cover
Contact Name
Rano A
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+6285860798718
Journal Mail Official
ranoagustino@thamrin.ac.id
Editorial Address
Universitas Mohammad Husni Thamrin Kampus A Lantai 2, Jl. Raya Pondok Gede No.23-25 Jakarta Timur 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 27163911     EISSN : 27210472     DOI : 10.37012
Core Subject : Economy,
Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary perspective.
Articles 52 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi" : 52 Documents clear
Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Serta Ijarah Terhadap Laba Bersih Pada Bank Muamalat As Shofi, Yanuba Qotrunnada; Yudiantoro, Deny
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah dan ijarah terhadap laba bersih di Bank Muamalat tahun periode 2015-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan ialah laporan keuangan Bank Muamalat yang sudah di terbitkan tahun 2015-2022 yang menggunakan data pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Ijarah serta Laba bersih. Data yang dilakukan dalam penelitian ini ialah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini ialah uji normalitas, uji multikonearitas, uji heteroskedastisidas, uji autokorelasi, regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t parsial, dan uji f simultan. Hasil penelitian ini secara parsial bahwa pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih, kemudian pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, dan pembiayaan ijarah tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Selanjutnya secara simultan pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan ijarah berpengaruh signifikan terhadap laba bersih.
Pengaruh Influencer dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yunas, Muhammad Faisal; Yusuf, Muhammad Ali; Sekarini, Ratih Ayu
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1581

Abstract

Keputusan pembelian merupakan puncak dari fase bisnis terakhir antara konsumen dan produsen. Perilaku konsumen mencerminkan tanggapan mereka terhadap berbagai rangsangan yang mereka terima (stimulasi). Oleh karena itu, keputusan pembelian konsumen merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif pemecahan masalah pelacakan yang sebenarnya. Impuls tersebut salah satunya berasal dari faktor pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi dan influencer. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan media online sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh influencer terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. 3) pengaruh influencer dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan untuk penilitian ini adalah penelitian kualitatif-kuantitatif dengan metode survey dan kuisioner. Kegiatan analisis data ini dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi mulai dari hasil wawancara, observasi, studi dokumen dan menyebarkan kuesioner, kemudian mengolah informasi yang diperoleh sesuai kaidah kualitatif-kuantitatif. Saat mengukur variabel independen dan dependen, skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, persepsi, dan pendapat, yang diubah menjadi indikator variabel dan digunakan sebagai titik awal untuk menyusun instrumen dengan menyajikan pernyataan kepada responden dan kemudian memberikan jawaban atas pertanyaan yang disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahwa influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 2) Penetapan harga memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 3) Pengaruh Influencer dan harga secara bersama-sama memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Peran Politik Kepemimpinan Perempuan dalam Sistem Matrilineal di Minangkabau Sumatera Barat Desri, Suryatman; Yanda, Vinda Putri
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1639

Abstract

Menurut masyarakat adat setempat, Minangkabau dipuja sebagai sumber kearifan. Perempuan mewakili Amban Puro, Pemilik Kunci Warisan, Undang-Undang Ke Madinah, Payung Menuju Surga, dan Kapai Tampek Batanyo Ka Pulang Tampek Babarito. Perempuan dalam tradisi Minangkabau disebut Bundo Kanduang karena memiliki peran tertentu. Dialah yang memegang warisan, kewajiban keuangan yang paling besar, dan kekuasaan atas Nagari. Nenek moyang perempuan tertua dalam rumah tangga Minangkabau, jika dia masih hidup, menikmati prestise yang lebih tinggi. Dengan demikian, pilihan signifikan tidak pernah dibuat tanpa kesadarannya. Bagi perempuan di Minangkabau yang menganut falsafah Alam Takambang Jadi Guru, terdapat rasa kebersamaan dan kekuatan penyeimbangan dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan yang memanfaatkan data kualitatif dari buku dan makalah di komunitas ilmiah. Untuk menganalisis ide dan membuat model penelitian baru tentang hubungan antara kompensasi dan kualitas pelayanan publik, digunakan data sekunder dari penyelidikan penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini yaitu menurut feminisme, rendahnya status perempuan Minangkabau dalam kepemimpinan politik tidak hanya merugikan perempuan lain tetapi juga merugikan mereka sendiri. Banyak pemimpin perempuan dan bahkan presiden mungkin tidak mampu meningkatkan kedudukan perempuan dalam politik atau mengurangi ketidakadilan sejarah yang dihadapi perempuan. Tentu saja, artikel ini tidak mengklaim bahwa upaya dan keterlibatan perempuan di ruang publik atau peningkatan peran kepemimpinan adalah penting, tetapi setiap langkah harus didasarkan pada pengetahuan yang baru dikembangkan, yang konsisten dengan prinsip atau sistem kepercayaan.
Pengaruh E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Remaja di Daerah Yogyakarta Dirgantara, Muhammad Arya
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1775

Abstract

Indonesia ialah negara dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Banyaknya jumlah usia yang sudah produktif di dalam sebuah negara ada kemungkinan akan terjadinya problem dalam ketenagakerjaan seperti meningkatnya jumlah pengangguran. Salah satu solusi agar dapat mengurangi angka pengangguran ialah dengan memperbanyak masyarakat untuk wirausaha. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia bisnis memberikan peluang bagi para wirausaha untuk membuka bisnis secara elektronik dan hal ini juga dapat memicu masyarakat untuk lebih mudah menjadi wirausaha. Para remaja merupakan regenerasi, diharapkan dapat memberikan suatu hal baru yang berdampak positif agar masyarakat Indonesia dapat sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan media sosial terhadap minat berwirausaha pada remaja di daerah yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survey melalui kuisioner dan statistik deskriptif. Teknik analis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan E-Commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha dan juga Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. E-Commerce dan Media Sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Kesimpulannya saat ini ada peningkatan E-Commerce dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha pada Remaja. E-Commerce dan Media Sosial berkontribusi yaitu 58,4% sisanya oleh variabel lain.
Pengaruh Media Sosial Terhadap Omzet Penjualan Handphone di Outlet Gabe Cell Tangsel Darda, Ahmad; Rojikun, Ahmad
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial terhadap omzet penjualan di outlet Gabe Cell Tangsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan survey sebagai alat pengambilan data yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dan pengunjung outlet dengan jumlah 527 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling yaitu sampling jenuh karena mengambil sampel dari seluruh total populasi. Penilaian menggunakan skala Likert. Penelitian ini merupakan penelitian survei dimana data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, data sekunder dikumpulkan dari outlet Gabe Cell dan studi literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan teknik analisis regresi linier sederhana Crosstab sebagai alat untuk menghitung apakah ada hubungan atau pengaruh antara media sosial terhadap omzet penjualan. Hasil uji  hipotesis dalam penelitian ini membuktikan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan dimana t hitung sebesar 6,708 lebih besar dari t tabel sebesar 1,990. Dari Adjusted R Square = 0,352 dapat dikatakan bahwa perubahan variabel dependen (Y) sebesar 35,2% dipengaruhi variabel X, sedangkan sisanya sebesar 64,8% disebabkan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian. 
Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada PTPN VI Pabrik Teh Kayu Aro Kabupaten Kerinci Ramadhani, Asty Rahmi; Usdeldi, Usdeldi; Ifazah, Laily
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1864

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dari penerapan akutansi lingkungan di PT VI Pabrik Teh Kayu Aro dengan kerangka dasar PSAK 1 tahun 2013 dan mengetahui hambatan dari akutansi lingkungan sebagai bentuk dari pertanggungjawaban sosial kepada masyarakat, khususnya dalam pengelolaan limbah dan lingkungan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi langsung, wawancara dan rekaman arsip. Metode analisis yang dipergunakan pada penelitian ini ialah deskriptif komparatif, artinya peneliti melakukan pendeskripsian dari hasil temuan dari data-data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) PTPN VI Pabrik Teh Kayu Aro sudah sesuai dengan PSAK No. 1 Tahun 2013 paragraf 82 dan 94, terakui secara benar atas pos biaya pengelolaan limbah serta pengukuran biaya pengolahan limbah yang sesuai dengan PSAK No.1 tahun 2013 paragraf 99 dan 101 yang mana dalam penyajian biaya pengolahan limbah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI Pabrik Teh Kayu Aro sudah sesuai dengan sajian yang jelas dalam posisi keuangan. PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI Pabrik Teh Kayu Aro menyajikan biaya pengelolaan limbah ke dalam pengolahan biaya produksi dan laporan laba rugi dalam harga pokok penjualan  (2) Hambatan dalam penerapan akuntansi lingkungan pada PTPN VI Pabrik Teh Kayu Aro adalah kebijakan Kantor Pusat PTPN VI yang memasukkan biaya lingkungan dalam kategori biaya pengolahan, sehingga dikategorikan sebagai biaya pengolahan pada golongan pabrik dan menjadi komponen dari penyusunan harga pokok penjualan laporan laba rugi pabrik. Seharusnya PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI Pabrik Teh Kayu Aro membuat akun sendiri untuk segala aktivitas yang berkitan dengan biaya pengelolahan limbah, agar perusahaan mengetahui berapa biaya yang tertanggung untuk pengelolahan limbah tersebut.
Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Response dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT Renbo Motor Bangsa, Rawasari Jakarta Pusat) Hariani, Danarti; Kartubi, Faizal
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing terhadap customer response, mengetahui pengaruh Brand Equity terhadap Customer Response, mengetahui pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Equity terhadap customer response serta mengetahui pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Response dengan Brand Equity sebagai variabel Intervening dengan studi pada PT Renbo Motor Bangsa, Rawasari, Jakarta pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner kepada 70 followers Instagram PT Renbo dengan menggunakan teknik Puposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan peneliti. Teknik Analisa yang digunakan yaitu uji instrumen, Uji regresi sederhana, Uji t dan Uji F serta analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media marketing berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap customer response berdasarkan hasil analisis uji t  dengan  nilai thitung > ttabel (1.816 > 0.235) dan nilai signifikasi adalah  0,74 > 0,05. Variabel brand equity berpengaruh positif dan signifikan  terhadap customer response berdasarkan uji t  dengan  nilai thitung > ttabel (4,049 > 0,235) dan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05. Variabel sosial media marketing dan brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer response berdasarkan hasil uji analisis F dengan nilai Fhitung > Ftabel (30.677 > 3,13) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Variabel brand equity mampu memediasi pengaruh sosial media marketing terhadap customer response berdasarkan analisis jalur menujukkan bahwa pengaruh tidak langsung (0,376) > pengaruh langsung (0,215) dan dari uji sobel diperoleh nilai thitung (2,744) > ttabel (0,235) sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh tidak langsung Sosial Media Marketing melalui Brand Equity signifikan terhadap custamer response.    
Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Belanja Daerah Ependi, Ependi; Ningsih, Putu Tirta Sari; Gusvarizon, Muhammad; Mahendrawati, Cindy Ayu
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1869

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh pendapatan daerah terhadap belanja daerah. Adapun faktor-faktor pendapatan daerah yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK). Penelitian dilakukan terhadap 24 Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat sampel di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari Laporan Realisasi APBD tahun 2015 hingga 2017 yang seluruhnya menyampaikan laporan kepada situs Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Alat analisis yang digunakan penelitian adalah regresi linier berganda dengan uji signifikan parameter simultan (f) dan parsial (t). Berdasarkan koefisien regresi dapat disimpulkan bahwa variable Dana Alokasi Umum (DAU) memiliki pengaruh yang paling besar terhadap Belanja Daerah dengan nilai koefisien (+) 1.676, diikuti variabel PAD dan DAK dengan nilai regresi berturut-turut sebesar (+)1,539 dan (+)0,408. Berdasarkan hasil uji simultan (uji F) didapatkan bahwa nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap Belanja Daerah (BD). Hasil analisa koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen mampu memberikan kontribusi sebesar 97,8% sedangkan 2,2% dapat disumbangkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Faktor Nilai Pelanggan (Customer Value) dan Unique Selling Point dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Customer Statisfaction) pada Produk Kopi Kenangan di Alfamart Bulak Klender Hernaningsih, Fery
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1876

Abstract

Nilai pelanggan (Customer Value) atau manfaat yang didapat setelah membandingkan antara harapan (expectation) dengan kinerja aktual (actual performance) suatu produk serta keumikan yang mempunyai nilai lebih dari produk lain merupakan faktor yang meningkatkan kepuasan pelanggan (Customer Statisfaction). Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis faktor nilai pelanggan (customer value) dan unique selling point dalam meningkatkan kepuasan pelanggan (customer statisfaction) pada produk Kopi Kenangan di Alfamart Bulak Klender. Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli kopi kenangan di Alfamart Bulak Klender sejumlah 38 orang. Sampel dari penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa faktor nilai pelanggan (customer value) dan unique selling point secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (customer statisfaction) pada produk Kopi Kenangan di Alfamart Bulak Klender. Kopi kenangan rasanya mantap, masing-masing varian memberikan rasa yang enak yang meninggalkan kenangan yang baik bagi pelanggan. Keunikan botol yang praktis dan slogan “hanya untukmu” memudahkan pelanggan untuk selalu mengingat Kopi Kenangan.
Pengaruh Quality Management System terhadap Employee Performance (Studi Kasus Pada PT Avesta Continental Pack) Hermawan, Agus
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i2.1920

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh Quality Management System terhadap Employee Performance di PT Avesta Continental Pack. PT Avesta Continental Pack adalah salah satu perusahaan yang menggunakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 pada tahun 2015. Employee Performance yang rendah disebabkan oleh Sistem Manajemen Mutu yang rendah atau tidak optimal. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini, yaitu 109 orang, dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Metode pengukuran pada kuesioner ini menggunakan Skala Likert, dan Metode analisis data yang digunakan meliputi Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji Hipotesis Parsial (Uji-T), dan Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan diperoleh dengan memproses data menggunakan SPSS 25.0. Dari hasil uji regresi linear berganda, Quality Management System memiliki pengaruh terhadap Employee Performance, di mana setiap peningkatan 1 nilai Quality Management System akan meningkatkan nilai Employee Performance sebesar 0,948. Quality Management System memiliki pengaruh terhadap Employee Performance, hasil uji t dan uji f menunjukkan nilai signifikansi variabel model regresi Sistem Manajemen Mutu sebesar 0.000 dengan tingkat signifikansi 0.05, sehingga perhitungan adalah 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa variabel Quality Management System (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Employee Performance (Y). Nilai R square adalah 0.578, yang berarti sekitar 57.8% dari variabel Quality Management System menunjukkan pengaruh besar terhadap kinerja karyawan di PT Avesta Continental Pack.