cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017" : 5 Documents clear
PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SINGINGI Desi Perwanti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di Kec. Pucuk Rantau Kab. Kuantan SingingiAnalisis kuantitatif melalui uji regresi linier sederhana yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel bebas kelompok kerja guru terhadap variabel terikat kompetensi pedagogik guru. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu kelompok kerja guru (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa koefisien regresi bertanda positif. Dari model regresi tersebut dapat dijelaskan bahwa Variabel (X) yaitu Kelompok kerja guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru (Y) dengan nilai regresi 1,385 dan nilai t hitung sebesar 24,948 lebih besar dar t tabel sebesar 2,021 dengan tingkat signifikansi 0,000. artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kelompok kerja guru terhadap kompetensi pedagogik guru. Saran kepada guru diharapkan ikut berperan aktif mengikuti setiap kegiatan kelompok kerja guru sebagai wadah atau tempat berbagi ilmu dan ide gagasan terkait dengan kegiatan pembelajaran disekolah sebagai salah satu solusi dan pemecahan masalah yang dihadapi disekolah.
KINERJA GURU TK YANG SUDAH SERTIFIKASI DI KECAMATAN SUKAJADI Dwi Lestari Ningsih
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Semua guru yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 30 orang. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil analisis data yang telah dibahas pada bab terdahulu tentang kinerja guru TK yang tersertifikasi dapat disimpulkan bahwa Kinerja guru pada unsur kualifikasi dan tugas guru berada pada kategori sedang yaitu 70.9 %, Kinerja guru pada unsur pengembangan profesi guru sudah berada pada kategori sedang, yaitu 67% dan Kinerja guru TK tersertifikasi pada unsur pendukung profesi guru sudah berada pada kategori tinggi pada indikator menjadi pengurus organisasi kependidikan/sosial yaitu 74.2 %.
PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS AUD PAUD PERMATA RUMBAI Eldawanti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motorik halus anak di PAUD Permata Rumbai. Untuk itu, diperlukan suatu tindakan yang kongkret agar dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan motorik halus anak, yaitu dengan kegiatan bermain pasir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain pasir pada anak usia dini di PAUD Permata Rumbai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak lokal B PAUD Permata Rumbai yang berberjumlah sebanyak 18 orang anak dengan rincian 9 orang lakilaki dan 9 orang perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemberian kegiatan bermain pasir terhadap motorik halus anak usia dini di PAUD Permata Rumbai. Hal ini dapat diketahui dari terjadi peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini dari data awal hingga ke siklus III. Pada Data awal diperoleh persentase 38,4%, pada siklus I diperoleh persentase 52,8%, pada siklus II diperoleh persentase 69,4% dan pada siklus III diperoleh persentase 81,2%.
PENERAPAN BERMAIN ACAK GEOMETRI SENTRA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN Elmiwati
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru dapat menerapkan dan meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di TK.Aisyiyah II Pekanbaru. Bentuk teknik pengumpulan data berupa observasi pengamatan dilakukan pada pelaksanaan tindakan berlangsung, guru mengamati kemampuan anak tentang konsep bentuk geometri, pengertian bentuk-bentuk geometri dan mengelompokkan bentuk geometri serta studi dokumentasi, teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan penerapan bermain acak geometri guna meningkatkan minat anak dalam belajar pada usia 5-6 tahun terhadap sentra matematika di TK. Aisyiyah II Pekanbaru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, pada siklus pertama diketahui bahwa tingkat minat belajar anak telah memcapai 39% dengan klasifikasi “belum berkembang” dan 52.8% “mulai berkembang”, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 58.5% dengan klasifikasi “berkembang sesuai harapan” dan 82.8% “berkembang sangat baik”. Dari data ini menunjukan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan bermain acak geometri di sentra matematika untuk meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di Tk.Aisyiyah II Pekanbaru” dapat diterima oleh anak, artinya apabila diterapkan bermain acak geometri sentra matematika dalam proses pembelajaran anak secara benar akan dapat meningkatkan minat belajar anak.
PELAKSANAAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN DI PAUD NURHIDAYAH KABUPATEN KAMPAR Khodijah
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengenalkan konsep bilangan dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode field trip dalam pembelajaran di PAUD Nurhidayah Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data utama adalah peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah : (1) mereduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD Nurhidayah dan objek penelitian adalah Pelaksanaan metode field trip dalam pemabelajaran guna meningkatkan konsep bilangan pada anak. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 21 orang anak. Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode field trip dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan, dari 21 anak yang diobservasi 11,57% “Berkembang Sangat Baik” (BSB), 58,5% “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH) dan Mulai Berkembang (MB) 29,93%. Namun pihak lembaga masih belum mengerti pentingnya kegiatan ini dalam pembangan anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5