarkan observasi, wawanara, kepustakaan, dan dokumentasi penelitian. Dari penelitian ini ditemukan beberapa faktor yang harus dibenahi dalam pengembangan sumber daya diantaranya kesadaran akan tupoksi sumber daya manusianya yang masih kurang diperhatikan dan kurangnya sosialisasi dalam bidang-bidang tertentu seperti sumber daya keuangan dan sumber daya bukan manusia di lingkungan SMK Al-Kalam Bani Marwan Kabupaten Lebak. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk menunjukan bahwa strategi pengembangan sumber daya pendidikan di SMK AL-Kalam Bani Marwan Kabupaten Lebak yaitu meningkatkan sumber daya pendidikan untuk menciptakan sumber daya yang profesionalisme dan bertanggung jawab baik dengan cara pemberian pelatihan yang sesuai dan model yang tepat untuk diterapkan pada sumber daya keuangan dan program Pendidikan
Implementasi Manajemen Peserta Didik di Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Jakarta Raidah Sulistiarini; Fahmi Alfin Ibrahim; Hasyim Asy’ari; Sita Ratnaningsih
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v7i1.1584

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan sarana bagi seseorang dalam meningkatkan pengetahuan. Sebagaimana uraian tersebut, peneliti mengamati bahwa manajemen peserta didik harus dijalankan dengan baik oleh semua elemen di lembaga pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui peran kepala asrama dan mentor dalam pengelolaan peserta didik. 2) mengetahui upaya kepala asrama dalam mengelola peserta didik. 3) Menentukan faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola peserta didik di Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan dan studi fenomenologi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Kepala MEC, Mentor, Dosen dan alumni Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Jakarta. Hasil perolehan literatur, observasi, dan wawancara disajikan dan dianalisis secara komprehensif, ringkas dan sistematis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik di Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Jakarta sudah berjalan baik terlihat dengan adanya program yang terukur dan kegiatan yang ada dalam lembaga pendidikan mengacu pada kepentingan mutu lulusan melalui implementasi manajemen yang baik dengan melakukan beberapa upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen, kepala asrama, mentor dan pendidik. Saran penelitian untuk kedepannya adalah bahwa penguatan manajemen Pendidikan di berbagai institusi menjadi sangat penting.
Kinerja Guru PAUD dalam Pembelajaran Jarak Jauh Sopiah Sopiah; Muasisah Jadidah; Putri Ratih Puspitasari
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v7i1.1378

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) di Kelurahan Cikutamahi, Kecamatan Cariu pada saat pelaksanaan  pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kompetesi pedagogik guru pada saat pelaksanaan  pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan guru melalui pengamatan karakteristik siswa. Teknik pembelajaran menggunakan Whats App grup, home visit serta berkoordinasi dengan orangtua. Pengembangan  kompetensi kepribadian dilakukan melalui disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, siswa diberikan penghargaan dengan kata-kata positif, sabar dan gigih selama proses pembelajaran daring. Kepribadian semangat dan penuh keceriaan dilakukan oleh guru saat aktivitas mengajar. Kompetensi profesional guru PAUD terlihat dengan pemanfaatan media TIK. Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran melalui dokumentasi foto atau video  hasil unjuk kerja siswa
Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Anisa Aulia; Yuli Marlina
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v7i1.1568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi proses pembelajaran di Sekolah dimana guru harus mampu menyiapkan strategi dan model pembelajaran yang baru. Dengan kata lain kegiatan pembelajaran untuk saat ini tidak lagi pembelajaran berpusat pada guru, akan tetapi lebih berpusat kepada siswa. Pembelajaran berpusat kepada siswa akan membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Melihat kondisi ini peran guru tidak hanya diam tetapi menjadi fasilitator yang tetap memberikan ilmu dan pengetahuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan field Research dimana peneliti mengamati dan berpartisipasi secara langsung dalam penelitian skala sosial kecil dan mengamati proses pembelajaran berlangsung. Peneliti secara langsung mengadakan pengamatan untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam penyusunan hasil penelitian. Hasil penelitian didapati menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis pada aktivitas siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya; a) Penggunaan model Small Group Disucssion secara signifikan memberikan pengaruh terhadap mata pelajaran PAI. Teknik yang digunakan dengan membuat diskusi kelompok kecil antar peserta didik, serta menyampaikan hasil dari diskusi kelompoknya. b) Faktor Guru itu sendiri sebagai fasilitator. c) Faktor sarana dan infrastruktur yang sesuai sehingga memudahkan peserta didik pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Putri Amaliyah; Yuli Marlina
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v7i1.1573

Abstract

Penelitian ini berusaha mengkaji penggunaan media pembelajaran yang berfokus pada salah satu aplikasi presentasi berbasis edukasi yaitu Microsoft PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional dengan menggunakan instrument kuesioner yang disebar pada 93 sampel dari total 1.462 populasi seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta. Adapun instrument kuesioner berjumlah 20 butir pernyataan positif dan negative pada masing- masing variabel X dan Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan uji hipotesis ro rt dengan hasil ro sebesar 0,448 maka hasil tersebut lebih besar daripada “rt” taraf signifikan 5% sebesar 0,207% dan taraf signifikan 1% sebesar 0,267%. Dan hasil penelitian ini adalah pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa. Apabila dilihat rxy yang diperoleh yaitu 0,448 ternyata terletak antara 0,40 – 0,70 berdasarkan pedoman yang terdapat pada tabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X (Media Pembelajaran PowerPoint) dan Variabel Y (Motivasi Belajar) adalah korelasi yang tergolong sedang atau cukup. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan PowerPoint memiliki korelasi yang sedang/cukup terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dengan nilai sebesar 0,448 atau 44,8%.
Scoping Review: Item Analysis Pada Multiple Choice Questions (MCQs) dalam Pembelajaran Sri Yunita; Yasinta Dewi Kristianti; Novia Martin; Nuryudica Harefa; Elly Yana; Patricia Zenitha Aritonang; Dessy Nur Safitri; Ari Indra Susanti; Qorinah Estiningtyas Sakilah Adnani Adnani
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jipmht.v7i1.1671

Abstract

Salah satu komponen penting dari proses belajar mengajar adalah penilaian dan evaluasi. Ini adalah cara untuk mengetahui batas kemampuan, dan perkembangan hasil pembelajaran mahasiswa serta tingkat efektivitas pengajaran dosen. Pertanyaan multiple choice (MCQs) atau pertanyaan pilihan berganda adalah salah satu jenis penilaian dan evaluasi yang sangat populer. Agar ujian tetap sesuai dengan penilaian yang diinginkan, standar yang berlaku untuk pembuatan instrumen MCQ harus dipatuhi. Diharapkan review ini dapat menambah referensi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pembuatan instrumen evaluasi MCQ dengan berfokus pada analisis hasil item analisis pada instrumen evaluasi MCQ. Struktur yang digunakan oleh Arksey dan O'Malley terdiri dari lima langkah. Menurut hasil, terdapat tujuh artikel yang diperoleh dari proses pencarian. Terdapat empat tema yang ditemukan dalam hasil analisis. Mereka adalah sebagai berikut: menentukan kualitas bagian soal; elemen yang mempengaruhi tingkat kesulitan soal; menjamin validitas dan kredibilitas bagian soal; dan menggunakan metode analisis untuk menghasilkan distraktor. Dalam pemilihan evaluasi belajar dalam pilihan berganda (MCQ), ketelitian diperlukan dalam pembuatan soal dan opsi jawaban yang menggunakan item analysis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6