cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019" : 5 Documents clear
MODEL PERMAINAN KESEIMBANGAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) USIA 6-10 TAHUN Yohanis Padafani Hans Padafani; Novi Marlina Siregar; Fatah Nurdin; Widiastuti
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v2i02.7825

Abstract

Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui model permainan keseimbangan untuk anak berkebutuhan khusus (autisme) usia 6-10 tahun. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model pengembangan Borg and Gall terdiri dari 10 (sepuluh) tahapan di antaranya studi pendahuluan (research and Information collecting), merencanakan penelitian (planning), pengembangan desain (develop preliminary of product), preliminary field testing, revisi hasil uji lapangan terbatas (main product revision), main field test, revisi hasi uji lapangan lebih luas (operational product revision), uji kelayakan (operational field testing), revisi final hasil uji kelayakan (final roduct revision), dan desiminasi dan implementasi produk akhir (dissemination and implementation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, melalui quisioner dan pengukuran standing balance test (stork test) untuk mengetahui keefektifan dari pengembangan model permainan yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus (autisme). Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu kuisioner dan pengukuran tes keseimbangan standing balance test (stork test). Pengambilan subjek (sampel) dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, yaitu one group pre test dan post test design. Penelitian ini menyimpulkan model permainan yang dikembangkan, yaitu sebanyak 34 model permainan yang dinilai valid dan layak, sehingga dapat meningkatkan keseimbangan pada anak berkebutuhan (autisme). Hasil : Berdasarkan hasil penelitian dengan pengukuran tes keseimbangan menggunakan stork test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian model permainan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS I SLB BAGIAN – C Kahisya Prawajasena; , Sukiri; Eka Fitri Novita Sari
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v2i02.15549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat menggunakan alat bantu matrass puzzle dan limas karton pada siswa kelas I Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagian – C Kembar Karya Pembangunan yang terdiri dari 15 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, yaitu dengan memberikan tindakan khusus kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat menggunakan alat bantu, adapun tahap lompat horizontal ini yaitu lutut ditekuk, lengan diayunkan ke belakang dan ke depan, tubuh dicondongkan ke depan dan tangan diregangkan, lepas landas dengan kedua kaki, mendorong tubuh dengan bola kaki, dan lutut ditekuk saat mendarat. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu melalui metode penelitian action research dengan menggunakan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat pada siswa kelas I SLB Bagian – C Kembar Karya. Penelitian ini dilakukan dengan satu siklus 2 kali pertemuan tindakan penelitian. Hal ini terlihat, dari tingkat kelulusan subjek pada tes awal berjumlah 6 siswa atau 40%. Kemudian setelah diberikan tindakan siklus I pertemuan 1, siklus I pertemuan 2 pada siklus I ini siswa sudah mulai mengerti tahapan gerak dasar lompat. Setelah diberikan tindakan siklus I pertemuan 2 semua siswa sudah mampu melakukan tahapan gerak dasar lompat sehingga seluruh siswa memperoleh hasil yang signifikan dengan memperoleh tingkat kelulusan pada tes akhir berjumlah 15 siswa atau 100%.
Model Latihan Tendangan lurus Pencak Silat Berbasis Media Belajar Siswa Ekstrakulikuler Pencak Silat SMPN 88 Jakarta Fikri Fauzan; Johansyah Lubis; Wahyuningtyas Puspitorini
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v2i02.15551

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bahwa Pencak Silat adalah budaya asli bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan terus dikembangkan. Dilihat dari latihan siswa ekstrakulikuler pencak silat SMPN 88 Jakarta dimana siswa melakukan latihan dengan secara klasikal atau bersama sama dan tanpa menggunakan media tambahan, tampak terlihat siswa tidak fokus dalam melakukan latihan gerakan teknik tendangan lurus , siswa sering tidak serius dalam melakukan teknik tendangan yang tidak maksimal, sehingga bentuk tendanganpun tidak terbentuk dengan baik dan tujuan latihanpun tidak tercapai dengan baik. peneliti membuat model latihan tendangan lurus berbasis media belajar yang bertujuan untuk mengetahui model model latihan tendangan lurus pencak silat yang efektif dengan berbasis media belajar. Model ini diciptakan dengan menggunakan beberapa media diantaranya dengan menggunakan sabuk, kursi, hoop, thoya, bola, rubber, katrol atau perpaduan dari beberapa media tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mencari informasi dari beberapa sumber seperti pelatih terlebih dahulu untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi pelatih dan siswa-siswi dalam melakukan teknik dasar pencak silat, maka peneliti membuat produk yang layak, kemudian divalidasi oleh 3 ahli pencak silat. Selanjutnya, model ini diuji pada siswa ekstrakurikuler SMPN 88 Jakarta pada bulan juli dengan total 20 orang dan teknik analisis data menggunakan statistik uji-t dan validitas ahli. Hasil akhir adalah bahwa model latihan tendangan lurus pencak silat berbasis media belajar layak efektif untuk digunakan pada siswa ekstrakurikuler Pencak silat di SMPN 88 Jakarta.
MODEL PEMBELAJARAN PASSING ATAS DALAM BOLA VOLI MINI PADA SISWA SEKOLAH DASAR Muhamad Danang; Samsudin; Fahmy Fachrezzy3
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v2i02.15552

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing atas bola voli dan sebagai referensi guru dalam melakukan pembelajaran bola voli. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang diambil dari Borg and Gall. Terdapat 19 model yang layak digunakan dalam penelitian ini setelah dilakukannya validasi kelayakan model. Penelitian ini dilakukan di SDN Cakung Barat 08 pagi. Penelitian kelompok kecil dilakukan dengan mengambil sampel 15 orang siswa kelas 4 . Penelitian kelompok besar dilakukan dengan mengambil sampel siswa kelas 5 dengan jumlah 128 siswa. Dalam penelitian ini kuesioner kemenarikan dan kemudahan diberikan kepada siswa untuk mengetahui apakah model yang dibuat menarik dan mudah untuk dilakukan. Hasil kuesioner yang diberikan kepada siswa pada penelitian kecil yaitu kemudahan 72,86% dan kemenarikan 76.64% . Pada penelitian besar kemudahan 75,36% dan kemenarikan 81,44%. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa buku yang diharapkan mampu menjadi referensi guru dalam melakukan pembelajaran khususnya passing atas bola voli.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMEMANAH MENGGUNAKAN METODE LATIHAN MENGGUNAKAN BUSUR BUATAN Bagus Kurnia Marzuki; Taufik Rihatno; Oman Unju Subandi
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 2 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 02, November 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v2i02.15996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan memanah dengan metode latihan menggunakan busur buatan pada peserta ekstrakurikuler panahan di SDIT Nurul Hikmah Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode actions research. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Populasi berjumlah 14 peserta. Populasi dilibatkan dalam tes awal, tes siklus pertama, dan tes siklus kedua. Prosedur pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi untuk mendapatkan skor. Hasil uji tes awal yang dilakukan hanya 3 peserta yang terampil dalam memanah. Pada tes siklus pertama terjadi peningkatan menjadi 10 peserta yang terampil dalam memanah. Pada tes siklus kedua memperoleh peningkatan menjadi 14 peserta sekaligus yang terampil dalam memanah

Page 1 of 1 | Total Record : 5