cover
Contact Name
Alfan Ekajati Latief
Contact Email
alfan@itenas.ac.id
Phone
+6285724122554
Journal Mail Official
jurnal.mesin@itenas.ac.id
Editorial Address
Gedung 11 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika
ISSN : -     EISSN : 27758087     DOI : https://doi.org/10.26760/jrem
Fokus dan ruang lingkup dari Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika adalah sebagai berikut : 1. Konversi Energi Energi baru terbarukan Emisi dan pembakaran Bahan bakar dan lubrikan Perpindahan massa dan kalor Mesin – mesin pemompa kalor Rekayasa termal dan fluida Komputasi energi Sistem Pembangkit Tenaga Energi nano dan piko Material energi Hal lain seputar konversi energi 2.Desain Mekanikal Bodi dan desain komponen otomotif Dinamika kendaraan Kontrol dan mekatronika kendaraan Sistem transmisi Sistem kendaraan/transportasi cerdas Getaran struktur, pemrosesan sinyal, dan teknologi perawatan Tribologi Akustik Algoritma Perancangan Mekanikal Komputasi dan mekanika struktur Desain sensor dan aktuator mekanikal Teknologi mekanisme Biomekanik Mekanika terapan Perancangan alat dan mesin fungsional Hal lain seputar perancangan dan struktur 3.Material Teknologi las dan pengecoran Material temperatur tinggi Material komposit Material nano Biomaterial Komputasi material Teknologi korosi Teknologi pengujian tak merusak Material cerdas Analisis Kegagalan Pengkajian Umur Pakai Material Hal lain seputar material dan metalurgi 4. Manufaktur dan Otomasi Manajemen Rekayasa /TQM Teknologi tooling dan permesinan Material tooling CNC dan komputasi manufaktur Sistem manufaktur dan logistik Mekatronika dan robotika Instrumentasi dan pengukuran Teknologi terkini pemrosesan material Permesinan mikro Metrologi Hal lain seputar manufaktur
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2025): JREM" : 8 Documents clear
PEMODELAN CATHODIC ELECTRODEPOSITION COATING PADA RANGKA SEPEDA MOTOR MATIC Safira, Linda; Nuraliyah, Andi; Hernowo, Pandit
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.62

Abstract

Pengecatan merupakan suatu proses pelapisan warna terhadap permukaan benda dalam bentuk cair atau bubuk. Dalam pengecatan rangka sepeda motor matic metode yang digunakan berupa cathodic electrodeposition coating, penggunaan metode ini bertujuan agar cat yang menempel pada rangka sepeda motor memiliki ketebalan yang sama. Daya rekat cat yang menempel pada rangka sepeda motor matic yang berbahan dasar baja (steel) dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pH larutan cat, kemampuan tidak menguap cat dan kuat arus listrik pada tangki cat. Untuk menentukan faktor yang paling mempengaruhi ketebalan cat dapat menggunakan metode statistic regresi linear berganda menggunakan microsoft excel 2019. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh persamaan Y=69,9000+8,0647P-0,0504Q+ 0,0203R±1,3575. Melalui uji t student dan uji simultan (uji F) dengan nilai signifikansi sebesar 5% maka didapatkan hipotesis bahwa kuat arus listrik merupakan faktor yang paling mempengaruhi ketebalan cat pada rangka sepeda motor
Evaluation Turbine Blade Design and Materials Steam Power Plant : Literature Review Ramadhan, Doni Fajar; Rusirawan, Dani
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.8

Abstract

Turbine blades are critical components in a steam power plant that directly affect the thermal efficiency and reliability of the system. This study aims to conduct a systematic review of turbine blade design and failure using a systematic literature review (SLR) approach that covers four main classifications, namely Design and Optimization, Materials and Structural Analysis, Failure Analysis and Prediction, and Aerodynamics and Steam Flow. The results of the study show that blade design optimization using numerical methods such as Computational Fluid Dynamics (CFD), genetic algorithms, and the Taguchi method can significantly reduce energy losses, such as reducing condensation losses by up to 28.5% and reducing erosion rates by up to 58%. High-strength materials, such as Waspaloy, have proven effective for high-pressure applications, while surface hardening technologies such as laser hardening and shot peening increase the hardness and fatigue resistance of the blades. In addition, failure analysis using vibration techniques and the Metal Magnetic Memory (MMM) method allows early detection of damage to prevent major failures. This study concludes that the combination of multi-objective optimization techniques, real-time monitoring, and advanced material development can improve the energy efficiency and sustainability of steam power plants.
Perancangan Modifikasi Mesin Powder Serat Daun Nanas Kapasitas 5,54 Kg/Jam Latief, Alfan Ekajati; Hidayat, Fery; Sirodz, Muhammad Pramuda; Pratama, M. Rezki
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.74

Abstract

Slide piece CVT adalah komponen kendaraan berbahan komposit polimer campuran dari PPHI dan serat daun nanas. Penelitian ini membuat mesin powder serat alam untuk proses penepungan dengan metode perancangan preskriptif. Hasil perancangan menghasilkan mesin pemisah serbuk serat alam (serat daun nanas) untuk bahan komposit polimer dengan spesifikasi ukuran panjang 420 mm, lebar 300 mm, dan tinggi 582 mm. Kapasitas produksi mesin penepung serat alam 5 kg/jam. Mesin berpenggerak motor listrik AC 1 Hp, putaran 2800 rpm. Sistem transmisi V-belt dengan poros penggerak 30 mm. Kontruksi rangka terbuat dari profil 35x35x5 mm berbahan ST42 dan pisau berbahan S45C (AISI 1045) dengan ketebalan 10 mm. Menggunakan 9 mata pisau dinamis dan 6 mata pica statis bidang tajam dalam mata pisau dinamis 30o dan mata pisau statis 60o. Lalu Powder disaring menggunakan Cyclone collector dengan mesh 120 dan Vibration Screen dengan Mesh 120, 170, dan 200. Hasil analis dan simulasi dengan menggunakan perangkat lunak CAD terhadap Rancangan Mesin Powder Serat Daun Nanas mendapatkan nilai tegangan maksimum sebesar 2,88 MPa, defleksi maksimum 0,00035 mm dan Safety Factor (SF) 100 dari komponen Poros dan komponen Pegas memiliki nilai tegangan maksimum sebesar 1,5 MPa, defleksi maksimum 10,57 mm dan Safety Factor (SF) 1,45 serta Pressure Drop yang terjadi pada pipa cyclone sebesar 7,75 MPa untuk  dengan kecepatan pengumpanan 58,13 m/s
Rancang Bangun Alat Pengujian Crashworthiness dengan Metode Drop Test Menggunakan Spesimen Berukuran 25 cm x 25 cm Ridwan, Muhammad; Marsono, Marsono; Putra, Fajar Pratama; Ramdhan, Nur Muhammad
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat pengujian crashworthiness menggunakan metode drop test. Crashworthiness adalah kemampuan suatu struktur untuk menyerap energi tumbukan guna mengurangi dampak kecelakaan terhadap penumpang atau barang dalam suatu kecelakaan kendaraan. Pengujian crashworthiness dengan metoda drop test dilakukan dengan menjatuhkan beban dari ketinggian tertentu untuk mengukur daya serap energi spesimen. Pada penelitian ini dirancang dan dibuat alat uji crashworthiness dengan spesifikasi spesimen yang berbentuk pelat atau panel berbentuk bujursangkar berukuran maksimal 25 cm × 25 cm dengan ketebalan sampai 3 cm. Alat uji crashworthiness ini diuji kinerjanya dengan melakukan pengujian langsung dengan menjatuhkan bola baja impactor kepada alat uji dengan variasi ketinggian jatuh bola baja impaktor sampai masimal 6 meter denagn interval ketinggian 1 m. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa alat uji crashworthiness yang dibuat dari bahan AISI 1045 ini kuat menahan beban yang terjadi, dimana tegangan yang terjadi pada pelat dasar dudukan spesimen, yaitu 10,58 Mpa, dan tegangan pada batang penyangga neraca pegas, yaitu 38,49 masih berada di bawah tegangan ijin bahan (202,5 Mpa). Factor of Safety untuk pelat dasar dudukan spesimen sebesar 19,14 dan untuk batang penyangga neraca pegas sebesar 5,26. Kekakuan struktur alat uji crashworthiness masih belum cukup memadai, dimana defleksi total dari struktur alat uji crashworthiness adalah sebesar 1,7274 mm.
Studi Numerik Penurunan Tekanan (dP) Akibat Perubahan Sudut (theta), Tipe Lubang dan Open Rasio Area (OAR) Pada Strainer Rianto, Rifan; Akhyan, Amnur; Novison, Roni; Zaira, Jupri Yanda; Haiqal, Muhammad
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.82

Abstract

Pada industri minyak dan gas, sistem perpipaan merupakan komponen penting untuk mendukung proses transfortasi fluida seperti minyak mentah dan gas alam, namun dalam proses transfortasi sering kali membawa kotoran, debu, ataupun partikel padat lainnya. Fluida yang mengandung partikel padat dapat menyebabkan masalah serius dalam sistem perpipaan, oleh karena itu dibutuhkan strainer sebagai penyaring partikel padat tersebut. Meskipun strainer berfungsi sebagai penyaring, adanya strainer di jalur aliran dapat menimbulkan dampak terhadap karakteristik aliran fluida salah satunya adalah penurunan tekanan. Maka studi dinamika fluida menjadi penting dalam memahami fenomena aliran di sekitar strainer guna mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan simulasi numerik Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan geometri strainer Dp=8 dan 6 inci, diameter lubang d=6 dan 4 mm, tipe lubang staggered dan straight, ketebalan s=2mm dan fluida uji gas metana. Hasil simulasi menunjukkan pada strainer Dp 8 inci (OAR=30,68%), tipe lubang staggered dengan q=81 menghasilkan DP paling kecil yaitu 169,80 Pa. Sedangkan DP terbesar terjadi pada strainer Dp 6 inci (OAR=19,59%, tipe lubang straight dengan q=830  yaitu 1734,06 Pa.
Perancangan dan Pembuatan Prototipe Mesin Pencacah Sampah Makanan Marsono, Marsono; Hermanto, Agus; supria, timan; Muallim, Lucky; Darmawan, Muh. Hilman
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.36

Abstract

Prototipe mesin pencacah sampah sisa makanan digunakan untuk mengolah sampah sisa makanan yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai pakan untuk maggot Black soldier Fly. Prototipe mesin ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi proses yang sederhana dengan prinsip dasar pemotongan yang menggunakan dua buah pisau potong berbentuk silinder dan berputar pada arah berlawanan. Mesin ini diharapkan dapat bermanfaat bagi komunitas masyarakat pengelola sampah domestik terutama para penggiat budidaya maggot sekaligus mengurangi masalah lingkungan akibat sampah makanan yang tidak terurai dengan baik. Hasil perancangan menunjukkan hasil yang cukup baik, dimana komponen-komponen utama mesin pencacahan ini memperlihatkan kekuatan yang lebih besar daripada beban yang terjadi. Tegangan lentur pada pangkal mata potong pisau sebesar 1,231 Mpa dan teganagn kombinasi pada poros pisau sebesar 1,229 MPa lebih kecil daripada tegangan ijin bahan SS400 sebesar 42,5 MPa. Factor of safety untuk kedua komponen tersebut adalah sebesar 34,52 dan 34,58. Kapasitas terbesar dari mesin ini dicapai pada pengujian dengan lebar celah antara pisau 1 mm yaitu sebesar 187,2 kg/jam. Kapasistas lebih kecil dicapai pada pengujian dengan lebar celah antara pisau 0,5 mm, yaitu 153,3 kg/jam. Efisiensi mesin terbesar dicapai pada pengujian dengan lebar celah antara pisau sebesar 0,5 mm yaitu dengan angka efisiensi 72,72 %. Efisiensi lebih kecil dicapai pada pengujian dengan lebar celah antara pisau 1 mm, yaitu dengan angka efisiensi 68,72 %. 
Pengaruh Variasi Densitas Resin PVC terhadap Koefisien Gesek dan Mikrostruktur Komposit Kampas Rem Berbasis Serat Sabut Kelapa dan Serbuk Arang Pandriana, Aap; Alva, Sagir; Noviyanto, Alfian; Kurniawan, Kurniawan
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kampas rem ramah lingkungan berbahan komposit dengan menggunakan serat sabut kelapa sebagai penguat, serbuk arang batok kelapa sebagai pengisi, dan resin polivinil klorida (PVC) sebagai matriks. Proses pembuatan komposit dilakukan melalui metode hot press pada suhu 180 °C dan tekanan 7 MPa. Variasi resin PVC diperoleh dari perbedaan rasio pelarut cyclohexanone terhadap serbuk PVC, yaitu G01 (1,036 g/ml), G02 (1,069 g/ml), dan G03 (1,136 g/ml). Pengujian yang dilakukan meliputi pengukuran massa jenis, koefisien gesek, serta pengamatan struktur mikro menggunakan mikroskop optik. Hasil menunjukkan bahwa meningkatnya densitas resin sebanding dengan peningkatan massa jenis dan nilai koefisien gesek komposit. Spesimen G03 dengan densitas resin tertinggi menghasilkan nilai koefisien gesek tertinggi, yaitu 0,19. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan ikatan antar material semakin baik seiring peningkatan kandungan resin. Pengamatan struktur mikro memperlihatkan bahwa resin PVC lebih merata dan menyelimuti serat dengan lebih baik pada spesimen G03, yang mengindikasikan distribusi material yang lebih homogen dan ikatan antar fase yang lebih kuat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa koefisien gesek meningkat seiring dengan peningkatan kandungan resin dan spesimen komposit G03 masuk dalam standar SAE J661-1997. (0,14–0,27), kondisi ini diduga disebabkan oleh pengujian yang dilakukan pada temperatur rendah. Secara keseluruhan, komposit ini memiliki potensi untuk digunakan sebagai kampas rem non-asbes yang aman, ringan, dan memiliki sifat mekanik serta mikrostruktur yang mendukung performa pengereman yang baik.
ANALISIS STRESES, DISPLACEMENT DAN SAFETY FACTOR PADA RANGKA MOBIL LISTRIK JEEP MINI SYS-8 ardiansyah, muhammad bayu; Choifin, Mochamad
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 5, No 1 (2025): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v5i1.1

Abstract

Mobil listrik memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan mobil bahan bakar fosil. Beberapa di antaranya adalah bahwa mereka menghemat lebih banyak bahan bakar, lebih ramah lingkungan, lebih tahan lama, dan memiliki mesin yang lebih sederhana. Motor listrik kendaraan ini mengandalkan energi listrik dari baterai, memberikan solusi inovatif untuk mengurangi polusi udara dan menyederhanakan konstruksi mesin. Meskipun memiliki keunggulan, mobil listrik tetap membutuhkan rangka yang kokoh dan kuat untuk mendukung beban kendaraan secara keseluruhan. Sangat penting bahwa rangka ini memenuhi standar kekuatan, ringan, dan kelenturan yang ideal. Penelitian ini bertujuan merancang rangka mobil sebagai dasar untuk bodi kendaraan, sistem kemudi, mesin dan komponen-komponen lainnya. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan (Research Development) menggunakan perangkat lunak Solidwork 2023 yang mampu membuat model dalam bentuk gambar 3 dimensi. Untuk pengujian safety factor pengujian bagian lantai penumpang memiliki nilai angka keamanan 437.7 sedangkan pada bagian tempat aki memiliki nilai 7.42 keamanan yang di mana nilai keamanan untuk industri yaitu 4.

Page 1 of 1 | Total Record : 8