cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2019): Oktober" : 9 Documents clear
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT Lu`luin Najwa; Ahmad Muslim
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3007

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis pada tema. Salah satu pertimbangan yang digunakan dalam pengembangan kurikulum tematik ini adalah proporsi keragaman dalam banyak mata pelajaran. Hasilnya adalah satu tema dalam Kurikulum 2013 dapat berisikan substansi dari beberapa mata pelajaran. Tidak sedikit problematika yang dapat ditemukan dalam implementasi pembelajaran tematik ini, mulai dari kompetensi guru yang harus menyesuaikan diri dengan tuntutan kurikulum, siswa yang dihadapkan pada kuantitas materi yang tidak sedikit, dan orang tua yang hampir semuanya tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup mengenai pembelajaran tematik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tematik yang terjadi di dalam kelas, dan dipotret dari perspektif guru dan siswa. Penelitian merupakan penelitian evaluasi dengan fokus pada aspek transactions, salah satu komponen evaluasi dalam Countenance Model dari Stake. Data dikumpulkan dengan angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif, dan dibandingkan dengan kriteria normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari pesepektif guru, sebanyak 88,60% guru telah dapat mengimplementasikan pembelajaran tematik yang sudah direncanakan sebelumnya, (2) sebanyak 76,47% guru telah dapat melaksanakan tahapan penilaian hasil belajar dengan baik, dan (3) dari perspektif siswa, sebanyak 54% telah menunjukkan keaktifan yang diharapkan ketika mengikuti proses pembelajaran tematik, dan sebanyak 46% masuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut, diantara saran yang dapat diberikan adalah bagaimana guru, sebagai individu yang bertanggung jawab dalam proses pembelajaran di kelas, dapat menstimulus siswa untuk dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Orientasi Kurikulum 2013 yang lebih pada students- centered harus lebih dapat diwujudkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.  Kata Kunci: Efektivitas, Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013
ANALISIS SERVQUAL BERDASARKAN PERSEPSI DAN EKSPEKTASI SISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Hardiansyah Hardiansyah
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3002

Abstract

Layanan pendidikan merupakan jasa yang diberikan oleh pihak penyedia jasa atau sekolah kepada siswa. Kualitas layanan pendidikan dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi dan ekpektasi siswa terhadap layanan pendidikan yang benar-benar mereka peroleh selama proses pendidikan yang ditempuh di sekolah. Pemasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas layanan pendidikan di SMK Darul Qur’an Bengkel Lombok Barat. Tujuan penelitian ini  adalah  untuk  mengetahui  kualitas layanan pendidikan di SMK Darul Qur’an Bengkel Lombok Barat. Populasi  dalam  penelitian  adalah seluruh  siswa  SMK Darul Qur’an Bengkel Lombok Barat sebanyak 64 siswa dan sampel dalam penelitian adalah seluruh populasi yang berjumlah 64 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah item-by-item gap analysis dan dimention-by-dimention gap analysis. Hasil deskripsi variabel penelitian menunjukkan variabel ekspektasi siswa dalam kategori tinggi dan variabel persepsi siswa dalam kategori memuaskan. Hasil penelitian di peroleh informasi bahwa dari lima dimensi kualitas layanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) semuanya memiliki nilai negatif yaitu nilai persepsi lebih rendah dari nilai ekspektasinya. Artinya layanan pendidikan yang harapkan siswa belum dipenuhi oleh sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara umum kualitas layanan pendidikan di SMK Darul Qur’an Bengkel Lombok Barat masih rendah. SMK Darul Qur’an Bengkel Lombok Barat hendaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan dengan melibatkan siswa maupun orang tua siswa sebagai pelanggan. Adapun  peningkatan kualitas yang perlu diprioritaskan yaitu pada atribut penjagaan kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah, penyediaan buku perpustakaan, dan penguasaan metode penilaian hasil belajar oleh guru.  Kata Kunci: Kualitas Layanan, Persepsi dan Ekspektasi siswa, Layanan Pendidikan
The Situational Leadership Style In Education Agus Fahmi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3008

Abstract

Situational leadership plays an important role in improving the performance of teachers because of situational leadership is the ability of a leader to direct subordinates in carrying out tasks according to their readiness but in fact the principal still participate less in giving examples of how to work right on subordinates. The focus of the problem is knowing how to apply situational leadership in education. Become subjects in this study is a teacher with a population of 46 people. Data collection techniques used questionnaire as the principal method while the method of observation and documentation as a complementary method. Further data analysis is the method of statistical analysis with Simple Linear Regression formula. Based on the analysis of data obtained value of 7.438 t_count further the value of consultation with t_table value of 1.679 at significance level of 5% with N = 46 The facts demonstrate that t_hitunglebih value greater than the value tcount > ttable or 7.438 > 1.679.  Keywords: Situational Leadership in Educatio
KAJIAN BUDAYA DAN IKLIM DALAM ORGANISASI PENDIDIKAN Haromain Haromain
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3003

Abstract

Setiap organisasi memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan organisasi lainnya. Demikian halnya dengan organisasi pendidikan. Budaya dan iklim organisasi pendidikan khususnya sekolah menjadi bagian yang cukup memiliki pengaruh terhadap tujuan pencapaian pendidikan. Keefektifan organisasi pendidikan sangat dipengaruhi oleh budaya yang diterapkan dalam organisasi tersebut. Perwujudan dari budaya tersebut adalah iklim organisasi yang dapat dirasakan oleh setiap anggota organisasi.  Kata Kunci: Budaya, Iklim, Organisasi, Pendidikan
PENGARUH TEAM WORK DAN ORGANIZATION LEARNING TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KEPALA SEKOLAH SMP NEGERI DI KOTA MATARAM Muhammad Suhardi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3004

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of Team Work and Organization Learning on Organization’s Commitment in this study middle high school in east Jakarta. The research methodology was survey which were selected by simple random sampling technique. Analysis and interpretation of the data indicate that (1)Team Work has a positive direct effect in Organization’s Commitment, (2) Organization Learning has a positivedirect effect in Organization’s Commitment, (3) Team Work has a positive direct effect in Organization Learning.   Keywords: Team Work, Organization Learning, Organization’s Commitment
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI TK DARUL MUHSININ Sarilah Sarilah; Khairul Huda; Nurul Iman
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3575

Abstract

Kemampuan kognitif ini merupakan akal pikiran dari manusia yang harus dikembangkan bersamaan dengan kemampuan yang lainnya (Bahasa,sosial-emosional, moral dan agama). Tulisan mengakaji tentang pengembangan kemampuan kognitif anak melalui pendekatan pembelajaran kontektual teaching lerning yang berlndaskan oleh beberapa makna atau arti tentang kognitif yaitu; 1) kognitif adalah kemampuan untuk berpikir secara abstrak. 2). bahwa kognitif adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, 3) kognitif adalah intelektual ditambah dengan pengetahuan, 4). bahwa kognitif adalah teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indra. Terdapat beberapa alternative yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif yaitu dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat diterapkan dalam kurikulum apa saja, bidang study apa saja, dan kelas yang bagaimanapun keadaannya, dalam pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan melakukan hal sebagai berikut: (1). menstimulasi pemikiran anak dengan cara bekerja sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan  barunya. (2) melakukan pembelajaran melalui kegiatan inkuiri untuk semua topic/tema (3). Mengembangkan rasa ingin tahu dengan memberikan kesempatan untuk bertanya. (4). menciptakan suasana masyarakat belajar. (5). Menghadirkan contoh pembelajaran melalui  refleksi di akhir pertemuan (5). Melakukan penilaian .penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan, teknik pengumpulan datanya adalah; metode tes,wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontextual teaching learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK darul Muhsinin.Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Contextual Teaching Learning
HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VII MTs MANBA’UL BAYAN LINGKUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH Kiwang, Ismariyati; Endriani, Ani
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3000

Abstract

Kepribadian adalah  ketrampilan atau kecakapan sosial (social skill), dan kesan yang paling menonjol, yang ditunjukan seseorang terhadap orang lain (seperti seseorang yang dikesankan sebagai orang yang agresif atau pendiam). Sedangkan kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali diri sendiri, mengelola emosi dengan produktif, dan membina hubungan dengan baik, mengenali perasaan sewaktu perasaan yang dirasakan terjadi merupakan dasar kecerdasan emosional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kepribadian dengan  kecerdasan emosi siswa kelas VII MTs.Manba’ul Bayan  Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun tujuan dalam  penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepribadian dengan  kecerdasan emosi siswa kelas VII MTs. Manba’ul Bayan  Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di MTs. Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan data adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tekhnik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus  product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa pada kelas VII di MTs. Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelejaran 2015/2016 , diperoleh berdasarkan analasisi data  pada siswa kelas VIII SMPN Negeri 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016, di peroleh berdasarkan analisis data menggunakan rumus product moment diperoleh hasil yakni r hitung sebesar 0,579, sedangkan nilai r tabel pada taraf signifikansi 5%  dengan N = 19 tersebut diperoleh sebesar 0,456. Dengan demikian, nilai r hitung menunjukkan lebih besar dari pada nilai r tabel sebesar 0,579 atau (0,58> 0,456. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa pada kelas VII di MTs. Manba’ul bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelejaran 2015/2016 Signifikan.  Kata Kunci : Kepribadian, Kecerdasan Emosi
MODEL BELAJAR KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 M Zainal Mustamiin
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3005

Abstract

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah dalam dunia belajar mengajar adalah dengan menerapkan model kelompok belajar kompetitif dalam belajar IPA. Ide utama model kelompok belajar kompetitif adalah siswa berdiskusi dalam kelompok kecil dalam suatu kelas yang terdiri dari beberapa kelompok, diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam aktivitas belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka salah satunya yang kiranya perlu menjadi pencermatan adalah bagaimana usaha guru untuk meningkatkan proses pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model belajar kelompok  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Kenampakan Alam  dan Buatan di Indonesia pada Mata Pelajaran IPA untuk sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan: adanya peningkatan hasil belajar siswa yakni pada data awal sebelum Penerapan model belajar kelompok di terapkan hasil belajar siswa  mencapai 62,5%. Kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 66,66% dan pada Siklus II meningkat  menjadi 87,5% secara klasikal dinyatakan tuntas.  Kata Kunci: Belajar Kelompok, Prestasi Belajar
EVALUASI TINGKAT KETERPAKAIAN KOLEKSI PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN 1 LABUAPI Baiq Rohiyatun; Menik Aryani
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v4i2.3001

Abstract

Perpustakaan dapat dikatakan berhasil jika banyak digunakan oleh pemustakanya. Salah satu aspek penting untuk membuat perpustakaan itu banyak digunakan pemustaka adalah ketersediaan koleksi yang memenuhi kebutuhan penggunanya. Kegiatan evaluasi terhadap bahan pustaka perlu dilakukan agar dapat mencapai tujuan Perpustakaan SMAN 1 Labuapi pada bulan Januari sampai bulan Desember 2018 memiliki 447  judul buku dengan 4.140 eksemplar buku. Berbagai macam bahan pustaka yang terdapat disirkulasi terdiri dari buku teks dan buku untuk pengembangan ilmu (bahan pustaka umum). Untuk mengetahui bahan pustaka apa saja yang dibutuhkan pengguna perpustakaan di awal tahun ajaran perpustakaan menyebarkan formulir penambahan bahan pustaka keseluruh guru masing-masing mata pelajaran untuk mengisi judul buku yang diperlukan, baik itu buku wajib maupun buku pengayaan informasi bagi pengguna. Jumlah judul dan eksemplar juga belum memenuhi rasio jumlah siswa dan buku ditetapkan pemerintah. Strategi promosi yang dilakukan dengan membangun komunikasi dengan pengguna, merupakan pemanfaatan ilmu komunikasi dalam segala kegiatan promosi, oleh karena itu diperlukan kemampuan dalam berkomunikasi dengan pengguna, lingkungan, fasilitas dan bahan pustaka yang ada. Analisis kekuatan dan kelemahan koleksi diperlukan untuk mengetahui kedalaman dan kelengkapan koleksi dalam subjek tertentu. Kemudian elemen-elemen yang perlu diperhatian dalam mengembangkan bahan pustaka perpustakaan adalah perpustakaan harus mengkaji siapa penggunanya, mengkaji layanan jasa informasi apa yang diinginkan pengguna, mengkaji benefit yang dicari pemustaka, menganalisa kekuatan, kelemahan, dan peluang yang dimikili perpustakaan, serta jasa yang ditawarkan, mengkaji kekuatan dan kelemahan kompetisi, memahami perbedaan antara perpustakaan dan kompetisi dan membuat perencanaan yang dapat diaplikasikan untuk mencapai tujuan.  Kata Kunci: Evaluasi, Koleksi Pustaka, Pustakawan, Promosi

Page 1 of 1 | Total Record : 9