cover
Contact Name
Herson Anwar
Contact Email
herson.anwar@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281392251255
Journal Mail Official
jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Minhaj
ISSN : 2622965X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan/materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai, Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang paradigma pendidikan Islam
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam" : 20 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA KITAB- KITAB ALLAH KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATUDAA PANTAI Sudirman, Marten
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai, Kec. Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo,dengan penerapan model Problem Based Learning di semester 1 tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Batudaa Pantai, yang melibatkan 15 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen penelitian adalah tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparasi dengan presentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dilihat dari skor rata-rata. Skor rata-rata peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah ditunjukkan pada nilai rata-rata hasil belajar pada prasiklus dengan nilai rata-rata 62,67, pada siklus I meningkat menjadi 68,33 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 82,67. Dari segi Kriteria Ketuntasan Minimal pada prasiklus siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 33,33%, pada siklus I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,33%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Pantai dengan penerapan model Problem Based Learning meningkat secara signifikan, sehingga layak untuk diterapkan di SMP Negeri 2 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo.
PENGARUH PENERAPAN METODE INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI Q.S. AL-HUJURAT/49:13 PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TOLANGOHULA Rukmawati Badu Pakuna
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. Menggunakan studi tindakan kelas, penelitian ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas VI yang mengalami kesulitan memahami konsep dasar. Observasi awal menunjukkan kurangnya partisipasi siswa, sehingga diterapkan metode pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok dan permainan edukatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes untuk mengevaluasi perubahan pemahaman siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi dan pemahaman materi, dengan siswa lebih antusias berkontribusi dalam diskusi. Penelitian menyimpulkan bahwa metode interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa dan menciptakan lingkungan belajar positif. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengadopsi variasi metode yang sesuai dengan karakteristik siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 05 ASPARAGA KAB. GORONTALO Win N. Toe
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningktan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 05 Asparaga Kab. Gorontalo.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan sumber data yakni peserta didik kelas V SD Negeri 05 Asparaga Kabupaten Gorontalo yang dilaksanakan dalam 2 Siklus yang terdiri dari perencaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif model interaktif Milles dan Huberman melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan dengan menerapkan model pembelajaran tipe Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Asparaga Kabupaten Gorontalo. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus I dengan menggunakan model Problem Based Learning yakni pada aktivitas guru hanya memperoleh nilai sebesar 73% dengan beberapa item tindakan yang belum dilaksanakan secara maksimal sementara pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan 85%, pada penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I hanya mencapai 56% sementara pada siklus II sudah mencapai 95%. Dan pada aktivitas yang berkenaan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata ketuntasan mencapai 67% dan pada hasil tindakan siklus II mencapai 90 bahkan secara keseluruhan ketuntasan mencapai 100% keberhasilan pembelajaran.
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTADIDIK PADA MATERI AL-QUR’AN HADIS KELAS VII DI SMPN 2 TOLANGOHULA Husain M. Pauweni
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tolangohula pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits melalui penerapan siklus pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap: sebelum siklus, Siklus I, dan Siklus II. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan signifikan di setiap tahap. Sebelum siklus, nilai rata-rata siswa adalah 56,4, yang menunjukkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Setelah diterapkannya strategi pembelajaran pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 68,3, yang menandakan adanya peningkatan pemahaman. Pada Siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan nilai rata-rata 82,1, menunjukkan bahwa intervensi yang diterapkan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits secara signifikan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI ZAKAT FITRAH DI KELAS 5 SD NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO Neliaty I. Mobonggi
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) dengan subjek penelitian adalah kelas 5 SD Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan instrument penelitian yakni lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes dan juga lembar hasil belajar peserta didik. Adapun teknik analisis data dilakukan berdasarkan pedoman penelitian tindakan kelas yakni analisis secara deksriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo pada materi zakat fitrah dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tindakan yakni 1) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head together pada siklus I hanya mencapai 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Peningkatan ini disebabkan adanya perbaikan yang dilakukan berdasarkan catatan pada siklus I, 2) Aktivitas belaja peserta didik pada siklus I hanya berkisar 50% sementara pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 93 %, 3) Hasil Belajar peserta didik pra siklus masih rendah yakni 36% ketuntasan belajar, sementara setelah dilakukan tindakan maka pada siklus I meningkat menjadi 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 96% dengan jumlah peserta didik yang sudah tuntas berjumlah 24 orang dan 1 perserta didik memerlukan remedial
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII SMPN 1 ASPARGA Yunus, Amna
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Asparaga.Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi baru dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada umumnya, dan khususnya bagi SMP Negeri 1 Asparaga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan mengamati proses pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan media video animasi, kemudian wawancara langsung dengan siswa-siswi yang telah belajar menggunakan media video animasi. teknik pengumpulan data selanjutnya adalah dokumentasi, berupa foto-foto kegiatan belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam sangat efektif hal ini dikarenakan media video animasi memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, video animasi juga membuat proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan, serta dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa.
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL- QUR’AN (QS. ALI-IMRAN : 190-191 dan Qs. AR-RAHMAN : 33 PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TELAGA) Yelsi Moha
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran PAI adalah rendahnya hasil belajar membaca al-Qur’an. Banyak siswa yang masih belum tuntas dalam hal membeca al-Qur’an. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar membaca al-Qur’an tersebut yaitu melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya. Metode tutor sebaya dilakukan guna meningkatkan hasil belajar membaca Q.S Ali-Imran :190-191 dan Q.S Ar-Rahman :33 peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar membaca Q.S Ali-Imran :190-191 dan Q.S Ar-Rahman :33 pada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga berjumlah 19 anak,. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% atau 16 orang siswa tuntas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 69,23% dengan ketuntasan 9 orang dan pada siklus II sebesar 85,71% dengan ketuntasan 16 orang. Data data tersebut di atas jelas menunjukkan pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ELEMEN ALQUR’AN DAN HADIS KELAS XI SMA NEGERI 1 DUNGALIYO Sakinah Hamise
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar peserta didik terhadap Pembelajaran PAI khususnya pada elemen Alqur’an dan Hadis. Hal ini dapat terlihat dalam proses pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang aktif. Sehingga dengan minat belajar yang cukup rendah tersebut memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan minat belajar PAI pada elemen Alqur’an dan Hadis , diambil tindakan pembelajaran menggunakan media audio Visual. Dengan menggunakan media audio visual diharapkan peserta didik menjadi sangat antusias sekali dalam belajarnya. Peserta didik juga menjadi termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang berlansung. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Pada teknik observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik, sedangkan pada teknik Unjuk Kerja adalah menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi pesera didik yang di amati oleh peneliti dari proses pembelajaran pra siklus yang didapat nilai rata-rata 63% kemudian meningkat menjadi 68% pada siklus I dengan jumlah peserta didik yang mampu mencapai indikator motivasi belajar 75% sebanyak 5 peserta didik dari jumlah 10 peserta didik. Dalam hal ini masih ada 50% jumlah peserta didik yang belum mencapai indikator motivasi belajar yang diharapkan. Namun, pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,62% dengan jumlah peserta didik yang mampu mencapai indikator motivasi belajar 75% sebanyak 10 peserta didik dari 10 peserta didik. Oleh karena itu, ada peningkatan yang sangat signifikan pada motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI QUR'AN SURAH AL-MA'UN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD NEGERI 3 LIMBOTO KAB. GORONTALO Hariyati J. Lasaka
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar peserta didik tidak hanya sekedar nilai akan tetapi hasil belajar menjadi suatu pernyataan yang spesifik sebagai bentuk perilaku dan penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan dalam rangka menggambarkan hasil yang diharapkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pateri surah al-Ma’un di kelas V SD Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengukur sejauh mana penerpan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta lembar penilaian hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif.Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Surah Al-Ma’un di kelas V SD Negeri 3 Limboto Kab. Gorontalo hal ini dapat dibuktikan dengan data peningkatan hasil belajar peserta didik mulai dari pra siklus yang hanya memiliki nilai ketuntasa sebesar 36% dengan jumlah pesersta didik yang tuntas yakni 9 dari 25 peserta didik, sementara pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together maka hasil belajar perserta didik meningkat menjadi 60% dengan jumlah peserta yang tuntas sebanyak 15 peserta didik, belum berhasilnya penelitian pada siklus I tersebut disebabkan banyak hal terutama aktivitas guru yang belum mampu menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together dengan baik dan benar. Kemudian setelah dilakukan refleksi dan perbaikan maka pada tindakan siklus II hasil belajar peserta didik menjadi 100% dengan jumlah peserta didik yan tuntas sebaganyak 25 peserta didik.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE QUESTION STUDENTS HAVE DALAM MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI KELAS V SDN 21 PULUBALA Salma Djauhari
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode question students have dalam materi indahnya saling menghargai. Metode yang digunakan ialah penelitian Tindakan kelas yang merupakan suatu rancangan tindakan penelitian yang bersifat relative dengan melakukan langkah-langkah tertentu yang dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran dikelas secara propesional. Hasil penelitian menunjukan bahwa meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode question students have dalam materi indahnya saling menghargai dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 2 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 3 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 4 (2021): Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Jurnal al-Minhaj Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam More Issue