cover
Contact Name
Ali Imaduddin Futuwwah
Contact Email
aliimadudin@fe.um-surabaya.ac.id
Phone
+6281217726540
Journal Mail Official
improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Kejawan Putih Tambak BMA 36 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 28078470     EISSN : 28075846     DOI : http://dx.doi.org/10.30651/imp.v1i2
Core Subject : Economy,
Improvement adalah terbitan berkala di bidang Manajemen dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya berisi tulisan dan artikel ilmiah yang dibuat sebagai wujud realisasi tridharma perguruan tinggi. Tujuan dari publikasi ini adalah untuk berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan kualitas dan aksesibilitas informasi ilmiah yang berkaitan dengan informasi ilmu manajemen di era global Jurnal ini diterbitkan setiap 6 bulan, pada akhir bulan Maret dan September setiap tahunnya dan terdiri dari sepuluh artikel dalam bentuk hasil penelitian, laporan kasus, review literatur. Setiap isi artikel berisi informasi terbaru dengan prioritas pada nilai kebaruan, orisinalitas, dan kegunaan. Ruang lingkup jurnal ini diataranya manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, Manajemen statejik dan manajemen operasi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025" : 10 Documents clear
Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kolam Renang Asri Saentis Ramadhani, Andia Novi; Siahaan, Rina Friska Bintang
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26040

Abstract

This study aims to determine the effect of Marketing Mix and Service Quality on Customer Satisfaction on Swimming Pool users (Study on all visitors to Asri Saentis Swimming Pool). The type of research used is quantitative, with primary data obtained from data by distributing questionnaires. The sample in this study amounted to 30 visitors to Asri Saentis Swimming Pool and the number of samples in this study was 30 visitors who were still active swimming pool visitors. Data analysis using multiple linear regression tests and data management using SPSS. The results of the study indicate that partially Marketing Mix has a positive and significant effect on customer satisfaction, while service quality also has a positive and significant effect on customer satisfaction, while simultaneously Marketing Mix and service quality have a significant effect on customer satisfaction. Keywords: marketing mix, service quality, customer satisfaction Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada pengguna Kolam Renang (Studi pada seluruh pengunjung Kolam Renang Asri Saentis). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data primer yang diperoleh dari data dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang pengunjung Kolam Renang Asri Saentis dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 pengunjung yang merupakan pengunjung kolam renang yang masih aktif. Analisa data yang menggunakan uji regresi linier berganda dan pengelolaan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Marketing Mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sementara kualitas pelayanan juga berpengaruf positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan secara simultan Marketing Mix dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.  Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan
Pengaruh Motiasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Harum Manis Agung Siahaan, Shinta; Tampubolon, Mangihut; Arif, Anggia
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26046

Abstract

The purpose of this study was to analyze the influence of work motivation and work environment on employee performance at PT. Harum Manis Agung. This study uses a quantitative method. The data collection technique used is a questionnaire. The sample used in this study amounted to 30 employees, the sampling technique used saturated sampling where all members of the population were selected as research samples. Data analysis used multiple regression tests. The results of the study indicate that there is an influence of work motivation on employee performance at PT. Harum Manis Agung, there is an influence of the work environment on employee performance at PT. Harum Manis Agung, and there is an influence of work motivation and work environment on employee performance at PT. Harum Manis Agung. Keywords: Work Motivation, Work Enviroment, Employee Peformance Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Harum Manis Agung. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Tekniik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang karyawan, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dimana keseluruhan anggota populasi dipilih sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja kariawan pada PT. Harum Manis Agung, ada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja kariawan pada PT. Harum Manis Agung, dan ada pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja kariawan pada PT. Harum Manis Agung. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan
Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, dan Service Quality Terhadap Satisfaction Studi Pada SD Putra Harapan Bangsa Surabaya Badriyah, Lailatul; Firmansyah, Anang; Salbiyah, Siti; Senoaji, Fauzie
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26085

Abstract

This study aims to analyze the influence of digital marketing, brand image, and service quality on parents' satisfaction at SD Putra Harapan Bangsa Surabaya.The research is motivated by the increasing need for schools to implement digital-based marketing strategies to attract prospective students, build a strong brand image, and improve service quality. The study employs a quantitative approach using a survey method through questionnaires distributed to 80 respondents consisting of parents of students at SD Putra Harapan Bangsa. The variables examined include digital marketing, brand image, and service quality as independent factors, and parents' satisfaction as the dependent variable. The findings indicate that digital marketing, brand image, and service quality have a significant influence, both partially and simultaneously, on parents' satisfaction. Service quality is identified as the most dominant variable in enhancing parents' satisfaction. This study provides recommendations for the school to continuously improve service quality, effectively utilize digital marketing strategies, and strengthen the brand image to ensure institutional sustainability and competitiveness. Keywords: Digital Marketing, Brand Image, Service Quality, Parental Satisfaction Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital, citra merek, dan kualitas layanan terhadap kepuasan orang tua siswa di SD Putra Harapan Bangsa Surabaya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kebutuhan sekolah dalam menerapkan strategi pemasaran berbasis digital untuk menarik minat calon siswa, membangun citra merek yang kuat, dan meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 responden yang terdiri dari orang tua murid SD Putra Harapan Bangsa. Variabel yang diteliti meliputi pemasaran digital, citra merek, dan kualitas layanan sebagai faktor independen, dan kepuasan orang tua sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital, citra merek, dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap kepuasan orang tua siswa. Kualitas layanan diidentifikasi sebagai variabel yang paling dominan dalam meningkatkan kepuasan orang tua. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak sekolah untuk terus meningkatkan kualitas layanan, memanfaatkan strategi pemasaran digital secara efektif, dan memperkuat citra merek untuk memastikan keberlanjutan kelembagaan dan daya saing Kata kunci: Pemasaran Digital, Citra Merek, Kualitas Layanan, Kepuasan Orang Tua
Pengaruh Pelatihan, Pengembangan Karir dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. PLN (Persero) ULP Ampera Kota Palembang Febriyansah, Aan; Fatimah; Utami, Dinarossi
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26282

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze: The Influence of Training, Career Development and Work Motivation on Employee Performance of PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) ULP Ampera, Palembang City, both partially and simultaneously. This type of research is Associative. The sample taken was 101 respondents who were employees at PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) ULP Ampera, Palembang City. with a sampling technique using Proportionate Stratified Random Sampling. The data used in this study were primary and secondary data. The data collection method used was through a Questionnaire (Questionnaire). The data analysis technique used was Multiple Linear Regression Analysis, Hypothesis Testing and Coefficient of Determination. The results of this study indicate that there is a significant influence of training, career development and work motivation on employee performance of PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) ULP Ampera, Palembang City. Keywords: training, career development, work motivation and work performance Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Pelatihan, pengembangan karir dan motivasi kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) ULP Ampera kota Palembang baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini bersifat Asosiatif. Sampel yang diambil sebanyak 101 responden yang merupakan karyawan di PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) ULP Ampera Kota Palembang. dengan teknik sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui Kuesioner (Angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis dan Koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Ada pengaruh yang signifikan pelatihan, pengembangan karir dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) ULP Ampera kota Palembang. Kata kunci: pelatihan, pengembangan karir, motivasi kerja dan prestasi kerja
Strategi Optimalisasi Aspek Operasional Dalam Bisnis Modern di Era Perkembangan Digital Muaffa, Muhammad Alif; Rohman , Abdur
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26394

Abstract

The objective of this research is to identify and analyze strategies to optimize operational aspects in modern businesses in the era of digital development. The primary objective of this research is to assess the methods by which companies can enhance efficiency, productivity, and competitiveness by integrating operational management approaches and digital technology. The research method employed is a qualitative approach, incorporating literature study techniques to facilitate an in-depth understanding of the dynamics of business operations in the digital era. This method also enables the identification of trends and best practices based on credible academic and industry sources. The novelty of this research lies in the comprehensive approach used to combine classic operational management strategies, such as Just-In-Time and supply chain agility, with modern digital technologies such as the Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), and blockchain. This research establishes an integrative framework that can be adaptively applied in the Indonesian business context by combining the concepts of operational efficiency and digitalization. The results of this study are expected to serve as a strategic reference for businesses in implementing digital innovations effectively and sustainably in their business processes.. Keywords: Operational Management, Digitalization, Just-In-Time, Supply Chain Agility Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi untuk mengoptimalkan aspek operasional dalam bisnis modern di era perkembangan digital. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana Perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing dengan mengintegrasikan pendekatan manajemen operasional dan teknologi digital secara bersamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi literatur memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika operasional bisnis di era digital, serta mengungkap tren dan praktik terbaik berdasarkan sumber-sumber akademis dan industri yang kredibel. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pendekatan komprehensif yang digunakan untuk menggabungkan strategi manajemen operasional klasik, seperti Just-In-Time dan kelincahan rantai pasokan, dengan teknologi digital modern seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain. penelitian ini membangun sebuah kerangka kerja integratif yang dapat diaplikasikan secara adaptif dalam konteks bisnis di Indonesia dengan menggabungkan konsep efisiensi operasional dan digitalisasi, hasil studi ini diharapkan dapat menjadi acuan strategis bagi pelaku bisnis dalam mengimplementasikan inovasi digital secara efektif dan berkelanjutan dalam proses bisnisnya.. Kata Kunci: Manajemen Operasional, Digitalisasi, Just in time, Kemampuan Rantai Pasok
Pengembangan Kompetensi Tenaga Kerja Dalam Pengelolaan Hotel Syariah di Surabaya Soleh , Mohammad; Fatihudin, Didin
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26518

Abstract

In the sharia hotel industry, competent of personnel play a key role in ensuring high-quality services that align with Sharia principles. The personnel competencies of Sharia Hotel including a deep understanding of Islamic values, interpersonal skills, and technical expertise in sharia hospitality, greatly impact guest satisfaction and business sustainability. This article explores the strategic role of personnel competent in supporting sharia hotel operations that comply with Sharia law, enhancing competitiveness in the global market, and building a reputation for trust and professionalism. Interviews were conducted with the management of Syariah Hotels in Surabaya, East Java. These findings provide valuable insights for Sharia Hotel managements and societies in building effective teams to meet the diverse and evolving needs of guests and the potential of the sharia hotel business in optimizing business performance in the sharia hospitality industry. Keywords: Competency; Human Resources Development; Sharia Hotel Industry Dalam industri hotel syariah, tenaga kerja yang kompeten memegang peranan kunci dalam memastikan pelayanan yang berkualitas tinggi sekaligus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Kompetensi tenaga kerja hotel Syriah yang mencakup pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam, kemampuan interpersonal, serta keterampilan teknis di bidang perhotelan syariah, sangat berpengaruh pada kepuasan tamu dan keberlanjutan bisnis. Artikel ini mengeksplorasi peran strategis tenaga kerja kompeten dalam mendukung operasional hotel yang selaras dengan hukum syariah, meningkatkan daya saing di pasar global, serta membangun reputasi kepercayaan dan profesionalisme. Wawancara dilakukan kepada manajemen Hotel Syariah di Surabaya, Jawa Timur. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengelola, industri hotel syariah dalam membangun tim kerja yang efektif untuk memenuhi kebutuhan tamu yang beragam dan terus berkembang serta potensi bisnis hotel syariah untuk mengoptimalkan kinerja bisnis dalam industri perhotelan syariah. Kata Kunci: Kompetensi; Pengembangan Sumber Daya Manusia; Industri Hotel Syariah
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Suryamart Setyawan, Bagus; Mauliddah, Nurullaili; Mulyana, Phonny Aditiawan
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26681

Abstract

Changes in consumer behavior indicate a shift from functional needs to psychological needs. Functional needs are related to the performance or appearance of a product, while psychological needs are associated with the mental aspects of consumers that can be fulfilled during the purchasing process or through product acquisition. This shift is still relevant for some people who remain loyal to traditional markets. This study employs a descriptive research method with a quantitative approach. The objective is to analyze the influence of service quality, promotion, and price on customer satisfaction at Suryamart UMSurabaya. The population of this study comprises all customers of Suryamart UMSurabaya, with the sample determined using the Hair et al. formula, resulting in a sample size of 105 customers. The sampling technique used is purposive sampling. The analysis method applies multiple linear regression using MS Excel 2021 and SPSS version 24. The findings are as follows: (a) Service quality and promotion do not significantly affect customer satisfaction; (b) Price significantly affects customer satisfaction; (c) Service quality, promotion, and price collectively have a significant effect on customer satisfaction at Suryamart UMSurabaya. Keywords: Service Quality, Promotion, Price, Customer Satisfaction Perubahan perilaku konsumen menunjukkan pergeseran dari kebutuhan fungsional menjadi kebutuhan psikologis. Kebutuhan fungsional terkait dengan performa atau penampilan produk, sedangkan kebutuhan psikologis terkait dengan aspek mental konsumen yang dapat dipenuhi selama proses pembelian atau pembelian produk. Pergeseran ini masih berlaku untuk sebagian orang yang tetap setia pada pasar tradisional. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap kepuasan pelanggan Suryamart UMSurabaya. Populasi penelian ini adalah seluruh pelanggan Suryamart UMSurabaya, dan sampel menggunakan sampel dengan perhitungan rumus Hair et al., sehingga diperoleh sampel sejumlah 105 pelanggan. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengujian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan aplikasi MS. Excel 2021 dan SPSS versi 24. Hasil penelitian didapatkan: (a) Kualitas pelayanan dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (b) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (c) Kualitas pelayanan, promosi dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Suryamart UMSurabaya. Kata kunci: Kualitas pelayanan, Promosi dan Harga, Kepuasan Pelanggan
Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Metode 4P untuk Meningkatkan Daya Tarik Brand Windi Shoes Choirunnisa, Ananta; Saputro, Andre Ridho; Putra, Andhika Cahyono
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26223

Abstract

Windi Shoes is a Micro, Small and Medium Enterprise (MSME) which was founded in 2010, known for its leather sandal Products which reached the peak of its glory in the first five years. However, over time, consumer interest in this brand began to decline. This decline was not due to declining Product quality, but rather due to a lack of understanding of what consumers actually want and ineffective marketing strategies. To answer this challenge, an approach was taken using the 4P marketing method - Product, Price, Place and Promotion. In terms of Products, Windi Shoes has begun to re-evaluate the design and quality of the sandals it offers, so that they are more in line with the tastes and needs of the current market. In the Price aspect, a more competitive strategy is implemented to remain attractive amidst the many choices on the market. Then, for distribution, various sales channels are reviewed and optimized so that Products are more easily accessible to consumers. Finally, in terms of Promotion, Windi Shoes designed a new, fresher and more creative strategy to increase brand awareness and attract the attention of potential customers. With these steps, Windi Shoes hopes to win the hearts of consumers again and revive the brand glory they once achieved.  Keywords: Product; Price; Place; Promotion Windi Shoes adalah sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berdiri sejak tahun 2010, dikenal dengan produk sandal kulit yang sempat mencapai puncak kejayaannya dalam lima tahun pertama. Namun, seiring waktu, minat konsumen terhadap brand ini mulai menurun. Penurunan tersebut bukan karena kualitas produk yang menurun, melainkan karena kurangnya pemahaman terhadap apa yang sebenarnya diinginkan konsumen serta strategi pemasaran yang belum efektif. Untuk menjawab tantangan ini, dilakukan pendekatan melalui metode pemasaran 4P - Product, Price, Place, dan Promotion. Dari sisi produk, Windi Shoes mulai mengevaluasi ulang desain dan kualitas sandal yang ditawarkan, agar lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar saat ini. Pada aspek harga, diterapkan strategi yang lebih kompetitif agar tetap menarik di tengah banyaknya pilihan di pasar. Kemudian, untuk distribusi, berbagai saluran penjualan ditinjau ulang dan dioptimalkan agar produk lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Terakhir, dalam hal promosi, Windi Shoes merancang strategi baru yang lebih segar dan kreatif guna meningkatkan kesadaran merek dan menarik perhatian pelanggan potensial. Dengan langkah-langkah tersebut, Windi Shoes berharap bisa kembali merebut hati konsumen dan menghidupkan kembali kejayaan brand yang pernah mereka capai. Kata Kunci: Produk; Harga; Tempat; Promosi
Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Reska Multi Usaha (KAI Services) Palembang Berlian, Rifki Sultan; Fatimah, Fatimah; Candera, Mister
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.26270

Abstract

This study aims to determine the influence of work ability and workload on the performance of employees of PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang. The population in this study is 104 employees of PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang, with a sample of 83 respondents. The data used were primary and secondary data, with questionnaire and documentation data collection methods. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of the hypothesis test prove that there is a significant influence of workability and workload on the performance of employees of PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang, there is a significant influence of workability on the performance of employees of PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang, and there is a significant influence of workload on the performance of employees of PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang. The value of the determination coefficient shows that work ability and workload are able to contribute to the ups and downs of the performance of Palembang Multi-Business Enterprises (KAI SERVICES) employees, by 62.4%. Keywords: Employee Perfomance, Work Ability, Workload Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 104 karyawan PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang, dengan sampel yang digunakan adalah 83 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan metode pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis membuktikan ada pengaruh signifikan kemampuan kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang, ada pengaruh signifikan Kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang, dan ada pengaruh signifikan beban kerja terhadap kinerja karyawan PT Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang. Nilai koefisien determinasi, memperlihatkan bahwa kemampuan kerja dan beban kerja mampu berkonstribusi terhadap naik turunnya kinerja karyawan Reska Multi Usaha (KAI SERVICES) Palembang, sebesar 62,4%. Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Kemampuan Kerja, Beban Kerja
Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Makanan dan Minuman Ainiyah, Nurul Izzatun; Sya’ban, Ma’ruf; Nuraini, Fitri
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 No 1 Maret 2025
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/imp.v5i1.27307

Abstract

Food and beverage sub-sector companies are companies that are resilient to the monetary crisis, because these companies operate in the field of basic needs for the community. This study aims to analyze the effect of sales growth, profitability (ROI), liquidity (CR), and leverage (DER) on the company value (PBV) of food and beverages listed on the IDX for the period 2017-2023. The research method uses quantitative analysis with secondary data obtained from annual reports. The data analysis technique uses multiple linear regression with SPSS16 testing tools. This study shows the results that sales growth has a significant negative effect on company value with a significance value of 0.17 <0.05, profitability measured using ROI has a significant positive effect on company value with a significance value of 0.000 <0.05, liquidity measured using CR has a significant negative effect on company value with a significance value of 0.000 <0.05, and leverage measured using DER does not have a significant effect on company value with a significance value of 0.512 >0.05. Simultaneously, the variables of sales growth, profitability, liquidity, and leverage have a significant influence on company value. Keywords: Sales Growth, Profitability (ROI), Liquidity (CR), Leverage (DER) on Firm Value (PBV) Perusahaan sub sektor makanan dan minuman merupakan perusahaan yang tahan terhadap krisis moneter, dikarenakan perusahaan ini bergerak dibidang kebutuhan pokok bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas (ROI), likuiditas (CR), dan leverage (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV) makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode tahun 2017-2023. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari annual report. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan alat uji SPSS16. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pertumbuhan penjualan  berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,17 < 0,05, profitabilitas yang diukur menggunakan ROI berpengaruh posistif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, likuiditas diukur menggunakan CR berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan leverage yang diukur menggunakan DER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,512 > 0,05. Secara simultan variabel pertumbuhan penjualan, profitabilitas, likuiditas, dan leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Pertumbuhan penjualan, Profitabilitas (ROI), Likuiditas (CR), Leverage (DER) Terhadap Nilai Perusahaan (PBV)

Page 1 of 1 | Total Record : 10