cover
Contact Name
Julhidayat Muhsam
Contact Email
jpendidikandasarflobamorata@gmail.com
Phone
+6281356452916
Journal Mail Official
jpendidikandasarflobamorata@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Kupang Jalan K.H.Ahmad Dahlan, No.17- Kota Kupang-NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
ISSN : 27219003     EISSN : 27218996     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo.4365537
Core Subject : Education,
Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction and learning Educational Management Curriculum development Special education Teacher education Educational technology Educational development
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata" : 20 Documents clear
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD Inpres Landeoe Kabupaten Rote Ndao Dewi Sarlince Nggili; Taty R Koroh; Andriyani A. Dua Lehan
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.918

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Landeoe Kabupaten Rote Ndao pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 dengan memfokuskan pada muatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental design dengan bentuk desain One Group Protest-Posstest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Landeoe tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil pretest sebesar 56,14 dan hasil posttest sebesar 72,73 sehinggga dapat dikatakan bahwa penggunaan model problem based learning dalam materi panas dan perpindahannya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,554 untuk pretest dan 0,408 untuk posttest > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,972 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan paired sampel T-test menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) dari nilai pretest dan posttest yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebafok Ferawati Mone; Andriyani A. Dua Lehan; Netty E. A. Nawa
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.919

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada efektivitas yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunkan model project based learning tentang materi sistem peredaran darah pada manusia kelas V SD Negeri Oebafok Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yaitu pre-experimental design secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prettest-posttest design. Sampel yang digunakan peneliti sebanyak 20 siswa yang terdapat pada kelas V. Data yang dianalisis dalam penilitian ini adalah hasil belajar IPA yang di kumpulkan melalui tes pretest dan posttest, hasil penilitian yang dilakukan peniliti menunjukkan bahwa adanya perbandingan dari rata-rata posttest sebesar 78,20 > dari rata-rata nilai prestest yaitu 57,20. Selanjutnya hasil pengujian dianalisis menggunakan teknik analisis statistic paired samples test dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 13,178 lebih besar (˃) dari nilai t tabel 12, 621 pada taraf signifikansi 95% dan d.f 19 = 1.729. Jadi berdasarkan kritetia keputusan penerimaan/penolakan maka Ho ditolak dan Hα diterima. Peniliti menyimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA tentang sistem peredaran darah pada manusia sebelum meggunakan dan sesudah menggunakan model project based learning.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas V SDI Rutosoro Sayangan, Yohanes Vianey; Noge, Maria Desidaria; Itu, Bergita
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.930

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SDI Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Rutosoro dengan jumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA berupa tes objektif (pilihan ganda). Data hasil tes dianalisis secara statistik deskriptif kuantitatif. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada pra tindakan mencapai rata-rata 45,16 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 13,33%. Pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai KKM, dimana rata-rata hasil belajar IPA sebesar 46,66 berada pada kategori sangat tidak baik dan ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 16,66%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa sudah mencapai KKM dengan rata-rata hasil belajar IPA sebesar 79 berada pada kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 93,33%. Kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 32,34% dan rata-rata total peningkatannya sebesar 62,82 atau 51,48%, sedangkan kenaikan ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 76,67%. Dari hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDI Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada.
Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui media Reading Spinner dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Intan Yunika Lintang Putri; Arsyi Rizqia Amalia; Iis Nurasiah
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.934

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar menggunakan media reading spinner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bekerjasama dengan wali kelas 1 dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari beberapa tahapan di antaranya perencanaan (plan), pelaksanaan (act) dan observasi (observe) serta refleksi (reflect). Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Indikator ketercapaian dalam penelitian ini dikatakan berhasil jika nilai tes kemampuan siswa sudah mencapai KKM 80% maka penelitian harus di hentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media reading spinner dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil tes kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan hasil prasiklus rata-rata nilai tes kemampuan membaca permulaan siswa 57 dengan kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata siswa naik menjadi 67,95 dengan kategori cukup. Pada siklus II nilai tertinggi yang diperoleh peserta didik yaitu 96 dan nilai terendah yaitu 65 sehingga mendapatkan rata-rata nilai 83,1 dengan kategori sangat baik. Maka dari itu, penelitian ini dihentikan karena sudah mencapai persentase keberhasilan 80% ( 16 orang siswa tuntas). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media reading spinner dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Pengembangan Buku Cerita Profil Pelajar Pancasila Berbasis Digital Sebagai Media Literasi di Sekolah Dasar Rita Nuraeni; Astri Sutisnawati; Irna Khaleda Nurmeta
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita profil pelajar pancasila berbasis digital yang merupakan media literasi untuk membantu peserta didik dalam membaca dan melengkapi ketersediaan media literasi untuk memotivasi peserta didik berliterasi dengan media yang menarik dan di sertai penerapan nilai-nilai profil pelajaran Pancasila pada dimensi gotong royong sebagai pendukung pada kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan produk yang dikembangkan menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Cibaregbeg Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi. Subjek penelitian ini validator ahli materi, ahli media, praktisi dan 38 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan anget. Instrument menggunakan angket validator dan angket respon peserta didik. Buku cerita yang dikembangkan sangat baik diujicobakan dengan perolehan persentase ahli materi sebesar 100% kategori sangat baik, ahli media 94% kategori sangat baik, ahli praktisi 95% kategori sangat baik dan respon peserta didik diperoleh persentase 96% kategori sangat baik. Sehingga dari hasil data yang diperoleh bahwa buku cerita profil pelajar pancasila berbasis digital pada dimensi gotong royong ini sangat layak digunakan untuk membantu peserta didik dalam membaca dan memahami makna sebuah materi serta menambah ketersediaan media literasi yang menerapkan sub-elemen gotong royong pada profil pelajar Pancasila.
Pengaruh Media Lagu terhadap Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Ai Nina Tania; Din Azwar Uswatun; Astri Sutisnawati
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.946

Abstract

Perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran perlu diperhatikan, salah satu perkembangan yang akan dialami oleh peserta didik ialah kemampuan kognitifnya. Pada proses pembelajaran juga media pembelajaran berperan penting untuk ketercapaian hasil belajar siswa serta membantu guru dalam menyampaikan suatu materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh media lagu terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian diambil dari kelas V SD Negeri Kebonjati Kota Sukabumi dengan populasi yang berjumlah 61 siswa, antara Kelas V.a yang dijadikan kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa, sedangkan kelas V.b sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa Teknik wawancara untuk mendapatkan informasi awal dan lembar soal untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan soal tes kemampuan kognitif siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian ini terkait kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dikarenakan pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan media lagu, sedangkan pada kelas kontrol media yang digunakan yaitu media konvensional berupa Power Point. Dengan demikian, Media lagu dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa.
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Sri Nuryani Sugih; Lutfi Hamdani Maula; Irna Khaleda Nurmeta
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.952

Abstract

Abstrak: Kurikulum merupakan sesuatu bagian perihal yang terutama dalam proses penerapan pendidikan pada seluruh jenjang Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan buat mendeskripsikan dan mau mengenali menimpa penelitian implementasi kurikulum merdeka dalam pendidikan IPAS di sekolah bawah. Katagori pada studi ini ialah kualitatif deskritif. Subjek pada studi ini yang digunakan merupakan kepala sekolah dan guru kelas IV. Pada Metode pengumpulan data yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data dan conclusion. Dari hasil penelitian membuktikan bawasannya SDN Pakujajar Cipta Bina Mandiri ini telah mengimplementasikan kurikulum merdeka serta sekolah ini serta telah tercantum sekolah penggerak, kurikulum merdeka sendiri mempunyai pembaruan baru ialah pada pendidikan IPA serta IPS yang jadi IPAS dengan teknis pada pendidikan ini yakni disetiap semesmeternya terdapat pembeajaran IPA serta IPS ialah dengan metode 2 bab IPA serta 2 bab IPS, berbeda dengan tahun lebih dahulu persemester ialah semester 1 IPA semester 2 IPS. Perihal ini dibedakan agar pembelajaran peserta didik yang tidak monoton. Pada pembelajaran kurikulum merdeka ini memberikan kebebasan kepada guru ataupun peserta didik, dan pada penilaian IPA serta IPS disatukan menjadi IPAS, seperti salah satunya ialah dalam penilain raport yang menjadi IPAS.
Pengembangan Bahan Ajar Tajwid Digital berbasis Audio, Visual, dan Website di Madrasah Diniyah Muhammad Romadlon Habibullah; Hamidatun Nihayah
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.971

Abstract

Menghadapi era teknologi, dalam dunia pendidikan sangat penting seseorang mampu menguasai teknologi digital sebagai bentuk inovasi dan kreatifitas dalam upaya pemahaman materi untuk mencapai tujuan pendidikan. Demikian ini layaknya dilakukan dipendidikan formal ataupun non formal. Munculnya berbagai macam e-book (buku digital) merupakan salah satu dampak positif pendemi. Penelitian ini bertujuan Mengertahui pengembangan buku digital tajwid berbasis audio visual, dan website untuk Madrasah Diniyah serta kelayakan penggunaannya dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan (research dan developmennt) dalam rangka untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil peneltian ini adalah bahwa Pengembangan buku digital tajwid berbasis audio visual, dan website untuk Madrasah Diniyah dilakukan melalui pembuatan produk sebagai bahan ajar dengan menggunakan website bernama google sites berisi materi pembelajaran yang dilengkapi dengan fitur suara atau voicenote dan video pembelajaran. Instrument dan perlengkapan yang digunakan adalah Hardware yang meliputi Matan Hidayatus Sibyan fi Tajwidil Qur’an, Panduan Tahsin-Tilawah Al-Qur’an dan buku-buku tajwid lainya, Laptop yang terkoneksi internet dan handphone. Serta Software yang meliputi Google sites, Aplikasi paint, Aplikasi browsing misalnya google, google chrome. Uji kelayakan media ini diikuti oleh siswa Madrasah Diniyah bisa diterima dan dilaksanakan dengan baik. Persentase implementasi yang dicapai selama pengujian kelompok kecil tersebut yaitu 80% dalam katagori sangat baik.
Analisis Implementasi Pemanfaatan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Shilvia Anggraini; Nur Efendi
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemanfaatan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi serta pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Alam Al-Izzah Krian selalu melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu terlihat dari rata-rata motivasi belajar siswa menunjukkan sebesar 80 % termasuk dalam kategori cukup baik. Kesimpulannya bahwa di SD Alam Al-Izzah Krian selalu melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah, dimana membuat motivasi belajar siswa menjadi meningkat.
KURIKULUM MERDEKA: IMPLEMENTASI DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR Fildza Malahati Fildza; Arif Faisal Fathin; Nais Feronika; Alfiatu Rohmaniyah; Hakiki; Laelatul Badriah
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i2.975

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka di kelas 1 SDN Babarsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SDN Babarsari. Informan penelitian ini adalah guru kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur. Selanjutnya Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasiaan kurikulum merdeka di SDN Babarsari terdiri dari 3 bagian. Pertama, pembelajaran ditekankan pada materi esensi. Dalam hal ini guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendalami materi pembelajaran secara optimal dan tidak terburu-buru. Kedua, pengembangan karakter melalui projek pancasila. Dalam hal ini guru memberikan penugasan kepada siswa dalam bentuk projek dan dikaitkan dengan salah satu karakter dalam profil pancasila. Ketiga, guru diberikan kebebasan dalam merancang, mengatur, dan mengelola kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini guru merupakan orang yang paling tahu karakteristik peserta didiknya, maka guru harus mendesain pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga disini guru berperan sebagai fasilitator.

Page 1 of 2 | Total Record : 20