cover
Contact Name
Ahmad Fauzi
Contact Email
jurnalalhidmah@gmail.com
Phone
+6282234175064
Journal Mail Official
ahmadfauzi.12081989@gmail.com
Editorial Address
Kampus 1 Universitas Islam Jember Jl. Kyai Mojo No. 101, Kab. Jember, Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 28086996     EISSN : 28087011     DOI : https://doi.org/10.56013/jak
Al-Khidmah Community Service Journal published by the Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember is a means of publishing articles resulting from community service from various disciplines and academics both nationally and internationally. The Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember publishes this journal starting in October 2021, periodically every six months (twice a year), namely in May and October.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI" : 6 Documents clear
Pendampingan Belajar dari Rumah di Dusun Darungan Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Agus Zainudin
Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI
Publisher : Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.909 KB) | DOI: 10.56013/jak.v2i1.1400

Abstract

Program pendampingan belajar dari rumah menjadi salah program yang manfaatnya sangatlah bisa dirasakan secara langsung. Program ini dilakukan di Dusun Darungan Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Meski demikian, terkadang ada beberapa siswa yang berasal dari luar dusun bergabung dalam program ini karena secara kebetulan adalah kerabat dari teman-temannya. Program ini dilaksanakan di rumah peneliti setiap dua kali dalam seminggu pada malam selasa dan jum’at, terkadang juga dirumah-rumah siswa. Dalam kegiatan ini biasanya anak-anak lebih suka menyodorkan tugas yang diberikan oleh gurunya untuk meminta keterangan yang lebih jelas, jarang sekali yang sebelumnya telah menyiapkan bahan sendiri. Untuk memberikan pemahaman yang lebih kepada anak-anak, peneliti biasanya membuatkan soal tambahan untuk dikerjakan oleh anak-anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengabdian ini terlaksananya Program pendampingan belajar dari rumah dengan baik dan benar. Hambatan dalam melaksanakan program diantaranya yaitu tidak stabilnya peserta yang hadir, pernah suatu waktu yang hadir hanya satu anak, sehingga membuat dia kurang semangat karena tidak ada temannya. Hambatan lainnya juga kurangnya kondusifitas kegiatan yang disebabkan oleh anak-anak yang suka bergurau dan kurang serius dalam belajar. Namun untuk menghadapi hambatan tersebut, peneliti memiliki solusi yaitu dengan memberikan soal melalui whatsapp agar anak-anak tetap bisa mengerjakan tugas di handphone, dan memberikan ice breaking di sela-sela kegiatan belajar dan hadiah untuk aktif
Pembinaa Program Karantina Quran Dalam Mewujudkan Target Hafalan Al-Quran Santri Ibnu Katsir 2 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Fitriyatul Hanifiyah; Saman Hudi; Linda Maisyaroh Munfazah
Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI
Publisher : Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.729 KB) | DOI: 10.56013/jak.v2i1.1401

Abstract

Ibnu Katsir merupakan salah satu lembaga pendidikan yang lebih memprioritaskan santri-santrinya untuk menghafal Al-Qur’an. Pada lembaga Ibnu Katsir ini terdapat suatu program yang disebut dengan Karantina Qur’an. Program karantina Qur’an ini dalam rangka mewujudkan cita-cita Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 untuk menjadikan santri kelas akhir bisa mencapi target yang diharapkan. Adapun masalah mitra adalah program Karantina Qur’an ini masih belum cukup mampu mewujudkan cita-cita tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mewujudkan target hafalan santri Pondok Pesantren Ibnu Katsir sesuai dengan yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil pengabdian ini adalah terlaksananya program Karantina Qur’an secara maksimal dan kondusif serta santri Ibnu Katsir mampu mewujudkan target hafalan Al-Qur’an sesuai dengan ketentuan lembaga. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam program ini adalah factor internal dari dalam diri setiap santri yakni kurangnya antusiame dalam menghafal, rasa malas santri dan kurangnya waktu istirahat santri sehingga mengakibatkan kurangnya mitivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an
Pelatihan Bertanam Hidroponik dan Organik Untuk Pertanian Masa Depan Kepada Santri dan Siswa SMK Pondok Pesantren Shofa Marwa Arjasa Jember Endang Sri Wahyuni; Ari Septianingtyas Purwandhini
Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI
Publisher : Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.681 KB) | DOI: 10.56013/jak.v2i1.1402

Abstract

The use of the yard is still not done well. One way to use the yard is with hydroponics. Moreover, hydroponics does not require large costs. Hydroponic materials can be made by utilizing used goods. Hydroponics is very suitable for students and students of the Shofa Marwa Islamic Boarding School in Jember Regency who can take advantage of the yard around the Islamic boarding school. The method used in this training is Student Central Learning (SCL), with a combination of lectures, discussions and hands-on practice. The results of this service activity were successful as shown by the ability of participants to make hydroponic and organic plants using locally available materials. The follow-up to the results of this activity is to carry out hydroponic planting by the Santri and Students of the Shofa Marwa Islamic Boarding School. In addition, the installation of Nutrient Film Technique (NFT), mini shelves of the Deep Flow Technique (DFT) system and aquaponics for hydroponic vegetable cultivation for 518 plants was also made. At the same time planting pre-organic onions in polybags.
Pemberdayaan Anggota Karang Taruna melalui Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik di Desa Sukoreno Anis Rofi Hidayah; Eva Nurpadilah
Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI
Publisher : Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.335 KB) | DOI: 10.56013/jak.v2i1.1403

Abstract

Sampah plastik menjadi masalah dunia dan merupakan penyumbang kerusakan bumi yang paling utama. Kesadaran tentang pentingnya melakukan daur ulang serta upaya mengurangi penggunaan plastic telah gencar digalakkan oleh pemerintah dewasa ini. Akan tetapi pada ruang lingkup yang paling bawah yakni masyarakat desa, sosialisasi tersebut masih minim sekali. Pengabdian ini dilakukan bertujuan meningkatkan kesadaran warga Desa Sukoreno yang dalam hal ini anggota karang taruna untuk mengolah sampah plastic alih-alih hanya mengotori lingkungan. Penulis menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan. Sasaran kegiatan ini adalah anggota Karang Taruna Desa Sukoreno. Tujuan dari pengbdian ini adalah pemuda desa yang tergabung dalam karang taruna memiliki pengetahuan tentang dampak sampah plastic yang tidak diolah serta memperoleh pengetahuan tentang peluang usaha yang dapat tercipta dari pemanfaatan sampah plastic.
Pelatihan Pemanfaatan Bahan Limbah Dapur Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Kepada Ibu-Ibu Dusun Krajan Barat di Desa Candijati Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Mawardi .; Silvia Fitri Mei Arini
Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI
Publisher : Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.834 KB) | DOI: 10.56013/jak.v2i1.1404

Abstract

Desa Candijati merupakan salah satu wilayah desa yang penting untuk dikembangkan dikarenakan sumber daya alam di wilayah ini relatif sedikit dan masih belum termanfaatkan dengan baik. Adapun upaya pengembangan potensi desa dapat dilakukan dengan memaksimalkan potensi yang ada di lingkungan sekitar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pemanfaatan limbah rumah tangga, dimana salah satunya dapat berasal dari limbah sayuran dapur. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan diskusi. Harapannya pengembangan pengelolaan limbah dapur ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk meminimalkan limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga untuk dijadikan tanaman baru sehingga keberadaannya dapat mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan pendapatan keluarga.
Peningkatan Kualitas Mahasiswa Pendidikan Matematika Melalui Pelatihan Pemanfaatan Mobile dalam Pembelajaran Matematika A.Mujib MT
Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI
Publisher : Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.705 KB) | DOI: 10.56013/jak.v2i1.1423

Abstract

Learning is a interaction processes between students, teachers, and materials in the learning environment. Learning in the past gave the impression of being boring because it was done manually. today, Learning requires a touch of technology to provide concrete visualization and also encourage students to be more enthusiastic in learning. The touch of technology provides the difference between past learning and today's learning. A teacher needs a technology that can support the implementation of learning, one of which is the use of mobile applications in learning mathematics. To improve the quality of students in learning mathematics, the Mathematics Education Study Program conducts student self-development efforts through mobile training. Students participate in training activities well, and they are able to operate mobile applications that can help learning. This training is very important to improve the soft skills and hard skills of students. Mathematics Education Study Program, Jember Islamic University conduct self-development training activities in collaboration with Center for the Development and Empowerment of Mathematics Educators and Education Personnel (P4TK-M).

Page 1 of 1 | Total Record : 6