Journal of Educational Review and Research			
            
            
            
            
            
            
            
            Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
            
            
         
        
            Articles 
                10 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020" 
                    
                    : 
10 Documents 
                    
clear       
                        
                        
                            PANDANGAN GURU PRASEKOLAH DI KOTA SURAKARTA TENTANG PERAN MEREKA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INKLUSIF 
                        
                        Rini Setyowati; 
Anita Wardani                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2169                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kunci utama dalam keberhasilan praktek pendidikan inklusi adalah peran dan tanggung jawab guru prasekolah. Tindakan yang efektif dalam pengaturan inklusi harus disadari oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi guru prasekolah tentang peran mereka dalam konteks pendidikan inklusi. Peserta adalah 20 guru prasekolah yang memiliki setidaknya satu siswa berkebutuhan khusus dikelas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dengan para guru. Hasilnya adalah guru mengetahui peran dan tanggung mereka dalam pendidikan inklusif, namun mereka memiliki kekurangan yang signifikan dalam pengetahuan dan strategi memadai yang digunakan untuk memenuhi peran mereka. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi dalam menggali pandangan guru prasekolah terhadap peran mereka dalam konteks pendidikan inklusif serta meningkatkan pengetahuan dan strategi guru dalam memenuhi peran tersebut. disimpulkan bahwa guru kurang memiliki pengetahuan, kesadaran dan keterampilan tentang sifat dan persyaratan pendidikan inklusi. Guru harus dibimbing mengenai peran yang harus mereka jalankan dalam lingkungan inklusif dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pelaksanaanya.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 8 SINGKAWANG 
                        
                        Dwi Pranajaya; 
Nurhayati Nurhayati; 
Nindy Citroresmi Prihatingtyas                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2147                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa dalam materi himpunan pada kelas VII SMPN 8 Singkawang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif berasal dari istilah bahasa inggris to describe yang berarti memaparkan atau menggambarkan sesuatu hal, misalnya keadaan, kondisi, atau hal lain-lain dengan demikian yang dimaksud dengan penelitian deskriptif yang hasilnya dipaparkan  dalam bentuk penelitian, dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang dilakukan peneliti adalah berkaitan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Pengumpulan data melalui teknik tes dilakukan dengan memberikan instrumen tes yang terdiri dari seperangkat pertanyaan atau soal berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket minat belajar untuk memperoleh kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, sehingga analisis data pengamatan penelitian ini juga diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan serta mendeskripsian keadaan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi himpunan. Hasil penelitian Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari 30 siswa dan hasil yang dilakukan peneliti di SMPN 8 Singkawang dengan kemampuan pemahaman konsep masuk dalam kategori tinggi dan minat belajar siswa masuk dalam kategori sedang.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PARTISIPASI ANAK- ANAK DALAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA 
                        
                        Evinna Cinda Hendriana; 
Anita Wardani; 
Mertika Mertika                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2170                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Jutaan anak- anak telah terkena dampak bencana setiap tahun. Terbukti bahwa partisipasi anak memiliki hasil positif dalam fase penyelamatan, bantuan, dan rehabilitas bencana. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kesiapsiagaan anak menjadi sangatlah penting, mengingat Indonesia merupakan negara rawan bencana. Langkah strategis yang dapat dilaukan untuk meningkatkan kesiap siagaan anak yaitu dengan memberikan pelatihan tentang penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana melibatkan anak dengan memberikan ketrampilan keselamatan dan hidup dasar yang diperlukan untuk aman “get save” dan tetap aman “stay safe” selama bencana berlangsung sehingga siswa dapat terhindar dari dampak bencana, serta dapat membantu dirinya sendiri pada saat terjadi bencana.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            FENOMENA GAME ONLINE DI KALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR 
                        
                        Mertika Mertika; 
Dewi Mariana                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2154                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui fenomena game online dikalangan anak sekolah dasar mengenai dampak positif dan negatif game online. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literature yang mempunyai kaitan dengan topik pembahasan. Model artikel ini adalah studi literature. Dari hasil analisis dan pengkajian literaur yang dilakukan menunjukkan bahwa, fenomena penggunaan game online dikalangan anak sekolah dasar memiliki dampak postifi dan negatif. Dampak positif game online adalah dapat melatih anak dalam kerjasama, konsentrasi, bahasa inggris, kecepatan, kreativitas, kesenangan, kesabaran, dan mengurangi stress. Sedangkan dampak negatif game online yaitu kecanduan, menimbulkan sikap buruk baik seperti tutur kata yang diucapkan saat bermain dan sikap buruk saat bermain seperti menepuk meja, merampas/mencuri hak orang lain, bermalas-malasan dengan kegiatan lain selain bermain game online.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR 
                        
                        Fajar Wulandari                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2158                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini merupakan penelitian kajian lieratur, yang mengkaji tentang sumber belajar, terutama lingkungan sebagai media belajar bagi siswa di kalangan sekolah dasar. Lingkungan merupakan objek belajar yang dapat dilihat langsung oleh siswa dan dapat ditunjukan kepada siswa secara langsung pula. pemanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, maka diharapkan dapat membantu dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa dalam proses pembelajaran. Sumber belajar sebagaimana diketahui adalah sarana atau fasilitas pendidikan yang merupakan komponen penting guna terlaksananya proses belajar mengajar di sekolah, khususnya di lingkungan anak sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan data sekunder melalui jurnal-jurnal penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media ajar melalui lingkungan memberikan rangsangan positif kepada siswa untuk dapat mudah memahami materi ajar khususnya pada materi yang bertema lingkungan dan menunjukkan nilai yang tinggoi pada beberapa jurnal yng dianalisis pada siswa di sekolah dasar
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP SIKAP SPORTIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR(SD) 
                        
                        Slamat Fitriyadi; 
Iip Istirahayu; 
Sri Mulyani                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2110                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat minat siswa terhadap permainan tradisional lompat tali; 2) Mengetahui tingkat sikap sportivitas siswa dalam permainan tradisional lompat tali; 3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh minat permainan tradisional lompat tali terhadap sikap sportivitas siswa dalam permainan tradisional lompat tali. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 15 Singkawang yang berjumlah 242 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa yang diambil dengan teknik sampling Proportionate Stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase dan statistik inferensial parametris menggunakan bantian aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kemampuan siswa dalam bermain permainan tradisional yaitu sebesar 77,37% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan menjumlah keseluruhan skor yaitu 4178, kemudian dibagi nilai skor item tertinggi yaitu 36 dan kemudian dikali 100% kemudian dibagi jumlah sampel 150. Dan diperoleh hasil 77,37% dengan kategori sangat tinggi. (2) tingkat kerja sama siswa yaitu sebesar 81,18%. Hal tersebut dibuktikan dengan menjumlah skor sebesar 5358, kemudian dibagi dengan jumlah skor item tertinggi dan kemudian dikali 100% kemudian dibagi sampel 150. Dan diperoleh hasil 81,18% dengan kategori sangat tinggi. (3) bahwa nilai R Square sebesar 0,452 yang artinya pengaruh yang ditimbulkan dari permainan tradisional lompat tali terhadap sikap sportivitas siswa yaitu sebesar 45,2%
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA SINGKAWANG TIMUR 
                        
                        Dian Mayasari; 
Iip Istirahayu; 
Katarina Mawarni                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2155                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian anak usia dini di TK Negeri Pembina Singkawang dan hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 20 orang tua anak di TK Negeri Pembina Singkawang yang diambil secara acak yaitu dari Kelas TK B1 dan kelas TK B2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Tingkat  kemandirian anak usia dini di TK Negeri Pembina Singkawang pada kategori sangat tinggi sebanyak 2 orang dengan persentase 20%, kategori tinggi sebanyak 12 orang dengan persentase 60%, kategori sedang sebanyak 6 orang dengan persentase 30%, kategori rendah dengan persentase 0% dan kategori sangat rendah dengan persentase 0%. Hasil perhitungan korelasi product moment menunjukkan rxy = 0,37, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia dini di TK Negeri Pembina Singkawang.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN WRITE (POEW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA 
                        
                        Shirajuddin Shirajuddin; 
Eka Murdani; 
Intan Kusumawati                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2146                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran POEW pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental design dengan rancangan one-group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 5 Singkawang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XA dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Peningkatan pemahaman konsep siswa diukur dengan menggunakan alat ukur tes yang berjumlah 14 soal pilihan ganda yang sebelumnya telah validasi. Dari hasil analisis N-gain, diperoleh peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,62 dengan kriteria sedang.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMPN 3 SINGKAWANG 
                        
                        Dewi Mariana; 
Mint Husen Raya Aditama; 
Mertika Mertika                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2153                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Sesuai dengan fokus dan rumusan masalah, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMPN 3 Singkawang melalui teknik sosiodrama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti terlibat secara langsung dari tahap perencanaan hingga selanjutnya peneliti memantau, mencatat, dan mengumpulkan data. Dari hasil pre test dapat diketahui bahwa dari 30 siswa kelas VIII C, terdapat 22 siswa yang memiliki keterampilan sosial dalam kategori rendah, dan 8 siswa yang termasuk dalam kategori sedang. Kedelapan siswa yang memiliki keterampilan sosial dalam kategori sedang tersebut tetap diikutkan dalam pemberian tindakan penelitian agar tercapai optimalisasi keterampilan sosial.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            KONFLIK SOSIAL TOKOH PADA NOVEL DRUPADI KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA 
                        
                        Fitri Fitri                        
                         Journal of Educational Review and Research Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NUMBER 2 DECEMBER 2020 
                        
                        Publisher : STKIP Singkawang 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.26737/jerr.v3i2.2177                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konfllik sosial tokoh pada novel Drupadi karya Seno Gumira Ajidarma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Bentuk penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Drupadi karya Seno Gumira Ajidarma. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, maupun ungkapan yang berhubungan dengan konflik sosial tokoh utama dalam novel. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik langsung atau studi dokumentasi. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrument kunci. Teknik keabsahan data berupa ketekunan membaca, triangulasi data, dan kecukupan referensi. Berdasarkan analisis pembahasan ditemukan 40 data yang berkaitan dengan masalah penelitian yang telah dilakukan