cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
KAJIAN MORFOSINTAKSIS TERHADAP KESALAHAN BERBAHASA PADA GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA Biahimo, Juriawati; Paath, Ruth C.; Monoarfa, Susan
KOMPETENSI Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i2.6765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan Kabupaten Minahasa dari sudut pandang kajian morfosintaksis. Penelitian kualitatif ini disusun dengan menggunakan strategi subyektif informatif. Observasi, pencatatan, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data. Lima guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan adalah sumber data dalam penelitian in. Data yang diperoleh dianalasis dengan menggunakan teknik analisis isi yang meliputi tahapan: reduki data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan melakukan kesalahan berbahasa ditinjau dari sudut pandang kajian morfosintaksis. Kesalahan bahasa dalam bidang morfologi yang ditemukan adalah kata tidak baku, kesalahan permintaan kata, dan kata relasional yang salah. Kalimat-kalimat tidak beraturan serta kalimat-kalimat yang terbagi atas predikat mengandung kesalahan sintaksis. Pengguna bahasa, faktor lingkungan, dan faktor pengaruh bahasa daerah merupakan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa Indonesia.
ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI GLOBALLANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG: SEBUAH STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 REMBOKEN Djae, Prischa Jackqualine; Rakian, Sandra; Lensun, Sherly F.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i2.7826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media aplikasi Globallang dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Remboken. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. 20 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Remboken menjadi objek penelitia ini. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai thitung yang diperoleh sebesar 24,798 > 2,109 dan nilai signikansi 0,000 < 0,05 yang artinya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, dan perhitungan lembar respon siswa melalui angket hasil diperoleh sebesar 86,1 yang artinya berada pada kriteria sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari nilai pretest dan posttest dan juga respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Globallang. Maka dari itu, penggunaan media aplikasi Globallang dalam pembelajaran bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Remboken dapat dikatakan efektif.
KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP ISI CERPEN ADA YANG MENANGIS SEPANJANG HARI DAN KARTU POS DARI SURGA KARYA AGUS NOOR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI TINGKAT SMP Pobela, Giska; Pangemanan, Nontje Jultje; Polii, Intama Jemy
KOMPETENSI Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i2.8501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur cerita pendek Ada Yang Menangis Sepanjang Malam dan Kartu Pos Dari Surga karya Agus Noor, serta mengidentifikasi implikasi hasil analisis terhadap pembelajaran sastra di tingkat SMP. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode struktural genetik. Data penelitian berasal dari Ada Yang Menangis Sepanjang Malam dan Kartu Pos Dari Surga karya Agus Noor. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerpen Ada Yang Menangis Sepanjang Malam, Agus Noor mengangkat tema kesedihan dengan latar waktu sepanjang hari dan malam, serta suasana yang didominasi oleh perasaan sedih dan marah. Alur cerita mengikuti pola maju, dan gaya bahasa yang digunakan mencerminkan kekhasan penulis. Sementara itu, dalam cerpen Kartu Pos Dari Surga, Agus Noor mengeksplorasi tema kepercayaan seseorang yang mampu mengubah sesuatu yang tampak tidak mungkin menjadi mungkin. Alur cerita menggunakan pola maju, dan gaya bahasa yang diusung Agus Noor adalah kiasan atau simbol. Hasil analisis ini dapat memberikan gambaran tentang proses pelibatan siswa dalam pembelajaran Sastra, terutama dalam mengkaji dengan mendalam struktur isi karya sastra. Hal ini akan membantu mereka agar dapat meresapi setiap peristiwa yang digambarkan. Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan keterampilan menyimak dan analisis terhadap karya sastra.
ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA Tumanduk, Brigita; Polii, Intama Jemy; Meruntu, Oldie S.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i2.8502

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan bekal dan kunci keberhasilan dalam menjalani proses pendidikan. Oleh karena itu, kemampuan membaca dan kemampuan memahami bacaan menjadi bagian penting dalam penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kemampuan membaca memahami siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Motoling pada bulan September 2023. Sebanyak 178 siswa kelas XI menjadi populasi dalam penelitian ini. Melalui teknik Cluster Random Sampling dipilihlah 60 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara hubungan kemampuan membaca memahami siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa angka korelasinya 0.132>0.05. Hasl ini berarti ada korelasi antara kemampuan membaca memahami meski dalam derajat yang sangat rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan membaca mehamami bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Motoling.
NILAI KEARIFAN DAERAH SENI PERTUNJUKAN DAMES DI JAWA TONDANO DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA Waridin, Aulia Angriani; Al Katuuk, U. M. Kamaja; Polii, Intama Jemy
KOMPETENSI Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i2.8512

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan nilai-nilai kearifan daerah pada seni pertunjukan Dames di Kampun Jawa Tondano dan implikasinya bagi pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh sumber data, pengumpulan data dilakukan dengan mencari buku-buku mana saja yang berkaitan dengan budaya masyarakat Jawa Tondano, mencari sumber referensi tentang seni pertunjukan Dames dan kajian-kajian yang berhubungan dengan tradisi serta mengamati seni pertunjukan Dames secara langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengamatan dan kemudian dari data-data yang telah didapatkan akan dilakukan pengklasifikasian data dan penyajian data. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa nilai-nilai kearifan daerah seni pertunjukan Dames di Jawa Tondano meliputi nilai yang berhubungan dengan Tuhan (religius), rendah hati, persatuan, sopan santun, kejujuran, kerja sama, toleransi, kerukunan, cinta damai, kepedulian dan penguatan. Temuan ini memberikan gambaran bagaimana niladi-nilai yang terkandung dalam seni pertunjukan Dames. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan bahan perkembangan ilmu terutama dalam membentuk karakter siswa
ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT IMPERATIF DALAM BAHASA JERMAN DAN BAHASA MELAYU PAPUA Fatem, Ursula A. Pamelan E.; Sarajar, Denny Royke; Bingku, Soflies M. E.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i2.8522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persamaan dan perbedaan dalam struktur kalimat imperatif antara bahasa Jerman dan bahasa Melayu Papua. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis kontrastif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah studi kepustakaan, dengan fokus pada data primer dari buku-buku yang membahas pembentukan kalimat imperatif dalam kedua bahasa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya persamaan dan perbedaan dalam kalimat imperatif bahasa Jerman dan bahasa Melayu Papua. Salah satu persamaannya adalah penggunaan kalimat imperatif dalam bahasa Jerman untuk du-form, ihr-form dengan ko, kam dalam bahasa Melayu Papua memiliki bentuk yang serupa, di mana pihak yang di sapa tidak disebutkan secara eksplisit. Selain itu, kata kerja pada kalimat imperatif bahasa Jerman dan beberapa kalimat perintah bahasa Melayu Papua ditempatkan pada posisi awal. Namun, perbedaan muncul dalam konjugasi kata kerja dalam kalimat perintah bahasa Jerman, yang dapat disesuaikan dengan subjek, sementara bahasa Melayu Papua tidak memiliki aturan konjugasi serupa. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bagi pembelajar bahasa Jerman dalam membentuk kalimat imperatif, terutama dalam menentukan konjugasi kata kerja. Kendala ini lebih kompleks ketika kata kerja bersifat unregelmäßige Verben (tidak beraturan) atau Trennbare Verben (dapat dipisahkan). Dengan demikian, salah satu kesalahan yang mungkin terjadi pada pembelajar bahasa Jerman adalah kesulitan menentukan konjugasi pada kata kerja dalam pembentukan kalimat imperatif.
ALIH KODE DALAM PERCAKAPAN ANTAR TOKOH PADA FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK: SEBUAH KAJIAN SOSIOLINGUISTIK Kolompoy, Jonatan I.; Meruntu, Oldie S.; Wengkang, Thelma I. M.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i2.8553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis, bentuk dan makna alih kode, dalam percakapan antartokoh pada film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Penelitian deskriptif kualitatif ini disusun dengan menggunakan dua sumber data: primer dan sekunder. Sumber data primer adalah film Tenggelamnya Kapan Van Der Wijck yang disutradarai oleh Sunil Soraya. Sumber data sekunder adalah berbagai literatur terkait seperti buku, hasil riset dan artikel pada berbagi jurnal ilmiah. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan pencatatan (note-taking). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi yang terdiri dari tahap: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis alih kode dalam percakapan antartokoh dalam film: interen dan eksteren. Bentuk alih kode yang ditemui adalah: alih kode tag, alih kode antar kalimat, dan alih kode dalam kalimat. Dalam percakapan antar tokoh, alih kode memiliki makna yang beragam tergantung pada situasi di mana alih kode tersebut digunakan. Karena film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck memiliki latar belakang tempat, waktu dan sosial yang sangat kaya maka penggunaan alih kode dalam percakapan antar tokoh adalah sebuah konsekuensi logis.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 2 (2025): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 6 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 5 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 4 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue