cover
Contact Name
Rina Maryanti
Contact Email
maryanti.rina@upi.edu
Phone
+62222000579
Journal Mail Official
jassi_anakku@upi.edu
Editorial Address
Jl. Setiabudhi No. 229 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
ISSN : 14129337     EISSN : 27768783     DOI : https://doi.org/10.17509/jassi
JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research administrators and PhD students at advanced stages of their research, representing both public organizations and private industry. Equally, the journal if intended for scholars and students, reseachers working at research organizations and government agencies, and also for enterprises undertaking applied R and D to lead innovations. The editorial contents and elements that comprise the journal include: Theoretical articles Empirical studies Practice-oriented papers Case studies Review of papers, books, and resources. As far as the criteria for evaluating and accepting submissions is concerned, a rigorous review process will be used. Submitted papers will, prior to the formal review, be screened so as to ensure their suitability and adequacy to the journal. In addition, an initial quality control will be performed, so as to ensure matters such as language, style of references and others, comply with the journals style. The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Children with Special Needs field. Assessment Learning Handling of Children with Special Needs Teaching children with special needs Intervention of children with special needs Education Education of children with special needs
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020" : 9 Documents clear
PENGARUH METODE KATA LEMBAGA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA Pratiwi, Suci Ayu; Ratnengsih, Een
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.726 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29579

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode kata lembaga terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan membaca. Metode penelitiannya adalah eksperimen dengan one group pre-test post-test. Populasi dan sampel adalah siswa kelas dua, tiga dan empat SDN 138 Gegerkalong dan SD Miftahul Iman. Analisis data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. Pengambilan data dengan pre-test dan post test. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata post-test lebih besar 78,30 dari pada skor rata-rata pretest 25. Hasil analisis non parametric diperoleh nilai Z=-2.366 dengan nilai P= 0,018. Kesimpulan penelitian ini yaitu metode kata lembaga secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan membaca. Peningkatan terlihat pada kata berdiftong yang memiliki kaidah bunyi tersendiri, hal ini sejalan dengan metode kata lembaga yang menjadikan bunyi sebagai titik tolak proses membaca sehingga mampu mengintegrasikan persepsi auditori dengan persepsi visual secara utuh.
PENERAPAN TERAPI SENSORI INTEGRASI PADA ANAK TUNARUNGU DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN Erawan, Nindhita Insani
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.538 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29586

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keseimbangan anak tunarungu di sekolah dan terapi anak berkebutuhan khusus Risantya. Anak terlihat kesulitan saat berjalan, posisi tubuh yang tidak bisa tegak saat berdiri dan berjalan yang terlihat terhuyung huyung.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai terapi sensori integrasi untuk anak tunarungu yang mengalami gangguan keseimbangan, jenis ketunarunguan seperti apa saja yang bisa diberikan terpa sensori integrasi, gejala seperti apa saja yang terlihat pada anak tunarungu dengan gangguan keseimbangan, media yang dipakai dalam terapi sensori integrasi, prosedur pelaksanaan terapi sensori integrasi, hambatan penerapan terapi sensori integrasi. Penelitian ini dilakukan di sekolah dan terapi anak berkebutuhan khusus Risantya, dengan 1 anak tunarungu dengan gangguan keseimbangan dan 4 terapis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakancatatan awal, pencatatan lengkap, penambahan data sepanjang waktu. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduction, data display, conclusion drawing. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan temuan hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan terapi sensori integrasi ini bisa diterapkan pada anak tunarungu dengan gangguan keseimbangan.
PENGARUH PAPER QUILLING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA SEDANG Yusnisari, Sinta; Tarsidi, Iding
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.578 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29580

Abstract

Kemampuan motorik halus memiliki peranan penting. Jika kemampuan motorik halus pada anak tidak berkembang secara optimal, anak akan mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari Pada anak tunagrahita sedang sering ditemukan permasalahan mengenai kemampuan motorik halus yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh paper quilling terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest, dengan 6 orang subjek penelitian. Pengambilan data menggunakan tes kinerja. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan motorik halus yang cukup signifikan, hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan uji Wilcoxon dimana T hitung lebih besar dari T tabel yaitu T hitung = 21 dan T tabel = 3. Disimpulkan paper quilling berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang. Pengaruh yang terjadi sebesar 81,5%. Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita, pendidik dapat menggunakan paper quilling dalam pembelajaran.
PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK BANGUN DATAR SEDERHANA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU Hasanah, Ummul
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.434 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29588

Abstract

Ketunarunguan berdampak terhadap rendahnya kemampuan anak tunarungu dalam mengabstraksi konsep ruang termasuk mengenal bentuk bangun datar. Pemahaman anak tunarungu tentang konsep ruang sangat penting untuk dikembangkan, untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran agar anak tunarungu dapat mengenal bentuk bangun datar. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pendekatan matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk bangun datar peserta didik tunarungu. Metode penelitiannya adalah ekperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan One group Pretest- Postest.Teknik pengumpulan data melalui tes tulis dan perbuatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan pendekatan matematika realistik eeefeektif terhadap peningkatan kemampuan peserta didik tunarungu dalam mengenal bentuk bangun datar. Hal ini terlihat dari meningkatnya kemampuan mengenal bentuk bangun datar. Hasil penelitian dapat menjadi rujukan dalam kegiatan belajar mengajar untuk menerapkan pendekatan matematika realistik pada tema dan materi lain.
PENGGUNAAN MEDIA COMPACT DISK INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH BAGI SISWA TUNARUNGU Aryanti, Fitri
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.862 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29581

Abstract

Mengenal huruf hijaiyyah merupakan hal mendasar sebelum anak mampu membaca Alquran, tidak terkecuali bagi siswa tunarungu. Pengucapan huruf hijaiyyah yang sesuai dengan makharijul hurufnya merupakan masalah yang dihadapi siswa tunarungu. Hal ini diperburuk dengan belum adanya media yang menunjang. Permasalahannya bagaimana pengaruh media compact disk interaktif terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah, huruf syafatain/bilabial yaitu huruf ba ( ب), fa ( ف), mim ( م), dan wau ( و). Metode penelitiannya adalah eksperimen desain penelitian subjek tunggal desain A-B-A yaitu: A-1 (Baseline 1), B (Intervensi), A-2 (Baseline- 2). Berdasarkan hasil penelitian diketahui media compact disk interaktif meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dalam mengenal huruf hijaiyyah. Hal itu dapat dilihat dari hasil mean level pada setiap sesi terjadi peningkatan. Dari mean level A-1 dengan hasil 34,25%, mean level intervensi dengan hasil 39,23%, dan mean level A-2 dengan hasil 44,86%. Disimpulkan media compact disk interaktif dapat digunakan untuk media pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah pada siswa tunarungu.
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS BAGI ANAK DENGAN AUTISME NON-VERBAL Santoso, Yoga Budhi; Astuti, Eka Yuli; Siregar, Ernie C.
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1028.372 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29590

Abstract

Menulis menjadi salah satu keterampilan yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Penelitian mengenai pembelajaran menulis bagi anak autisme non-verbal masih sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan strategi pembelajaran menulis bagi anak dengan autisme non-verbal. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan seorang anak laki-laki dengan autisme non-verbal berumur 7 tahun dan dua orang guru. Kajian literatur menjadi kerangka dasar penyusunan strategi ini, yang kemudian diujicobakan pada seorang anak dengan autisme non-verbal. Hasil uji coba menunjukkan bahwa dengan pembelajaran yang terstuktur, memecah keterampilan menjadi lebih kecil, menggunakan media visual, dan menggunakan teknologi dapat membantu anak autis non-verbal yang menjadi partisipan dapat menulis 8 kata melalui strategi tersebut.
PENERAPAN TEKNIK TIME OUT TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK MDVI Fitri, Hudayani Sabila; Meiyani, Neni
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (787.081 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29582

Abstract

Perilaku agresif verbal, yaitu berteriak, marah-marah, dan perilaku agresif non verbal atau fisik, yaitu melempar benda, memukul sering dilakukan oleh peserta didik di kelas, sehingga mengganggu pembelajaran. Untuk mengurangi perilaku agresif yang sering dilakukan peserta didik, diterapkan teknik time out dengan jenis nonexclusionary time out. Teknik ini dilakukan dengan cara apabila peserta didik berperilaku agresif di dalam kelas, maka ia akan tetap berada di dalam kelasnya dengan memindahkan posisi dirinya ke tempat time out yang disediakan di sudut ruangan untuk waktu singkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Single Subject Research dengan desain penelitian A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan frekuensi perilaku agresif yang muncul pada peserta didik MDVI mengalami penurunan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata (mean) setiap kondisi mengalami penurunan dalam segi berkurangnya frekuensi kemunculan perilaku agresif pada peserta didik yang sangat signifikan, yaitu pada kondisi A-1 (baseline-1), yaitu 36,33, kondisi B (intervensi), yaitu 11, dan kondisi A-2 (baseline-2), yaitu 4. kesimpulannya penerapan teknik time out memberikan pengaruh sangat signifikan dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik MDVI kelas II SD di SLBN A Kota Bandung.
PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTERS TERHADAP PENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA TUNARUNGU Pertiwi, Sandra; Warnandi, Nandi
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.479 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29584

Abstract

Ketunarunguan memberikan dampak pada perkembangan bahasanya. Salah satu faktor yang dapat mendukung keterampilan berbahasa siswa tunarungu ialah penguasaan kosakata. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam memperoleh kosakata terlebih dalam kosakata bahasa Inggris. Oleh sebab itu perlu adanya teknik khusus yang diberikan bagi anak tunarungu yang lebih efektif untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris yang dimilikinya. Penelitian ini difokuskan pada apakah penggunaan teknik permainan missing letters efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik penggunaan permainan missing letters terhadap peningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment tanpa kelompok pembanding atau disebut pretest and posttest group design, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan teknik permainan missing letters efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VII SMPLB Handayani Sukabumi, khususnya kosakata dalam tema body parts dan school environment.
INTERAKSI SOSIAL SISWA TUNARUNGU JENJANG SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH INKLUSIF Desyanti, Cindy Eka; Gunawan, Dudi
JASSI ANAKKU Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.758 KB) | DOI: 10.17509/jassi.v20i1.29585

Abstract

Ketunarunguan berdampak pada aspek bahasa dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial siswa tunarungu jenjang sekolah dasar di sekolah inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses interaksi sosial siswa tunarungu jenjang sekolah dasar di sekolah inklusif cukup baik, siswa dapat bertindak sebagai pihak yang memberikan aksi dan pihak yang memberikan reaksi. Bentuk interaksi sosial yang berkembang pada siswa tunarungu adalah menggoda, kerjasama, agresi, berselisih, persaingan, simpati, pembangkangan, tingkah laku berkuasa, dan mementingkan diri sendiri. Hambatan yang terjadi pada siswa tunarungu yaitu hambatan internal dalam berkomunikasi, berupa kesulitan dalam mengungkapkan keinginan pada lawan bicara, dan kesulitan dalam memahami apa yang diungkapkan lawan bicara. Untuk mengatasinya upaya yang dilakukan siswa tunarungu itu sendiri yaitu berkomunikasi menggunakan isyarat dan media lainnya seperti ujaran, gerakan tubuh, tulisan dan gambar. Upaya yang dilakukan guru adalah melakukan kegiatan membaca, mengajar dengan menggunakan ujaran yang jelas dan disertai isyarat atau gerakan tubuh. Sedangkan upaya yang dilakukan teman sebaya adalah belajar bahasa isyarat, membantu mengucapkan kata-kata dengan benar, dan membantu siswa tunarungu untuk menerjemahkan bahasa.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2024): JASSI Anakku: Volume 24, Issue 2, 2024 Vol 24, No 1 (2024): JASSI Anakku: Volume 24, Issue 1, 2024 Vol 23, No 1 (2023): JASSI Anakku: Volume 23, Issue 1, 2023 Vol 22, No 2 (2022): JASSI Anakku: Volume 22, Issue 2, 2022 Vol 22, No 1 (2022): JASSI Anakku: Volume 22, Issue 1, 2022 Vol 21, No 2 (2021): JASSI Anakku: Volume 21, Issue 2, 2021 Vol 21, No 1 (2021): JASSI Anakku: Volume 21, Issue 1, 2021 Vol 20, No 2 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 2, 2020 Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020 Vol 19, No 2 (2019): JASSI Anakku: Volume 19, Issue 2, 2019 Vol 19, No 1 (2019): JASSI Anakku: Volume 19, Issue 1, 2019 Vol 18, No 2 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 2, 2018 Vol 18, No 1 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 1, 2018 Vol 17, No 2 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 2, 2017 Vol 17, No 1 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 1, 2017 Vol 16, No 2 (2016): JASSI Anakku: Volume 16, Issue 2, 2016 Vol 16, No 1 (2016): JASSI Anakku: Volume 16, Issue 1, 2016 Vol 14, No 1 (2014): JASSI Anakku: Volume 14, Issue 1, 2014 Vol 13, No 2 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 2, 2013 Vol 13, No 1 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 1, 2013 Vol 12, No 2 (2012): JASSI Anakku: VOLUME 12, ISSUE 2, 2012 Vol 12, No 1 (2012): JASSI Anakku: Volume 12, Issue 1, 2012 Vol 11, No 2 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 2, 2011 Vol 11, No 1 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 1, 2011 Vol 10, No 2 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 2, 2010 Vol 10, No 1 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 1, 2010 Vol 9, No 2 (2009): JASSI Anakku: Volume 9, Issue 2, 2009 Vol 9, No 1 (2009): JASSI Anakku: Volume 9, Issue 1, 2009 More Issue