cover
Contact Name
Maya Safhida
Contact Email
mayasafhida@unsyiah.ac.id
Phone
+6281382618184
Journal Mail Official
jimpbsi@fkip.usk.ac.id
Editorial Address
Jalan Tgk. Hasan Krueng Kale, Darussalam, Banda Aceh
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Bahasa dan Sastra
Core Subject : Education, Art,
Indonesian language and literature learning, linguistics, literature, and social and cultural studies
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022" : 8 Documents clear
Kesantunan Berbahasa Mahasiswa-Dosen dalam Tuturan Komunikasi Daring Reni Huta Pea
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.159 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.23852

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan maksim kesantunan berbahasa mahasiswa-dosen dalam tuturan komunikasi daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Data penelitian ini bersumber dari tuturan yang digunakan mahasiswa-dosen Universitas Syiah Kuala, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2018 kelas 01 saat perkuliahan daring berlangsung. Teknik yang dilakukan saat pengumpulan data ialah observasi, rekam, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi data yang sudah ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan, mengklasifikasi data prinsip kesantunan berbahasa, dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan mahasiswa-dosen memenuhi prinsip kesantunan yang diungkapkan oleh Leech (2015), yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan, dan maksim kesimpatisan. Prinsip kesantunan dalam penelitian ini paling banyak terdapat pada tuturan dosen, yaitu 22 data tuturan dosen dan 8 data tuturan mahasiswa.Kata Kunci: kesantunan berbahasa, komunikasi daring, dan tuturan
Analisis Kesalahan Penulisan Bahasa Aceh dalam Lirik Lagu Aceh Fadhlia Hifra; Razali Razali; Subhayni Subhayni
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.749 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.23858

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan vokal dan kesalahan penulisan kata yang terdapat dalam lirik lagu Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kanal Youtube. Data yang digunakan yaitu lirik lagu Aceh yang terdapat kesalahan penulisan vokal dan kesalahan penulisan kata di dalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan mencermati lirik lagu Aceh dan menandai kesalahan yang ditemukan. Untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan, peneliti melakukan pengklasifikasian, pendeskripsian, dan pengevaluasian data kesalahan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa masih terdapat banyak kesalahan penulisan vokal dalam lirik lagu Aceh, umumnya pada pemerian vokal é, ô, ö, èe, eue, dan oe. Kesalahan pada tataran penulisan kata juga masih banyak ditemui, khususnya pada penulisan kata turunan seperti penulisan proklitik yang tidak diserangkaikan dengan kata yang mengikutinya.Kata Kunci: lirik lagu Aceh, penulisan bahasa Aceh, vokal
Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era New Normal pada SMA di Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara Ririn Rahayu; Rani Adersi Pratiwi; Azhari Azhari
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.519 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.23595

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era new normal pada SMA Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Sebagai manfaatnya, penelitian ini dapat memberi kontributif secara teoretis, penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memberikan informasi tentang model-model pembelajaran yang inovatif di era new normal serta secara praktisnya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi role model bagi guru, dan bahan rujukan bagi kalangan pelajar khususnya mahasiswa atau calon guru yang akan melaksanakan proses belajar-mengajar. Untuk memperoleh hasil penelitian, penitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari guru bidang studi bahasa Indonesia yang ada di SMA Tanah Jambo Aye Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Data penelitian ini diperoleh dengan langkah melakukan wawancara langsung dan studi dokumenter. Dari hasil analisis data dan penarikan kesimpulan, model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan guru SMA di Kecamatan Tanah Jambo Aye meliputi (1) JIGSAW, (2) Think, Pair, and Share (TPS), (3) Pengukuran Membaca Cepat, (4) Menulis Karya Ilmiah, (5) Menulis Puisi Berdasarkan Objek, (6) Picture and Picture, (7) Debat, (8) Cerdas Cermat, (9) Problem Based Instruction, (10) Dramatisasi, (11) Inkuiri, (12) Artikulasi, (13) Bermain Peran, (14) Kartu Kalimat, dan (15) Melengkapi Akhir Cerita, (16) membuat kamus, dan (17) SQ3R.Kata Kunci: model, new normal, pembelajaran
Nilai-Nilai Edukatif dalam Ca-é Covid-19 Karya Medya Hus Wulan Rachmawati; Yusri Yusuf; Muhammad Iqbal
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.987 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.23884

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai edukatif dalam teks Ca-é Covid-19 karya Medya Hus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks Ca-é Covid-19 karya Medya Hus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi.  Analisis data dilakukan dengan menentukan nilai edukatif sebagai objek kajian, mengklasifikasi satu per satu bait ca-é yang mengandung nilai edukatif, mendeskripsikan nilai edukatif yang terdapat dalam bait ca-é yang telah diklasifikasikan, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam jenis nilai, yaitu (1) nilai religius, (2) nilai disiplin, (3) nilai gemar membaca, (4) nilai peduli lingkungan, (5) nilai peduli sosial, dan (6) nilai tanggung jawab. Nilai edukatif yang dominan yang terdapat dalam teks Ca-é Covid-19 adalah yang berkaitan dengan nilai disiplin dan religius.Kata kunci: ca-é, Covid-19, nilai edukatif
Sastra Lisan Aceh Ragam Prosa di Kabupaten Aceh Utara Safriandi Safriandi; Rani Ardesi Pratiwi; Syahriandi Syahriandi; Radhiah Radhiah
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.009 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.23604

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini mengkaji sastra lisan Aceh ragam prosa di Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menarik dilakukan karena (1) belum dilakukan inventarisasi ragam sastra lisan Aceh di Kabupaten Aceh Utara; (2) sastra lisan Aceh di ambang kepunahan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan sastra lisan Aceh ragam prosa di Kabupaten Aceh Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Kabupaten Aceh Utara, yaitu Kecamatan Dewantara, Matangkuli, Muara Batu, Nisam, Nisam Antara, Paya Bakong, Samudera, Tanah Jambo Aye, Baktya, Syamtalira Aron, Meurah Mulia, Tanah Pasir, Lhoksukon. Data penelitian ini adalah sastra lisan di Kabupaten Aceh Utara. Sumber data penelitian adalah masyarakat Kabupaten Aceh Utara di Kecamatan Dewantara, Matangkuli, Muara Batu, Nisam, Nisam Antara, Paya Bakong, Samudera, Tanah Jambo Aye, Baktya, Syamtalira Aron, Meurah Mulia, Tanah Pasir, Lhoksukon. Sumber data ditentukan dengan teknik sampling snowball. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian ini ialah sastra lisan Aceh ragam prosa di Aceh Utara hanyalah berupa legenda, yaitu Mon Seuribèe, Raja Bakôy, Paya Terbang, Jeurat Manyang, Trieng Pantang, Abeuek Leungkap, Jugi Tapa, Putroe Neng, 99 Syuhada di Geudong, Rimueng Mancang dan Rimueng Kumbang. Tidak ditemukan mite dan dongeng di Kabupaten Aceh Utara.Kata Kunci: Aceh Utara, prosa, sastra lisan
Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur: Kajian Psikologi Sastra Armiya Armiya
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.675 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.24060

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini mengkaji kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif melalui pendekatan psikologi sastra dan teori tipologi Heymans. Sumber data penelitian ini adalah novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menggambarkan bermacam-macam kepribadian tokoh Murad yang diklasifikasi berdasarkan tiga kualitas kejiwaan tokoh, yaitu golongan emosionalitas, proses pengiring, dan aktivitas. Kepribadian Murad dalam golongan emosionalitas dibedakan atas kepribadian impulsif, gampang marah, suka tertawa, perhatian tidak mendalam, berhati dingin, praktis, jujur, hati-hati mengeluarkan pendapat, memberikan kebebasan kepada orang lain, dan suka tenggang menenggang. Kepribadian Murad dalam golongan proses pengiring dibedakan atas kepribadian tenang, tidak lekas putus asa, konsekuen, teliti, berpikir bebas, bijaksana, suka menolong, haluan politik moderat, hatinya risau, tidak konsekuen, dan haluan politik radikal. Kepribadian Murad dalam golongan aktivitas dibedakan atas kepribadian selalu sibuk, suka gerak, berusaha keras menentang penghalang, mudah berdamai, pandangan luas, lekas putus asa, mudah mengalah, nafsu seksualnya mudah menggelora, semua masalah dipandang berat, dan senang menutup diri.Kata Kunci: kepribadian, novel, tokoh utama
Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat di Kabupaten Aceh Barat Daya Humiratul Fajri; Armia Armia
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.935 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.23841

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai dalam cerita rakyat di Kabupaten Aceh Barat Daya. Sumber data penelitian adalah tiga buah cerita rakyat yang diceritakan kembali oleh narasumber, yaitu Malelang dan Madion, Raja Dumek, dan Tupai Malimdiwa. Data dikumpulkan menggunakan teknik rekam dan teknik catat, serta wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah mengumpulkan data, menandai nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai-nilai dalam cerita rakyat di Kabupaten Aceh Barat Daya mengandung nilai (a) kecintaan pada Tuhan, (b) pertanggungjawaban, kedisiplinan serta kemandirian, (c) kejujuran, (d) hormat serta kesantunan, (e) kasih dan sayang, peduli, serta kerja sama, (f) kepercayaan diri, kreativitas, bekerja keras, serta pantang menyerah, (g) adil serta kepemimpinan, (h) kebaikan hati serta kerendahan hati, dan (i) toleransi dan cinta damai serta persatuan.Kata Kunci: cerita rakyat, Kabupaten Aceh Barat Daya, nilai
Analisis Karakter Tokoh Utama dalam Novel Retak Karya Rini Deviana Annisa Yuliana Cansrini; RN Herman
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 16, No 1 (2022): Jurnal Bahasa dan Sastra, Januari 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.36 KB) | DOI: 10.24815/jbs.v16i1.24061

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter tokoh utama dalam novel Retak karya Rini Deviana. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Retak karya Rini Deviana. Data dalam penelitian berwujud kata, kalimat, dan paragraf yang berupa karakter tokoh utama dalam novel Retak karya Rini Deviana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik kajian pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitaif. Hasil penelitian ini memperoleh beberapa tokoh utama beserta karakternya. Tokoh utama dalam novel ini adalah tokoh Aku, tokoh Bang Yoga, tokoh Nek Beti, dan tokoh Hendra. Tokoh Aku memiliki 15 karakter yang terdiri atas 2 dimensi fisik dan 13 dimensi psikologis. Tokoh Bang Yoga memiliki 5 karakter yang terdiri dari 1 dimensi fisik dan 4 dimensi psikologis. Tokoh Nek Beti memiliki 8 karakter yang terdiri atas 2 dimensi fisik dan 6 dimensi psikologis. Tokoh Hendra memiliki 6 karakter yang terdiri atas 2 dimensi fisik dan 4 dimensi psikologis.Kata kunci: karakter, Retak, Rini Deviana, tokoh utama

Page 1 of 1 | Total Record : 8