cover
Contact Name
Yana Setiawan
Contact Email
yanasetiawan@upi.edu
Phone
+6285722670850
Journal Mail Official
gunahumas@upi.edu
Editorial Address
Gedung University Center Lantai 1. Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 50154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gunahumas
ISSN : 27742822     EISSN : 26551551     DOI : https://doi.org/10.17509/gunahumas
Core Subject : Education, Social,
Gunahumas with registered number 2655-1551 (Print) and 2774-2822 (Online) is published by Kantor Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia. It is published twice a year. Jurnal Gunahumas Journal is a journal that publishes the work of researchers and practitioners in the field of Public Relations. Articles submitted and will be published will be assessed by bild reviewers gradually. Scope of the article to be written include: (1) Philosophical Studies Public Relations (2) Philosophical Studies Human Relationship (3) Relationship Public Relations Resources (4) Media Human Relationship (5) Public Relations Communication Systems (6) Digital Public Relations Research (7) Publication and Public Relations Policy (8) Public Relations Organization (9) Modernization of Public Relations (10) Public relations in the fields of Education, Science and Technology
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas" : 8 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran I-Spring Presenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahfizh Al-Qur’an Di Pesantren Persis Tarogong Ishak, Dede; Suherman, Uman; Maskur, Maskur
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an antara  menggunakan media pembelajaran I-Spring Presenter dan menggunakan metode konvensional, 2) Peningkatan kemampuan tahfizh Al-Qur’an pada penggunaan media pembelajaran I-Spring Presenter, dan 3) Efektivitas penggunaan media pembelajaran I-Spring Presenter berdasarkan aspek-aspek tahfizh Al-Qur’an. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengarah pada teknik korelasional dan dapat digolongkan ke dalam jenis penelitian eksperimen dan penelitian korelasional, dimana melalui penelitian ini diharapkan diperoleh gambaran tentang variabel-variabel penelitian. untuk menguji keefektifan penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment Design. Dengan demikian hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an, antara tahfizh Al-Qur’an menggunakan media pembelajaran I-Spring Presenter dengan menggunakan metode konvensional rata-rata pada kategori sedang dengan hasil lebih baik pada penggunaan I-Spring Presenter. 2) Terdapat peningkatan kemampuan tahfizh Al-Qur’an dengan menggunakan media pembelajaran I-Spring Presenter pada kategori sedang sebanyak 89 %. 3) Penggunaan media pembelajaran I-Spring Presenter mampu meningkatkan kemampuan tahfizh Al-Qur’an secara efektif pada aspek: kelancaran, tajwid, dan kefashihan. Dari hasil tersebut dapat direkomendasikan sebagai berikut: 1) Diharapkan pihak pesantren dapat menggunakan media I-Spring Presenter pada program tahfizh Al-Quran peserta didik, pihak pesantren dapat memfasilitasi ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran tahfizh Al-Quran. 2) Penggunaan media pembelajaran I-Spring presenter terbukti  lebih baik dalam meningkatkan kemampuan tahfzh Al-Qur’an sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam program tahfizh di Pesantren dan 3) Penggunaan media pembelajaran I-Spring presenter terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan tahfizh Al-Quran seluruh peserta didik pada tiga aspek sehingga dapat dikembangkan metode yang lebih baik lagi oleh peneliti selanjutnya pada aspek makhorijul huruf, shifatul huruf dan konsistensi hafalan Al-Qur’an.Kata Kunci: Media Pembelajaran I-Spring Presenter, Kemampuan Tahfizh Al-Qur’an AbstractThe purpose of this research is to find out: 1) The difference in the ability to memorize the Qur'an between using I-Spring Presenter learning media and using conventional methods, 2) Increasing the ability of Al-Qur'an tahfizh on the use of I-Spring Presenter learning media, and 3) Effectiveness of the use of learning media I -Spring Presenter based on aspects of the Qur'an's tahfizh. While the method used in this study is to lead to correlational techniques and can be classified into types of experimental research and correlational research, through which this research is expected to obtain an overview of the research variables. to test the effectiveness of this study using an experimental method with a Quasi Experiment Design. Thus the research results obtained indicate that: 1) There is a difference in the ability to memorize the Al-Qur'an, between tahfizh Al-Qur'an using the I-Spring Presenter learning media using conventional methods on average in the medium category with better results on the use of I-Spring Presenter. 2) There is an increase in the ability of the Qur'an's tahfizh by using the medium of I-Spring Presenter learning in the medium category by 89%.3) The use of the I-Spring Presenter learning media is able to effectively increase the ability of the Qur'an's tahfizh on aspects: fluency, recitation, and fluency. From these results it can be recommended as follows1) It is hoped that the pesantren can use the I-Spring Presenter media in the students' Al-Quran tahfizh program, the pesantren can facilitate the availability of facilities and infrastructure for Al-Quran tahfizh learning. 2) The use of the I-Spring learning media presenter is proven to be better in improving the ability of the Qur'anic tahfzh so that this learning media can be used by educators and students in the tahfizh program at Islamic Boarding Schools and 3) The use of the I-Spring learning media presenter has proven to be effective in improving the ability of Al-Quran tahfizh of all students on three aspects so that a better method can be developed by the next researcher on the aspects of makhorijul letters, shifatul letters and the consistency of memorizing the Qur'an.Keywords: Learning Media I-Spring Presenter, Ability of Tahfizh Al-Qur'an  
Pengaruh Kampanye Media Sosial Terhadap Tingkat Kesadaran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia Mengenai Pencegahan Covid-19 Setiawati, Linda; Mulyawati, Isah Bela
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakCorona Virus Desease (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Virus Corona versi baru yang ditemukan pada akhir tahun 2019 lalu di Wuhan, China. Pada awal tahun 2020 virus tersebut telah mewabah keseluruh dunia. Kesadaran mahasiswa merupakan hal yang sangat penting dalam mempercepat penanganan wabah ini. Fakta di lapangan menunjukkan masih banyak mahasiswa yang tidak menyadari bahaya dari COVID-19, sehingga memengaruhi perilaku dalam menyikapi wabah tersebut. Tujuan khusus penelitian adalah (1) untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai pemanfaatan media sosial seperti Instagram, Twitter, Youtube, dan Whatsapp dalam pencegahan COVID-19, (2) mendeskripsikan besarnya pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap kesadaran mahasiswa mengenai pencegahan COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan COVID-19 Universitas Pendidikan Indonesia. Sampel yang digunakan adalah 30 orang mahasiswa kelompok Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Linda Setiawati, M.Pd. Teknik pengambilan data secara adalah teknik komunikasi tidak langsung. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan perhitungan presentase dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa setuju pemanfaatan media sosial dapat mencegah COVID-19 dan peran media sosial memberikan pengaruh yang kuat terhadap tingkat kesadaran mahasiswa dalam pencegahan COVID-19.Kata Kunci : Covid-19, Virus Corona, Media Sosial, Mahasiswa
Penggunaan Blog dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Ratnaningsih, N. Dewi; Jamilah, Jamilah; Dimyati, Endang
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenggunaan blog mobile dan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together merupakan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tentang usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Penelitian dilakukan pada pembelajaran sejarah di SMK Darussalam Tarogong Kaler Garut kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk eksperimen semu. Bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan instrumen berupa tes dan non tes (angket). Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan blog mobile dan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tentang usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai peserta didik dari 22 menjadi 46 dengan rata-rata n-gain 0,29 termasuk kategori rendah. Dari 25 orang peserta didik pada kelas eksperimen, sebanyak 4% peserta didik yang tuntas belajar dan 96% peserta didik belum tuntas belajar. Kata Kunci : Blog, Numbered Head Together, Pembelajaran Kooperatif, Pemahaman Konsep AbstractThe use of mobile blogs and cooperative learning with the Numbered Head Together type is research conducted to improve students' understanding of the concept of efforts to maintain Indonesian independence. The study was conducted on history learning at SMK Darussalam Tarogong Kaler Garut class X. The research method used was an experimental method with a quasi-experimental form. The form of experimental design used was a pretest-posttest control group design with instruments in the form of tests and non-tests (questionnaire). From the results of the research conducted, it can be concluded that the use of mobile blogs and cooperative learning with the Numbered Head Together type can improve students' understanding of the concept of efforts to maintain Indonesian independence. This can be seen from the increase in the average value of students from 22 to 46 with an average of n-gain of 0.29, including the low category. Of the 25 students in the experimental class, as many as 4% of students who have finished learning and 96% of students have not yet finished learning. Keywords: Blog, Numbered Head Together, Cooperative Learning, Concept Understanding
Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran Bunyamin, Aceng Cucu; Juita, Dewi Rika; Syalsiah, Noer
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMedia Pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Karena dengan penggunaan  media, peserta didik akan dapat lebih bisa menyerap dan memahami materi yang disampaikan didalam maupun diluar kelas. Media terbagi kedalam berbagai jenis, antara lain media cetak yaitu; buku,  modul, LKS, dan juga media elektronik yaitu; video, audio, presentasi multimedia dan juga bisa menggunakan konten daring atau online. Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan kegiatan belajar mengajar didalam kelas, guru melakukan evaluasi. Bentuk evaluasi tersebut bisa bermacam-macam. Diantaranya bisa berupa kuiz, presentasi individu atau kelompok, test tertulis dan juga menggunakan media kahoot yaitu dengan cara memasukkan soal pilihan ganda ke aplikasi kahoot yang  menggunakan fasilitas internet agar dapat terkoneksi lewat  handphone atau laptop peserta didik  untuk dapat  langsung  menjawab kuis yang disajikan oleh  pendidik.  Peserta  didik  bisa melihat hasilnya secara langsung dengan urutan peringkat. Ada dua tipe dalam menggunakan kahoot yaitu klasik dan mode. Media kahoot di gunakan sebagai variasi dalam kegiatan belajar mengajar, dikarenakan peserta didik butuh pembelajaran yang tidak monoton dan guru pun lebih bisa menggunakan media kahoot ini untuk menunjang pembelajarannya didalam kelas, sehingga anak lebih termotivasi dalam belajar dan merasa senang ketika proses kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Kata kunci: Media Kahoot, Media pembelajaran berbasis game, variasi pembelajaran AbstractLearning Media is an important part in the process of teaching and learning activities. Because with the use of media, students will be able to better absorb and understand the material delivered inside and outside the classroom. The media is divided into various types, including print media, namely; books, modules, worksheets, and also electronic media namely; video, audio, multimedia presentations and can also use online or online content. To measure the extent of the success of teaching and learning activities in the classroom, the teacher evaluates. The form of evaluation can vary. Among them can be in the form of quizzes, individual or group presentations, written tests and also using kahoot media by entering multiple choice questions into the kahoot application that uses internet facilities so that they can be connected via students' cellphones or laptops to be able to directly answer quizzes presented by educators. Learners can see the results directly with the ranking order. There are two types of using kahoot namely classic and fashion. The media of kahoot is used as a variation in teaching and learning activities, because students need learning that is not monotonous and the teacher is more able to use this kahoot media to support their learning in the classroom, so that children are more motivated in learning and feel happy when the teaching and learning process is underway .  Keywords: Kahoot Media, Game-based learning media, learning variation
Pemanfaatan Web Resmi Perguruan Tinggi sebagai Sumber Berita oleh Wartawan Media Massa Burhanudin, Muhamad; Zustiyantoro, Dhoni; Putro, Rochsid Tri Hanggoro
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa media berbasis internet dapat memudahkan organisasi dalam melakukan hubungan dengan media dengan memfasilitasi kemudahan berbagi informasi. Lembaga pendidikan dipilih sebagai batasan, karena hubungan media merupakan aktivitas yang cukup penting bagi lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan wartawan media massa. Narasumber penelitian adalah wartawan yang bertugas meliput isu-isu pendidikan di area Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasumber mempercayai web resmi organisasi pendidikan sebagai sumber informasi untuk mengembangkan berita, atau sebagai alternatif ketika kekurangan berita. Informan mengkritik kualitas informasi dan cara penyajian informasi yang terdapat di web resmi yang masih belum memenuhi kebutuhan wartawan.Kata Kunci: hubungan media, humas perguruan tinggi, media massa
Pengaruh Faktor Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas Riswandi, Agus
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractRencana Strategis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2015 - 2019 telah menetapkan indikator pencapaian target penyelenggaraan pelayanan kesehatan tradisional, yaitu jumlah puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan tradisional dan rumah sakit pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan tradisional. Dengan demikian kebutuhan layanan kesehatan secara terintegrasi sangat dibutuhkan di berbagai wilayah secara terintegrasi di masing-masing puskesmas, termasuk di Cimahi. Dalam penelitian ini dirumuskan untuk menjawab rumusan masalah yang mencakup: (1) Seberapa besar pengaruh faktor komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas di Kota Cimahi?; (2) Seberapa besar pengaruh faktor sumberdaya dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas di Kota Cimahi?; (3) Seberapa besar pengaruh faktor disposisi dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas di Kota Cimahi?; (4) Seberapa besar pengaruh faktor struktur birokrasi dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas di Kota Cimahi?. Penelitian dilakukan di wilayah Kota Cimahi dengan metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data Path Diagram untuk menguji hipotesis.  Riset ini menghasilkan temuan bahwa Faktor komunikasi telah memberikan pengaruh yang tinggi dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas di Kota Cimahi. Adapun faktor sumberdaya, faktor disposisi, faktor struktur birokrasi memberikan pengaruh yang sedang terhadap Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas di Kota Cimahi.Kata Kunci: komunikasi; sumber daya; disposisi; struktur birokrasi; kesehatan tradisional
Analisis Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada Mata Pelajaran Biologi MAN 1 Garut Solihah, Siti; Mulyani, Leni Sri; Ardiana, Chevi
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPada berbagai tingkat pendidikan, masih banyak ditemukan hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Gaya belajar yang tidak sesuai dengan kondisi siswa berdampak pada tingkat pemahaman mata pelajaran yang rendah. Penelitian ini mengambil judul “Analisis Gaya Belajar Siswa  Berdasarkan Kriteria VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik ) Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 GARUT”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Gaya Belajar Siswa  Berdasarkan Kriteria VAK (Visual, Auditori, Dan Kinestetik ) Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 Garut”. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kabupaten Garut, Jawa Barat dan dilaksanakan pada bulan April – Mei 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantatif. Jumlah sampel yang diamati dalam penelitian ini adalah 150 siswa Kelas XI IPA MAN 1. Hasil penelitian gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA 1 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 85,0% gan kategori sangat rendah dan sebanyak 2,5% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA2 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 84,6% responden adalah auditorial dengan kategori tinggiresponden adalah auditorial dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 12,5% visual den, sebanyak 12,8% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 2,6% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas X IPA 3 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 77,8% adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,9% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 8,3% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA 4 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 80,6% responden adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,9% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 5,6% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar secara umum pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 82,0% adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,3% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 4,7% kinestetik dengan kategori sangat rendah.Kata Kunci  : Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA 3 di MAN I Garut tahun 2018AbstractAt various levels of education, there are still many learning outcomes that have not been as expected. Learning styles that are not in accordance with student conditions have an impact on the level of understanding of low subjects. This study takes the title "Analysis of Student Learning Style Based on VAK Criteria (Visual, Auditory, and Kinesthetic) in Biology Subjects at MAN 1 GARUT". The problem in this study is "How is Student Learning Style Based on VAK Criteria (Visual, Auditory, and Kinesthetic) in Biology Subjects at MAN 1 Garut". This research was conducted in MAN 1 Garut West Java and was conducted in April - May 2018. The method used in this study was descriptive with a quantitative approach. The number of samples observed in this study were 150 students of Class XI Science 1. The results of research on learning styles in Biology Class XI IPA 1 subjects in MAN I Garut in 2018 were 85.0%, the category was very low and as much as 2.5% kinesthetic with a very low category. Learning styles in Biology Class XI IPA2 subjects in MAN I Garut in 2018 as many as 84.6% of respondents were auditory with the highest category of respondents being very high auditory categories, as much as 12.5% visual den, as many as 12.8% visually with very categories low and 2.6% kinesthetic with a very low category. Learning styles in Biology Class X IPA 3 subjects in MAN I Garut in 2018 as many as 77.8% were auditory with a high category, 13.9% were visually very low and 8.3% kinesthetic with very low categories. Learning styles in Biology Class XI IPA 4 subjects in MAN I Garut in 2018 as many as 80.6% of respondents were auditory with a high category, 13.9% were visually very low and 5.6% kinesthetic with very low categories. The general learning styles in Biology Class XI IPA subjects in MAN I Garut in 2018 as much as 82.0% are auditory with a high category, 13.3% are visually very low and 4.7% kinesthetic with very low categories.Keywords: Learning Style in Biology Class X Science 3 in MAN I Garut in 2018
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Limbah di Anak Sungai Citarum Darmawan, Deni; Setiawati, Rita; Triesti, Sekar Hana; Anggoro, Ridho; Surya A, Andy
Gunahumas Vol 3, No 1 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakSampah merupakan material sisa yang tidak di inginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya. Sampah yang selama ini cenderung menjadi suatu yang dipersoalkan karena tidak adanya nilai guna didalamnya sehingga tidak heran jika saat ini kita sering menjumpai barang-barang bernilai ekonomi yang dibuat dari bahan olahan sampah. Bank sampah merupakan suatu lembaga yang berfungsi menampung sampah yang diberikan oleh masyarakat yang nantinya akan diolah kembali untuk dijadikan barang-barang yang memiliki nilai ekonomi kembali dimasyarakat, sebagai imbal baliknya sampah-sampah yang dikumpulkan masyarakat sangat membantu dalam program kebersihan lingkungan. Dengan adanya kepedulian dari tokoh masyarakat dalam melestarikan lingkungan melalui pengelolaan sampah, juga sebagai upaya mengurangi polusi sampah anorganik dan gulma yang berupa eceng gondok yang tumbuh di sekitar sungai Citarum ada juga sebagai upaya melatih hidup sehat dan bersih bagi masyarakat. Sehingga setiap sampah yang dihasilkan masyarakat setiap hari tidak terbuang percuma atau bahkan sampah yang tadinya menjadi hal yang sangat diabaikan nantinya akan menjadi barang yang diperebutkan karena memiliki nilai ekonomi setelah diolah sedemikian rupa menjadi berbagai jenis kerajinan tangan harga jualnya sangat tinggi. Kata Kunci :  Pemberdayaan, Pengelolaan LimbahAbstractWaste is a waste material that is not in want after the end of a process. Waste is defined by humans according to degrees of exposure, in natural processes there is no concept of waste, only the products produced after and during the natural process take place. But because in human life defined the concept of the environment then the garbage can be divided by the types. Garbage which has tended to become an issue because there is no use value in it even tends to be interpreted as goods whose existence so do not be surprised if today we often encounter goods of economic value made from processed waste materials. Bank waste is an institution that serves to accommodate the waste provided by the community which will be processed back to be used goods that have economic value back in the community, in return the garbage collected by the community is very helpful in the program of environmental hygiene. With the awareness of community leaders in preserving the environment through waste management, as well as efforts to reduce the pollution of inorganic waste and weeds in the form of water hyacinth that grows around the river Citarum there is also an effort to train healthy and clean life for the community. So every garbage generated by the community every day is not wasted or even garbage that had become a very neglected thing will be a contested item because it has economic value after being processed in such a way to be various types of handicrafts selling price is very high. Keywords: Empowerment, Waste Management

Page 1 of 1 | Total Record : 8