cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 10 Documents clear
Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi Desti Alvi Yunita; Dendy Sugono; Mamik Suendarti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.538 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.7494

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 2) Kesalahan penggunaan kosakata pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 3) Tingkat kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 4) Tingkat kesalahan penggunaan kosakata pada karangan deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian non hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil persentase kesalahan yang ditemukan dalam karangan deskripsi pada penggunaan tanda baca titik (.) 25%, tanda koma (,) 31%, dan tanda baca hubung (-) 4%. Kesalahan terbanyak terdapat pada penggunaan tanda baca koma (,) sedangkan kesalahan kosakata 40%. Jadi, kesalahan yang dilakukan siswa kurang dari 55% sehingga masih perlu bimbingan dan pengarahan lebih serius lagi tentang penggunaan ejaan dan kosakata  dalam karangan deskripsi sehingga tulisan yang dihasilkan lebih tepat penggunaanya..tentang penggunaan tanda baca titik (.), tanda baca koma (,), tanda baca hubung (-) dan kosakata. Kata kunci: Tanda Baca, Kosakata, Karangan Deskripsi
Warna Lokal Aceh dan Konflik dalam Naskah Drama Tanah Perempuan Karya Helvy Tiana Rosa Dwi Nurcahyo; Dendy Sugono
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.305 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.7481

Abstract

Penelitian bertujuan mengidentifikasi warna lokal Aceh dan konflik dalam naskah drama Tanah Perempuan karya Helvy Tiana Rosa. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian adalah analitis sastra. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, menganalisis isi untuk mendeskripsikan objek dan  fenomena yang terjewantah dalam suatu tulisan yang bersifat naratif. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan jenis konflik terbanyak ditemukan adalah konflik manusia dengan manusia lain 75,7 %. Konflik manusia dengan dirinya (batin) 10% dan manusia dengan alam ditemukan 8,6 %. Sedangkan konflik ang paling sedikit ditemukan adalah konflik manusia dengan masyarakat atau komunitas sebanyak 5,7 %. Warna lokal Aceh unsur bahasa Aceh paling banyak ditemukan 40,4 %. Warna lokal religi 38,5 %. Warna lokal sistem teknologi dan peralatan 9,6 % dan sistem pencaharian 7,7 %. Warna lokal sistem organisasi 3,8 %. Hasil Penelitian bermanfaat untuk Mahasiswa, Guru, Siswa, pecinta sastra serta budayawan. Kata Kunci: Warna lokal, Konflik, Drama, Tanah Perempuan, Aceh
Motivasi dan Lingkungan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keluarga bagi Anak Berprestasi Atmawijaya Atmawijaya; E. Zaenal Arifin; Dendy Sugono
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.695 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.7946

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang bentuk motivasi dari orang tua dan lingkungan pembelajaran bahasa Indonesia dalam keluarga bagi siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memperoleh pemahaman tentang bentuk motivasi dan lingkungan pembelajaran siswa dalam keluarga berdasarkan pengalaman siswa. Hasil penelitian: Pertama, terdapat beberapa bentuk motivasi dari orang tua kepada siswa di lingkungan keluarga, yaitu menyampaikan tujuan belajar, memberikan hadiah dan pujian, membentuk kebiasaan belajar yang baik, memperbolehkan anak untuk belajar bersama teman-teman kelasnya, dan memberikan hukuman kepada anak apabila malas/ tidak belajar. Kedua, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan nyaman, maka tersedia beberapa fasilitas pembelajaran, yaitu siswa memiliki kamar pribadi untuk tidur dan belajar, memiliki pencahayaan yang ruangan yang baik untuk kegiatan belajar, memiliki alat pengatur suhu ruangan berupa kipas angin, memiliki suasana belajar yang nyaman dan kondusif baik secara fisik maupun sosial, tidak memiliki kursi dan meja belajar, tetapi tetap nyaman belajar di lantai atau di atas tempat tidur, memiliki lemari dan rak buku, memiliki semua perlengkapan belajar yang dibutuhkan, dan semua siswa menyatakan bahwa mereka sudah nyaman belajar di rumah/ lingkungan keluarga. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi dari orang tua dan dukungan lingkungan pembelajaran yang lengkap dan kondusif membuat siswa dapat belajar dengan nyaman sehingga mampu meraih prestasi belajarnya di sekolah. Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan, Prestasi, Fenomenologi
Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Imas Kusmiati; Nurdin Nurdin; Masrin Masrin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.968 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.5985

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan analisis regresi ganda. Sampel penelitian berjumlah 75 orang. Hasil penelitian ini menggambarkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial. Kata kunci: media pembelajaran, minat baca , teks editorial
Pengaruh Persepsi Siswa atas Gaya Hidup Digital dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Fini Fitriani; Bambang Sumadyo; Restoeningroem Restoeningroem
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.963 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.7428

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi siswa atas gaya hidup digital dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. (2) Pengaruh persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. (3) Pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas gaya hidup digital dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 13,868 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,006 <0,05 dan th = 2,798. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 <0,05 dan th= 3,720. Kata kunci: persepsi atas gaya hidup digital, minat belajar, kemampuan menulis deskripsi
Ekranisasi dan Nilai Religius Novel Wedding Agreement Karya Mia Chuz Noor Tsalis Yuni Kusumawati; Apsanti Djokosujanto; Bambang Sumadyo
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.356 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.8024

Abstract

The purpose of this research is to show the ecranization and religious values used in Mia Chuz's Wedding Agreement novel.. This research is in the form of a qualitative descriptive with a content analysis method based on the objects obtained from the ecranization and religious values contained in the Wedding Agreement novel by Mia Chuz. The results of this study indicate that there are 118 ekranization processes that occur in the elements of the plot, character, and setting, namely the existence of shrinkage, addition, and variation change. The shrinking of the plot, characters, and settings occurs because the media used in making novels and films are different. The addition of the plot, characters, and settings in the film as a whole is still relevant to the story in the novel, it's just that the visualization in the film is made more interesting, while for the varied changes in plot, character, and setting made in the visualization to the form of the film as a whole it is not far from being depicted in the
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Lisna Ningrum; Sumaryoto Sumaryoto; Nurdin Nurdin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.64 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.5989

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis mengenai: 1)Pengaruh metode   pembelajaran terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. 2)Pengaruh minat belajar  terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. 3)Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 56 siswa, yang dilakukan dengan teknik sampling cluster random sampling. Dari hasil analisis menunjukan adanya pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap keterampilan menulis cerita pendek dengan nilai sig = 0,021 < 0,05  Fhitung 5,662 dan terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa terhadap keterampilan menulis cerita pendek dengan nilai sig 0,001 < 0,05  Fhitung  13,457 serta terdapat pengaruh yang tidak signifikan interaksi metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap keterampilan menulis cerita pendek dengan nilai sig 0,921 > 0,05 Fhitung 0,010. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Minat Belajar, Keterampilan Menulis Cerita Pendek.
Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi Mahmur Mahmur; Hasbullah Hasbullah; Masrin Masrin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.557 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.7408

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi, untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis narasi, untuk mengetahui pengaruh penguasaan kalaimat terhadap kemampuan menulis narasi. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1). Terdapat Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 28,792, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05  dan thitung = 2,816 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05  dan thitung = 4,610Kata Kunci : Kemampuan Menulis Narasi, Minat Baca, Penguasaan Kalimat
Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dedeh Juariah; E. Zaenal Arifin; Mamik Suendarti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.487 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.7440

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak 2) Untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak 3) Untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 31,147. Minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama menyumbang sebesar 52,2% terhadap variasi kemampuan menulis teks eksposisi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,672. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,819. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Eksposisi, Minat Baca, Penguasaan Kosakata.
Kekhasan Penokohan Mandeh dalam Novel Limpapeh Karya A.R Rizal (Sebuah Kajian Semiotika) Riska Shannia; Apsanti Djokosujatno; Restoeningroem Restoeningroem
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.4 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i02.6978

Abstract

Karya sastra adalah hasil kreasi artistik yang masuk ke dalam seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah novel. Gambaran kehidupan manusia pada masyarakat di daerah tertentu di dalam novel membentuk sebuah penyajian yang khas. Novel Limpapeh menceritakan sebuah keluarga yang sarat dengan adat dan istiadat Minangkabau. Keluarga ini dipimpin oleh seorang Bundo Kanduang yang dipanggil Mandeh. Dalam kehidupannya, Mandeh banyak menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan keluarga dan tradisi adat. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai kekhasan kedudukan Mandeh dalam alur cerita dan kekhasan penyajian tokoh dalam novel Limpapeh karya A.R Rizal. Penelitian ini menggunakan penelitain kualitatif dengan metode analisis isi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik Todorov. Teori tiga tataran semantik Todorov membagi cerita ke dalam tiga aspek, yaitu aspek semantik, aspek sintaksis, dan aspek verbal. Novel ini terbagi menjadi dua puluh enam episode. Dari dua puluh enam episode tersebut, terlihat bahwa Mandeh selalu muncul dalam tiap episode sebagai pusat peristiwa. Itu menunjukan bahwa peran utama dalam novel Limpapeh adalah Mandeh. Sifat-sifat Mandeh terlihat lebih menonjol ketika dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya. Sifat-sifat Mandeh tersebut disimpulkan melalui tindakan-tindakannya yang dimunculkan pada setiap episode. Hal itu disebut dengan teknik ragaan. Mandeh digambarkan sebagai orang yang memegang erat adat, bijaksana, menyayangi keluarga, pekerja keras, penuh empati dan pereda konflik. Sosoknya merupakan contoh ideal untuk perannya sebagai Bundo Kanduang. Hal ini sesuai dengan judul novel, Limpapeh, yaitu tiang utama menyangga rumah.Kata Kunci: Minangkabau, Bundo Kanduang, Penokohan, Pendekatan Semiotika Todorov

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2020