Community Education Engagement Journal
Community Education Engagement Journal (CEEJ) merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat dari berbagai multidisiplin ilmu di bidang pendidikan (Pendidikan MIPA, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Seni) yang berisi hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau gagasan yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 1 No. 2 (2020): April"
:
10 Documents
clear
Peningkatan Keterampilan Menyusun Soal Berpikir Tingkat Tinggi bagi Guru-Guru Biologi Madrasah Aliyah Negeri Se Jakarta
Ade Suryanda;
Eka Putri Azrai;
Tinia Leyli Shofia Ahmad;
Zubaidah Zubaidah;
Evi Suryani
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4372
Keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik dapat diberdayakan dengan memberikan masalah yang tidak biasa dan tidak menentu seperti pertanyaan atau dilema, sehingga penerapan yang sukses dari kemampuan ini adalah ketika peserta didik berhasil menjelaskan, memutuskan, menunjukkan, dan menghasilkan penyelesaian masalah dalam konteks pengetahuan dan pengalaman. Kegiatan ini didasari kenyataan pada umumnya guru masih memiliki kesulitan dalam mengembangkan pertanyaan dan soal yang sesuai dengan karakteristik berpikir tingkat tinggi. Tujuan umum kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi kesulitan dan keterampilan guru-guru biologi Madrasah Aliyah Negeri se Jakarta dalam menyusun pertanyaan dan soal yang sesuai dengan karakteristik berpikir tingkat tinggi. Kegiatan di ikuti oleh 40 guru biologi dari 40 Madrasah Aliyah di Jakarta. Kegiatan ini menggunakan Metode experiential learning dengan pendekatan participant-centered melalui teknik case study, dan simulasi/presentasi hasil karya. Pengabdian ini berhasil memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi kesulitan kesulitan dalam menyusun pertanyaan dan soal yang sesuai dengan karakteristik berpikir tingkat tinggi.
Sosialisasi Gemar Makan Ikan Di Sekolah Dasar Negeri 015 Teratak Buluh Kabupaten Kampar
Rina D'rita Sibagariang
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4655
ABSTRACT Indonesia as a maritime country, has diversity of fish and abundant fish production. The level of fish consumption decreases with the amount of meat on the market. The reduced interest of students in consuming fish is a problem today. Gemarikan socialization aims to campaign, inform and invite students to eat fish and to know fish diversification, and is expected to be able to increase students interest in consuming fish. Participants in this activity were teachers and students of SD Negeri 015 Teratak Buluh, Siak Hulu District, Kampar Regency. The methods used are lectures, question and answer, games and eating nuggets together. It is hoped that students will like to eat fish and consume more fish than before and students will also be familiar with fish diversification products.
Pengenalan Software Bilog Untuk Evaluasi Pendidikan Bagi Guru-Guru SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru
Putri Wahyuni;
Alzaber Alzaber;
Sindi Amelia;
Firdaus Firdaus
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4689
Pelaksanaan pengabdian ini dilaterbelakangi oleh masih kurangnya pengetahuan guru-guru SMA negeri atau swasta mengenai evaluasi pendidikan. Evaluasi pendidikan salah satunya adalah butir tes. Teori butir tes dibagi menjadi dua, yaitu teori tes klasik dan teori butir tes modern. Teori tes klasik sudah lebih familiar dikenal oleh para kalangan guru. Teori tes klasik seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda dan pengecoh dan tingkat kesukaran. Sementara teori tes modern masih belum banyak diketahui oleh guru-guru. Teori tes modern sudah mengikuti perkembangan yang ada yaitu sudah menggunakan bantuan komputer. Salah satu teori tes modern yaitu penggunaan software BILOG untuk evaluasi pendidikan. Software BILOG dapat memudahkan dan mempercepat guru dalam mengevaluasi dan menganalisis butir soal dengan menggunakan komputer. Berdasarkan hal inilah pengabdian ini ini perlu dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan pengenalan software BILOG kepada guru-guru. Pengaplikasian jangka panjang adalah kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru dan dosen, guru akan terbantu dengan dilaksanakannya pengabdian ini. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta. Dari kegiatan ini, peserta memperoleh ilmu baru mengenai teori tes modern dalam evaluasi yaitu software BILOG.
Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Nanas (Ananas Comosus L. Merr) Menjadi Sirup Dan Nata de Pina Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga
Prima Wahyu;
Elfis Elfis;
Khairani Khairani;
Nadiatul Janna
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4722
Sampah kulit Nanas (Ananas comosus L. Merr) ini dibiarkan membusuk, sehingga mengeluarkan bau yang kurang sedap, padahal kulit nenas ini masih bisa diolah lebih lanjut menjadi Sirup nenas dan Nata de Pina. Tidak adanya pengolahan lanjutan ini karena penduduk Desa Kualu Nanas, tidak memahami cara mengolah kulit nanas menjadi Sirup nenas dan Nata de Pina. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka ditawarkan solusi sebagai berikut: (1) Memberikan pelatihan dan pendampingan teknis kepada target sasaran dan mitra masyarakat pengolahan sampah kulit nenas untuk diolah menjadi Sirup Nanas dan Nata de Pina, (2) Teknik pembuatan Sirup Nenas dan Nata de Pina diarahkan dalam bentuk industri rumah tangga (home industry) sehingga menghasilkan nilai tambah untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga, dan (3) Teknik pembuatan Sirup Nanas dan Nata de Pina menggunakan teknik yang paling sederhana tetapi tetap memenuhi persyaratan yang diharuskan (kehalalan, kesehatan, estetik, kuliner). Metoda Pelaksanaan menggunakan teknik Pelatihan, praktek, diskusi dan pendampingan. Tolak ukur keberhasilan PkM ini adalah : Target sasaran dan Mitra Masyarakat telah mebuat Sirup Nanas dan Nata de Pina yang memenuhi persyaratan yang diharuskan (kehalalan, kesehatan, estetik, kuliner).
Wisata Burung di Hutan Larangan Adat Kenegarian Rumbio Kabupaten Kampar Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dan Konservasi Hayati
Elfis Elfis;
Prima Wahyu Titisari;
Nunut Suharni;
Tika Permata Sari
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4723
Kawasan hutan Larangan adat Kenegarian Rumbio Kabupaten Kampar sangat cocok untuk dijadikan lokasi wisata. Obyek wisata alam dapat dinikmati di hutan Larangan adat Kenegarian Rumbio dengan melakukan trecking berjalan kaki sepanjang hutan larangan adat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan berjumlah 40 spesies jenis burung dari 21 famili. Keanekaragaman jenis burung di Hutan Larangan Adat Kenegerian Rumbio yang ditemukan 40 spesies burung dari 21 famili. Jenis burung bondol perut putih (Lonchura leucogastra) sebesar 18,97%, Sialang Layang yaitu jenis burung bondol perut putih (Lonchura leucogastra) sebesar 20,22%, Halaman Kuyang yaitu jenis burung bondol perut putih (Lonchura leucogastra) sebesar 22% dan kawasan Tanjung Kulim yaitu jenis burung Cikrak Polos (Phylloscopus inornatus) tertinggi dibandingkan kawasan lainnya yaitu sebesar 20,83% dan termasuk dalam kategori tinggi. Tolak ukur keberhasilan PKM ini adalah : Target sasaran dan Mitra Masyarakat telah menjadi pemandu wisata burung (birdwatching) yang ada di Hutan Larangan Adat Kenegarian Rumbio.
Penerapan Sport Recovery Pada Atlet Bola Basket Kejurnas KU 14 Riau
Oki Candra;
Dupri Dupri;
Novri Gazali;
Try Prasetyo;
Crisa Arianto
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4731
Pengabdian kepada masyarakat ini dilatar belakangi masih adanya atlet belum bisa melakukan sport recovery secara baik dan benar dan hanya bergantung kepada pelatih dan official. Adapun peserta pengabdian mkepada masyarakat ini adalah atlet Kejurnas bola basket KU14 tahun Riau yang berjumlah 24 orang atlet baik putra maupun putri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Januari 2020 di dua sekolah yang berbeda yaitu SMP Negeri 9 Pekanbaru dan SMP Al Azhar Syifa Budi Pekanbaru. Hasil pada penelitian ini adalah Atlet bisa langsung mempraktekkan baik secara teori maupun secara praktek yaitu materi sport massage, ice massage, dan PNF secara aturan yang baik dan benar, Pelatih dan offisial bisa mengetahui dan bisa mengaplikaskan sport recovery ini langsung teori dan praktek dan orang tua menganjurkan bahwa kegiatan ini harus dilanjutkan kenapa demikian selama ini sport recovery hanya diketahui oleh pelatih dan offisial saja tapi sekarang atlet juga harus mengetahui sport recovery secara langsung baik itu teori maupun praktek.
Pendampingan Sikap Perduli Lingkungan di SMA-SMP YLPI Pekanbaru
laili rahmi;
Sri Amnah;
Yuriska Yuriska
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4754
Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi lingkungan sebagai penunjang kehidupan manusia kini terancam oleh polusi, pemborosan penggunaan sumber daya alam dan lainnya. Dalam hal ini, upaya terpadu diperlukan dalam melestarikan fungsi lingkungan. Selama ini di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama YLPI Pekanbaru, belum ada sosialisasi dan pendidikan tentang cara melestarikan lingkungan, siswa belum dididik tentang pentingnya melestarikan lingkungan dan upaya untuk mencegah kerusakan lingkungan. Karena tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan bantuan untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan kepada siswa. Solusi yang ditawarkan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang sikap peduli terhadap lingkungan dengan memelihara, mengelola, memulihkan, dan memelihara lingkungan yang bersih dan sehat di sekolah. Metode kegiatan ini menggunakan metode workshop atau pelatihan dan observasi pelaksanaan sikap peduli terhadap lingkungan yang diikuti oleh siswa SMA dan SMP YLPI Pekanbaru Pekanbaru sebanyak 57 siswa bersama guru-guru dari 2 sekolah tersebut. Kegiatan ini menemani siswa untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan. Siswa merasa antusias dalam memberikan contoh bagaimana peduli terhadap lingkungan, dan juga lebih memahami tentang bagaimana melindungi lingkungan.
Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru – Guru SD
zetriuslita zetriuslita;
Rezi Ariawan;
Ruqaiyah Ruqaiyah
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4774
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru – guru tentang PTK dan meningkat kemampuan guru – guru dalam penulisan laporan PTK. Pengbadian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2020 di gugus 1 (SD Negeri 6) Tanjung Samak Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti. Jumlah peserta pengabdian adalah sebanyak 20 orang yang terdiri dari guru – guru yang tergabung ke dalam SD yang terdapat di gugus 1. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode ceramah dan metode demontrasi. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi pengabdian dan metode demontrasi digunakan untuk menyajikan draf proposal yang telah dirancang. Instrumen pengabdian yang digunakan adalah slide presentasi materi dan draf proposal PTK yang disajikan dengan bantuan laptop dan LCD. Hasil pengabdian secara keseluruhan dapat dinyatakan cukup baik. Hal ini terlihat dari ketercapaian target yang telah ditentukan, diantaranya yaitu: (1) target jumlah peserta pengabdian yaitu 100%; (2) target tujuan pelatihan yaitu 5%; (3) target materi yang telah direncanakan yaitu 90%; (4) target kemampuan peserta dalam penguasan materi yaitu 20%.
MATHEMATICS PROPS PROJECT (Pelatihan Peserta Didik dalam Menggunakan Media Pembelajaran Elektronik Geogebra dan Geometers Sketchpad)
Safiil Maarif;
Esty Saraswati Nur Hartiningrum
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4778
Matematika merupakan ilmu yang cara bernalarnya deduktif formal dan abstrak, harus diberikan kepada anak-anak sejak Sekolah Dasar (SD) yang cara berpikirnya masih dalam tahap operasi konkrit, kita perlu berhati-hati dalam menanamkan konsep-konsep matematika tersebut. Begitu juga dengan siswa SMP, beberapa dari mereka juga masih dalam tahap operasi konkrit. Tidak sedikit guru matematika mengalami kesulitan ketika menjelaskan matematika ke siswa SMP sedemikian hingga siswa SMP mudah memahami materi yang diajarkan tanpa menggunakan alat peraga. Kebanyakan siswa SMP sulit memahami materi matematika yang disampaikan oleh guru jika guru tersebut tidak menggunakan alat peraga. Hal serupa juga dialami oleh siswa-siswi MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Siswa-siswi di MTs tersebut banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami matematika. Salah satu cara Alternatif yang dapat digunakan untuk membuat siswa mudah memahami matematika adalah dengan menggunakan media pembelajaran baik media pembelajaran yang manual maupun yang elektronik. Di era industry 4.0, telah banyak sekali media pembelajaran elektronik yang berhubungan dengan matematika. Contohnya Geogebra, Geometre Sketpath, Wingeom, Winplot dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk membantu siswa MTs Al-Hikmah dalam memahami matematika maka penulis mencoba membantu memberikan solusi melalui pelatihan penggunaan media pembelajaran elektronik 2G2W (Geogebra, Geometre Sketpath, Wingeom, Winplot). Kegiatan yang telah dilakukan Adalah pelatihan menggunakan software geogebra dan geometers sketchpad. Selanjutnya program PKM ini dilanjutkan dengan pelatihan menggunakan software wingeom dan winplot serta membuat artikel ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal ilmiah tak terakreditasi
Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Aktif Bagi Guru SD se-Kecamatan Rangsang Kepulauan Meranti
Ruqaiyah Ruqaiyah;
Rezi Ariawan
Community Education Engagement Journal Vol. 1 No. 2 (2020): April
Publisher : UIR Press
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.25299/ceej.v1i2.4818
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengakibatkan perubahan berbagai aspek kehidupan manusia dalam menyongsong era globalisasi yang semakin menantang. Untuk itu diperlukan keterampilan guru dalam melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara menyajikan materi pembelajaran dalam bahan ajar (LKPD) yang menarik. Hal ini sejalan dengan tuntutan dalam implementasi K13. Dalam membuat bahan ajar (LKPD), guru harus bias mengintegrasikan model-model pembelajaran yang diamanatkan dalam K13 yaitu model pembelajaran aktif. Kondisi dilapangan ditemukan bahwa sebagian besar guru belum mampu untuk membuat, merancang maupun mendesain sendiri bahan ajar (LKPD) sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Berdasarkan itulah, makanya pengabdian ini dilakukan untuk membantu memberikan transfer ilmu kepada guru bagaimana melakukan pengembangan bahan ajar (LKPD) berbasis pembelajaran aktif.