cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
jppg@umsu.ac.id
Phone
+6281361147192
Journal Mail Official
jppg@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
ISSN : -     EISSN : 27217795     DOI : 10.3059
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, pengembangan proses pembelajaran dan analisa kesulitan dalam pembelajaran serta penerapan e-learning yang dapat secara efektif dalam memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan lembaga pendidikan tinggi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2025)" : 7 Documents clear
Peningkatan Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Surakarta dengan Model Problem Based Learning Wahyudi, Ahmad; Hayati, Sri Nurul; Jatmika, Surya; Syakbaniyah, Siti Nur
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i2.24253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung dengan media konkret pada kelas X Akuntansi 3, yang terdiri dari 30 peserta didik perempuan dan 5 peserta didik laki-laki. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 78,15 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 68,57%. Pada siklus II, terjadi peningkatan rata-rata nilai menjadi 81,42 dengan persentase ketuntasan mencapai 82,86%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan benda konkret efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi, khususnya pada elemen Perbankan Dasar dengan topik perhitungan bunga tabungan menggunakan metode floating interest rate.
The Influence of LBB Extracurricular Activities on Shaping Discipline in Kindergarten B Students at TK Kartika IX - 43 Saputri, Iin; Koesmadi, Dita; Sasomo, Budi
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i2.25337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Latihan Baris Berbaris terhadap pembentukan kedisiplinan pada anak usia dini, khususnya anak Kelompok B di TK Kartika IX – 43. Latar belakang penelitian ini bermula dari permasalahan rendahnya kedisiplinan pada anak usia taman kanak-kanak, yang ditunjukkan dengan perilaku seperti tidak menaati peraturan, tidak teratur dalam melakukan kegiatan sehari-hari, dan sulit mengikuti perintah guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 anak usia 5–6 tahun yang dipilih secara acak dari populasi yang homogen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang meliputi enam indikator kedisiplinan, yaitu menaati peraturan, mampu mengikuti perintah, tertib, menguasai diri, bertanggung jawab, dan tepat waktu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan LBB, yang dilakukan secara terstruktur selama empat minggu. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan menunjukkan adanya peningkatan skor kedisiplinan anak secara signifikan setelah mengikuti kegiatan LBB. Hasil analisis statistik dengan nilai signifikansi (p 0,05) menunjukkan bahwa kegiatan LBB berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kedisiplinan anak. Dengan demikian, Latihan Baris Berbaris terbukti efektif sebagai salah satu sarana pengembangan karakter disiplin pada anak usia dini dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD). Kata Kunci: Latihan Baris Berbaris, Disiplin, Anak Usia Dini, Ekstrakurikuler, Pendidikan Karakter.
Pengaruh Dimensi Manajemen Sarana Prasarana Sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Serang Andayani, Sakti; Sari, Mela Pebriana; Nuryanto, Uli Wildan; Mutoharoh, Mutoharoh
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i2.24633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dimensi-dimensi manajemen sarana dan prasarana terhadap mutu Pendidikan di SMP Negeri Se-Kota Serang menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan model persamaan struktural PLS (SEM-PLS), data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 170 responden yang merupakan guru dari 11 SMP Negeri di Kota Serang yang memiliki akreditasi B. Metode sampling dilakukan dengan purposive random sampling. Jumlah indikator yang diuji untuk variabel eksogen sebanyak 28, sedangkan untuk variabel endogen sebanyak 6. Hasil analisis outer model menunjukkan bahwa semua indikator memiliki nilai loading faktor di atas 0.70 yang menunjukkan bahwa model secara keseluruhan memiliki validitas yang baik. Sementara hasil reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’s alpha dan komposit reliabilitas menunjukkan semua variabel memiliki nilai di atas 0.60, yang menggambarkan reliabilitas yang baik dan handal. Hasil uji Q2 diperoleh nilai sebesar 0,495, yang menunjukkan nilai relevansi prediktif yang baik. Hasil uji hipotesis parsial menunjukkan bahwa semua dimensi manajemen infrastruktur memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas Pendidikan maupun secara simultan. Besaran pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen diperoleh nilai R² sebesar 0,921, yang menggambarkan bahwa dimensi manajemen infrastruktur memiliki pengaruh sebesar 92,1% secara bersamaan terhadap kualitas pendidikan, sementara 7,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang diteliti.
Rancang Bangun E-Learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Madrasah Aliyah Annajah Jakarta Junaedi, Azriel Putra; Adriansyah, Ahmad Fikri; Wathoni, Mahbubul; Ramadi, Rikaro
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i2.26275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di MA Annajah Islamic School Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun hanya dilaksanakan sampai tahap Develop. Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli media, ahli materi, dan angket respon siswa serta guru untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan modul e-learning yang dikembangkan. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor 86% dan validasi oleh ahli materi memperoleh skor 82%, yang keduanya masuk dalam kategori “Valid”. Produk akhir berupa website e-learning yang menampilkan materi, tugas, serta fitur interaktif lainnya yang dapat diakses melalui perangkat digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media e-learning yang dikembangkan dinilai valid dan layak untuk digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran TIK di tingkat Madrasah Aliyah.
Transformasi Digital dalam Pembelajaran Kewirausahaan: Strategi Mengembangkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa PGSD di Era Society 5.0 Adawiyah, Rabiatul; Neken, Aprisnoh Junius Sevenhart; Wahongan, Whenza Tiara; Wahab, Syari Rukmana; Fonotaba, Nelly Austin
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i2.26564

Abstract

Penelitian ini telah mengkaji pengaruh transformasi digital dalam pembelajaran kewirausahaan untuk mengembangkan jiwa entrepreneur mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Doktor Husni Ingratubun Papua pada era Society 5.0. Penelitian ini telah menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan dukungan data kualitatif melalui survei, wawancara, dan analisis dokumen terhadap 40 mahasiswa semester empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital, literasi digital, dan dukungan institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap jiwa entrepreneur mahasiswa dengan kontribusi bersama sebesar 61%, di mana literasi digital menjadi faktor paling dominan. Temuan kualitatif memperlihatkan bahwa pemanfaatan platform digital, pendampingan dosen, serta kebutuhan inkubator digital memperkuat kesiapan mahasiswa mengembangkan usaha berbasis teknologi. Penelitian ini telah menyimpulkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pembelajaran kewirausahaan meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan kesiapan mahasiswa menghadapi dunia usaha modern. Hasil ini memberikan implikasi bagi institusi pendidikan untuk memperkuat kurikulum berbasis teknologi dan membangun ekosistem kewirausahaan digital yang berkelanjutan.
Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Digital untuk Mendukung Pendidikan Karakter Podu, Regina Putri; Lukum, Astin
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i2.26883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran geografi berbasis digital dalam mendukung pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (literature review) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana peneliti mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis berbagai sumber literatur, seperti buku, artikel jurnal, laporan penelitian, serta dokumen kebijakan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, kreatif, dan menyenangkan. Media digital dan berbagai platform pembelajaran daring, dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi, melatih keterampilan berpikir kritis, serta menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, empati, kepedulian lingkungan, dan kerja sama. Pendidikan karakter semakin efektif ketika nilai-nilai moral diintegrasikan ke seluruh kurikulum, diperkuat dengan pembelajaran aktif, diskusi etika, pengalaman praktis, serta dukungan peran guru dan orang tua sebagai teladan. Dengan demikian, integrasi media pembelajaran digital dalam pendidikan geografi tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga mendukung pembentukan generasi berkarakter yang siap menghadapi tantangan era digital dan globalisasi. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran digital di bidang geografi dapat menjadi strategi efektif dalam menghadapi tantangan era digital sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik.
Pengaruh Kesiapan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Silangen, Pramesti Vidy Andini; Mamentu, Meike D.; Dolonseda, Herman Philips
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i2.26973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada siswa. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel kesiapan belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif serta signifikan terhadap hasil belajar, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa yang memiliki tingkat kesiapan dan motivasi belajar yang tinggi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kesiapan dan motivasi yang rendah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesiapan dan motivasi belajar merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan akademik siswa dalam pembelajaran Ekonomi. Oleh karena itu, upaya peningkatan kedua aspek tersebut perlu mendapat perhatian dalam proses pembelajaran di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7