cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, NTB Email: jurnalp4i@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 2775717X     EISSN : 27757188     DOI : 10.51878
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan keguruan dan ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 15 Documents clear
PENINGKATAN PRESTASI DENGAN REWARD SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BREBES ETI SOPHIA WIJAYANTI
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1038

Abstract

This best practice discusses increasing student achievement with rewards at Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes. In this activity, the best practices were obtained, including the level of achievement of the students of MAN 2 Brebes before the awarding of prizes to students who excel in only a few, in the amount of only tens for each semester. The form of reward given by MAN 2 Brebes is in the form of achievement scholarships, in which in practice these rewards are sourced from the madrasa itself, and some are also sourced from the UPZ of the Ministry of Religion of Brebes Regency. The rewards given are in the form of cash along with souvenirs, some are in the form of free monthly fees and madrasa infaq. Giving rewards to MAN 2 Brebes students who excel in both academic and non-academic achievements can increase the level of achievement very rapidly, which in the process gives its own value for the students of MAN 2 Brebes as a whole. ABSTRAKBest practice ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar siswa dengan reward di Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes. Dalam kegiatan ini didapatkan beberapa praktik yang terbaik diantaranya adalah tingkat prestasi siswa-siswi MAN 2 Brebes sebelum dilaksanakannya pemberian reward kepada siswa-siswi yang berprestasi cenderung biasa saja, dalam artian hanya dalam jumlah puluhan saja untuk setiap semesternya. Bentuk Reward yang diberikan oleh MAN 2 Brebes yakni berupa beasiswa prestasi, yang mana dalam pelaksanaanya reward ini bersumber dari madrasah sendiri, dan juga ada yang bersumber dari UPZ Kementerian Agama Kabupaten Brebes. Adapun reward yang diberikan ada yang berupa uang tunai beserta souvenir, ada juga yang berupa bebas biaya bulanan dan infaq madrasah. Pemberian reward kepada siswa-siswi MAN 2 Brebes yang berprestasi baik prestasi akademik maupun non akademik dapat meningkatkan tingkat prestasi yang sangat pesat, yang mana dalam prosesnya memberikan nilai tersendiri bagi siswa-siswi MAN 2 Brebes secara keseluruhan.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI DENGAN MODEL STAD MODA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 2 BANTUL SRI SUDIASIH
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1039

Abstract

This Classroom Action Research aims to: 1) describe the process of applying the online mode STAD cooperative learning model in the learning process to write reviews, 2) find out the results of learning to write reviews for students in class XI MIPA 2 SMA N 2 Bantul. This Classroom Action Research uses the online mode STAD (Student Team Achievement Division) model using six stages, namely conveying learning objectives, presenting material, forming groups, providing guidance in group learning, evaluation, and providing reinforcement and rewards. The results of this study are 1) the implementation of the STAD model in the act of learning to write reviews for students correctly with the steps of orientation, exploration, re-creation, and posting. 2) There is an increase in the results of student performance on the competence of writing reviews. Improved results can be seen from the results of student performance from cycle I to cycle II. The improvement in cycle II was assisted by the teacher including a review writing format. ABSTRAKPenelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif STAD moda daring pada proses belajar menulis resensi, 2) mengetahui hasil pembelajaran menulis resensi pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 2 Bantul. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) moda daring dengan menggunakan enam tahapan, yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi, membentuk kelompok, memberikan bimbingan dalam pembelajaran kelompok, evaluasi, dan memberikan penguatan dan penghargaan. Hasil penelitian ini adalah 1) implemetasi model STAD dalam tindakan pembelajaran menulis resensi pada peserta didik secara tepat dengan langkah-langkah orientasi, eksplorasi, re-kreasi, dan memposting. 2) Adanya peningkatan hasil kinerja peserta didik pada kompetensi menulis resensi. Peningkatan hasil dapat dilihat dari hasil kinerja peserta didik mulai siklus I hingga siklus II. Peningkatan pada siklus II dibantu dengan guru menyertakan format penulisan resensi.
PENDAMPINGAN BELAJAR IPA BERBASIS SMART SOLUTION BAGI SISWA KELAS IX DI SMPN 3 TEPUS ATUN ATUN
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1040

Abstract

This learning assistance activity is based on the problems of class IX students who have difficulty solving UN questions, especially science. The purpose of this activity is to help class IX students in studying science material, especially solving problems using smart solutions. This activity is carried out using a learning mentoring method by a science teacher. The results of this learning mentoring activity, namely 1) increasing the understanding of class IX students in solving National Examination questions through quick and easy steps; 2) the students become more enthusiastic and enthusiastic in learning science material. This has a positive impact on students' interest in learning science which was initially considered a difficult subject. ABSTRAKKegiatan pendampingan belajar ini didasari oleh permasalahan para siswa kelas IX yang kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal UN khususnya IPA. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu siswa kelas IX dalam mempelajari materi IPA terutama penyelesaian soal-soal menggunakan smart solution. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendampingan belajar oleh guru IPA. Hasil kegiatan pendampingan belajar ini, yaitu 1) meningkatkan pemahaman siswa kelas IX dalam menyelesiakan soal-soal UN melalui langkah-langkah cepat dan mudah; 2) para siswa menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam mempelajari materi IPA. Hal ini memberikan dampak yang positif terhadap ketertarikan siswa dalam belajar IPA yang pada awalnya dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit.
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL TUTOR SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS XII TATA BUSANA 2 SMK NEGERI 1 BANGIL PASURUAN SUJIYONO SUJIYONO
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1041

Abstract

Learning mathematics in basic competencies Opportunities: analyzing counting rules (addition rules, multiplication rules), factorial notation (permutations, and combinations) through contextual problems is often a problem, especially for students of class XII Fashion Design 2 at SMK Negeri 1 Bangil. It is known that the main problem of learning mathematics, the ability to determine multiplication rules, factorial notation, permutations and combinations is low. Based on these problems the researchers tried to present the use of peer tutoring cooperative learning model to more easily find and apply the concept acquisition, so the researchers determined based on the problem formulation, the purpose of this research was to improve learning achievement of multiplication rules, factorial notation, permutations and combinations of class students. XII Fashion Design 2 SMK Negeri 1 Bangil Pasuruan Regency using cooperative learning model of peer tutors. From the problem, the researcher obtained data from observations and reflections. Based on observational data, it was obtained that the increase in student achievement in the first cycle there were 14 students (40%) achieving a completeness score of > 78 with a class average of 71.14 while in Cycle II, 33 students (91.43%) achieved a completeness score, namely > 78 with a class average of 85.57. From the results of learning improvements carried out by researchers, it can be concluded that the use of peer tutoring cooperative learning models can improve student achievement in class XII Fashion Design 2 SMK Negeri 1 Bangil, Pasuruan Regency. This shows that the cooperative learning model of peer tutors used by researchers is proven to be able to improve student achievement in class XII Fashion Design 2 at SMK Negeri 1 Bangil, Pasuruan Regency. ABSTRAKPembelajaran matematika pada kompetensi dasar Peluang : menganalisis kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian), notasi faktorial (permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual sering menjadi masalah, khusunya pada siswa kelas XII Tata Busana 2 di SMK Negeri 1 Bangil. Diketahui bahwa masalah utama dari pembelajaran matematika, kemampuan menetukan kaidah perkalian, notasi faktorial, permutasi dan kombinasi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba menghadirkan penggunaan pembelajaran kooperatif model tutor sebaya untuk lebih mudah menemukan dan menerapkan perolehan konsep, sehingga peneliti menentukan berdasar atas rumusan masalah, maka tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar kaidah perkalian, notasi faktorial, permutasi dan kombinasi siswa kelas XII Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model tutor sebaya. Dari Permasalahan itu peneliti memperoleh data hasil observasi dan refleksi. Berdasarkan data observasi diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I terdapat 14 siswa (40 %) mencapai nilai ketuntasan yaitu > 78 dengan rata-rata kelas 71,14 sedangkan pada sikius II diperoleh 33 siswa (91,43 %) mencapai nilai ketuntasan yaitu > 78 dengan rata-rata kelas 85,57. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif model tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model tutor sebaya yang digunakan peneliti terbukti dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa kelas XII Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan.
SIMANJA ESEMANIS ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMA NEGERI 1 SALAMAN IMAM TOIFUR
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1042

Abstract

This best practice writing aims to describe: 1) the effectiveness of the blended learning model using Simanja Esemanis on the polynomial division material; 2) the impact of the blended learning model using Simanja Esemanis on the polynomial division material. The subjects of this best practice writing are 36 students of class XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Salaman for the 2021/2022 academic year. The best practice writing uses a descriptive method. Collecting information on student activities through documentation and student learning outcomes using tests. The strategy used is blended learning with Simanja Esemanis. The implementation of the blended learning model using Simanja Esemanis can increase the effectiveness of learning mathematics. The average value of learning outcomes before the application of blended learning was 76.43 (enough category) and increased to 82.86 (good category) after the application of blended learning. The percentage of completeness also increased from 68.57% (classical incomplete) to 82.86% (classical complete). In addition, the implementation of the blended learning model with Simanja Esemanis also increases the activeness of students. This can be observed from the timeliness in collecting assignments given online and always filling out the attendance list according to learning hours. ABSTRAKPenulisan best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas model pembelajaran blended learning menggunakan Simanja Esemanis pada materi pembagian polinomial; 2) dampak model pembelajaran blended learning menggunakan Simanja Esemanis pada materi pembagian polinomial. Subjek penulisan best practice ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Salaman Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 36. Penulisan best practice menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan informasi aktivitas peserta didik melalui dokumentasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan tes. Strategi yang digunakan adalah pembelajaran blended learning dengan Simanja Esemanis. Implementasi model pembelajaran blended learning dengan menggunakan Simanja Esemanis dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. Rata-rata nilai hasil belajar sebelum penerapan blended learning 76,43 (kategori cukup) meningkat menjadi 82,86 (kategori baik) setelah penerapan blended learning. Persentase ketuntasan juga meningkat dari 68,57% (tidak tuntas klasikal) menjadi 82,86% (tuntas klasikal). Selain itu, implementasi model pembelajaran blended learning dengan Simanja Esemanis juga meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini bisa diamati dari ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas yang diberikan secara online dan selalu mengisi daftar hadir sesuai jam pembelajaran.
PENERAPAN PENDEKATAN HYPNOTHERAPIST DAPAT MENINGKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS MA AR-RAUDHAH RUMNAH RUMNAH
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1043

Abstract

The role of the teacher in improving the quality of education is very important and even becomes a major factor in the success of an education, the teacher should be able to become a facilitator in the learning process so that he is able to guide students to understand the material and get satisfactory grades, as a good facilitator the teacher must be able to give positive suggestions so that make students hypnotized to do what the teacher wants, namely to be able to understand, practice and be able to achieve the real learning objectives. Through the Hypnotherapist approach, all of that can be realized. The purpose of this study was to find out why it is necessary to apply the Hypnotherapist approach to class X MA Ar-Raudhah Pangkalan Bun and how the application of the Hypnotherapist approach can improve learning outcomes in Al-Qur'an Hadith subjects in class X MA Ar-Raudhah. This research was conducted for two months with initial data (pre-cycle) there were 14 of 34 MA Ar-Raudhah students who did not complete learning the Qur'an Hadith with material VIII elements of Hadith. This study uses quantitative research methods with this type of research testing existing hypotheses by looking at the focus of the problem. Sources of data in this study were students of class X MA Ar-Raudhah Pangkalan Bun. The procedure of this research is to start with observations to identify problems, Planning is to make an action plan, conduct observations of teacher and student activities with interviews and observation sheets, and then Reflection and action and evaluate the process of compiling research data. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the use of the Hypnotherapist approach in learning the Qur'an Hadith is proven to improve student learning outcomes so that the results are 100% complete. ABSTRAKPeran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat penting bahkan menjadi faktor utama dalam kesuksesan sebuah pendidikan, guru hendaknya mampu menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran sehingga mampu membimbing siswa untuk memahami materi dan mendapatkan nilai yang memuaskan, sebagai fasilitator yang baik guru harus mempu memberikan sugesti yang positif sehingga membuat siswa terhipnotis untuk melakukan apa yang diinginkan guru yaitu dapat memahami, mempraktikkan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesungguhnya. Melalui pendekatan Hypnoterapist semua itu dapat diwujudkan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kenapa perlu diterapkan pendekatan Hypnotherapist pada siswa kelas X MA Ar-Raudhah Pangkalan Bun dan Bagaimana penerapan pendekatan Hypnotherapist dapat meningkat hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur an Hadits kelas X MA Ar-Raudhah. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan dengan data awal (pra siklus) terdapat 14 dari 34 siswa MA Ar-Raudhah tidak tuntas dalam belajar Al Qur an Hadist dengan materi VIII unsur-unsur Hadits. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian menguji hipotesis yang ada dengan melihat fokus permasalahan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ar-Raudhah Pangkalan Bun. Prosedur penelitian ini adalah memulai dengan pengamatan untuk mengidentifikasi masalah, Planning yaitu membuat rencana tindakan, mengadakan observasi aktivitas guru dan siswa dengan wawancara dan lembar pengamatn, dan selanjutnya Refleksi dan tindakan dan evaluasi proses penyusunan data penelitian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Hypnotherapist dalam pembelajaran Al Qur an Hadits terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mendapatkan hasil 100% tuntas.
PENERAPAN NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KALIMAT PADA SISWA KELAS IX.2 MTsN 4 BEKASI ST. MAHMUDAH
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1063

Abstract

The researchers applied the Numbered Head Together (NHT) learning model to improve student activity and learning outcomes in teaching by making sentences in the odd semester of the 2018/2019 school year. The research location is MTsN 4 Bekasi. The research subjects were 36th graders of class IX.2. This research was carried out in two cycles, namely cycle I (first and second meetings) and cycle II (third and fourth meetings). In each meeting carried out in the stages of planning, action, observation and reflection. From the four meetings, at the observation stage, data about student learning activities were found, namely at the first meeting at 41.99%, at the second meeting at 55.51%, at the third meeting at 74.89% and at the fourth meeting at 86.90%. At the end of each learning activity, the researcher held a test aimed at obtaining data about student learning outcomes. And the learning outcomes obtained from the implementation of the test at the end of each meeting, namely at the first meeting students who scored below the KKM score (75) were 69.69% and those who scored above the KKM score were 30.3%, at the second meeting students who scored below the KKM score of 48.57% and those who scored above the KKM score of 51.42%, at the third meeting students who scored below the KKM score of 21.21% and those who scored above the KKM score by 78.78% and at the fourth meeting the students who scored below the KKM score were 13.88% and those who scored above the KKM were 86.12%. Based on these findings, it is concluded that the application of the Numbered Head Together (NHT) learning model can improve the activities and learning outcomes of class IX.2 MTsN 4 Bekasi students in the material for making sentences in the odd semester of the 2018/2019 academic year. ABSTRAKModel pembelajaran Numbered Head Together (NHT) peneliti terapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengajar dengan materi membuat kalimat pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitiannya adalah MTsN 4 Bekasi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IX.2 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I (pertemuan kesatu dan kedua) dan siklus II (pertemuan ketiga dan keempat). Dalam setiap pertemuannya dilakukan dalam tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari keempat pertemuan tersebut pada tahap observasi ditemukan data tentang aktivitas belajar siswa yaitu pada pertemuan kesatu sebesar 41,99%, pertemuan kedua sebesar 55,51%, pertemuan ketiga sebesar 74,89% dan pada pertemuan keempat sebesar 86,90%. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran peneliti mengadakan test yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa. Dan hasil belajar yang diperoleh dari pelaksanaan test di setiap akhir pertemuan yaitu pada pertemuan kesatu siswa yang memperoleh nilai di bawah nilai KKM (75) sebesar 69,69% dan yang memperoleh nilai di atas nilai KKM sebesar 30,3%, pada pertemuan kedua siswa yang memperoleh nilai di bawah nilai KKM sebesar 48,57% dan yang memperoleh nilai di atas nilai KKM sebesar 51,42%, pada pertemuan ketiga siswa yang memperoleh nilai di bawah nilai KKM sebesar 21,21% dan yang memperoleh nilai di atas nilai KKM sebesar 78,78% dan pada pertemuan keempat siswa yang mendapat nilai di bawah nilai KKM sebesar 13,88% dan yang mendapat nilai di atas nilai KKM sebesar 86,12%. Berdasarkan kepada data-data temuan tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX.2 MTsN 4 Bekasi pada materi membuat kalimat di semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 19 KABUPATEN TEBO MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR ANATOMI TUBUH ZULFIMAR ZULFIMAR
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1066

Abstract

This study aims: to see the increase in student achievement in class VIII SMP Negeri 19 Tebo Regency in the odd semester of the 2019/2020 academic year by applying the guided discovery model. This type of research is classroom action research (CAR). The sample of this study was one class, consisting of 20 students. The instrument used in this study was a multiple-choice test with 35 questions with 4 choices on the structure and function of animal anatomy. Learning is carried out in three cycles and each lesson is posttest. The average value of the pre-test cycle I: 29.17; cycle II: 41.11; and cycle III: 33.50. The average value of the posttest cycle I: 71.25; cycle II : 74.44; and cycle III: 77.04. The percentage increase in N-gain learning achievement results in the first cycle: 59%; cycle II : 57%; and cycle III: 65%, each in the medium category. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an increase in the learning achievement of class VIII A students of SMP Negeri 19 Tebo Regency in the odd semester of the 2019/2020 academic year by applying the guided discovery model. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan: untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan penerapan model penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 20 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan pada materi Struktur dan Fungsi anatomi hewan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran dilakukan postest. Nilai rata-rata pre-tes siklus I : 29,17; siklus II : 41,11; dan siklus III : 33,50. Nilai rata-rata postes siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 77,04. Persentase peningkatan N-gain hasil prestasi belajar pada siklus I: 59%; siklus II : 57%; dan siklus III : 65%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan penerapan model penemuan terbimbing.
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP KARAKTER SISWA MIM TORIYO SUKOHARJO TAHUN 2020/2021 NAHARI TRI MUSTIKA; M.J NASHIR; IFFAH MUKHLISAH; FATIMAH ASZAHRO
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1079

Abstract

This study examines the effect of online learning during the COVID-19 pandemic on the character of grade 4, 5, and 6 students at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Toriyo, Bendosari District, Sukoharjo Regency for the 2020/2021 Academic Year. This type of research uses a correlational quantitative approach. The purpose of this study is to determine whether there is a relationship and if there is, how big is the relationship. The results of this study stated that the implementation of the online learning level for students in grades 4, 5, and 6 of MIM Toriyo in the Year 2020/2021, which totaled 45 respondents showed a good category with an average of 55.93 entering the interval 57 > X 53, with the number of respondents 17 or 37.78%. Based on the analysis, it was obtained that the Character level of students in grades 4, 5, and 6 of MIM Toriyo Year 2020/2021, of which 45 respondents showed a good category with an average of 62.15 entered in the interval 67 > X 62, with a total of 10 respondents or 22.22%. There is no effect between online learning during the covid-19 pandemic on the character of grade 4, 5, and 6 students at MIM Toriyo, Bendosari District, Sukoharjo Regency in 2020/2021, based on the results of the questionnaire which reached rxy = 0.1632 and after consultation with rabel at N = 45 for a significant level of 5% is 0.2940 and for a significant level of 1% is 0.2483, this proves that the empirical is smaller than rtable. Thus the hypothesis stating the Effect of Online Learning during the covid-19 pandemic on The character of grade 4, 5, and 6 students at MI Muhammadiyah Toriyo, Bendosari District, Sukoharjo Regency for the 2020/2021 Academic Year is rejected. ABSTRAKPenelitian ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran daring pada saat pandemi covid-19 terhadap karakter siswa kelas 4, 5, dan 6 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Toriyo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan apabila ada, seberapa besar hubungan itu. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan Tingkat Pembelajaran Daring Siswa kelas 4, 5, dan 6 MIM Toriyo Tahun 2020/2021, yang jumlahnya 45 responden menunjukkan kategori baik dengan rata-rata 55,93 masuk pada interval 57 > X ? 53, dengan jumlah responden 17 atau 37,78%. Berdasarkan analisis, maka diperoleh tingkat Karakter Siswa kelas 4, 5, dan 6 MIM Toriyo Tahun 2020/2021, yang jumlahnya 45 responden menunjukkan kategori baik dengan rata-rata 62,15 masuk pada interval 67 > X ? 62, dengan jumlah responden 10 atau 22,22%. Tidak Ada pengaruh antara pembelajaran daring pada saat pandemi covid-19 terhadap karakter siswa kelas 4, 5, dan 6 MIM Toriyo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020/2021, berdasarkan hasil angket yang mencapai rxy =0,1632 dan setelah dikonsultasikan dengan rabel pada N=45 untuk taraf signifikan 5% adalah 0,2940 dan untuk taraf signifikan 1% adalah 0,2483, hal ini membuktikan bahwa empiris lebih kecil dari rtabel.. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan Pengaruh Pembelajaran Daring pada saat pandemi covid-19 terhadap Karakter siswa kelas 4, 5, dan 6 MI Muhammadiyah Toriyo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah ditolak.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS II MIM SIDOKERTO DEWI MUSLIHAH BUDI UTAMI; SUKARI SUKARI; LAILLA HIDAYATUL AMIN; INTAN AYU WULANDARI
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v2i1.1080

Abstract

This research is an attempt to improve the learning outcomes of Akidah Akhlak through the Make a Match type of Cooperative Learning model for Class II.B students of MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen. In this case, because the model in delivering the material is still teacher-centered (lecture method) it causes students to be more passive in the ongoing learning. As a result, the learning outcomes of Akidah Akhlak are still relatively low or below the KBM, which is 75. This study uses Classroom Action Research (CAR) in the form of applying the Make a Match type of Cooperative Learning model with the aim of increasing student learning outcomes in Class II.B MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen consisting of of three cycles and each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The subjects of this study were students of Class II.B MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen. There were 24 students in total. The results showed that the application of the Make a Match type of Cooperative Learning method to the Class II.B students of MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen. Judging from the results of Pre-Cycle learning, only 8 students (33%) completed KBM, and 16 students (67%) had not completed, in Cycle I only 12 students (50%) completed, and 12 students (12%) not yet completed, from Cycle II there were 18 students (75%) who had completed, and only 6 students (25%) had not completed, while in Cycle III there were 21 students (88%) completed, and 3 students (12%) had not completed . From the increase in learning outcomes, this class action research was stopped in Cycle III because it had reached the classical completeness criteria, namely 85% of the total students who had completed learning were declared successful in improving the learning outcomes of Akidah Akhlak in Class II.B students of MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen Year Lesson 2019/2020. ABSTRAKPenelitian ini merupakan usaha untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak melalui model Cooperative Learning tipe Make a Match pada siswa Kelas II.B MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen. Dalam hal ini disebabkan model dalam penyampaian materi masih berpusat pada guru (metode ceramah) menyebabkan siswa lebih cenderung pasif dalam pembelajaran berlangsung. Akibatnya hasil belajar Akidah Akhlak masih terbilang rendah atau dibawah KBM yaitu 75. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa penerapan model Cooperative Learning tipe Make a Match dengan tujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II.B MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa Kelas II.B MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen. Total siswa ada 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Make a Match pada siswa Kelas II.B MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen. Dilihat dari hasil belajar Pra Siklus siswa yang tuntas KBM hanya 8 siswa (33%) tuntas, dan 16 siswa (67%) yang belum tuntas, pada Siklus I hanya 12 siswa (50%) yang tuntas, dan 12 siswa (12%) belum tuntas, dari Siklus II ada 18 siswa (75%) yang tuntas, dan hanya 6 siswa (25%) yang belum tuntas, sedangkan di Siklus III terdapat 21 siswa (88%) tuntas, dan 3 siswa (12%) belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penenlitian tindakan kelas ini di berhentikan di Siklus III di karenakan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu  85% dari total siswa tuntas belajar dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa Kelas II.B MI Muhammadiyah Plupuh, Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020.

Page 1 of 2 | Total Record : 15