MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Garut. Jurnal MAHATANI terbit tiap 6 bulan sekali (Bulan Juni dan Desember). Jurnal Mahatani merupakan media publikasi memuat hasil penelitian untuk para peneliti, dosen mahasiswa dan praktisi pertanian yang berfokus dan mempunyai ruang lingkup pada bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian dalam arti luas. Ruang lingkup artikel yang di terbitkan pada Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), mencakup bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian dalam arti luas, diantaranya : 1. Manajemen agribisnis 2. Ekonomi pertanian 3. Sosiologi pertanian dan pedesaan 4. Kelembagaan pertanian 5. Pemasaran agribisnis 6. Risiko agribisnis 7. Nilai tambah produk pertanian 8. Kebijakan pembangunan pertanian
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)"
:
16 Documents
clear
Analisis Usahatani Padi Bujang Marantau Di Nagari Gantung Ciri Kecamatan Kubung Kabupaten Solok
;
Usman, Yusri;
Hakimi, Rini
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.1887
Analisis usahatani penting dilakukan untuk mengetahui alokasi penggunaan sumberdaya pada sebuah usahatani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik budidaya padi bujang marantau dan menganalisis pendapatan serta keuntungan pada usahatani padi bujang marantau di Nagari Gantung Ciri Kecamatan Kubung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dimana dalam pengambilan sampelnya menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik budidaya padi Bujang Marantau memiliki perbedaan dengan teknik budidaya yang direkomendasikan. Perbedaan terletak pada kegiatan persemaian, penanaman, penyiangan dan pemupukan. Pendapatan rata-rata yang diperoleh sebesar Rp. 21.503.170,49/Ha/MT dengan keuntungan sebesar Rp. 9.692.842/Ha/MT. Analisis R/C ratio dari usahatani padi Bujang Marantau sebesar 1,4. Hal ini memperlihatkan bahwa usahatani padi Bujang Marantau layak untuk dibudidayakan. Untuk perbaikan teknik budidaya, maka perlu peran aktif petani dalam kegiatan penyuluhan dan peran peyuluh dalam mensosialsasikan teknik budidaya yang baik. Selain itu, untuk mengatasi pemakaian input yang cukup tinggi, terutama pada penggunaan pupuk dan benih maka sebaiknya petani melakukan inovasi-inovasi baru terhadap budidaya padi Bujang Marantau. Kata kata Kunci: Usahatani, Padi Bujang Marantau, Pendapatan, KeuntunganÂ
AGRIBISNIS SAPI POTONG MELALUI TINDAKAN INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN SINJAI TENGAH KABUPATEN SINJAI
Hakim, Muh Haidir;
Siregar, Ahmad Ramadhan;
Hamid, Nurdjanah
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.1968
Agribisnis sapi potong merupakan kegiatan yang mengintegrasikan pembangunan sektor pertanian secara simultan dengan pembangunan sektor industri dan jasa yang terkait dalam suatu kluster industri sapi potong mulai dari hulu sampai hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Pendapatan Peternak Melalui Inseminasi Buatan Pada Agribisnis Sapi Potong di Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Ada 100 orang peternak yang terbagi di empat desa dan ditentukan secara Proportional Sampling, yang diwawancarai untuk dijadikan sumber data. Analisis data menggunakan rumus pendapatan dan dijelaskan secara deskriptif serta menggunakan rumus efisiensi reproduksi. Pendapatan usaha ternak sapi potong inseminasi buatan ataupun kawin alam bernilai positif jika hanya menghitung penerimaan. Pendapatan bernilai sangat rendah apabila komponen yang terbesar dalam usaha ternak seperti biaya tetap dan biaya variabelnya yakni kandang, sewa lahan untuk pakan, pupuk dan tenaga kerja juga terhitung. rata-rata pendapatan sapi kawin alam Rp. 5.052.480 sedangkan sapi inseminasi buatan Rp. 6.854.960. sedangkan efisiensi penggunaan Inseminasi Buatan dengan nilai Conception Rate (CR) 79%. Service Conception (S/C) dan Non Returt Rate (NRR) 79%.
IMPLEMENTASI PROGRAM KOSTRATANI DI WILAYAH KERJA BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Bekti, Mumtaz Ahnaf;
Gayatri, Siwi;
Prasetyo, Agus Subhan
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2076
Program Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) hadir sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Kecamatan Gunungpati memiliki luas wilayah 5.399,08 Km2 dengan sektor pertanian dan peternakan yang menjadi komoditas unggulan. Balai penyuluhan pertanian (BPP) berupaya untuk mewujudkan tujuan dari Program Kostratani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan implementasi dan permasalahan Program Kostratani di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan pada Agustus-Oktober 2021 dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan informan dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis model tematik yang dikemukakan oleh Braun & Clarke meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan program kostratani sudah sesuai dengan juknis kostratani yang disusun oleh kementerian pertanian, walaupun masih terdapat permasalahan teknik dan non-teknis pada pelaksanaannya. 2) Permasalahan implementasi program kostratani meliputi pelaksanaan dan sumberdaya pendukung program kostratani. Saran yang dapat diberikan adalah melakukan optimalisasi kinerja BPP dengan membuat prosedur yang lebih sederhana dan mudah untuk diaplikasikan oleh pelaksana kebijakan
Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Milu Siram "Binte Biluhuta" (Penelitian Pada mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Di Universitas Negeri Gorontalo)
Wibowo, Larasati Sukmadewi
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2227
Tujuan penelitian ini adala untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian makanan milu siram khas Gorontalo studi kasus pada mahasiswa kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Modul Nusantara. Lokasi penelitian di Universias Negeri Gorontalo Kampus 1, Provinsi Gorontalo. Pelaksanaan penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada mahasiswa peserta kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Modul Nusantara yang mengikuti kegiatan ini secara luring di Universitas negeri Gorontalo berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 21 orang responden. Data analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dan penentuan skoring pada kuisioner dengan metode skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Faktor Sosial (X2) memiliki nilai signifikansi 0,41 maka < 0,10 persen maka berpengaruh, variabel Faktor psikologi (X4) memiliki nilai signifikansi 0,09 maka < 0,10 persen maka berpengaruh, variabel budaya, psikologis dan pribadi secara bersama-sama mampu mempengaruhi variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian sebesar 0,837 atau 83,7% sedangkan sisanya 16,3% dipengaruhi oleh variabel lain tetapi tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Regresi Linear Berganda, Keputusan Pembelian
Analisis Deskriptif dan komparatif Pada Literasi Keuangan Petani Padi sawah di Kecamatan Kabila kabupaten Bone Bolangi
Utami, Siti Shafwah Ratna;
Bakari, Yuliana;
Indriani, Ria;
Hippy, Muh Zubair
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2358
Dalam pengelolaan usahatani, pemahaman petani terhadap literasi keuangan sangat dibutuhkan. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran literasi keuangan pada petani padi sawah dan mengetahui perbedaan literasi keuangan pada petani padi sawah. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan varians One Way Anova dengan teknik Non Probability Sampling. Adapun jumlah sampel yang ditentukan menggunakan Nomogram Harry King. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan pada petani padi sawah di Kecamatan Kabila cukup baik karena petani belum memiliki perilaku yang baik terhadap pengelolaan keuangan secara pribadi maupun usahatani. hasil uji Anova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada komponen Financial Experience di masing-masing Desa di Kecamatan kabila.
PENGENDALIAN PERSEDIAAN BUAH SEGAR PADA RITEL MODERN
Sandora, Nur Sophia;
Triastutiningsih, Endang;
Tsani, Ashrul
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2414
Pengendalian persediaan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan ritel modern dalam menjaga ketersediaan produknya secara kontinyu. Pengendalian persediaan buah segar pada ritel modern menjadi penting karena mengingat karakteristik buah yang mudah rusak dan memiliki masa simpan optimal yang sebentar. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian persediaan buah segar pada ritel modern dengan menggunakan metode studi literatur dari berbagai data sekunder yang relevan. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa pentingnya suatu ritel modern memahami sistem pengendalian persediaan buah segar adalah untuk mengambil keputusan yang tepat guna mengoptimalkan ketersediaan produk. Adapun model pengendalian persediaan yang dapat digunakan dalam persediaan buah segar yaitu model Economic Order Quantity (EOQ), Single Period Model dan Periodic Review System. Selain untuk mengoptimalkan kuantitas persediaan, penerapan model-model tersebut juga dapat meminimalkan biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan.
Efektivitas Distribusi Pupuk Bersubsidi pada Tingkat Petani di Kecamatan Sukabumi Kbupaten Sukabumi
Nuryanti, Teti;
Milla, Amalia Nur;
Astutiningsih, Endang Tri
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2421
Pupuk merupakan salah satu faktor produksi utama dalam usahatani, tidak hanya tanah, tenaga kerja dan modal pupuk juga merupakan faktor penting yang menunjang produktivitas tanaman padi sebagai penghasil beras. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas distribusi pupuk bersubsidi pada tingkat petani di Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Penentuan wilayah penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data "purposive sampling" dengan menggunakan teknik survei berdasarkan pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya (kuesioner). Sampel diambil dari 3 desa terbanyak membeli pupuk bersubsidi. Data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetaui efektivitas distribusi pupuk bersubsidi dengan menggunakan prinsip enam tepat sebagai indikator keberhasilan penyaluran pupuk bersubsidi, yaitu tepat tempat, harga, jenis, waktu, jumlah dan mutu. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perolehan pupuk bersubsidi secara keseluruhan menggunakan indikator 6 tepat di Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi berjalan efektif.
Added Value And Development Strategy Of Agroindustry Widoro Asih Instant Beverages In Ngliman Village, Sawahan District, Nganjuk Regency
Aji, Joni Murti Mulyo;
Friska, Firadayana Laksmita
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2426
Widoro Asih's instant herbal agro-industry business has the potential to be developed, because Widoro Asih's agro-industry has 20 kinds of products two of them instant tumeric herbal drink and tumeric dip pockets which have the benefit of not having sediment when it is brewing. The Widoro Asih’s agro-industry is one of the agroindustries that first created or innovated traditional herbal drink made from tumeric for sale in Nganjuk which are available in compact packaging, with a recipe preparedy by Mrs. Asih’s herself as the owner of the business. However, this business has not yet carried out detailed calculations to find out whether this business is feasible or not. The purpose of this study was to determine the amount of profit, added value of the Widoro Asih’s agro-industry and the right development strategy for the Widoro Asih’s agro-industry. Analysis of the data used is TR - TC Profits, added value using the Hayami method VA = NP - IC. In addition, using the SWOT analysis method to find out the right strategy to be applied in Widoro Asih's instant herbal agro-industry business. The results showed that Widoro Asih's instant herbal agro-industry business in Ngliman Village, Sawahan District, Nganjuk Regency could be said to be positive and profitable, and feasible to implement as evidenced by the results of data calculations. While the right business development strategy to implement is the SO strategy with strategic priorities being 1) Maintaining existing markets, 2) Creating new services such as membership or special delivery discos.
Analisis Peran Penyuluh Pertanian Sebagai Fasilitator di Kabupaten Sukabumi
Illahi, Suci Nur;
Meilani, Ema Hilma;
Rini, Neneng Kartika
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2451
Penyuluh selaku fasilitator yang selalu memberi solusi /kemudahan- kemudahan, baik dalam menyuluh/ proses belajar- mengajar, ataupun sarana untuk mengembangkan usahatani. Dalam kegiatan menyuluh penyuluh memfasilitasi petani dalam : kemitraan usaha, akses ke pasar, permodalan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan yaitu mengetahui peran penyuluh pertanian selaku fasilitator di Kabupaten Sukabumi. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan penyuluh pertanian berperan penting dalam memfasilitasi petani pada saat dilaksanakan penyuluhan pertania di lapangan. Adapun peran penyuluh bisa dilihat dari cara penyuluh dalam memfasilitasi petani untuk memperoleh saprotan, permodalan, pelatihan, melakukan kerjasama dengan dinas pertanian, bermitra dengan kelompok tani lainnya serta memberikan informasi terkait pemasaran pupuk dan informasi penggunaan pestisida yang tepat.
PENGARUH BRAND EQUITY MINYAK GORENG BIMOLI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA SURAKARTA
Riptanti, Erlyna Wida;
Haq, Iffan Izzul;
Irianto, Heru
MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) Vol 6 No 1 (2023): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Publisher : Universitas Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52434/mja.v6i1.2480
Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek minyak goreng bimoli terhadap keputusan pembelian di Kota Surakarta. Ekuitas merek terdiri dari asosiasi merek, persepsi kualitas, kesadaran merek, dan loyalitas merek. Penelitian menggunakan metode kausal komparatif sebagai metode dasar. Kota Surakarta dipilih sebagai lokasi penelitian secara purposive. Metode penentuan responden penelitian secara accidental sampling, yaitu pada saat responden membeli minyak goreng. Total responden yang diambil sebagai sampel sebanyak 100 orang. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Square. Software yang digunakan adalah smartPLS 4.0. Uji instrument diketahui terdapat satu indikator yang tidak valid dan harus dieliminasi. Berdasarkan hasil evaluasi model pengukuran menunjukkan setiap indikator diketahui valid dan reliabel terhadap uji validitas konvergen, validitas dikriminan, dan uji reliabilitas. Sedangkan hasil evaluasi model struktural menunjukkan persepsi kualitas dan asosiasi merek merek memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli di Kota Surakarta. Variabel persepsi kualitas mempunyai pengaruh terbesar sedangkan variabel kesadaran merek dan loyalitas merek tidak berpengaruh signifikan.