cover
Contact Name
Sutia Budi
Contact Email
jbm.jurnal@universitasbosowa.ac.id
Phone
+62411-452901
Journal Mail Official
ubpostgradjournal@gmail.com
Editorial Address
Program Pascasarjana Universitas Bosowa Jl. Urip Sumoharjo KM.4 Makassar 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Indonesian Journal of Business and Management
Published by Universitas Bosowa
ISSN : 24603767     EISSN : 26566885     DOI : https://doi.org/10.35965/jbm.v3i1
Core Subject : Economy,
Indonesian Journal of Business and Management is International Journal, peer-review, open access journal published by Bosowa University Publishing. It Provides an academic platform for professionals and researchers to contribute to innovative work in busniess and management cases. The scope of the journal covers corporate governance, human resource management, strategic management, production management, operations management, entrepreneurship, e-business, service management and information technology management, etc.
Articles 43 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025" : 43 Documents clear
EKSPLORASI PERSEPSI DAN PENGALAMAN KARYAWAN: STUDI KUALITATIF TENTANG PRAKTIK MANAJEMEN TEMPAT KERJA KONTEMPORER PADA PLN ULP PALOPO KOTA Parapat, Apriasnyah; Mardjuni, Sukmawati; Suriani, Seri
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan pengalaman karyawan terhadap praktik manajemen di tempat kerja kontemporer pada PLN ULP Palopo Kota. Perkembangan dan adopsi teknologi di tempat kerja yang semakin pesat telah memicu persaingan di mana perusahaan berlomba-lomba untuk menerapkan lingkungan kerja kontemporer.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan empat informan yang kapabel. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif dari implementasi teknologi di PLN ULP Palopo Kota, terlihat jelas dalam peningkatan produktivitas dan pencapaian tujuan organisasi. Teknologi telah membantu mengotomatisasi tugas-tugas administratif, memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas-tugas strategis, serta meningkatkan akurasi data dan pengambilan keputusan. Hal ini menunjukkan bahwa strategi manajemen yang disesuaikan dengan kondisi spesifik organisasi dapat menghasilkan hasil yang lebih baik. Namun, terdapat pula penghambat dalam implementasi teknologi yang diterapkan, seperti beberapa perangkat yang tidak user-friendly serta keterbatasan jaringan di lokasi-lokasi tertentu yang tidak memungkinkan adanya jaringan seluler. Penerapan teknologi dan praktik manajemen sumber daya manusia di PLN ULP Palopo Kota menunjukkan bagaimana teori kontingensi dapat digunakan untuk mengarahkan adaptasi strategi manajemen terhadap kondisi dan kebutuhan spesifik organisasi. Keberhasilan dalam mengatasi tantangan dan meningkatkan produktivitas mencerminkan penerapan manajemen yang baik dalam organisasi, yang menekankan pentingnya penyesuaian strategi manajemen dengan situasi dan kondisi yang ada untuk mencapai hasil optimal. This study aims to explore the perceptions and experiences of employees regarding management practices in the contemporary workplace at PLN ULP Palopo City. The rapid development and adoption of technology in the workplace have intensified competition, prompting companies to implement contemporary work environments. The research method used is descriptive qualitative, aiming to understand the phenomena experienced by the subjects. This study employs interviews with four capable informants. The results show a positive impact of technology implementation at PLN ULP Palopo City, evident in increased productivity and achievement of organizational goals. Technology has helped automate administrative tasks, allowing employees to focus on strategic tasks, and enhancing data accuracy and decision-making. This indicates that management strategies tailored to the specific conditions of the organization can yield better outcomes. However, there are also obstacles in the technology implementation, such as some devices not being user-friendly and network limitations in certain locations that do not allow cellular connectivity. The application of technology and human resource management practices at PLN ULP Palopo City demonstrates how contingency theory can be used to guide the adaptation of management strategies to the specific conditions and needs of the organization. Success in overcoming challenges and increasing productivity reflects good management practices within the organization, emphasizing the importance of adjusting management strategies to the existing situations and conditions to achieve optimal results.
PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KNOWLEDGE MANAGEMENT, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA PADA HOTEL NOVOTEL MAKASSAR Trisetiawan, Ardhyanto; Saleh, Haeruddin; Setiawan, Lukman
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5151

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja kerja terhadap kinerja karyawan, menganalisis pengaruh langsung karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja terhadap motivasi, dan menganalisis pengaruh tidak langsung karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui motivasi kerja. Penelitian ini menggunakan data primer melalui survei sebanyak 32 pegawai sebagai sampel dari seluruh jumlah pegawai sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Survei dilakukan selama 2 (dua) bulan yaitu Mei s.d Juli 2024. Data dianalisis dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. This research was conducted with the aim of: (1) analyzing the direct influence of individual characteristics, knowledge management, and the work environment on employee performance, (2) analyzing the direct influence of individual characteristics, knowledge management, and the work environment on motivation, (3) analyzing the indirect influence individual characteristics, knowledge management, and work environment directly affect employee performance through work motivation. This research uses primary data through a survey of 32 employees as a sample from the total number of 32 employees. The data collection techniques used in this study were observation, interviews, documentation and questionnaires. The survey was conducted for 2 (two) months from May to July 2024. The data was analyzed using the SmartPLS program. The research results showed that individual characteristics, knowledge management, and the work environment influence employee performance, individual characteristics, knowledge management, and the work environment have an indirect influence on employee performance through work motivation.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PESERTA DENGAN KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG WAJO Arfiani, Arfiani; Ruslan, Muhlis; Saleh, Haeruddin
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5156

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas produk dan customer relationhip management berpengaruh kepuasan peserta, serta apakah kualitas pelayanan memperkuat pengaruh kualitas produk dan customer relationship management terhadap kualitas peserta di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Wajo. Untuk menjawab rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan customer relationship management terhadap kepuaan peserta, serta menganalisis kualitas layanan memoderasi pengaruh kualitas produk dan customer relationship management terhadap kepuasan peserta di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi liniear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan SPSS Versi 23. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa kualitas produk dan customer relationship management berpengaruh siginifikan dan positif terhadap kepuasan peserta. Hasil uji moderasi diperoleh temuan bahwa kualitas layanan memoderasi dan memperkuat pengaruh kualitas produk dan customer relationship management terhadap kepuasan peserta pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Wajo. The problem in this study is whether product quality and customer relationship management affect participant satisfaction, and whether service quality strengthens the influence of product quality and customer relationship management on participant quality at BPJS Ketenagakerjaan Wajo Branch. To answer the formulation of the problem, the purpose of this study is to analyze the influence of product quality and customer relationship management on participant satisfaction, and to analyze service quality moderating the influence of product quality and customer relationship management on participant satisfaction at BPJS Ketenagakerjaan Wajo Branch. This study uses a quantitative approach, data collection through observation and questionnaires, with data analysis techniques using multiple linear regression analysis methods and Moderated Regression Analysis (MRA) with SPSS Version 23. The results of the study found that product quality and customer relationship management have a significant and positive effect on participant satisfaction. The results of the moderation test obtained findings that service quality moderates and strengthens the influence of product quality and customer relationship management on participant satisfaction at BPJS Ketenagakerjaan Wajo Branch.
PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA DI BPJS KETENAGAKERJAAN WILAYAH SULAWESI MALUKU Budiman, Arif; Setiawan, Lukman; Yunus, Kafrawi
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5157

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu berpengaruh Motivasi Kerja dan kinerja karyawan, serta apakah Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui Motivasi Kerja pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku. Untuk menjawab rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu terhadap Motivasi Kerja dan kinerja karyawan, serta menganalisis pengaruh Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu terhadap kinerja karyawan melalui Motivasi Kerja pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) versi 4.1. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan, Karakteristik Individu berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan, Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) berpengaruh langsung terhadap Motivasi Kerja, Karakteristik Individu berpengaruh langsung terhadap Motivasi Kerja, Motivasi Kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan. Hasil uji mediasi diperoleh temuan bahwa Motivasi Kerja dapat memediasi pengaruh Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu terhadap kinerja karyawan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku. The problem in this study is whether knowledge management and individual characteristics influence work Motivation and employee performance, and whether knowledge management and individual characteristics influence employee performance through work motivation at BPJS Ketenagakerjaan Office in Sulawesi Maluku Region. To answer the formulation of the problem, the purpose of this study is to analyze the influence of Knowledge Management and Individual Characteristics on Work Motivation and employee performance, and to analyze the influence of Knowledge Management and Individual Characteristics on employee performance through Work Motivation at BPJS Ketenagakerjaan Office in Sulawesi Maluku Region. This study uses a quantitative approach, data collection through observation and questionnaires, with data analysis techniques using the Partial Least Square (PLS) method version 4.1. The results of the study found that Knowledge Management has a direct effect on employee performance, Individual Characteristics has a direct effect on employee performance, Knowledge Management has a direct effect on Work Motivation, Individual Characteristics has a direct effect on Work Motivation, Work Motivation has a direct effect on employee performance. The results of the mediation test found that Work Motivation can mediate the influence of Knowledge Management and Individual Characteristics on employee performance at the BPJS Ketenagakerjaan Office in the Sulawesi Maluku Region.
ANALISIS SISTEM MANAGEMENT MUTU TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI GALANGAN KAPAL PT LAYAR PERKASA NUSANTARA Ashawir, Ashawir; Abubakar, Herminawaty; Chahyono, Chahyono
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5161

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 di PT Layar Perkasa Nusantara untuk meningkatkan kelancaran proses produksi di galangan kapal. Mengingat pentingnya industri perkapalan terhadap perekonomian Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem manajemen mutu dapat mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan dalam proses produksi, seperti kelalaian kerja dan keterlambatan pengiriman bahan. Implementasi ISO 9001 terbukti meningkatkan efisiensi, mengurangi cacat produk, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk peningkatan sistem manajemen mutu guna mencapai kualitas dan kelancaran proses produksi yang lebih baik. This research analyzes the implementation of the ISO 9001 quality management system at PT Layar Perkasa Nusantara to improve the smoothness of the production process at the shipyard. Given the importance of the shipping industry to the Indonesian economy. This research employed a descriptive qualitative method through observations, interviews, and documentation. The results indicated that implementing the quality management system can identify and address issues in the production process, such as work negligence and delays in material delivery. The application of ISO 9001 has proven to enhance efficiency, reduce product defects, and increase customer satisfaction. This study recommends improving the quality management system to achieve better quality and smooth production processes.
ANALISIS KOMPETENSI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA ANGGOTA KEPOLISIAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASI PADA KANTOR DITLANTAS POLDA SULSEL Bahar, Bachtiar; Abubakar, Herminawaty; Suriani, Seri
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi kerja dan pengembangan karir terhadap kinerja anggota kepolisian melalui komitmen organisasi di Kantor Ditlantas Polda Sulsel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan metode kuantitatif deskriptif serta dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) versi 4.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kerja dan pengembangan karir secara langsung mempengaruhi kinerja dan komitmen organisasi, serta komitmen organisasi berperan sebagai mediator. Temuan ini menekankan pentingnya pengembangan kompetensi kerja dan karir untuk meningkatkan kinerja anggota kepolisian, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas layanan publik. This study aims to analyze the influence of work competence and career development on police officers' performance through organizational commitment at the ofiice of DITLANTAS POLDA SULSEL. This research used quantitative methods. Data were gathered through observation and questionnaires. This research uses an explanatory research approach with descriptive quantitative methods and analyzed with Partial Least Square (PLS) version 4.1. The results indicated that work competence and career development directly affect both performance and organizational commitment, with organizational commitment serving as a mediator. These findings emphasize the importance of enhancing work competence and career development to improve police officers' performance, ultimately leading to better public service quality.
ANALISIS PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA ANGGOTA PADA KANTOR KEPOLISIAN RESOR JENEPONTO Baharuddin, Baharuddin; Chahyono, Chahyono; Ruslan, Muhlis
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesionalisme kerja, yang meliputi kreativitas, inovasi, dan responsivitas, terhadap kinerja anggota di Kantor Polres Jeneponto. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei kepada 50 anggota dari total 52 anggota selama dua bulan, yakni Juni hingga Juli 2024. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pengorganisasian, dan kepemimpinan memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja anggota. Temuan ini menyiratkan bahwa tingkat profesionalisme yang tinggi berkontribusi pada peningkatan kinerja individu di institusi kepolisian. This study aims to analyze the effect of work professionalism, which includes creativity, innovation, and responsiveness, on the performance of members at Jeneponto Resort Police Office. The method employed is a quantitative approach, collecting data through a survey of 50 members from a total of 52 members over two months, from June to July 2024. Data analysis was performed using SPSS 25.0. The research findings indicate that planning, organizing, and leadership have a direct impact on member performance. These findings suggest that a high level of professionalism contributes to the improvement of individual performance within police institutions.
ANALISIS STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2023 Mahadika, Cokorda Agung; Saleh, Haeruddin; Said, Mia
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan, serta peran profitabilitas sebagai variabel intervening dalam industri sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 60 sampel dari data sekunder. Hasil penelitian ini menemukan bahwa struktur modal yang tinggi (DER) berdampak negatif pada profitabilitas (ROA), sedangkan pertumbuhan perusahaan terbukti dapat meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa profitabilitas meningkatkan nilai perusahaan. Hasil analisis mengindikasikan bahwa 46,80% variasi nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel struktur modal, pertumbuhan, dan profitabilitas, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. This study aims to analyze the effect of capital structure, company growth on profitability and firm value, and the role of profitability as an intervening variable in the food and beverage sector registered on the Indonesia Stock Exchange during the period 2020-2023. This research used a quantitative approach with 60 samples from secondary data.  The rsesarch result found that high capital structure (DER) negatively impacts profitability (ROA), while company growth positively affects profitability. The research also indicated that profitability enhances firm value. The analysis results showed that 46.80% of the variation in firm value can be explained by the variables of capital structure, growth, and profitability, while the remainder is influenced by other factors.
ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA PADA KANTOR BIRO OPERASI POLDA SULSEL Dakhri, Dakhri; Abduh, Thamrin; Setiawan, Lukman
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung kecerdasan emosional dan disiplin kerja terhadap Kinerja Anggota pada Kantor Biro Operasional Polda Sulsel, serta pengaruh tidak langsung melalui Motivasi Kerja. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dari survei terhadap 50 anggota sebagai sampel. Analisis data dilakukan selama dua bulan dan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Anggota, serta memiliki pengaruh tidak langsung melalui Motivasi Kerja. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi manajemen dalam meningkatkan kinerja anggota melalui pengembangan aspek emosional dan disiplin. This study aims to analyze the direct influence of Emotional Intelligence and work discipline on the performance of members at the Operations Bureau Office of Polda Sulsel, as well as the indirect influence through Work Motivation. This research used a quantitative approach. This study used primary data from a survey of 50 members as a sample. The data analysis was conducted over a two-month period using the SmartPLS program. The results indicate that Emotional Intelligence and Work Discipline significantly affect Member Performance and have an indirect effect through Work Motivation. These findings provide important insights for management in enhancing member performance through the development of emotional and disciplinary aspects.
ANTESEDEN RETURN ON ASSET DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022 Nurjaman, Dede Ilyas; Suriani, Seri; Chahyono, Chahyono
Indonesian Journal of Business and Management Vol. 7 No. 2 (2025): Indonesian Journal of Business and Management, Juni 2025
Publisher : Postgraduate Bosowa University Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35965/jbm.v7i2.5167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return on Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham perusahaan-perusahaan di sektor industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Penelitain ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada periode 2018-2022 dan sampel 60 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen dan harga saham, sementara DER berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen dan harga saham. Kebijakan dividen terbukti memainkan peran penting dalam memediasi pengaruh ROA dan DER terhadap harga saham. Temuan ini memberikan insight bagi manajemen perusahaan perbankan dan investor dalam pengambilan keputusan terkait investasi dan kebijakan dividen. This research aims to analyze the effect of Return on Assets (ROA) and Debt to Equity Ratio (DER) on the stock prices of banking sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange, with dividend policy as an intervening variable. This research used a quantitative approach over the period of 2018-2022 and a sample of 60 observations. Research findings indicated that ROA has a positive and significant impact on both dividend policy and stock prices, while DER negatively affects both dividend policy and stock prices. The dividend policy plays a crucial role in mediating the impact of ROA and DER on stock prices. These findings provide insights for banking management and investors in making investment decisions and formulating dividend policies.