cover
Contact Name
Noor Indahwati
Contact Email
fkip.unigres@gmail.com
Phone
+6281233164633
Journal Mail Official
noorindahwati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim No. 2 B Gresik Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jendela Pendidikan
Published by Universitas Gresik
ISSN : 20894554     EISSN : 26223635     DOI : -
Core Subject : Education,
Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan" : 33 Documents clear
Problematika Dan Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siti Bariroh; Maulidatul Khuriyah
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1575

Abstract

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) is a new type of disease that infects the lungs of sufferers, besides that the Covid-19 virus is also rapidly transmitted only through the air. On March 11, 2020 the World Health Organization (WHO) declared it a pandemic. the government urges the public to work and study from home. Learning done online from home raises various problems that are felt by principals, teachers, students, and parents.This research is a qualitative research. Research that discusses the Problems, Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic at MI Asmaiyah Gresik. The purpose of this study is to describe the problems and implementation of online learning faced by teachers, students, and parents during the COVID-19 pandemic. This research was conducted in MI Asmaiyah, Gresik Regency. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation.The results show that 1) The problems faced by students, teachers, and parents are: Problems with internet quotas and students' signals, students are less enthusiastic when participating in online learning, teachers have difficulty managing classes, limitations on facilities and infrastructure owned by students. 2) The implementations that have been carried out by MI Asmaiyah are: Giving free education quotas for students, Teachers holding video calls to students to encourage learning, teachers asking parents for help to be able to work together in supervising children during online learning, using applications that is easy to do online learning, educators at MI Asmaiyah have succeeded in implementing online learning to all students at MI Asmaiyah Gresik.
PENGARUH SUPERVISI KLINIS TERHADAP PENINGKATAN MUTU BELAJAR SERAYA BERMAIN DI TK MUSLIMAT NU 8 GRESIK Mas Darul Ihsan; Fairuz Mahdiyah Irghani
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pelaksanaan supervisi klinis di TK Muslimat NU 8 Gresik. 2) Mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi klinis terhadap peningkatan mutu belajar seraya bermain di TK Muslimat NU 8 Gresik. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai supervisor, 10 guru sebagai Supervised yang terdiri dari 5 guru kelompok A dan 5 guru kelompok B. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teori dan menggunakan analisis data jenis Milles dan Huberman, Serta menggunakan teori Sagala dan Mulyasa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan 1) Pelaksanaan supervisi klinis di TK Muslimat NU 8 Gresik ada 4 tahapan : a) Pra siklus. Guru terlebih dahulu membutuhkan bantuan dari supervisor guna menyelesaikan masalah pembelajaran. b) Siklus pertama. Supervisor dan guru membuat instrumen, jadwal yang diperlukan. c) Siklus kedua. Supervisor melakukan observasi proses belajar mengajar secara tatap muka. d) Siklus ketiga. Guru dan supervisor menyampaikan pendapat tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Supervisor tidak hanya memberi bimbingan tentang perbaikan pembelajaran saja. Tapi juga memberi motivasi dan semangat kepada guru. 2) Mutu belajar seraya bermain di TK Muslimat NU 8 meningkat dengan adanya supervisi klinis. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai presentase supervisi klinis dari semester I ke semester II. Sehingga supervisi klinis sangat berpengaruh positif dan dibutuhkan guru untuk peningkatan mutu belajar seraya bermain di TK Musliamat NU 8.
Peningkatan displin guru dalam mengumpulkan perangkat pembelajaran melalui sistem reward dan punishment SDN Lebakrejo III Dedik Iwan Setiawan; Sri Wahyuni; Endang Purwaningsih; Elis Ratna Dewi
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1580

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada semester Juli-Desember 2020/2021, peneliti menemukan fenomena bahwa tingkat kedisiplinan guru dalam mengumpulkan perangkat pembelajaran masih rendah. Hal ini terlihat dari saat peneliti meminta guru untuk mengumpulkan perangkat pembelajaran masih banyak guru yang tidak mengumpulkan perangkat pembelajaran yang diminta. Terdapat juga guru yang terburu-buru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran saat Kepala Sekolah atau pengawas akan melakukan supervisi kelas. Dari 6 orang guru kelas, jika dirata-ratakan, maka hanya sebesar 60%, guru yang melengkapi perangkat pembelajarannya baik berupa silabus, analisis SK/KD, RPP, prota promes dan bahan ajar. Sementera itu, 40% guru tidak mengumpulkan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang guru kelas SDN Lebakrejo III yang merupakan guru mata pelajaran peneliti. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembaran obeservasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem reward dan punishment dapat meningkatkan kedisiplinan guru dalam mengumpulkan perangkat pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari sebelum diterapkan reward dan punishment, persentase guru yang mengumpulkan perangkat pembelajaran hanya 66,67% dengan yang mengumpulkan tepat waktu hanya sebesar 22,81%. Setelah diterapkan sistem reward dan punishment, maka pada siklus I, guru yang mengumpulkan perangkat pembelajaran menjadi 79,65% dengan persentase yang mengumpulkan tepat waktu adalah 35,79%. Setelah dilakukan siklus II, persentase guru yang mengumpulkan perangkat pembelajaran menjadi 97,54% dengan persentase guru yang mengumpulkan tepat waktu adalah sebesar 81,05%
INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Suntari; Suwartono; Jarot Riyono; Eni Pujiwati; liswanto
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1581

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak sistemik dan signifikan diseluruh aspek kehidupan, salah satunya pada sistem pendidikan. Perubahan sistem pendidikan terutama pada pembelajaran dituntut untuk berinovasi supaya peserta didik tidak kesulitan untuk menerima materi, terlebih di jenjang Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak, mengingat pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan konvensional dituntut dan dipaksa menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilakukan secara daring, pada pelaksanaannya tidak dapat terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi berupa inovasi pembelajaran. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana inovasi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19, juga mengkaji mengenai tantangan pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Metode yang dipakai adalah literatur bersifat deskriptif-analitis. Hasil dan kesimpulan dalam penulisan ini menunjukkan bahwa, Inovasi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 sangat diperlukan dan menjadi solusi dalam dunia pendidikan terutama di sekolah. Teknologi berperan sebagai media dalam melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu teknologi juga berperan dalam memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Pandemi ini mengajak semua elemen khususnya di bidang pendidikan bahwa teknologi sekarang ini telah menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pendidik. Pendayagunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi keharusan sehingga proses pembelajaran tidak stagnan dan kaku. Pendayagunaan atau inovasi pembelajaran harus segera dilakukan, terutama dalam metode pembelajaran. Internet sebagai media pembelajaran dapat menjadi alternatif metode pembelajaran, hal ini bisa dalam bentuk e-learning, atau aplikasi-aplikasi yang memudahkan penyampaian materi pembelajaran, sehingga proses pembelajaran semakin menarik dan tidak membosankan.
UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI KELAS DENGAN MENGISI JURNAL MENGAJAR ONLINE MELALUI WEBSITE DI MTs SA MIFTAHUL HIKMAH TAHUN 2019 Siti Kaspiatun; Arief Heriyanto
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1582

Abstract

Dalam setiapkegiatan belajar mengajar di MTS SA Miftahul Hikmah selalu di lakukan pengisian jurnal mengajar guru sebagai bukti guru telah hadir dan mengajar di kelas, yang selama ini masih dilakukan secara manual. Dari pengamatan selama ini, cara manual ini menimbulkan kesulitan bagikepala madrasahdalam melakukan cek kehadiran guru di kelas. Kenyataan itu memotivasi penulis untuk mengembangkan suatu sistem pengisianjurnalmengajargurusecaraonline.Sistemini akanmembuatproses pencatatan jurnal mengajar menjadilebihefisien danmemudahkan kepala madrasah dalam memantau kedisiplinan guru masuk kelas. Prosespengisian jurnal mengajar online mengikuti tahap-tahap dalam metode dokumentasi. Yaitu dengan mengambil data dari web hasil pengisian jurnal mengajar guru dan berhadapan langsung dengan guru sebagai tindakan evalusi.Obyek pengisian jurnal dibatasi pada guru MTs SA Miftahul Hikmah saja. Komponen penyusun system terdiri atas smartphone dan jaringan wifi madrasah(sebagaian frastruktuktur komunikasinya), yang di tampilkan di website MTs SA Miftahul Hikmah. Dari hasil Data diperoleh terdapat peningkatan disiplin guru dalam masuk kelas setelah pengisian jurnal mengajar. Bahkan peningkatan kedisiplinan guru 25% dari sebelumnya.
UPAYA MENINGKATKANEFEKTIFITASPEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI KOLABORASI TIM PROJECT BASED LEARNING TEMATIK Yayuk Sudarwati; ,Prapti, Melinda, Silvia, Pujiastuti
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1584

Abstract

Dalam upaya meningkatkan mutupembelajaran SMPN 1 Beji Kabupaten Pasuruan membentuk tim pembelajaran Project Base Learning Tematik atau PjBL Tematik. Berdasarkan hasil analisa kebutuhan selama PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh) selama masa pandemic Covid- 19 maka perlu adanya manajemen pembelajaran yang baik.PjBL tematik melalui google classroom (GC) ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan mengatasikendala PJJ.Metode yang dipilih dengan membentuk tim PjBL guru. Kolaborasi 4 sampai 10 guru berbeda mata pelajarandalam 1 timuntuk mengatasi kesenjangan masalah pemanfaatan IT dalam pembelajaran di kalangan guru. Siswa yang tidak memiliki HP dan Laptop digabungkandalamtimkelompok project dengan rumah siswa yang relative berdekatan. Kendala PJJ pada awal masa pandemic; pembelajaran menggunakan teks WA tidak efektif, 25 % guru gaptek, 20%siswa tidak mempunyai HP untuk PJJ, tidak mampu membeli pulsa, lokasi siswa bermasalah dengan sinyal. HasilkerjatimPjBLtematikKendala proses belajar dapat teratasi dengan pelaksanaan PjBL Tematik. Mutu pembelajaran meningkatdengan indicator kehadiran siswanaik 20%, jumlah pemenuhan tugas mencapai rata-rata 95%, dapatmendorongkembaliketrampilan 4C siswa (Critice, Creative, Colaborative, Comunicative). PelaksanaanPjBLtematikdapatmeningkatkanmutupembelajaranjarakjauh
Layanan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Era Pandemi: Bagaimana Peran Pendidikan Non Formal? Arif Widodo; Muhammad Erfan
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1586

Abstract

Pandemi tidak hanya menghambat layanan belajar untuk anak yang normal, tetapi juga berdampak pada layanan belajar anak berkebutuhan khusus. Pada dasarnya layanan belajar terhadap anak berkebutuhan khusus tidak hanya tanggung jawab pendidikan formal. Pendidikan non formal juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses layanan belajar anak berkebutuhan khusus selama pandemi pada lembaga pendidikan non formal di kota Mataram. Lembaga yang diteliti adalah Roemah Perkembangan NTB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi partisipasi. Analisis data dilakukan secara bersamaan dengan pengumpulan data. Pengecekan keabsahan temuan melalui perpanjangan keikutsertaan observasi. Masalah utama yang diteliti dalam artikel ini antara lain bagaimana bentuk layanan belajar yang diberikan? kendala apa saja yang dihadapi Roemah perkembangan dalam memberikan layanan belajar? Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan non formal sangat berperan dalam memberikan layanan belajar kepada anak berkebutuhan di era pandemi. Bentuk layanan belajar yang dapat diberikan antara lain melalui terapi, edukasi dan layanan akademik. Model terapi yang digunakan menyesuaikan dengan jenis kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Hambatan yang dialami lembaga pendidikan non formal antara lain layanan terapi secara online kurang efektif, sedikitnya durasi terapi serta orang tua anak berkebutuhan khusus kurang kooperatif dan akses informasi yang kurang terbuka dari orang tua.
MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALISASI KEGIATAN MORNING ACTIVITY DI KB HARAPAN BUNDA KEBOMAS GRESIK Adrijanti; Fahimatul Anis; Nova Nur Fajarriana
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v11i1.1587

Abstract

Model kepemimpinan dapat mempengaruhi pendidikan di sekolah. Dengan kepemimpinan yang efektif maka akan mampu mendorong pendidikan ke arah yang lebih baik, kegiatan pagi (morning activity) perlu dilakukan guna pembiasaan aspek-aspek perkembangan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalisasi kegiatan morning activity di KB Harapan Bunda Kebomas Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan berbagai cara melibatkan berbagai metode yang ada. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles and Huberman yakni teknik analisis data yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin telah mengikut sertakan seluruh bawahannya dalam pengambilan keputusan berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat dan memberikan sebagian kepemimpinannya kepada guru, sehingga para guru merasa turut bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran di sekolah. 2) Kepala sekolah dengan model kepemimpinan demokratis telah memberikan peluang setiap guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, dan melakukan bimbingan dan pelatihan termasuk pencapaian efektifitas program morning activity di KB Harapan Bunda.
PENINGKATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM NURUL IMAN MENGANTI GRESIK: Manajemen, Motivasi, Peserta Didik Sri Sundari; Ariska Junia
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses peningkatan manajemen sumber daya manusia dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Nurul Iman Menganti . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, meliputi kepala sekolah dan guru, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen SDM dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Nurul Iman Menganti Gresik dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Perencanaan pada manajemen SDM dalam memotivasi belajar peserta didik, mengadakan pelatihan dan perencanaan pembelajaran dikelas. (2) Pengorganisasian atau tugas pokok terkait motivasi belajar peserta didik, guru mempersiapkan RPP, membuat jurnal dan melakukan program remedial. (3) Pelaksanaan mengajar guru yang berkaitan dengan motivasi belajar peserta didik, pada awal pembelajaran sudah diberi motivasi terkait materi agar pelaksanaan mengajar berjalan dengan baik. (4) Evaluasi pengelolaan atau manajemen terkait dengan SDM atau guru disekolah, semua guru melakukan evaluasi disetiap akhir pembelajaran dan kepala sekolah melakukan evaluasi disetiap akhir pekan untuk mengetahui proses belajar mengajar dikelas. Hasil siklus pada manajemen SDM dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Nurul Iman Menganti Gresik dapat membantu memotivasi belajar peserta didik terbukti dari hasil prestasi yang sudah diperoleh dari peserta didiknya baik secara akademik maupun non akademik.
PENGARUH BERMAIN GAME DALAM HANDPHONE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH DINIYAH MISHBAHUL ISLAM PADEG CERME GRESIK: Bermain Game ; Minat Belajar Etiyasningsih; Riska Ari Agustina
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain game dalam handphone terhadap minat belajar siswa di Madrasah Diniyah Mishbahul Islam Padeg Cerme Gresik. Penelitian ini berjenis kualitatif. Metode penelitian yaitu menggunakan metode angket atau kuesioner dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 dan wali murid Madrasah Diniyah Mishbahul Islam, yang diambil secara keseluruhan siswa sebagai responden pengisian angket atau kuesioner.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan antara temuan hasil angket responden siswa dan temuan hasil angket orang tua respoden diantaranya: 1) Responden berminat dengan game tajwid karena sesuai dengan pelajaran dan menyenangkan, responden sebelumnya belum pernah memainkan game edukasi. 2) Perangkat yang digunakan yaitu Smartphone/Hp. 3) Responden memainkan game tajwid dengan menggunakan Smartphone/Hp orang tua. 4) Orang tua selalu menyarankan dan mengingatkan putra-putrinya untuk selalu belajar sambil bermain guna untuk mempelajari ilmu tajwid. 5) Orang tua responden selalu mendukung putra-putri mereka dengan cara meminjamkan Hp(Smartphone)nya. 6) Orang tua responden akan memberikan hadiah apabila putra-putri mereka dapat meningkatkan nilai mata pelajaran tajwidnya. Bermain game tajwid mempunyai pengaruh yang baik terhadap meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Diniyah Mishbahul Islam Padeg, sehingga siswa senantiasa mendapatkan peluang untuk mencapai prestasi.

Page 1 of 4 | Total Record : 33