cover
Contact Name
Nurliana
Contact Email
nurliana@diniyah.ac.id
Phone
+6285271315660
Journal Mail Official
kreatifitas@diniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kuau No.001/ Jl. KH. Ahmad Dahlan No.100, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28121
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 24609870     EISSN : 28071883     DOI : 10.46781
Core Subject : Religion, Education,
Kreatifitas jurnal ilmiah Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setiap tahun. Kajian dalam jurnal ini ialah kajian ilmiah hal-hal yang berkaitan tentang pendidikan islam, hasil penelitian seputar pendidikan islam, pengabdian pendidikan islam; seperti pengetahuan ilmiah seputar keislaman, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan islam baik ilmiah maupun hasil penelitian ataupun pengabdian. Tulisan dalam jurnal ini terbuka untuk akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkaitan tentang pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
PERAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Nurliana, Nurliana; Ulya, Miftah; Sukiyat, Sukiyat; Nurhasanah, Nurhasanah
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 11 No 1 (2022): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v11i1.403

Abstract

Keluarga berperan penting terhadap pendidikan anak, membimbing dengan kasih sayang, menjalin keharmonisan keluarga. Keluarga berperan penting dalam prosesing pendidikan, suatu keharusan yang tidak bisa dihindarkan, keluarga berperan penting sebagai lingkungan awal. Sebagai upaya menunjukkan eksistensi keluarga yang peduli terhadap tujuan pendidikan. Fakta dan realitas menunjukkan peran keluarga belum menampilkan usaha maksimal sebagai lembaga pendidikan utama. Tulisan ini bertujuan guna memperoleh esensi dasar tentang peran keluarga terhadap pendidikan anak, dengan harapan bisa memberikan perspektif baru dalam mempresepsikan peran keluarga pada pendidikan anak perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian deskrifif kwalitatif dengan tekhnik trianggulasi melalui display data, pensajian data, dan penarikan kesimpulan dan dianalisis melalui konten analisis (conten alayisis). Sebagai conclusi, bahwa peran keluarga dalam pendidikan anak perspektif hukum Islam yaiu keluarga berperan aktif dalam menanamkan pendidikan aqidah terhadap anaknya, mendidik anak-anak agar berbakti kepada kedua orang tua, mengajarkan anak agar muncul kesadaran terhadap adanya pengawasan dari Allah swt. terhadap proses kehidupan umat manusia, dan mendidik anak-anak agar menjaga diri dan keluarganya sehingga terhindar dari azab dunia dan azab akhirat, mengajarkan anak melaksanakan sholat dan berbuat kebaikan dan menjauhkan diri dari kemungkaran, serta melatih anak agar tidak berlaku sombong dalam proses kehidupan.
MANAJEMEN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK STUDI LITERATUR HADIST SHAHIH Siregar, Balo; Siregar, Syahruddin
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 11 No 1 (2022): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v11i1.521

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hadist Nabi Muhammad saw. yang berkaitan dengan reward dan punishment sebagai dasar-dasar pendidikan dalam hadist. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis hadist-hadist yang berkaitan dengan reward dan punishment. Hadist-hadist nabi menjadi data primer dan buku yang berkaitan dengan judul menjadi data skunder.Hasil yang didapat adalah Rasulullah saw. sering memberikan hadiah dan menjanjikan ujrah bagi sahabat yang melaksanakan ajaran agama dengan baik dan benar. Sebaliknya beliau juga sering menyampaikan hukuman bagi sahabat yang melanggar syariat Nabi Allah swt. Namun hukuman yang diberikan kepada anak-anak tidak boleh sampai menyakiti.
POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA NEW NORMAL DI SMP IT AL-IKHLAS PEKANBARU Trimono, Trimono; Syukri, Syukri; Yuliza, Eva
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 11 No 1 (2022): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v11i1.522

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pola pembelajaran pendidikan agama islam era new normal di SMP Al-Ikhlas Pekanbaru, secara teori ada berbagai macam pola yang dapat diterapkan di sekolah terutama pada era new normal diantaranya pola pembelajaran daring, balanded learning,door to door, luring, Shift, distance learning dan lainnya, yang semuanya itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penelitian ini termasuk kedalam peenelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan fakta dan data secara benar dengan mengikuti kaidah penelitian yang sesuai. Dari hasil penelitian yang telah disajikan terkait pola pembelajaran pendidikan agama islam era new normal di SMP Al-Ikhlas Pekanbaru menerapka tiga pola. Pertama menerpakan pola daring yakni dengan memakai platform Google Meet, Classroom dan WA Grup. Kedua dengan pola luring yakni pola pembelajaran tugas dengan teknik siswa atau orang tua yang mewakili menjemput LKS ke sekolah untuk diselesaikan selama satu minggu begitu seterusnya dan yang Ketiga Home Visit pola ini guru mendatangi siswa atau sebaliknya untuk memberikan pengajaran dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Semua pola yang diterakan memiliki faktor pendukung dan penghambat yang semua itu bisa diatasi oleh sekolah sehingga pembelajaran tetap berjalan dengan lancar.
PENDIDIKAN ISLAM DAN TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PENGUATAN KEAGAMAAN Kusdani, Kusdani
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 11 No 1 (2022): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v11i1.532

Abstract

Kemajuan teknologi informasi, transportasi dan tourism yang menjadi arus deras seakan menantang “arus dalam” (nilai agama, adat budaya lokal) yang ditransformasikan pada pendidikan selama ini. Kebenaran nilai Islam, keimanan yang dianut seakan menantang pendidikan Islam dan cenderung tergoyahkan. Nilai agama dianggap budaya tanpa arti, adat bisa menjadi adopsi kolot, budaya bisa tercerabut dari akarnya yang semula menjadi identitas bangsa. Maka pendidikan Islam menjadi suatu tantangan tersendiri khususnya bagi umat Islam dalam mengajarkan dan memahami nilai-nilai pendidikan untuk diimplemantasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengkaji lebih jauh bagaimana konsep pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan kehidupan yang selalu berubah seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan zaman, tawaran pembahasan yaitu pendidikan Islam dan Teori Konstruktivisma dalam penguatan keagamaan. Temuan penelitian bahwa pendidikan Islam sebagai dasar ilmu pengetahuan Islam yang menggiring kehidupan umat Islam ke arah pemahaman dan implementasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan. Teori konstruktivisme bagian dari upaya pembentukan personality dalam mempola struktur tatanan kehidupan umat Islam sejalan dengan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan bermasyarakat. Dua hal ini merupakan sesuatu yang saling menguatkan dan tidak terpisahkan. Jika pendidikan Islam sekedar pemahaman saja tanpa penguatan personality dalam mengimplemantasikan nilai Islam maka kehidupan umat Islam bebas dari nilai Islam. Namun harus di seiring sejalankan sehingga kehidupan umat Islam saling menguatkan.
PENDIDIKAN MULTUKULTURAL BERDASARKAN AL-QURAN DAN AL-HADIST DI PESANTREN Muzayin Shofwan, Arif; Farantika, Dessy
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 11 No 1 (2022): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v11i1.533

Abstract

Pesantren merupakan lembaga yang dinilai mampu membawa peserta didik menjadi insan yang berkarakter multikultural berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadist. Penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan ini akan mengulas hal tersebut. Analisis datanya adalah content analisis dengan memilah-milah data yang sesuai. Pertama, pendidikan multikultural dalam konteks pesantren dapat diartikan sebagai bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian yang multikultural menurut ukuran-ukuran Islam, yaitu Al-Quran dan Al-Hadist. Kedua, pendidikan multikultural dalam konteks pesantren berupa nilai mengembangkan kemampuan saling mengenal, menerima, menghargai, dan merayakan keragaman kultural, signifikan dengan Al-Quran berikut: QS. Al-Baqarah: 256, QS. Al-Kafirun: 6, QS. Yunus: 99, QS. Al-Syura: 15, dan lainnya. Ketiga, pendidikan multikultural dalam konteks pesantren berupa nilai pengajaran & pembelajaran yang diarahkan pada nilai demokratis, signifikan dengan Al-Quran berikut: QS. Ali Imran: 159, QS. Al-Syura: 38, dan lainnya. Keempat, pendidikan multikultural dalam konteks pesantren berupa nilai pembelajaran yang bebas dari rasisme, seksisme, bentuk dominasi sosial, bentuk intoleran lainnya; pendidikan yang melibatkan lebih satu budaya yang meliputi bahasa, etnis, dan ras; serta pendidikan yang diaplikasikan pada semua mata pelajaran dengan menggunakan perbedaan kultur, meliputi perbedaan agama, etnis, bahasa, gender, kelas sosial, kemampuan, dan usia, signifikan dengan Al-Quran berikut: QS. Al-Hujurat: 13, QS. Al-Rum: 22, QS. Al-Kafirun: 6, dan lainnya.
KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM MASA REFORMASI Marzuenda, Marzuenda; Usman, Usman
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 11 No 1 (2022): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v11i1.535

Abstract

Perkembangan lembaga pendidikan Islam di masa reformasi masih mengalami kelemahan di antaranya kelemahan sumber daya manusia, lembaga pendidikan Islam belum mampu mewujudkan cita-cita idealnya dan masih kurangnya minat masyarakat dengan pendidikan Islam, di era reformasi pendidikan agama berhenti pada simbol tanpa tahu menjalankan aturan dan perintah agama. Dalam kebijakan pendidikan Islam ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya faktor agama, faktor ideologi negara, faktor perkembangan masyarakat, faktor perkembangan ilmu pengetahuan. Dari faktor tersebut lembaga pendidikan Islam perlu perhatian untuk meningkatkan kebijakan dalam kemajuan dunia pendidikan Islam. Hal ini terlihat dari perkembangan dunia pendidikan Islam di masa reformasi masih banyak kekurangan diantaranya suri tauladan yang tidak memberikan contoh yang baik kepada pendidik, mata pelajaran pendidikan Islam tidak mata pelajaran wajid padahal kita tau untuk menjalani ibadah dan akhlak sehari-hari dari pelajaran agama, pemerintah setengah-setengah dalam memberikan kebijakan pendidikan Islam, perlunya pembinaan untuk guru pendidikan Islam dalam menyatukan visi dan misi pendidikan Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6