cover
Contact Name
Muhammad Subhan
Contact Email
d.hansfisika@gmail.com
Phone
+6282340867086
Journal Mail Official
admin@jurnal.stkipbima.ac.id
Editorial Address
Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima, Kode POS 84119, Tlpn. (0374) 43195/42801
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
ISSN : 26852586     EISSN : 25993143     DOI : https://doi.org/10.33627/ge.v5i1
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel Online pada tahun 2018. Artikel diterbit 2 kali setahun pada bulan April dan November. Jurnal Gravity Edu adalah sebagai media publikasi informasi, hasil pemikiran dan penelitian berupa karya ilmiah dibidang pendidikan Fisika, Ilmu Fisika, Astronomi dan umumnya IPA (sains)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika" : 5 Documents clear
Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inquiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Siswa Fatimah Fatimah; Eka Rahmawati; Yus'iran Yus'iran; Lis Suswati
GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 5 No 1 (2022): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.212 KB) | DOI: 10.33627/ge.v5i1.747

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inquiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA N 2 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan quasi eksperimen yang dilakukan pada dua kelas dimana kelas eksperimen 1 mendapat perlakuan model problem based learning (PBL) dan kelas eksperimen 2 mendapat perlakuan model inkuiri terbimbing. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMA N 2 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022, yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan test uraian (essay). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 76 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 69 dengan standar deviasi masing-masing 7,180 dan 6,804 dan varians gabungan masing-masing 51,555 dan 46,296. Sehingga diperoleh nilai thitung sebesar 3,399 dan ttabel sebesar 2,010. Berdasarkan keputusan uji thitung > ttabel atau 3,399 > 2,010, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat dikesimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA N 2 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022
Pengembangan Bahan Ajar Gelombang Menggunakan Analisis Video Berbantuan Software Logger Pro Pada Kasus Ayunan Fisis Kelas XII SMA Eka Rahmawati; M Subhan; Susi Susanti
GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 5 No 1 (2022): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.485 KB) | DOI: 10.33627/ge.v5i1.752

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran fisika karena tidak mampu memahami pembelajaran dan lebih memilih untuk menghafal rumus, ditambah lagi beberapa materi didalam ilmu fisika tidak hanya mampu dijelaskan dengan teori saja, melainkan harus membutuhkan media atau praktek secara langsung untuk menjelaskan materi tersebut, salah satunya yaitu materi gelombang. Sehingga salah satu media yang mampu menjelasakn gejala gelombang yaitu menggunakan analisis Software logger pro. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan dalam bentuk bahan ajar fisika materi gelombang menggunakan analisis video berbantuan software logger pro untuk Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliya kelas XII semester 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (research and defelopment) dengan langkah-langkah pengembangan yaitu perancangan atau pendahuluan, pengembangan bahan ajar, uji coba produk ,evaluasi, dan revisi bahan ajar (perbaikan). Instrumen yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian uji kelayakan bahan ajar diperoleh dari nilai angket ahli media dan ahli materi masing-masing memperoleh nilai rata-rata 2,72, dan 3,93 dengan kriteria sangat baik atau layak. Sedangkan berdasarkan hasil respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3,20. Hasil ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa bahan ajar fisika materi gelombang menggunakan analisis video berbantuan software logger pro studi kasus ayunan fisis termasuk dalam kriteria “sangat menarik” dan layak sehingga dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam pembelajaran fisika khususnya di sekolah SMA/MA
Penggunaan Media Online Whatsapp Sebagai Sarana Pembelajaran Terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa Kelas XI SMA Susi Susanti
GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 5 No 1 (2022): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.334 KB) | DOI: 10.33627/ge.v5i1.757

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan media online whatsapp sebagai sarana pembelajaran fisika terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan 20 soal pilihan ganda diberikan sesudah dan sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 60. Kemudian membagikan angket, responden siswa diperoleh bahwa tingkat respon sangat setuju 18,0%, setuju 19,7%, ragu-ragu 15,7%, tidak setuju 25,3% dan sangat tidak setuju 21,3%. Jika dibandingkan dengan yang sangat setuju dan setuju maka lebih dominan yang tidak setuju, sangat tidak setuju, dan ragu-ragu berarti penggunaan media whatsapp dalam proses pembelajaran berada dalam kategori rendah. Untuk hubungan atau korelasi antara media whatsapp dengan hasil belajar digunakan rumus product moment sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji korelasi. Adapun hasil yang didapat dari analisis uji hipotesis yang dimana nilai thitung < ttabel dan thitung sebasar 1,08 dan ttabel sebesar 2,09, sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima
Pengaruh Smartphone Menggunakan Model Learning Cycle 5 E Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Nurul Jawahir
GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 5 No 1 (2022): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.447 KB) | DOI: 10.33627/ge.v5i1.758

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh smartphone menggunakan model learning cycle 5 E terhadap hasil belajar fisika, dan bagaimana hubungan motivasi belajar siswa menggunakan smartphone terhadap hasil belajar fisika siswa SMA di era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah 31 orang siswa dari polulasi berjumlah lima kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan test. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dan penggunaan smarphone, sedangkan test digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan goggle classroom. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan uji korelasi person product momen. Dari analisis data motivasi belajar siswa bahwa T hitung 3.176 > T tabel 2.000, sedangkan pada data hasil belajar siswa nilai T hitung 3.000 > T tabel 2.000, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh smartphone menggunakan model learning cycle 5 e terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa fisika SMA di era pandemi covid 19. Sedangkan pada uji korelasi variabel motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa mendapatkan hasil bahwa nilai R hitung 31.322 > R tabel 2.042, maka kedua variabel ini dinyatakan berhubungan dan korelasi antar variabel ini lemah
Pengaruh Media Virtual Laboratorium Simulasi Phet Pada Materi Fisika Hukum Hooke Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Jania Jania; Lis Suswati; Rosmiati Rosmiati
GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 5 No 1 (2022): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v5i1.905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media virtual laboratorium simulasi PhET pada materi hukum hooke terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain PostTest Only. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 34 orang. Dengan teknik purposive sampling maka sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yaitu sebanyak 17 orang untuk kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 yaitu sebanyak 17 orang untuk kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pada akhir pembelajaran kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,35 dan kelas kontrol sebesar 81,37. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data tentang pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa t-hitung yang diperoleh yaitu 0,43 sedangkan harga t-tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,03 (t-hitung < t-tabel ). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho diterima dan Ha ditolak, yang tidak ada pengaruh media virtual laboratorium simulasi PhET pada materi hukum hooke terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI.

Page 1 of 1 | Total Record : 5