CITRAWIRA : JOURNAL OF ADVERTISING AND VISUAL COMMUNICATION
Fokus utama jurnal ini adalah untuk mempromosikan forum diskusi secara akademik global dan pertukaran interdisipliner maupun multidisiplin keilmuan dari para cendekiawan peneliti yang mengeksplorasi topik pada permasalahan periklanan dan komunikasi visual. Serial ini akan mendorong inovasi dan penelitian, berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang dampak naratif, teknologi, ekonomi, promosi, periklananan dan persoalan artistik desain dalam lingkup desain grafis, multimedia, animasi, game yang meliputi seluruh rumpun dalam desain komunikasi visual. Analisis naratif fenomena tertentu, dengan fokus pada periklanan dan komunikasi visual; Studi tentang pengaruh promosi dan periklanan maupun komunikasi visual oleh teknologi media sosial; Analisis promosi dan periklanan yang mempengaruhi strategi baru dalam desain untuk mempersuasi konsumen seperti ambien media; Studi tentang hubungan antara desain grafis, animasi, game dan multimedia terhadap rasa estetika desain dan keinginan pasar strategis. Kajian tentang formula ekonomi dan inovatif dalam hal rantai produksi dan strategi pemasaran untuk periklanan cetak, periklanan TV, film iklan web series, animasi, game, fotografi iklan dalam aspek komunikasi visual. Dampak dan signifikansi strategi pemasaran untuk periklananTV, film iklan web series, animasi, game, iklan korporat, fotografi iklan, brand dan branding dari perspektif ekonomi politik atau pendidikan; Pendekatan historis dalam konteks sejarah periklanan untuk menemukan dan mengidentifikasi pengaruh-pengaruh terhadap strategi promosi, film iklan web series, animasi, game dan fotografi iklan, visual merchandising dalam ranah komunikasi visual; Kajian tentang fenomena baru pada periklanan, promosi, film iklan web series, animasi, game fotografi iklan, ambien media, baik media cetak maupun media online; Analisis dan studi yang berfokus aspek persuasi konsumen terhadap dampak dari nilai iklan.
Articles
14 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 5 No. 2 (2024)"
:
14 Documents
clear
Pembuatan Vidio Iklan Café Bahasa Solo sebagai Media Promosi menggunakan Metode MDLC
Bahtiar, Ilham;
Cornelius Bryan Indriantara;
Anung Rachman;
Rendya Adi Kurniawan;
Ditya Fajar Rizkizha;
Irfan Girji Bilnutama
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.5744
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi video iklan sebagai media promosi untuk Café Bahasa Solo dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan dalam metode ini meliputi konseptualisasi, perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Video iklan dirancang untuk menonjolkan suasana unik serta produk unggulan café, yaitu Kopi Ngoko dan Kopi Madya, yang ditampilkan melalui visual menarik dan narasi yang relevan dengan target audiens. Video yang dihasilkan dipublikasikan melalui media sosial Instagram dengan durasi 1 menit, yang memungkinkan jangkauan audiens yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video promosi ini berhasil meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan menarik minat konsumen baru, terlihat dari peningkatan jumlah interaksi di media sosial, seperti jumlah views, likes, dan komentar. Kesimpulannya, penggunaan video sebagai media promosi efektif dalam membangun citra merek dan meningkatkan daya tarik Café Bahasa Solo di kalangan konsumen
Pengenalan Karakter Gotong Royong pada Anak Usia 6-8 Tahun melalui Perancangan Buku Ilustrasi Pop-up
Candra Putra Ardiansyah;
Basnendar Herry Prilosadoso
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.5808
Pendidikan karakter bertujuan mencetak individu berbasis nilai Pancasila, termasuk gotong royong. Buku Pop Up Anak Hebat Peduli Gotong Royong dirancang sebagai alat edukasi menggunakan teknik paper engineering untuk mempermudah anak memahami nilai kerja sama dan kepedulian. Perancangan mengikuti metode Design Thinking dan prinsip desain visual seperti kontras, kesatuan, serta irama. Promosi dilakukan dengan model AISAS. Hasil penelitian menunjukkan buku ini efektif meningkatkan pemahaman anak usia 6–8 tahun tentang nilai gotong royong dan membentuk karakter positif.
Perancangan Desain Majalah sebagai Media Promosi di HNS Studio Bali
Rendy Jati Satriani, Made Gede;
Eldiana Tri Narulita;
I Gede Agus Indram Bayu Artha
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.5832
Perancangan desain majalah ini merupakan proyek desain yang dipergunakan sebagai media promosi bagi Perusahaan HNS Studio Bali, adapun metode yang digunakan dalam perancangan desain majalah ini yaitu menggunakan metode jenis kualitatif, penulis melakukan analisa dengan mengacu pada unsur 6M dalam manajemen, yaitu man, money, machine, materials, methods, dan market, yang meliputi pemahaman brief proyek yang diberikan perusahaan menentukan riset konsep dan target audience yang sedang trending dan efektif. Dalam proses perancanganya penulis diberikan bimbingan asistensi dalam pengerjaan proyek desain majalah oleh pihak perusahaan HNS Studio Bali. Selain itu adapun tujuan penulis melalui proyek perancangan desain majalah ini untuk mengetahui manajemen dari perusahaan HNS Studio Bali dalam menangani proyek desain serta untuk menambah skill keterampilan-keterampilan baru bagi penulis dalam merancang proyek desain. Langkah-langkah dalam perancangan proyek desain majalah ini yaitu dimulai dengan brainstorming, mencari ide dan konsep, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan rubik, menentukan jumlah halaman dan input materi serta finishing di visualisasikan menjadi desain majalah sebagai media promosi perusahaan HNS Studi Bali. Kata Kunci: Manajemen, Majalah, Desain Grafis, HNS Studio Bali
Unsur Budaya Indonesia dalam Kajian Visual Desain Karakter Film Animasi Raya and the Last Dragon
Lestari, Puji;
Kurniawan, Rendya Adi
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.6011
Raya and the Last Dragon merupakan film animasi garapan Disney yang berlatarkan budaya Asia Tenggara, proses pembuatannya pihak Disney melakukan observasi di Bali, Indonesia. Hal yang mendasari pada penelitian ini yaitu untuk mencari letak unsur budaya Indonesia yang ada pada desain karakter film tersebut. Mendeskripsikan secara visual desain karakter menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif teori dari Scott McCloud aspek Visual Distinction, yang dikerucutkan lagi menggunakan hasil kajian dari Rendya Adi Kurniawan yaitu Bentuk Fisik, Bentuk Kepala, dan Kostum. Hasil analisis menunjukan adanya kebudayaan Indonesia yang digunakan melalui senjata yang digunakan yaitu Keris. Hal ini menunjukan adanya akulturasi yang ada pada film yang merepresentasikan keberagaman budaya Asia Tenggara
Perancangan Logo pada produk UMKM serta Pengaplikasiannya dalam Pengembangan Branding di Industri Kreatif
Syuzha Sewagati Wagindra;
Rangga Galura Gumelar
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.6149
Di era digitalisasi, branding yang kuat menjadi elemen kunci bagi kesuksesan UMKM. Branding yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek, menarik pelanggan, dan membedakan produk dari pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perancangan logo untuk UMKM "CommUnity" dan mengkaji pengaruhnya terhadap pengembangan branding di industri kreatif. "CommUnity" merupakan merk merchandise mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mencerminkan semangat persatuan dan jaringan komunikasi yang kuat. Metodologi yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan data yang dikumpulkan dari berbagai literatur dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo yang efektif dan strategi branding digital yang tepat dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk UMKM
Potensi Kampanye Media Sosial dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat tentang Dampak Fatherless di Era Transformasi Digital
Yuliana Kamalia Putri;
Dewi, Agustina Kusuma
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Indonesia dikenal sebagai negara yang mengalami kekurangan peran ayah, atau sering disebut sebagai "fatherless country." Ketidakhadiran figur ayah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti tuntutan pekerjaan, perceraian, kematian, atau ketidakaktifan dalam pengasuhan anak. Kondisi tersebut berdampak negatif pada anak, termasuk munculnya rasa tidak percaya diri, kecemasan, kegelisahan, dan kesepian—kesehatan mental maupun perkembangan pribadi. Kampanye media sosial diasumsikan berperan penting sebagai sarana edukasi untuk menyampaikan betapa pentingnya peran aktif ayah dalam kehidupan anak serta dampaknya jika ayah tidak hadir. Penelitian penjajagan ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan instrumen penelitian kuesioner terbuka, dengan metode analisis deskriptif—bertujuan untuk mengidentifikasi peran media sosial dalam mengkontruksi edukasi mengenai isu fatherless dan dampaknya di Indonesia. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kampanye media sosial berperan penting dalam distribusi informasi dan edukasi isu tersebut di atas; sebab memiliki keterjangkauan target audiens lebih luas secara efektif—merujuk pada UU ITE
Perancangan Logo KEMON sebagai Identitas Kampung Edukasi Empon Kelurahan Joglo Surakarta
Setiawan, William;
Faturohman, Muhammad Fajar;
Assegaf, Duffan Indrawan Munir;
Yunianto, Ipung Kurniawan
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.6605
Penelitian ini berfokus pada perancangan logo sebagai identitas visual untuk Kampung Edukasi Empon (KEMON) di Kelurahan Joglo, Surakarta. KEMON bertujuan mempromosikan pengetahuan dan manfaat empon-empon, tanaman herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional, sekaligus mendukung pengembangan UMKM berbasis produk turunan empon di wilayah tersebut. Metode design thinking diterapkan melalui lima tahapan, yaitu empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian, guna menghasilkan logo yang sesuai dengan identitas dan nilai-nilai lokal. Identitas visual KEMON diujicobakan melalui unggahan di media sosial Instagram untuk mendapatkan respons dari audiens terkait desain logo, palet warna, tipografi, serta implementasi visual lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa logo KEMON berhasil merepresentasikan potensi Kelurahan Joglo sebagai pusat edukasi dan pengembangan produk empon yang unik dan bernilai ekonomi, serta mendapat respons positif dari audiens yang menilai logo tersebut mampu mencerminkan visi kampung edukasi empon
Pembuatan Vidio Iklan Café Bahasa Solo sebagai Media Promosi menggunakan Metode MDLC
Bahtiar, Ilham;
Cornelius Bryan Indriantara;
Anung Rachman;
Rendya Adi Kurniawan;
Ditya Fajar Rizkizha;
Irfan Girji Bilnutama
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.5744
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi video iklan sebagai media promosi untuk Café Bahasa Solo dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan dalam metode ini meliputi konseptualisasi, perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Video iklan dirancang untuk menonjolkan suasana unik serta produk unggulan café, yaitu Kopi Ngoko dan Kopi Madya, yang ditampilkan melalui visual menarik dan narasi yang relevan dengan target audiens. Video yang dihasilkan dipublikasikan melalui media sosial Instagram dengan durasi 1 menit, yang memungkinkan jangkauan audiens yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video promosi ini berhasil meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan menarik minat konsumen baru, terlihat dari peningkatan jumlah interaksi di media sosial, seperti jumlah views, likes, dan komentar. Kesimpulannya, penggunaan video sebagai media promosi efektif dalam membangun citra merek dan meningkatkan daya tarik Café Bahasa Solo di kalangan konsumen
Pengenalan Karakter Gotong Royong pada Anak Usia 6-8 Tahun melalui Perancangan Buku Ilustrasi Pop-up
Candra Putra Ardiansyah;
Basnendar Herry Prilosadoso
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.5808
Pendidikan karakter bertujuan mencetak individu berbasis nilai Pancasila, termasuk gotong royong. Buku Pop Up Anak Hebat Peduli Gotong Royong dirancang sebagai alat edukasi menggunakan teknik paper engineering untuk mempermudah anak memahami nilai kerja sama dan kepedulian. Perancangan mengikuti metode Design Thinking dan prinsip desain visual seperti kontras, kesatuan, serta irama. Promosi dilakukan dengan model AISAS. Hasil penelitian menunjukkan buku ini efektif meningkatkan pemahaman anak usia 6–8 tahun tentang nilai gotong royong dan membentuk karakter positif.
Perancangan Desain Majalah sebagai Media Promosi di HNS Studio Bali
Rendy Jati Satriani, Made Gede;
Eldiana Tri Narulita;
I Gede Agus Indram Bayu Artha
CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication Vol. 5 No. 2 (2024)
Publisher : ISI Press Institut Seni Indonesia Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33153/citrawira.v5i2.5832
Perancangan desain majalah ini merupakan proyek desain yang dipergunakan sebagai media promosi bagi Perusahaan HNS Studio Bali, adapun metode yang digunakan dalam perancangan desain majalah ini yaitu menggunakan metode jenis kualitatif, penulis melakukan analisa dengan mengacu pada unsur 6M dalam manajemen, yaitu man, money, machine, materials, methods, dan market, yang meliputi pemahaman brief proyek yang diberikan perusahaan menentukan riset konsep dan target audience yang sedang trending dan efektif. Dalam proses perancanganya penulis diberikan bimbingan asistensi dalam pengerjaan proyek desain majalah oleh pihak perusahaan HNS Studio Bali. Selain itu adapun tujuan penulis melalui proyek perancangan desain majalah ini untuk mengetahui manajemen dari perusahaan HNS Studio Bali dalam menangani proyek desain serta untuk menambah skill keterampilan-keterampilan baru bagi penulis dalam merancang proyek desain. Langkah-langkah dalam perancangan proyek desain majalah ini yaitu dimulai dengan brainstorming, mencari ide dan konsep, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan rubik, menentukan jumlah halaman dan input materi serta finishing di visualisasikan menjadi desain majalah sebagai media promosi perusahaan HNS Studi Bali. Kata Kunci: Manajemen, Majalah, Desain Grafis, HNS Studio Bali