cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6285267795998
Journal Mail Official
lppm@univbinainsan.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Seltatan I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
ISSN : 16934768     EISSN : 26568861     DOI : https://doi.org/10.32767/jurmek.v25i3
Core Subject : Economy,
Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, pengkajian, dan pengembangan mengenai isu ekonomi, manajemen, dan bisnis. Situs Jurnal Media Ekonomi menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis, berskala nasional, dan sumber referensi bagi akademisi. Editor menerima kiriman artikel yang sudah disesuaikan dengan template dan belum pernah diterbitkan atau dipublikasi pada jurnal lain. Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses cek plagiat melalui alat bantu turnitin.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember" : 6 Documents clear
THE MODERATING ROLE OF WORK STRESS VARIABLES ON THE EFFECT OF WORKLOAD VARIABLES ON JOB SATISFACTION VARIABLES AT THE NATIONAL NARCOTICS AGENCY OF LUBUK LINGGAU CITY Lia, Diah April; Sari, Tri Agriana; Rimbano, Dheo; Famalika, Ade
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i3.2533

Abstract

This study aims to analyze the role of work stress moderation on the influence of workload on the job satisfaction of employees of the National Narcotics Agency (BNN) of Lubuklinggau City. We know that excessive workload can lead to a decrease in job satisfaction, which ultimately affects organizational performance. This study uses a quantitative research type approach with path analysis, the population involves ASN and TKS employees in the Lubuklinggau City BNN environment who are used as respondents.
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA NAIL ART BY RAN Umar, Anisa; Derina Yusda, Desi; Cahyo Nugroho, Yudhinanto
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i3.2334

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menguji apakah variabel social media marketing dan variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Nail Art by Ran. Pemasaran adalah suatu kegiatan pokok yang perlu dilakukan perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Manajemen Pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan juga menumbuhkan dengan menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan dari nilai pelanggan yang unggul. Kepuasan konsumen bagi para pengusaha sangat berarti dalam menjalankan bisnis mereka, karena setiap konsumen yang puas terhadap barang atau jasa yang telah mereka berikan akan membawa citra yang baik bagi konsumen untuk datang kembali ke tempar usaha mereka, kepuasan konsumen itu sendiri menurut Kotler dan Keller (2017) menyatakan bahwa kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah mebandingkan antara kinerja (hasil) produk yang diberikan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Dalam menentukan faktor kepuasan konsumen peneliti menggunakan teori Indrasari (2019) yaitu diantaranya: kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan biaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 89 responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu dengan teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu diantaranya uji keabsahan data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini secara parsial bahwa variabel social media marketing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Nail Art by Ran, namun pada variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Nail Art by Ran.
THE MODERATING ROLE OF WORK STRESS VARIABLES ON THE EFFECT OF WORKLOAD VARIABLES ON JOB SATISFACTION VARIABLES AT THE NATIONAL NARCOTICS AGENCY OF LUBUK LINGGAU CITY Lia, Diah April; Agriana Sari, Tri; Rimbano, Dheo; Famalika, Ade
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i3.2552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran moderasi stress kerja atas pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau. Kita ketahui apabila Beban kerja yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kepuasan kerja, yang pada akhirnya memengaruhi kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis jalur, Populasi melibatkan pegawai ASN dan TKS di lingkungan BNN Kota Lubuklinggau yang digunakan sebagai responden.
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KANTOR SEKECAMATAN SALING KABUPATEN EMPAT LAWANG PUSPA DEWI, TRI AYU; Maya Sari, Wisdalia; Riance, Astri
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i3.2554

Abstract

Rendahnya kepuasan kerja akibat kurangnya penghargaan dan apresiasi dari pimpinan, serta terbatasnya fasilitas seperti internet, komputer, dan printer juga menjadi kendala dalam efektivitas kerja. Perilaku Organizational Citizenship Behaviour (OCB) pegawai masih perlu ditingkatkan, karena masih ada yang kurang menunjukkan kepedulian terhadap rekan kerja dan kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan kepuasan kerja terhadap perilaku Organizational Citizenship Behaviour (OCB) pada pegawai di Kantor Camat Saling, Kabupaten Empat Lawang. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan analisis statistik untuk menguji pengaruh variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap OCB di kantor tersebut. Uji t menghasilkan nilai t-hitung untuk kompetensi sebesar 3,582, yang lebih besar dari t-tabel 1,684, dan untuk kepuasan kerja sebesar 3,768, yang juga lebih besar dari t-tabel 1,684. Uji F menunjukkan nilai F-hitung sebesar 10,889, yang lebih besar dari F-tabel 3,23, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai R-Square sebesar 0,416 menunjukkan bahwa 41,6% variasi OCB dipengaruhi oleh kompetensi dan kepuasan kerja, meningkat 14,4% setelah moderasi oleh kepuasan kerja
ANALISIS KUALITAS LAYANAN SEKRETARIAT DPRD DALAM PELAKSANAAN ADMINISTRASI FUNGSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SAROLANGUN Pebriansyah, Pebriansyah; Sardiyo, Sardiyo; Susanto, Yohanes
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i3.2558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan Sekretariat DPRD Kabupaten Sarolangun dalam membantu pelaksanaan administrasi fungsi anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Sarolangun, dengan analisis SWOT. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil Analisa menunjukkan posisi Sekretariat DPRD Kabupaten Sarolangun berada di kuadra I diagram caresius, artinya posisi mantap dalam pengembangan kinerjanya hasil analisis pada matrik SWOT di peroleh dalam menerapkan strategi pelayanan terhadap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah meliputi, memanfaatkan teknologi informasi secara tepat dan benar, memaksimalkan pengelolaan angaran, penyediakan sarana dan prasarana perlengakapan kerja, melaksanakan pola karir sesuai dengan kebutuhan dan meningkatkan kerjsama baik internal organisasi mapun kepada ekternal organisasi terkait tugas pokok dan fungsi Sekretariat DPRD Kabupaten Sarolangun.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA SEMANGUS LAMA KECAMATAN MUARA LAKITAN KABUPATEN MUSI RAWAS Wulan Dari, Sinthiya; Aprianto, Ronal; Idayati, Irma
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i3.2562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat Desa Semangus Lama, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 74 kepala keluarga sebagai sampel penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja, sedangkan variabel dependen adalah kepuasan masyarakat. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Indikator-indikator seperti responsivitas, keandalan, serta ketepatan waktu dari petugas pelayanan menjadi faktor dominan yang memengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengelolaan pelayanan publik di tingkat desa untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan guna meningkatkan kepuasan masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 30 No 2 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 30 No 1 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 29 No 1 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 27 No 2 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 26 No 3 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 26 No 2 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 26 No 1 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 25 No 3 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 25 No 2 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 25 No 1 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 24 No 3 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 24 No 1 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 23 No 3 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 23 No 2 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 22 No 3 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 22 No 2 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 22 No 1 (2017): Jurnal Media EKonomi (JURMEK) April Vol 21 No 3 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 21 No 2 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 21 No 1 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April More Issue