cover
Contact Name
Buyung
Contact Email
21.buyung@gmail.com
Phone
+6285347441263
Journal Mail Official
jerr@journal.stkipsingkawang.ac.id
Editorial Address
STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Journal of Educational Review and Research
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 25979752     EISSN : 25979760     DOI : http://dx.doi.org/10.26737/jerr
Core Subject : Education,
Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 13 SINGKAWANG Alpandi Alpandi; Nindy Citroresmi Prihatiningtyas; Nurul Husna
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SFE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas dan motivasi belajar siswa saat pembelajaran dengan model SFE pada materi aljabar kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 90 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan: 1) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran SFE dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2) pengaruh model pembelajaran SFE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa tergolong tinggi; 3) aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sangat aktif; 4) motivasi belajar siswa dikategorikan tinggi.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK Devi Yulianti; Resy Nirawati; Rika Wahyuni
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa 2) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa 3) untuk mengidentifikasi aktivitas siswa melalui model pembelajaran Talking Stick 4) untuk mengidentifikasi motivasi belajar siswa terhadap model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Torsina 1 Singkawang dengan dengan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan uji-t, untuk mengetahui aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan persentase aktivitas siswa per indikator dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan rata-rata dari skor angket yang diberikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa                         , sehingga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas kontrol dan di kelas eksperimen pada materi kubus dan balok. Untuk ketuntasan hasil belajar yaitu 70,8 > 59,6. Untuk KKM 68, hal ini menunjukkan bahwa kelas kelas eksperimen lebih tinggi dari pada KKM kelas kontrol yaitu 70,8 > 68. Sehingga kelas eksperimen ketuntasan belajar siswa dikategorikan tuntas. Rata-rata aktivitas siswa sebesar 80,26%, dengan kategori aktif. Untuk motivasi diperoleh rata-rata jumlah skor total seluruh indikator motivasi belajar sebesar 81,25 dengan kategori tinggi. Sehingga, model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa efektif dalam pembelajaran pada pokok bahasan kubus dan balok.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI Sapti Supriyati; Susan Neni Triani; Wahyuni Oktavia
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Mengetahui keterampilan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence, 2. Mengetahui keterampilan menulis puisi sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence, 3. Melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Singkawang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, menggunakan bentuk Pre Exprimental Design, dan pada penelitian ini digunakan rancangan One-Group Pretest-Posstest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Singkawang. Dalam penelitian ini sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian pada tahap pertama atau pretest memperoleh mean sebebsar 68,56. Penelitian pada tahap kedua atau posstest memperoleh mean sebebsar 85,72, hasil mean yang diperoleh sangat berbeda dengan hasil mean yang di dapat pada saat tahap pretest. Berdasarkan hasil uji regresi linear dengan bantuan SPSS versi 17 maka jika nilai sig 0,150 (>) 0,05 dapat dikatakan ada hubungan dalam penggunaan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai Thitung lebih besar dati nilai Ttabel yakni 9,020 > 1,710,  hal ini dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan nyata antara hasil belajar sebelum dan sesudah digunakannya model pembelajaran cooperative tipe concept sentence. Dengan diperolehnya hasil uji t tersebut maka hipotesis Ha yang berbunyi pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence terhadap hasil belajar menulis puisi diterima.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA MTS DARUL ULUM CEPALA Molek Molek; Susan Neni Triani; Lili Yanti
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching, (2) Mengtahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching, dan (3) Mengtahui respon siswa tehadapnditerapkannya model model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching pada materi mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi dengan membaca intensif. Bentuk penelitian ini pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design.Dalam rancangan penelitian ini dilakukan pengukuran berupa pretest kemudian diberikan perlakuan dengan jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran berupa posttest. Instrumen tes berupa tes esai yang telah diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,54 kriteria cukup. Berdasarkan perbandingan tes awal (pretest) sebelum perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching diperoleh hasil nilai bahwa nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest, sehingga diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching pada materimengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi memperoleh nilai sebesar 87,865% kriteria baik sekali. Untuk respon siswa secara keseluruhan terhadap materi mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teachingdengan persentase sebesar 62,85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan materi mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi dengan membaca intensif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching di kelas VII B MTs Darul Ulum Cepala dapat dikatakan meningkat.
STRATIFIKASI SOSIAL DALAM NOVEL NEGERI DI UJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE Venita Utari; Mardian Mardian; Gunta Wirawan
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.1997

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stratifikasi sosial yang terdapat dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye.Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi sebagai berikut: (1) pendeskripsian kelas sosial dalam  novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye; (2) pendeskripsian status sosial dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye; (3) pendeskripsian kekuasaan dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye;dan(4) pendeskripsian implementasi rencana pembelajaran di sekolah.Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif.Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra.Sumber data penelitian ini yaitu novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye.Data dalam penelitian ini yaitu berupa kata, frasa, dan kalimat.Teknik analisis data meliputi pengklasifikasian, penginterpretasian, dan penyimpulan.Berdasarkan hasil analisis dari Negeri di Ujung Tanduk maka dapat disimpulkan: (1)kelas sosial terdapat 11 kutipan yang terdiri dari pendidikan, ekonomi;(2) Status Sosial terdapat 12 kutipan yang terdiri dari status bawaan, simbol status, peran; (3) kekuasaan terdapat 10 kutipan yang berhubungan dengan bidang politik; (4) implementasi rencana pembelajaran di sekolah dapat diterapkan pada sekolah SMA kelas XII semester 1, pengajaran tentang novel yang meliputi standar kompetensi mendengarkan: 5. Memahami bentuk penggalan novel dengan kompetensi dasar 5.1 menjelaskan unsur intrinsik penggalan novel dengan menggunakan metode Jigsaw.
PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA ARTIKEL DALAM LAMAN (WEBSITE) KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA KALIMANTAN BARAT PERIODE OKTOBER 2017- JANUARI 2018 Abid Fatoni; Eti Sunarsih; Lili Yanti
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2006

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penggunaan ejaan pada artikel dalam website Kantor Wilayah Kementerian Agama Kal-Bar, (2) penggunaan kalimat pada artikel dalam website Kantor Wilayah Kementerian Agama Kal-Bar, (3) penggunaan diksi pada artikel dalam website Kantor Wilayah Kementerian Agama Kal-Bar, (4) implementasi pembelajaran di sekolah tentang penggunaan ejaan, kalimat dan diksi pada artikel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah website Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat dengan situs http:// kalbar.kemenag.go.id/id. Berdasarkan rumusan masalah yang digunakan, penggunaan bahasa Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu ejaan, kalimat dan diksi. Terdapat 161 data kesalahan penggunaan ejaan, 145 data kesalahan penggunaan kalimat, dan 133 kesalahan penggunaan diksi.  Hasil dari penelitian ini dapat diimplementasikan pada kelas XII semester 2 dengan Kompetensi Dasar 4.10 menyusun opini dalam bentuk artikel dengan kegiatan pembelajaran menulis opini dalam bentuk artikel dengan memperhatikan unsur-unsur artikel.
AKTIVITAS PSIKIS TOKOH DALAM NOVEL PECINAN KARYA RATNA INDRASWARI IBRAHIM Febria Cindra Keswara; Mardian Mardian; Gunta Wirawan
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas psikis yang terdapat dalam novel Pecinan.Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi sebagai berikut (1) Pendeskripsian gejala kognitif dalam novel Pecinan karya Ratna Indraswari Ibrahim; (2) Pendeskripsian gejala afektif tokoh dalam novel Pecinan karya Ratna Indraswari Ibrahim; (3) Pendeskripsian gejala konatif tokoh dalam novel Pecinan karya Ratna Indraswari Ibrahim; (4) Pendeskripsian Implementasi hasil penelitian Aktivitas Psikis Tokoh dalam Novel Pecinan karya Ratna Indraswari Ibrahim terhadap rencana  pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan (kata, frasa, kalimat). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumenter dengan peneliti sebagai instrumen utama. Langkah kerja yang dilakukan peneliti antara lain, membaca novel Pecinan, mengklasifikasikan data sesuai dengan masalah yang diteliti, menginterpretasikan data yang ada, menganalisis pengimplementasian perencanaan pembelajaran, mendiskusikan hasil penelitian, menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis terhadap novel Pecinan karya Ratna Indraswari Ibrahim, maka dapat disimpulkan (1) terdapat 62 kutipan yang berhubungan dengan gejala kognitif dalam novel Pecinan , hal yang mendasarinya adalah  perhatian, pengamatan, tanggapan, fantasi, ingatan, pikiran, intuisi; (2) terdapat 19 kutipan yang berhubungan dengan gejala afektif dalam novel Pecinan , hal yang mendasarinya adalah perasaan, affek dan stemming, suasana hati, simpati dan empati; (3) terdapat 46 kutipan yang berhugejala konatif dalam novel Pecinan , hal yang mendasarinya adalah otomatisme, refleks, insting, kebiasaan, nafsu, keinginan, hasrat, kecendrungan; (4) masalah implementasi aktivitas psikis tokoh terhadap pembelajaran sastra Indonesia yaitu suatu penerapan yang mengajarkan siswa untuk menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, dan sesuai dengan materi yang diajarkan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS TEKS BERITA Nurhayati Nurhayati; Mardian Mardian; Wahyuni Oktavia
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2009

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (think talk write) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Singkawang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk pree-eksperimental desaign dan jenis one group pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelaas VIII D. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 2 soal setelah melalui proses uji validasi. Soal dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,9 dan dengan kategori sangat tinggi atau layak digunakan. Hasil perhitungan nilai rata-rata hasil tes keterampilan menulis teks berita siswa sebelum menggunakan model pembelajaran TTW (tink talk write) yaitu 56,4. Sedangkan hasil perhitungan nilai rata-rata hasil tes keteramlpilan menulis teks berita siswa setelah menggunakan model pembelajaran TTW (think talk write) mengalami peningkatan yaitu 77,6. Teknik analisis data menggunakan metode staistik uji-t (uji beda). Pengujian uji-t mendapatkan hasil dengan  = 8,72 dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,01, dan  = 2,69. Dengan  >  atau 8,72 > 2,69 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks berita dengan model pembelajaran TTW  (think talk write) dan dengan tidak menggunakan model pembelajaran TTW (think talk write). Penggunaan model TTW (think talk write) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan demikian model TTW ini dapat diterapkan disekolah agar hasil belajar siswa semakin meningkat.
PENGARUH MEDIA MUSIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BENGKAYANG Endang Endang; Susan Neni Triani; Zulfahita Zulfahita
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) untuk mengetahui keterampilan menulis cerpen siswa sebelum menggunakan media musik 2) untuk mengetahui  keterampilan menulis cerpen siswa setelah menggunakan media musik 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keterampilan menulis cerpen siswa dengan menggunakan media musik. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 3 Bengkayang. Sampel Penelitian ini adalah kelas XA dengan  jumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang meliputi pretest, treatment, dan posttest. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk one group pretest dan posttestdesign. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini adalah melalui tes. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu diuji validitasnya dengan ahli. Untuk instrumen tes sudah memenuhi kriteria validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu dengan menggunakan rumus rata-rata ( Mean) dan yang kedua menggunakan rumus regresi linier. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil pretest dan posttest siswa kelas X A SMA Negeri 3 Bengkayang menggunakan media musik mengalami peningkatan dengan nilai pretest 44,05 dan nilai posttest 75,67 dengan kategori baik. Jadi pengaruh media musik terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 3 bengkayang sebesar 3,35 dengan kategori tinggi, hal ini dibuktikan dengan metode effect size.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NOVEL REMAJA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SMP NEGERI 12 SINGKAWANG Sri Rahayu; Eti Sunarsih; Fitri Fitri
Journal of Educational Review and Research Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v2i2.2011

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keterampilan membaca novel siswa baik sebelum diberikan model pembelajaran mind mapping, melihat peningkatan keterampilan membaca novel siswa sesudah diberikan model pembelajaran mind mapping, dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca novel siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini tidak menarik sampel sebab jumlah populasi relatif sedikit dan masih dapat dijangkau oleh peneliti dalam suatu penelitian. Hasil pra siklus yang diberikan oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia sebelumnya masuk dalam kategori tidak tuntas hal ini dibuktikan bahwa rata-rata nilai membaca novel sebesar 58,79% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca novel dengan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang, pada siklus I mencapai 69,10% dan pada siklus II mencapai 89,40% mengalami peningkatan sebesar 20,30%. Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca novel dengan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang, pada siklus I mencapai 79,25% dengan kategori baik dan pada siklus II mencapai 81,67% dengan kategori sangat baik mengalami peningkatan sebesar 2,42%. Hasil pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca novel dengan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang, pada siklus I nilai rata-rata siswa 51,82 sebanyak 10 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 45,46% dan sebanyak 12 siswa yang tuntas dengan persentase 54,54% termasuk kategori kurang baik. Hasil pada siklus II nilai rata-rata siswa 69,46 sebanyak 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 18,18% sedangkan sebanyak 18 siswa yang tuntas dengan persentase 81,82% termasuk kategori baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10