cover
Contact Name
Rina Maryanti
Contact Email
maryanti.rina@upi.edu
Phone
+62222000579
Journal Mail Official
jassi_anakku@upi.edu
Editorial Address
Jl. Setiabudhi No. 229 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
ISSN : 14129337     EISSN : 27768783     DOI : https://doi.org/10.17509/jassi
JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research administrators and PhD students at advanced stages of their research, representing both public organizations and private industry. Equally, the journal if intended for scholars and students, reseachers working at research organizations and government agencies, and also for enterprises undertaking applied R and D to lead innovations. The editorial contents and elements that comprise the journal include: Theoretical articles Empirical studies Practice-oriented papers Case studies Review of papers, books, and resources. As far as the criteria for evaluating and accepting submissions is concerned, a rigorous review process will be used. Submitted papers will, prior to the formal review, be screened so as to ensure their suitability and adequacy to the journal. In addition, an initial quality control will be performed, so as to ensure matters such as language, style of references and others, comply with the journals style. The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Children with Special Needs field. Assessment Learning Handling of Children with Special Needs Teaching children with special needs Intervention of children with special needs Education Education of children with special needs
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013" : 8 Documents clear
Optimalisasi Pendengaran dengan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Irama Gunawan, Dudi
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7778.9 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4064

Abstract

Sebagian besar kebutuhan yang dirasakan siswa tunarungu tentang komunikasi dan bahasa belum mendapatkan pemenuhan dan pelaksanaannya belum efektif. Guru masih mengalami kesukaran dalam merumuskan dan mengembangkan materi pelaksanaan Layanan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI). Untuk meningkatkan layanan bina komunikasi persepsi bunyi irama (BKPBI). yang mengacu kepada empat aspek yaitu 1) Kompetensi Mendeteksi bunyi-bunyi, 2) Kompetensi mengidentifikasi bunyi-bunyi termasuk bunyi bahasa. 3) Kompetensi Mendiskrimininasi bunyi, 4) Kompetensi Memahami bunyi, Penerapan optimalisasi dini pendengaran anak tunarungu di SLB-B melalui pendekatan bina komunikasi persepsi bunyi irama (BKPBI). Indikator efektivitas ditandai oleh, 1) Mendeteksi bunyi-bunyi, 2) Kompetensi mengidentifikasi bunyi-bunyi termasuk bunyi bahasa. 3) Kompetensi Mendiskrimininasi bunyi, 4) Kompetensi Memahami bunyi,.Kata Kunci: Optimalisasi pendengaran dengan bina komunikasi persepsi bunyi irama (BKPBI)
Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana pada Siswa Tunarungu Hamidah, Ida
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6243.061 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4059

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah penggunaan metode demonstrasi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dalam menulis kalimat sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjeknya seorang siswa tunarungu SDLB kelas D3. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil tes baik pada intervensi maupun baseline-2. Data dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pada baseline-1 (A-1) persentase subjek sebesar 43,75%, pada fase intervensi (B) sebesar 100%, dan pada baseline-2 (A-2) sebesar 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas D3.Kata Kunci: Tunarungu, Metode Demonstrasi, Menulis Kalimat Sederhana
Teknik Pembelajaran Bahasa Lisan bagi Siswa Tunagrahita Abdurahman, Maman
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11364.36 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4065

Abstract

Hambatan dalam perkembangan bahasa dapat berpengaruh terhadap proses belajar, sehingga mereka memerlukan pengalaman belajar yang kongkret. Keterampilan berbahasa lisan (berbicara) merupakan modal utama bagi setiap orang, tidak terkecuali siswa tunagrahita dalam mengadakan interaksi dan komunikasi dengan lingkungan sekitar. Komunikasi akan bermakna apabila antara pembicara dengan lawan bicaranya tahu apa yang dibicarakan. Untuk itu perlu adanya kejelasan dalam setiap ucapannya. Alat komunikasi yang paling dominan dipergunakan dalam aktivitas sehari-hari adalah dalam bentuk wicara atau bahasa lisan. Dengan berkomunikasi memungkinkan individu membangun suatu kerangka rujukan dan menggunakannya sebagai panduan untuk menafsirkan situasi apapun dan permasalahan yang dihadapi. Tanpa melibatkan diri dalam komunikasi, seseorang tidak akan tahu bagaimana makan, minum, berbicara sebagai manusia, dan memperlakukan manusia lain secara beradab. Cara-caraberperilaku seperti itu harus dipelajari lewat pengasuhan keluarga dan pergaulan dengan orang lain, semuanya berpangkal dari adanya komunikasi.Kata kunci: Teknik pembelajaran, bahasa lisan, siswa tunagrahita
Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1-5 pada Anak Tunagrahita Ringan Indriani, Indriani
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6265.335 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4060

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kemampuan memahami konsep bilangan 1-5 melalui media kartu bilangan yang dapat dalam meningkatkan kemampuan konsep bilangan siswa kelas II dalam memahami konsep bilangan 1-5 di SDLB. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bilanganI-5. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator yang diterapkan dalam proses belajar pada siswa yang dapat dilihat dari hasil pembelajaran melalui tes dengan menggunakan media pembelajaran kartu bilangan terhadap kemampuan konsep bilangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode single subject research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas II SDLB SLB. Analisis data penelitian menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian, pada baseline-1 (A-l) nilai rata-rata persentase subjek yang berinisial MF adalah 48,5 % setelah diberikan intervensi pada baseline-2 (A-2) mengalami peningkatan yaitu 76,5%. Dengan demikian media kartu angka dapat dijadikan salah satu media untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak tunagrahita ringan di SLB Bandung Raya.Kata Kunci: Media kartu bilangan, Tunagrahita dan konsep bilangan
Penerapan Aliran Filsafat Pragmatisme dalam Orientasi dan Mobilitas Anak Tunanetra Meiyani, Neni
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7419.539 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4066

Abstract

Filsafat pragmatisme yang dipelopori oleh William James dan John Dewey pada hakikatnya manfaat bagi hidup praktis, dengan perkataan lain menitik beratkan bahwa kebenaran ialah apa yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan memperhatikan kegunaannya secara praktis. Orientasi dan Mobilitas penting dikuasai oleh tunanetra, karena dengan pengetahuan dan keterampilan tersebut tunanetra dapat hidup secara mandiri sehingga pada gilirannya tidak perlu lagi menggantungkan diri pada orang lain dalam kehidupan di masyarakat dan lingkungannya. Aliran filsafat pragmatisme dapat diterapkan pada kehidupan manusia, tanpa memandang apakah dia manusia awas atau tunanetra. Berbagai aktifitas yang dilakukan pada Orientasi dan Mobilitas dapat menerapkan pegangan pragmatisme, yakni logika pengamatan. Prinsip pragmatisme, yaitu manfaat bagi hidup praktis, dapat diterapkan baik dalam proses kognitif maupun pengetahuan tentang ciri medan, tanda-tanda, sistem penomoran, pengukuran, arah-arah mata angin dan aplikasi dari kelima unsur di atas, yakni pengakraban diri.Kata kunci: Pragmatisme, instrumentalisme, tunanetra, OM
Pengaruh Latihan Menabuh Alat Musik Bonang terhadap Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan pada Anak Cerebral Palcy Spastic Sunanto, Juang; Widati, Sri
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6101.756 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4061

Abstract

Penelitian berkenaan dengan upaya menemukan cara untuk melatih koordinasi mata dan tangan anak Cerebral Palsy Spastic, dengan tujuan utama untuk mengetahui pengaruh latihan menabuh alat musik bonang terhadap kemampuan koordinasi mata dan tangan. Tujuh siswa SLB DYPAC Bandung yang memiliki menyandang Cerebral Palsy Spastic berpartisipasi sebagai sampel dalam penelitian ini. Semua siswa mengalami masalah gerak khususnya dalam koordinasi mata dan tangan. Sesuai dengan masalahnya, penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pretes postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koordinasi mata dan tangan anak Cerebral Palsy Spastic berbeda secara signifikan antara pretes dan postes. Hal ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh latihan menabuh alat musik bonang terhadap kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak Cerebral Palsy Spastic.Kata Kunci: Cerebral Palsy Spastic, Koordinasi mata dan tangan, Bonang
Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Mata Uang melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Anak Tunarungu Kelas III SDLB-B Sulastri, Leli
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5070.439 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4062

Abstract

Masalah penelitian ini terkait dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan materi memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan hasil peningkatan dalam setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata prestasi siswa mencapai 63,06. Pada siklus II rata-rata nilai 76,67. Pada siklus III rata-rata siswa mencapai nilai 78,33. Dari data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata kelas dalam pemahaman konsep nilai mata uang terdapat kenaikan pada setiap siklus. Dengan demikian kemampuan pemahaman konsep nilai mata uang pada siswa RS, CT, dan RN juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemahaman konsep nilai mata uang dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran konstekstual pada anak tunarungu SDLB-B Kelas III.Kata kunci: Pemahaman Konsep Nilai Mata Uang, Contextual teaching and learning
Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas VII SMPLB Mardiah, Aam
JASSI ANAKKU Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6379.786 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v13i2.4057

Abstract

Topik penelitian ini terkait dengan perbaikan kemampuan menyimak dengan menerapkan media film. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan penilaian tentang peningkatan menyimak siswa tunarungu setelah diterapkan media film dan menambah wawasan siswa tunarungu lewat pembelajaran media fdm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang tahapannya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan menyimak siswa dari 40% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II atau sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu di SLB Yakalimu Purwakarta.Kata Kunci: Media Film, menyimak dan siswa tunarungu

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2024): JASSI Anakku: Volume 24, Issue 2, 2024 Vol 24, No 1 (2024): JASSI Anakku: Volume 24, Issue 1, 2024 Vol 23, No 1 (2023): JASSI Anakku: Volume 23, Issue 1, 2023 Vol 22, No 2 (2022): JASSI Anakku: Volume 22, Issue 2, 2022 Vol 22, No 1 (2022): JASSI Anakku: Volume 22, Issue 1, 2022 Vol 21, No 2 (2021): JASSI Anakku: Volume 21, Issue 2, 2021 Vol 21, No 1 (2021): JASSI Anakku: Volume 21, Issue 1, 2021 Vol 20, No 2 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 2, 2020 Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020 Vol 19, No 2 (2019): JASSI Anakku: Volume 19, Issue 2, 2019 Vol 19, No 1 (2019): JASSI Anakku: Volume 19, Issue 1, 2019 Vol 18, No 2 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 2, 2018 Vol 18, No 1 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 1, 2018 Vol 17, No 2 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 2, 2017 Vol 17, No 1 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 1, 2017 Vol 16, No 2 (2016): JASSI Anakku: Volume 16, Issue 2, 2016 Vol 16, No 1 (2016): JASSI Anakku: Volume 16, Issue 1, 2016 Vol 14, No 1 (2014): JASSI Anakku: Volume 14, Issue 1, 2014 Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013 Vol 13, No 1 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 1, 2013 Vol 12, No 2 (2012): JASSI Anakku: VOLUME 12, ISSUE 2, 2012 Vol 12, No 1 (2012): JASSI Anakku: Volume 12, Issue 1, 2012 Vol 11, No 2 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 2, 2011 Vol 11, No 1 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 1, 2011 Vol 10, No 2 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 2, 2010 Vol 10, No 1 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 1, 2010 Vol 9, No 2 (2009): JASSI Anakku: Volume 9, Issue 2, 2009 Vol 9, No 1 (2009): JASSI Anakku: Volume 9, Issue 1, 2009 More Issue