cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
aenfariah1995@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Greenland Sendang Regency No. E6 Sumber Cirebon Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Action Research Literate (ARL)
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26139898     EISSN : 28086988     DOI : https://doi.org/10.46799
Core Subject : Education, Social,
Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of Syntax Corporation Indonesia. Action Research Literate provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be empirically examined. This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts sciences and media.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate" : 10 Documents clear
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Qashas Al-Qur’an (Studi Sintesis Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an) Jariah, Ainun; Abu Bakar, Achmad; Haddade, Hasyim
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.91

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan konsep kisah Al-Qur’an tentang pendidikan karakter dan relevansi kisah-kisah dalam Al-Qur’an dengan Pendidikan karakter. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kisah-kisah dalam Al-Qur’an adalah kisah yang dapat dibuktikan kebenarannya secara arkeologis dan ilmiah. Kisah-kisah dalam Al-Qur’an pada umumnya adalah ayat-ayat makkiyyah, yang ketika Islam datang, masyarakat dalam perilaku jahiliyah dan jumud. Al-Qur’an diturunkan sebagai tuntunan keselamatan dan memberikan kemudahan, untuk mengangkat derajat kemanusiaan sesuai dengan misi Al-Qur’an, misi kisah-kisah dalam Al-Qur’an, dan misi kerasulan nabi Muhammad SAW. Filosofi, hikmah, dan ‘ibrah yang terkandung, sangat sarat dengan pesan dan nilai-nilai edukatif, namun harus dipahami secara tulus, logis, sistematis dan komprehensif. Metode penelitian dalam penulisan artikel ini adalah pendekatan kulitatif, tafsir tahlili, dengan metode analitis sintesis. Secara konseptual dimulai dengan membaca, mencatat (mengumpulkan data), menidentifikasi, menyusunnya dalam satuan-satuan sesuai urutan pola berpikir, kemudian menganalisis hingga pada kesimpulan. Maka dapat disimpulkan bahwa kisah-kisah yang disajikan dalam Al-Qur’an, merupakan konsep irsyad (tuntunan, petunjuk), hiwar (dialog), dzikr (pengingat), hikmah (makna filosofis, atau pelajaran), tandzir (peringatan). Relevansi kisah-kisah dalam Al-Qur’an dengan pendidikan karakter yaitu kisah yang dikemas dalam beragam bentuknya menjadi metode alternatif dalam proses pembelajaran yang mudah, menarik dan berkesan; kisah menjadi media untuk menyampaikan pesan dan internalisasi nilai-nilai dalam upaya pembinaan akhlak peserta didik; dan kisah dapat menjadi metode pendidikan yang efektif bagi pengembangan kecerdasan dan pembentukan jiwa yang tangguh dan taat sesuai dengan misi kisah dan misi kerasulan Muhammad SAW.
Kendala Membaca Puisi dan Strategi Model Cooperative Script Syuroyah, Do’atusy; Nuralizza, Tazqiah; Yuliani Sabillah, Tiara; Dewi Kurnia, Maya
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.92

Abstract

Kegiatan membaca puisi merupakan salah satu dari kegiatan apresiasi satra yang bertujuan untuk menghargai dan melestarikan sebuah karya sastra. Dalam membaca sebuah puisi dibutuhkan keterampilan berbicara yang harus diperhatikan. Oleh karena itu rumusan masalah ada penelitian ini adalah bagaimana kendala yang dialami siswa ketika membaca puisi? dan bagaimanakah gambaran strategi model cooperative script?. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu kendala yang dialami siswa dan menggambarkan sebuah strategi membaca puisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara tersusun. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa dalam praktek membaca puisi yang berlangsung di sekolah sering kali dijumpai kendala yang dialami oleh siswa. Sistem pembelajaran yang berubah dikala pandemi mengakibatkan perubahan pada pola pembelajaran hal tersebut mengakibatkan perbedaan kendala yang dialami oleh siswa baik sebelum berlangsungnya pandemi atau pada masa pandemi dan dalam penelitian ini juga menggambarkan sebuah strategi membaca puisi berupa metode Cooperative Script yang membutuhkan kerja sama antara dua orang, yang mana yang satu sebagai pembicara dan yang satunya sebagai pendengar
Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis Ditengah Maraknya Pandemi Covid-19 Anisa, Khotiza; M. Nawawi, Zuhrinal
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.93

Abstract

Meningkatnya masalah yang ditimbulkan sang covid-19 ini sangat merugikan bagi seluruh pihak. Pada masa pandemi covid-19 yang sedang dialami bangsa Indonesia ketika ini, diharapkan taktik & upaya lebih keras lagi bagi para pelaku bisnis khususnya UMKM buat bisa mempertahankan usahanya. Oleh karenanya supaya keberlangsungan bisnis permanen berjalan, diharapkan pemberdayaan ekonomi warga & pendampingan yang menstimulus pengusaha mini buat bisa menyebarkan usahanya secara berkelanjutan. Hasil penelitian ini merekomendasi taktik bertahan buat UMKM berupa melakukan perdagangan secara E-Commerce, melakukan pemasaran secara digital, melakukan pemugaran kualitas produk & penambahan layanan dan menjalin &  mengoptimalkan interaksi pemasaran pelanggan. Hasil penelitian ini krusial buat dipahami sang pelaku usaha & dibutuhkan pelaku usaha selalu responsif & mengikuti keadaan terhadap perubahan lingkungan supaya sanggup terus bertahan
Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Internasional Pada Era Globalisasi (Studi Kasus Ekspor Impor Di Indonesia) Safitri, Mega; Aslami, Nuri
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.94

Abstract

Bisnis Internasional adalah semua transaksi bisnis yang dilakukan antar negara yang pelaksanaannya dilakukan oleh warga negara, perusahaan ekspor – impor, maupun sebuah departemen pemerintah. Kegiatan bisnis Internasional mempunyai spesifikasi karena melewati batas – batas wilayah negara mempunyai aturan hukum, budaya, kebiasaan, bahasa, mata uang yang saling berbeda. Dengan perbedaan – perbedaan ini maka sebaiknya dalam kegiatan bisnis Internasional perlu hati – hati dalam pelaksanaannya.
Mata Pencarian Sebagai Mutualisme Masyarakat Petani Di Desa Sulobaja Nofani, Metildis
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.95

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat menegenai mata pencarian oleh masyarakat di Desa Sulobaja Kecamatan Tobada Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan model wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bertani merupakan hal yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan kebutuhan pokok sehari-hari. Pekerjaan petani itu penting guna menunjang produksi konsumen bagi masyarakat di seluruh Indonesia, berbicara tentang Bertani tentu bukanlah suatu hal yang baru. Tetapi dalam praktek nyata masih banyak yang mengatakan Bertani itu rumit,capek serta tidak menarik, Bertani memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Memeberikan tantangan dan juga kepuasaan bagi petani itu sendiri hal” itulah yang membuat saya senang dan mencintai pertanian
Peran Perdangangan Elektronik Terhadap Kemajuan Bisnis Internasional Simanjorang, Ramayanti; Aslami, Nuri
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.96

Abstract

Pada saat ini dunia telah memasuki revolusi industri 4.0, dimana semua aktivitas  kehidupan berbasis digital. Kemajuan dunia teknologi saat ini mewajibkan  internet sebagai salah satu alat komunikasi, pertukaran data, dan media pencari informasi yang banyak diminati oleh setiap kalangan terutama generasi milenial. Dan juga saat ini transaksi bisnis tidak jarang kita temui sudah melalui digital, contohnya Shoope, Lazada, Bukalapak, dan lain-lain. Dan tanpa terkecuali bisnis internasional juga telah melakukan transaksi melalui digital. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran perdangangan elektronik terhadap kemajuan bisnis internasional. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini ialah  metode penelitian kualitatif, dengan Studi dokumen atau teks merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan  tertulis berdasarkan  konteksnya. Bahan bisa berupa catatan yang terpublikasikan, buku teks, surat kabar, majalah, surat-surat, film, catatan harian, naskah, artikel, dan sejenisnya
Analisis A’wot Sebagai Perencanaan Pengembangan Desa Wisata Tiwingan Lama Kabupaten Banjar Hepy Maharani, Sari; Effendi, Tarman
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor internal objek wisata yang dapat mempengaruhi jumlah pengunjung Desa Wisata Tiwingan Lama, (2) mengetahui faktor eksternal daya tarik wisata yang dapat mempengaruhi jumlah pengunjung Desa Wisata Tiwingan Lama, dan (3) menentukan strategi pengembangan terbaik yang akan digunakan dalam rangka peningkatan jumlah pengunjung Desa Wisata Tiwingan Lama. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Tinjauan pustaka, observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data untuk penelitian ini. Strategi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT kualitatif dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Desa Wisata Tiwingan Lama merupakan desa wisata dengan berbagai potensi wisata, dan kondisi alam dengan panorama yang indah, lokasi yang strategis, dan akses yang memadai dari kota merupakan faktor internal yang berkontribusi terhadap kekuatan desa wisata Tiwingan Lama. (2) Faktor eksternal yang menjadi peluang pengembangan desa wisata Tiwingan Lama adalah perubahan tren pariwisata di masa pandemi dengan menjadikan desa wisata sebagai potensi wisata lokal desa wisata, sedangkan kelemahan desa adalah rendahnya kualitas SDM desa. dalam hal pariwisata. yang sebagian besar masih belum tergali, sedangkan kendala dalam pengembangan desa wisata Tiwingan Lama adalah potensi banjir dan (tanah) longsor serta kurangnya dukungan dari pemerintah setempat, dan (3) berdasarkan hasil analisis A'WOT terhadap kondisi Desa Tiwingan Lama, strategi yang digunakan paling tepat untuk digunakan dalam mengembangkan wisata di desa wisata Tiwingan Lama adalah strategi SO yaitu dengan mengembangkan potensi produk wisata yang ada di Desa Tiwingan Lama
Peningkatan Strategi Pemasaran Shoppe dalam Bisnis Internasional Said Mazruk, Sherina; Aslami, Nuri
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.98

Abstract

Perkembangan teknologi informaasi telah mengubah gaya hidup masyarakat dan menciptakan ekonomi modern. Tinggi minat berbelanja dengan menggunakan E-Commerce membuat Shopee melakukan perkembangan strategi pemasaran internasional sebagai upaya untuk meraih kesuksesan dalam bisnis internasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data studi literatur yang bersumber pada berbagai dokumen seperti buku dan jurnal ilmiah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan strategi pemasaran Shopee dalam bisnis internasional. Dalam hasil penelitian ditemukan bahwa Shopee menerapkan kombinasi pull dan push strategy untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
Tradisi Ber-Haji Di Gantarang dan Berkah Tanadoang Kepulauan Selayar Syakinah, Syakinah
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.99

Abstract

Penduduk selayar masih banyak yang percaya pada dunia ghaib,roh-roh halus dan berbagai kekuatan sakti lainnya (religio-magis).meskipun penduduk kabupaten selayar mayoritas menganut ajaran agama islam,namun dalam pelaksanaan syariat sebagian besar masih diwarnai oleh sisa-sisa pengaruh ajaran agama hindu. Ajaran Hindu yang lebih awal berpengaruh di Indonesia, rupanya telah menyimpan sisa-sisa kepercayaan yang masih dipegang teguh oleh sebagian besar masyarakat Selayar. Realitas tersebut tercermin melalui kebiasaan membakar kemenyan (dupa), menyiapkan sesajen, bunga-bungaan terutama dalam pelaksanaan upacara keagamaan dan upacara daur hidup. Upacara tersebut terdiri atas upacara memulai penebangan hutan (membuka lahan baru), memulai penanaman padi, panen, membuat emping/hasil laut, menghindarkan diri dari wabah penyakit (songkabala), upacara meminta hujan dan lain-lain. Timbulnya kecenderungan untuk tetap mempertahankan nilai-nilai budaya (tradisi) tersebut hingga eksis sampai sekarang pada prinsipnya disebabkan oleh lingkungan.menurut kepercayaan orang-orang yang meyakini tradisi “Ber-haji di gantarang dan Berkah Tanadoang”,bahwa menunaikan sholat Idul Adha sebanyak 7 (tujuh) kali di Gantarang Lalang Bata,sama artinya atau kedudukannya dengan orang yang melakukan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Asumsi yang entah dalil apa yang dijadikan dasar ini, terbukti melalui kecenderungan banyak orang yang berasal dari luar Gantarang melakukan sholat Idul Adha di tempat ini
Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan Hidayat, Taufik; M. Nawawi, Zuhrinal
Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/arl.v6i1.100

Abstract

Kewirausahaan merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam arti tingkatan hidup yang lebih baik lagi. Kewirausahaan merupakan salah satu program studi manajemen kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Universitas Negeri Sumatera Utara. Kewirausahaan sangat berperan penting dalam perkembangan pertumbuhan ekonomi. Kewirausahaan diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dengan berlandaskan sikap kreatif dan inovatif mampu bertahan dan berkembang dalam kondisi ekonomi yang sulit. Berdasarkan latar berlakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi untuk menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatis dalam kewirausahaan. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis data dengan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, selain menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif bagi wirausaha serta memiliki kompetensi kewirausahaan tetapi wirausahawan juga perlu memiliki jiwa seperti skill, conceptual skill, human skill, decision making dan time managerial skill

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 11 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 10 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 9 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 8 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 7 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 6 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 5 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 4 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 3 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 2 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 1 (2025): Action Research Literate Vol. 8 No. 12 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 11 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 10 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 9 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 8 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 7 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 6 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 5 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 4 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 2 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 1 (2024): Action Research Literate Vol. 7 No. 12 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 11 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 10 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 9 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 2 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 1 (2023): Action Research Literate Vol. 6 No. 2 (2022): Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate Vol. 4 No. 2 (2020): Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Special Issue Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate More Issue