cover
Contact Name
Muhammad Subhan
Contact Email
d.hansfisika@gmail.com
Phone
+6282340867086
Journal Mail Official
admin@jurnal.stkipbima.ac.id
Editorial Address
Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima, Kode POS 84119, Tlpn. (0374) 43195/42801
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
ISSN : 26852586     EISSN : 25993143     DOI : https://doi.org/10.33627/ge.v5i1
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel Online pada tahun 2018. Artikel diterbit 2 kali setahun pada bulan April dan November. Jurnal Gravity Edu adalah sebagai media publikasi informasi, hasil pemikiran dan penelitian berupa karya ilmiah dibidang pendidikan Fisika, Ilmu Fisika, Astronomi dan umumnya IPA (sains)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2024): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika" : 5 Documents clear
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation Pada Materi Tekanan Zat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Utami, Meldi Putri; Aristya Putra, Pramudya Dwi; Wahyuni, Diah
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 7 No 1 (2024): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v7i1.1150

Abstract

The purpose of this study was to determine the significant effect of using learning media based on PhET Simulation on substance stress material on junior high school students' critical thinking skills using a quasi-experimental research methodology and a nonequivalent control group design. The subjects of this study were students of class VIIIF and VIIIH of SMPN 3 Jember. The results of the pretest-posttest were used to collect research data, and the parametric independent sample t-test was used to analyze the data. Based on the results of the study, the posttest mean value for the control class was 60.78, while the posttest mean value for the experimental class was 71.28. The mean value of the experimental class is higher than the control class. the mean value in the experimental class is better than the control class. The parametric test using the independent sample t-test found that there was a difference in the average score of the two classes' critical thinking skills with a significance of 0.000. Furthermore, it is strengthened by the right-hand t-test by realizing the value of tcount > ttable. These results determine that the mean score of critical thinking skills in the experimental class is higher than the control class. The difference in the results of critical thinking skills is due to the two classes being treated differently, namely the control class using video experiments and the experimental class using learning media based on PhET Simulation. Based on the research results, it can be concluded that the use of learning media based on PhET Simulation on substance stress material has a significant effect on junior high school students' critical thinking skills.
Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Fatimah, Fatimah
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 7 No 1 (2024): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v7i1.2299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu dengan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan menggunakan desain nonequivalent kontrol group design. Sampel yang menjadi dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas VIII.2 dengan jumlah siswa 21 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar dan untuk menganalisis data menggunakan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa diperoleh perhitungan uji-t polled varians diperoleh thitung sebesar 7,079 dan harga t table = 0,38. Oleh karena thitung lebih besar dari ( 7,079 > 0,38), maka dapat disimpulkan bahwa ho ditolak dan ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu tahun ajaran 2022/2023
Penerapan Digitalisasi Sekolah Berbasis Aplikasi Website di SMPIT Insan Kamil Kota Bima untuk Meningkatkan Kinerja Guru Subhan, Muhammad; Yus'iran, Yus'iran
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 7 No 1 (2024): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v7i1.2300

Abstract

Dalam era digital saat ini, integrasi teknologi dalam sistem pendidikan menjadi semakin penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar serta administrasi sekolah. Artikel ini mengkaji implementasi digitalisasi di SMPIT Insan Kamil Kota Bima melalui aplikasi berbasis website. Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai fungsi penting seperti Computer-Based Test (CBT), e-learning, jurnal kegiatan mengajar guru, penjadwalan pembelajaran, absensi, dan pengarsipan perangkat ajar. Melalui pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen untuk memahami dampak digitalisasi terhadap kinerja guru dan efisiensi operasional sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi digital berbasis website berhasil meningkatkan kinerja guru dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan eval__uasi pembelajaran. Selain itu, digitalisasi pengarsipan perangkat ajar dan jurnal mengajar guru memungkinkan pengelolaan dokumen yang lebih efektif, mengurangi penggunaan kertas, serta meningkatkan aksesibilitas dan keamanan data. Transformasi digital ini tidak hanya mendukung pembelajaran yang lebih terstruktur dan efisien tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan berkelanjutan
Keefektifan Literasi Sains Pada Kegiatan Kolaboratif MBKM Pada Skema Mengajar Di SMP Darul Furqan Kota Bima Tahun 2023 Khotimah, Khusnul; Suswati, Lis; Rahmawati, Eka
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 7 No 1 (2024): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v7i1.2357

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui: 1). Apa saja kendala yang dialami siswa dalam menerapkan literasi sains pada kegiatan kolaboratif Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) pada skema mengajar satuan pendidikan SMP Darul Furqan Kota Bima. 2). Untuk mengetahui keefektifan kegiatan kolaboratif Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) terhadap literasi sains di satuan pendidikan SMP Darul Furqan Kota Bima Bentuk kegiatan mahasiswa Kampus Mengajar di SMP Darul Furqan Kota Bima dalam meningkatkan efektifitas literasi sains siswa yakni melaksanakan kegiatan belajar mengajar, melaksanakan kegiatan pesantren kilat, pembuatan madding dan pohon literasi. Berdasarkan hasil percobaan menggunakan angket, presentase yang dihasilkan yaitu 89% dan masuk pada kriteria sangat baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan Kolaboratif Merdeka Belajar kampus Mengajar (MBKM) Di Satuan Pendidikan sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan belajar siswa.
Pengaruh Discovery Inqury Dengan Tinjauan Rraktek Dan Teoritis Pada Materi Getaran Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Supriyadin, Dedi
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 7 No 1 (2024): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v7i1.3244

Abstract

This study aims to determine the effect of Discovery Inquiry Learning with practical and theoretical reviews, accompanied by animations, on critical thinking skills in the topic of vibrations and waves during the even semester of the 2016/2017 academic year. The research sample consisted of 58 students, divided into 29 students in the experimental group and 29 students in the control group. The research design used was the Posttest Control Group Design, and the analysis method applied was two-way analysis of variance (ANOVA). The results of the study showed that: (1) There was no difference in students' understanding of critical thinking between those who used the Discovery Inquiry learning model and those who followed conventional learning methods. In the Discovery Inquiry learning model, the significance value obtained was 0.117, which was smaller than the significance threshold (i.e., sig < 0.05). Meanwhile, in the Conventional learning model, the significance value obtained was 0.01, which was considered small because it was below the significance threshold (sig > 0.01).

Page 1 of 1 | Total Record : 5