cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.Yc.Oevang Oeray,Nomor 92, Baning Kota, Sintang , Kalimantan Barat, 78612
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 25805703     EISSN : 27757242     DOI : 10.51826/edumedia
Core Subject : Education,
Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan" : 9 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KELAM PERMAI Rachmi Afriani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar siswa sub materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMP Negeri 2 Kelam Permai Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan True Eksperimental Design dengan prosedur penelitian menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kelam permai terdiri dari dua kelas. Instrument perlakuan yang digunakan adalah Silabus dan RPP, sedangkan instrument pengukurannya adalah soal test dan lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa model Course Review Horay (CRH) terlaksana dengan sangat baik (100%) yang ditinjau dari guru. Analisis data uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan hasil homogenitas menunjukkan bahwa data homogen. Hasil uji t dan effect size model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media Powerpoint berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa.
PENYELENGGARAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SILOAM KIDS DESA ULAK MUID KECAMATAN TANAH PINOH BARAT Marzuki Marzuki
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi pemerintah di Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Siloam Kids Desa Ulak Muid Kecamatan Tanah Pinoh Barat, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu: 1). Kepala Sekolah, 2). Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, 3). Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, 4). Bendahara Sekolah, 5). Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, dan 6). Orang Tua murid dilakukan secara purposive. Hasil penelitian Penyelenggaraan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Siloam Kids Desa Ulak Muid Kecamatan Tanah Pinoh Barat dapat dilihat dari: 1). Kurikulum dan program pengajaran sudah diterapkan berdasarkan Kurikulum Nasional. Manajemen kurikulum dan program pengajaran sudah sesuai jadwal pendidikan, kalender pendidikan, supervise guru, pengelolaan jadwal kegiatan penerimaan sampai kegiatan rutinitas pembelajaran.2). Tenaga kependidikan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Siloam Kids Desa Ulak Muid ada 8 (delapan) orang. 3). Kesiswaan sudah berjalan sesuai dengan pelaksanaan administrasi kesiswaan dimulai dari surat pendaftaran siswa baru, daftar calon siswa baru, daftar siswa baru, pembagian kelas siswa baru, pencatatan data siswa pada buku induk, hingga data siswa kelulusan untuk kejenjang pendidikan taman kanak-kanak (TK). 4). Keuangan dan pembiayaan yaitu pengadaan biaya pendidikan melibatkan team pengelolaan. Berbagai bentuk bantuan dana yang diperoleh dari orang tua peserta didik, yaitu berupa iuran bulanan, sumbangan sukarela, dan 5). Sarana dan prasarana pendidikan yaitu berupa perabot kelas, alat permaianan, lahan sekolah, ruang kelas, ruang kantor/Kepala PAUD, ruang guru, ruang perpustakaan, ruang dapur dan gudang, ruang UKS, kamar mandi/WC dan ruang serbaguna/aula.
PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI SISTEM GERAK Hilda Aqua Kusuma Wardhani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan e-modul dan efektifitas penggunaan e-modul dengan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada materi sistem gerak di Madrasah Aliyah Negeri Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa XI IPA MAN Sintang, dan yang menjadi sampel adalah kelas XI IPA 2 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media pembelajaran e-modul dengan aplikasi kvisoft flipbook maker materi sistem gerak yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan nilai rata-rata total validasi (Va) ahli media sebesar 3,76 dan rata-rata total validasi (Va) ahli materi sebesar 3,65. Media pembelajaran e-modul dengan aplikasi kvisoft flipbook maker materi sistem gerak efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 85 % dan respon siswa sebesar 91,7% dengan kriteria sangat positif.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET JENIS-JENIS TALAS (Araceae) SEBAGAI LITERASI Desi Ratnasari
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.663

Abstract

Pemanfaatan tumbuhan Araceae oleh masyarakat diantaranya sebagai tanaman hias, sumber pangan dan obat-obatan. Banyaknya jenis talas dan sulitnya masyarakat membedakannya, maka diperlukan implementasi ke dalam bentuk booklet yang dapat digunakan sebagai literasi. Kemampuan literasi siswa dalam membaca tentunya dapat diperlukan bagi siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkan di sekolah untuk dapat mengikuti segala perkembangan terutama yang terkait dengan dunia pendidikan. Media booklet dinilai layak oleh ahli media dan ahli materi dengan rata-rata validitas masing-masing 3,71 dan 3,29.
PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI IHT DARING DENGAN APLIKASI GOOGLE MEETING DI SEKOLAH BINAAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Bejo Bejo
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.664

Abstract

Penelitian ini menekankan kepada peningkatan keterampilan guru dalam membuat video pembelajaran interaktif dengan pelaksanaan kegiatan IHT Daring dengan Aplikasi Google Meeting di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleks. Subjek penelitian adalah guru-guru di Sekolah binaan di Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan IHT Daring dengan Aplikasi Google Meeting terbukti mampu meningkatkan keterampilan guru dalam membuat video pembelajaran interaktif. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian keterampilan guru-guru di sekolah binaan dalam membuat video pembelajaran interaktif di mana pada kondisi awal rata-rata nilai 44,72 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 69,61 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 90,30 dan masuk dalam kategori Baik (B). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan IHT Daring dengan Aplikasi Google Meeting di masa pandemi Covid 19 terbukti dapat meningkatkan keterampilan guru-guru di sekolah binaan dalam membuat video pembelajaran interaktif.
THE EFFECT OF USING ELSA SPEAK APPLICATION FOR STUDENTS’ PRONUNCIATION AT SMK KESEHATAN OF KAPUAS RAYA SINTANG Martom martom; Agustinus Marjun; Lailatus Sa’adah
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.665

Abstract

This research aims to investigate the effect of using the Elsa Speak application on students’ pronunciation of SMK Kesehatan of Kapuas Raya Sintang in the academic year 2021/2022). The design of this research used quasi-experimental research in quantitative research. The sample of this research was XI Clinical Pharmacy as the class control and XI Nursing Assistant as the class non-control. The class control was taught by using the Elsa Speak application and class non-control was taught without using the Elsa Speak application. This selection based on purposive sampling technique. The researcher gave test in the form of pre-test and post-test to the control and non-control classes. The result of this research indicated that the Elsa Speak application was significant in improving students’ pronunciation. This was proven by the average score before treatment was 46.03 and the average score after treatment has given was 76.46. It means that using the Elsa Speak application showed a positive effect size. It was 0.58, the criteria were Moderate Effect to be implemented for students, especially for the eleventh-grade students of SMK Kesehatan of Kapuas Raya Sintang.
IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY BY SHORT DILAOGUES MEMORIZATION Atrianus Toni
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.666

Abstract

This research aimed at improving students’ speaking ability using short dialogue. It was a classroom action research (CAR). The study was conducted in a cyclic process starting from planning, acting, observing, and reflecting. What technique? Technique was implemented in two cycles. The subjects of this research were elementary level students from SMAS Panca Setya Sintang. The study found out that the implementation of short dialogue memorization technique has improved the students' speaking ability. The students also improved their active involvement in class. In the first cycle, only some students participated in class actively, but most of them were very active in the second cycle. Based on the students’ score data, more than half of the students got higher in each aspect. Compared with the data from Cycle I, Cycle II was dominated by the students who got a score of 6 in each aspect, while Cycle I was dominated by the students who got score 2 and 1. Almost all students passed the criteria of success, 70. Therefore, the teachers were recommended to improve the students’ speaking ability using short dialogue memorization technique.
INSTRUMEN PENILAIAN TES BERORIENTASI HOTS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR Daniel Dike; Fitriana Fitriana; Adpriyadi Adpriyadi
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.667

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan tes Ulangan Akhir Semester Genap dan persentase penerapan soal HOTS pada tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar kelas V. Manfaat penelitian ini adalah memberi konstribusi khususnya dalam bidang analisis dan pengembangan instrumen tes berbasis HOTS khususnya di SD. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif jenis analisis dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Sepauk dan SDN 02 Lengkenat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Alat pengumpul data adalah dokumen. Data dianalisis menggunakan program Anates V4.09 dan program Excel. Hasil analisis kelayakan menunjukan bahwa di SDN 01 Sepauk terdapat 12 butir valid dan 28 butir tidak valid. Sementara di SDN 02 Lengkenat terdapat 15 butir valid dan 25 soal tidak valid. Analisis reliabilitas tes di SDN 01 Sepauk menunjukan angka 0,66 untuk soal pilihan ganda dan 0,11 pada soal uraian, dan analisis tes di SDN 02 Lengkenat menunjukan angka 0,71 pada soal pilihan ganda dan 0,17 pada soal uraian. Analisis Tingkat Kesukaran SDN 01 Sepauk terdapat 21 butir sedang dan 19 butir mudah . Hasil analisis di SDN 02 Lengkenat 10 butir kategori sukar, 19 butir kategori sedang dan 11 butir kategori mudah. Hasil analisis Daya Pembeda di SDN 01 Sepauk terdapat 12 butir baik sekali, 10 butir baik, 3 butir cukup dan 15 butir jelek. Sementara di SDN 02 Lengkenat diperoleh hasil 21 butir baik sekali, 1 butir soal baik, dan 11 butir soal jelek. Hasil analisis efektifitas pengecoh soal tes di SDN 01 Sepauk sebanyak 12 butir soal kategori sangat baik, 15 butir soal kategori cukup, 7 kategori buruk, 1 butir soal kategori sangat buruk. Sementara hasil analisis efektifitas pengecoh soal tes di SDN 02 Lengkenat terdapat 15 butir sangat baik, 10 butir kategori cukup, 6 butir soal kategori buruk dan 4 butir soal kategori sangat buruk. Terdapat 12 butir soal yang layak digunakan di SDN 01 Sepauk dan 13 butir soal yang layak digunakan di SDN 02 Lengkenat. Analisis HOTS menunjukan bahwa 20 butir atau 50% termasuk dalam kategori HOTS.
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH Antonius -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v6i2.668

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk menerapkan nilai-nilai agama, moral, etika pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, dibantu oleh orang tua, guru, serta masyarakat yang sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan karakter peserta didik.Setiap anak memiliki potensi yang baik sejak lahir, namun potensi tersebut harus terus diasah dan disosialisasikan dengan baik agar karakter setiap anak terbentuk dan berkembang secara maksimal.Di zaman serba digital ini juga anak dengan mudahnya menggunakan media digital. Zaman digital yang bukan hanya memiliki dampak positif, namun juga dampak negatif pun menjadi tugas sendiri bagi pendidik, orang tua dan masyrakat dewasa dalam membimbing dan memantau apa yang anak lakukan dengan media digitalnya tersebut, sehingga anak mampu memanfaatkan media digitalnya sebaik mungkin dan mendapatkan manfaat yang baik untuk dirinya dan hidupnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 9 No 1 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 2 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 1 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 2 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2023): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 1 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2022): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2021): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2021): EDUMEDIA Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3, No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3 No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2 No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2 No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Media Edukasi More Issue