cover
Contact Name
Acitya Bhakti
Contact Email
acityabhakti@unpam.ac.id
Phone
+6281284242547
Journal Mail Official
acityabhakti@unpam.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Pamulang Jl. Raya Puspiptek No.46, Buaran Kec. Serpong, Tangerang Selatan, Banten-15310. e-mail: acityabhakti@unpam.ac.id
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Acitya Bhakti
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 27974979     EISSN : 27754383     DOI : http://dx.doi.org/10.32493/acb.v1i2
Core Subject : Education,
Merupakan jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diterbitkan dua edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus oleh Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang. Fokus kajian jurnal ini adalah hasil kegiatan PkM pada bidang Bahasa dan Sastra Inggris, Indonesia, Arab, Cina, dan Jepang dalam ruang lingkup pembahasan peningkatan literasi, digitalisasi bahasa, pengajaran bahasa dan sastra, dan penerjemahan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI" : 9 Documents clear
Pengintegrasian TPACK dan TALULAR dalam Mengembangkan RPP Bahasa Inggris di Masa Pandemi Endang Susilawati; Eka Fajar Rahmani; Sumarni Sumarni; Surmiyati Surmiyati; Eni Rosnija
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.14688

Abstract

Artikel yang dipublikasikan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Topik yang diangkat adalah pengintegrasian TPACK dan TALULAR dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada masa pandemi. Program ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan MGMP Bahasa Inggris di kota Singkawang. Peserta yang mengikuti kegiatan PKM adalah guru-guru SMP se-Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru -guru peserta PKM telah berhasil mendesain atau membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang inovatif dengan mengintegrasikan pendekatan TPACK dan TALULAR pada proses belajar mengajar. RPP tersebut juga merupakan produk dan bukti keberhasilan program PKM yang telah dilaksanakan.
Pendampingan Penulisan Artikel Penelitian bagi Guru Bahasa Inggris pada IGI Flotim Desta Gloria Siahaan; Debora Siahaan
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.19297

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi Guru-Guru Bahasa Inggris pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur dalam menulis artikel penelitian. Ketidaktahuan para guru Bahasa Inggris dalam menulis artikel ilmiah menjadi permasalahan yang harus diselesaikam dengan melaksanakan kegiatan ini. Kegitan ini diselenggarakan melalui seminar secara online yakni menggunakan Zoom yang disiarkan secara langsung di Youtube Channel IGI Flores Timur. Kegiatan ini dapat diakses di laman www.youtube.com/watch?v=hgOiEyk6i4A&t=7000s. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Timor dan Flores Timur. Jumlah para peserta yang hadir pada pendampingan ini adalah 30 orang guru yang bergabung pada pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur. Metode kegiatan ini adalah (1) Training/Pelatihan menulis artikel penelitian bagi Guru Bahasa Inggris pada pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur; (2) Pendampingan menulis artikel penelitian bagi Guru-guru Bahasa Inggris pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur.
Mengenalkan Kesantunan dalam Percakapan Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Kooperatif Amirudin Amirudin; Tutik Ratna Ningtyas; Ridha Ikhva Erviana; Rossy Halimatun Rosyidah
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.14699

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dengan menginterpretasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksnakan setiap enam bulan sekali dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini berlokasi di Rumah Yatim Intifa yang berlokasi di Jl. Dr. Setiabudi Pamulang, Kota Tangerang Selatan dengan mengusung tema “Mengenalkan Kesantunan dalam Percakapan Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Kooperatif”. Ada dua belas siswa Sekolah Menengah Pertama sebagai peserta pada kegiatan ini. Dengan menerapkan dua tahapan pembelajaran yaitu pemberian materi tentang kesantuanan berbahasa dan pembelajaran kooperatif. Sebelum melakukan pembelajaran kooperatif, siswa rata-rata mendapatkan skor 1 untuk semua aspek penilaian dan sebagian besar siswa mengalami peningkatan skor setelah melakukan pembelajaran kooperatif. Hasil menunjukan bahwa melalui pembelajaran berkelompok yang dilakukan, peserta mampu menumbuhkan keberanian mereka untuk melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris dan mengimplementasikan tata cara melakukan percakapan dengan santun.
Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Pendampingan Penyusunan Modul Digital Siti Khoiriyah; Ana Istiani; Rahmatika Kayyis
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.19381

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi melalui pendampingan penyusunan Modul Digital dengan menggunakan aplikasi Flip Pdf Corporate Edition. Kegiatan ini dilaksanakan di MA Al-Makmur Banjar Sari melibatkan guru-guru kedua sekolah yaitu MA Al-Makmur Banjar Sari dan MA Bahrul Ulum Sudimoro sejumlah 35 guru. Kegiatan ini berdasarkan permasalahan utama yaitu sebagian besar guru hanya memotret materi modul dan dibagikan melalui Whatsapp untuk dibaca oleh murid. Sementara itu untuk evaluasi belajarnya, guru hanya mengirimkan soal untuk dijawab oleh siswa dengan cara mengirimkan foto jawaban ke guru.  Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bersifat pendampingan yang dilakukan oleh tim dosen Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Dimana didalam kegiatan pendampingan memuat sosialisasi atau pengenalan, demonstrasi penggunaan, latihan mandiri, serta pendampingan penyusunan modul digital yang dipantau melalui Whatsapp Group.  Hasil dari pelatihan ini selain laporan kemjuan penyusunan modul digital yang disusun oleh guru juga didapat dari respon positif peserta terhadap kebermanfaatan materi, pemahaman materi, penjelasan materi, dan tindak lanjut dari kegiatan ini.
Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris melalui Cergam di TK-PAUD Arambi Sunardi Sunardi; Yan Ardian Subhan; Kholil Aziz; Umi Hani
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.18720

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan usaha-usaha yang dilakukan oleh pemangku kepentingan pelaksana pendidikan dalam hal ini pihak TK & PAUD Arambi Bukit Indah, belumlah menghasilkan output yang maksimal sesuai harapan, di sana sini masih ada kekurangan, karena adanya hambatan-hambatan dan faktor teknis, seperti kualitas guru yang masih rendah, sehingga mengakibatkan lemahnya kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, minimnya pengetahuan guru tentang metode pembelajaran, dalam pemanfaatan tehnologi sebagai penunjang pembelajaran. Solusi yang ditawarkan mengadakan kegiatan pengabdian kepada siswa-siswa TK & PAUD Arambi Bukit Indah, berupa pembelajaran langsung dengan tema: “Meningatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris melalui Buku Cerita Bergambar pada lembaga pendidikan TK & PAUD Arambi, Perum Bukit Indah. Adapun metode yang dipakai adalah metode among dan sariswara, dimana dalam metode ini anak diberi kebebasan dan seorang pamong (guru) mengawasi dan membimbing anak selagi tidak ada bahaya yang mengancam, serta menggunakan sariswara, berupa tembang atau lagu-lagu dan dolanan atau permainan. Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kosakata bahasa Inggris siswa-siswi, yang pada giliranya akan meningkatkan hasil pembelajaran anak didik. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berhasil memberikan motivasi baik kepada para guru maupun anak didik untuk lebih semangat belajar bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
Memanfaatkan Permainan Edukatif untuk Mendeskripsikan Benda: English Talent Class SMA Negeri 2 Plus Panyabungan Sartika Dewi Harahap
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.19502

Abstract

Keterampilan siswa/i dalam mendeskripsikan sebuah benda dalam kalimat berbahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri di tingkat SMA. Salah satu tantangan terberat dalam keterampilan siswa/i baik dalam berbicara (speaking) dan menulis (writing) tak lain disebabkan masih kurangnya bekal kosakata bahasa inggris yang dimiliki siswa/i yang mereka diperoleh dari tingkat SD dan SMP. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi guru, Pembina Ekstrakulikuler Talent Day dalam hal ini Pembina English Talent di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan. Talent Day adalah salah satu terobosan yang digagas oleh SMA Negeri 2 Plus Panyabungan setiap hari Sabtu. Pada kesempatan ini sekolah meminta Dosen Program Studi Tadris Bahasa Inggris STAIN Mandailing Natal dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dibantu oleh beberapa masiswa/i untuk memberikan pendampingan berupa pengalaman belajar bahasa inggris menyenangkan yakni memanfaatkan permainan edukatif. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman baru bagi peserta Kelas Talenta Bahasa Inggris (English Talent class) pada materi mendeskripsikan benda (Describing Thing) yang dipadukan dengan beberapa permainan sederhana yang menyenangkan diantaranya bernama guess the Picture, let’s play chase dan Guess me, Who Am I. Selama kegiatan berlangsung siswa/i tampak antusias, senang dan semangat juga tidak malu dan tertekan. Hal ini dikarenakan metode belajar yang digunakan tidak seperti pada belajar dikelas pada mata pelajaran wajib.  
Meningkatkan Budaya Literasi Melalui Pelatihan Membaca Puisi di Jampang English Village Prihatin Puji Astuti; Aisyah Al-Baroroh; Ria Antika; Hilma Safitri
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.18735

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk  meningkatkan literasi peserta didik melalui membaca puisi di Jampang English Village (JEV), Zona Madina-Parung Bogor. Kegiatan mengacu pada proses pemberian pelatihan membaca puisi oleh sepuluh orang mahasiswa dengan arahan empat orang dosen Sastra Inggris Universitas Pamulang. PKM dilaksanakan dengan metode pemberian pelatihan kepada perserta didik dan pengenalan materi tentang apa dan bagaimana strategi dalam membaca puisi untuk dapat menigkatkan kemampuan membaca serta memahami puisi bagi anak-anak secara daring dengan menggunakan video conference melaui google meet maupun zona meeting. Pada proses evaluasi, peserta didik diminta merekam kegiatan membaca puisi mereka dalam bentuk vodeo visual sehingga akan terdengar intonasi, dan pelafalan, serta terlihat ekspresi mereka membawakan puisi. Setelah direview dan disetujui, kemudian peserta didik mengirim dan mengunggah video tersebut di akun instagram @jevdompetdhuafa yang merupakan akun resmi milik Jampang English Village. Mahasiswa bertindak sebagai mentor yang mengunggah foto perserta pelatihan dan mencantumkan beberapa catatan berupa penilaian dan kemajuan peserta didik dalam membaca puisi. Mentor merumusan kendala yang dialami peserta didik selama lomba membaca puisi dan memberikan solusinya.
Upaya Peningkatan Minat Baca Pelajar Pangandaran dengan Pembiasaan Membaca Bersama secara Virtual Dwi Masrina; Luthfi Thirafi; Rega Permana
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.20414

Abstract

Sebagai kabupaten yang baru berusia 9 tahun, Pangandaran memiliki hal-hal yang masih perlu dibenahi termasuk menyoal literasi membaca, yaitu minat baca masyarakat Pangandaran masih tergolong rendah. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Pangandaran yang masih rendah, terutama para pelajar Pangandaran. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membentuk komunitas membaca @baca.pnd dengan membuat 3 program kegiatan yaitu: Reading Buddy, Book Recommendation, dan BookTalk. Untuk menjangkau para pelajar Pangandaran secara virtual, digunakan dua aplikasi yaitu: 1) Instagram untuk mengunggah informasi terkait kegiatan membaca dan rekomendasi buku setiap hari; 2) Zoom Meeting untuk melaksanakan kegiatan membaca virtual dan diskusi buku setiap hari Sabtu. Di akhir pelaksanaan, kegiatan membaca virtual menyentuh angka peserta terbanyak, yaitu 15 orang. Di hari yang sama, jumlah follower Instagram mencapai 93 akun aktif. 
Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini dengan Variasi Hilma Safitri; Aisyah Al-Baroroh; Ria Antika; Prihatin Puji Astuti
Acitya Bhakti Vol. 2 No. 2 (2022): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v2i2.18854

Abstract

Artikel ini bertujuan memberikan informasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu memberikan pelatihan kepada siswa di PAUD Annur yang berada di Cogreg, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat. Penggunaan aktivitas belajar yang bervariasi dan menyenangkan merupakan yang dilakukan oleh beberapa dosen dan mahasiswa Sastra Inggris UNPAM sebagai solusi dari beberapa permasalahan yang dialami anak-anak usia dini di PAUD Annur dalam belajar kosakata bahasa Inggris dan dapat memotivasi mereka untuk belajar Bahasa Inggris.  Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu siswa PAUD melafalkan, mengingat dan memahami kosakata bahasa Inggris dengan mengunakan aktivitas yang bervariasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah drilling dengan media flashcard, game, dan song. Tujuan pembelajaran adalah pengayaan kosakata nomina bahasa Inggris dengan topik Animals. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan kegiatan bervariasi dan media flashcard, game, dan song efektif membantu siswa melafalkan, mengingat dan memahami kosakata. Siswa PAUD Annur termotivasi belajar Bahasa Inggris.

Page 1 of 1 | Total Record : 9