cover
Contact Name
Muhamad Ridwan Effendi
Contact Email
p3m.staimuttaqien@gmail.com
Phone
+6281809652244
Journal Mail Official
thejurnal.paedagogie@gmail.com
Editorial Address
Jalan Baru Terusan Maracang No. 35, Desa Maracang, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. purwakarta,
Jawa barat
INDONESIA
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi ISlam
ISSN : 23376848     EISSN : 27235971     DOI : https://doi.org/10.52593/pdg
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is a periodical scientific journal published 2 (two) times a year in January and July by Muttaqien Publishing and managed by the Center Research and Community Service (P3M) STAI DR.KH.EZ.Muttaqien Purwakarta. This journal contains scientific articles, research, community society research, and students thesis reviewing education and Islamic studies with a multiperspective analysis context.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 02 (2023): Paedagogie: Journal of Education and Islamic Studies" : 5 Documents clear
Pengaruh Transformasi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMP Muhammmadiyah 1 Godean Anisa Widiawati; Salsabila, Khairiah; Permatasari, Devi; Ulhaq, M. Naufal; Sumarsono, Sumarsono
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 02 (2023): Paedagogie: Journal of Education and Islamic Studies
Publisher : Muttaqien Publishing, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52593/pdg.04.2.03

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh transformasi teknologi informasi terhadap sebuah lembaga pendidikan. Sebab dengannya, akan terlihat tingkat kualitas sebuah lembaga pendidikan dalam posisinya di zaman yang serba digital ini. Dan dengan transformasi teknologi informasi yang signifikan, maka akan membawa kepada efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan di lembaga tersebut. Metode yang dilakukan pada peneltian ini adalah penelitian lapangan (field study) dengan objek penelitian adalah SMP Muhammadiyah 1 Godean. Penelitian dilakukan dengan cara observasi lapangan dan melakukan wawancara dengan beberapa narasumber penting yaitu pihak Kepala Sekolah, bagian Tata Usaha dan bagian Perpustakaan. Dari wawancara tersebut maka diperoleh hasil tentang proses transformasi teknologi informasi di SMP Muhammadiyah 1 Godean dan literasi digital yang telah diterapkan di sekolah ini. Adapun literasi digital yang diterapkan di sekolah terkait sistem informasi berupa sistem akademik, sistem pembelajaran, sistem perpustakaan, website sekolah, media sosial sekolah, sistem kehadiran guru dan karyawan, sistem keuangan dan sistem PPDB. Selain itu, hasil yang ditemukan adalah bahwa SMP Muhammadiyah 1 Godean telah menjadi bagian dari PISA (Programme for International Student Assessment) oleh karena pengaruh dari transformasi teknologi informasi yang berkelanjutan dan signifikan yang menjadikan sekolah ini mampu menjadi role model untuk sekolah lain yang setingkat dengannya.
Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Media Pembelajaran Yuyun Bahtiar; Nisak, Khoirun; Khasibah, Nur
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 02 (2023): Paedagogie: Journal of Education and Islamic Studies
Publisher : Muttaqien Publishing, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52593/pdg.04.2.05

Abstract

Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam meningkatkan aktivitas siswa. PAI kini kehilangan derajat moralnya karena minat belajar agama sudah sangat menurun. Oleh karena itu dengan menciptakan suasana belajar yang kreatif melalui penggunaan media pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI. 2) Mendeskripsikan kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran siswa di kelas. 3) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media yang digunakan di Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah media auditif seperti rekaman Al Quran dan doa-doa. Media visual seperti papan tulis dan bola dunia. Media audio visual seperti Video Pembelajaran. 2) Bentuk kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah penggunaan power point, potongan surat (kelompok), video pembelajaran dan media lingkungan sekitar. 3) Respon siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School cukup baik, sebagian siswa aktif memperhatikan, menjelaskan, mencatat dan bertanya.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Siswa Kelas V Lianda Sari H, Tetha; Susanti, R. Hariyani; Aramudin, Aramudin
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 02 (2023): Paedagogie: Journal of Education and Islamic Studies
Publisher : Muttaqien Publishing, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52593/pdg.04.2.04

Abstract

Teachers posed an important role in the classroom as a crucial factor in increasing students' curiosity and attention in learning. However, there are indications that so far, the teacher has been using the same learning model for all lessons, delivering lessons too fast and not systematically, and the lack of guidance in learning. This causes students to have less opportunity to develop their potential. Another impact is that students become passive in learning science so that student learning outcomes and activities decrease. Therefore, this study seeks to improve student learning outcomes through the application of the Times Games Tournament (TGT) cooperative learning model in Ecosystem learning. The research was carried out in two improvement cycles using natural science ecosystem material. The results showed that student learning outcomes increased, in the pre-cycle the students' scores were ≥ 70, 43%, in cycle 1 students' mastery scores were ≥ 70, 54%. Meanwhile, in the second cycle, students' mastery scores ≥ 70 increased to 89%. It can be concluded that the use of the Times Games Tournament (TGT) method can improve learning outcomes for the 5th-grade students in class A, Metta Maitreya Primary School Pekanbaru, Marpoyan Damai District, Pekanbaru City.
Urgensi Pendidikan Seks Pada Anak Sejak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Literatur dalam Perspektif Islam Latifah, Dede; Ritonga, Apri Wardana; Anggraeni, Silvi; Julaeha, Sri Eka
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 02 (2023): Paedagogie: Journal of Education and Islamic Studies
Publisher : Muttaqien Publishing, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52593/pdg.04.2.02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi pendidikan seks pada anak sejak usia dini. Peneliti mengadopsi metode library research dengan sumber data diambil dari buku, artikel, berita online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, begitu pentingnya pendidikan seks terhadap anak usia dini sebab dengan adanya pendidikan seks dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan seksual. Kemudian, peranan orang tua menjadi faktor utama dalam mendidik anak sebab orang tualah yang dapat mengantarkan anak untuk mendapatkan pendidikan yang baik; kedua, pendidikan seks dalam Islam harus dimulai sejak dini yang diawali dengan mengajarkan anak agar meminta izin saat masuk kamar orang tua, menjaga pandangan terhadap lawan jenis, mengetahui jenis kelamin dan fungsinya serta mengetahui anggota tubuh mana yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain; ketiga, urgensi pendidikan seks di era digital khususnya dalam penggunaan gadget harus dalam pengawasan orang tua. Peneliti merekomendasikan penelitian berikutnya untuk membahas pemahaman masyarakat dalam menyikapi pendidikan seks untuk anak usia dini di era digital.
Program Pembiasaan Sholat Berjamaah dalam Membentuk Karakter Santri di Asrama Putri Al-Husna Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus Halimah, Ade; Ahmadiah, Didih; Maulana, Arif; Supendi, Dede
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 02 (2023): Paedagogie: Journal of Education and Islamic Studies
Publisher : Muttaqien Publishing, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52593/pdg.04.2.01

Abstract

This research was conducted because of problems regarding character that were found in the field, where there were complaints submitted by parents. This Islamic boarding school is an educational institution that is the choice in instilling character education. The purpose of this study is to find out how the habituation of congregational prayers is carried out in shaping the character of the santri, especially religious and disciplinary characters. The method used is to use qualitative methods with a case study approach, with data collection techniques by interviews, observation and documentation. The results of the research that has been carried out are the habituation of congregational prayers at the Al-Husna Girls Dormitory carried out every day, especially at dawn, sunset and evening prayers. This habituation can form the religious and disciplined character of the students which can be seen from their activities, where the students are used to and are consistent in attending congregational prayers in a timely manner. And the supporting factors are adequate facilities and infrastructure, the role of administrators, and the awareness of the students who have formed, while the inhibiting factors are the use of the hall for other activities and the feeling of laziness that exists within the students. And the efforts made to overcome the obstacles that occur are by fulfilling facilities and infrastructure, minimizing the use of halls, cooperation between administrators and imposing sanctions.

Page 1 of 1 | Total Record : 5