cover
Contact Name
Achmad Fawaid
Contact Email
jurnal.trilogi@gmail.com
Phone
+6282318007953
Journal Mail Official
jurnal.trilogi@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur 67291
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
ISSN : 27744574     EISSN : 27744582     DOI : 10.33650/trilogi
The focus of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is a peer-reviewed journal, open-access journal is to provide readers the original articles on various issues within technology, health, and social humanities. The scope of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is relating to but are not limited to new-renewable energy, food-agriculture, health-pharmacy, transportation, information-communication technology, advanced-materials, maritime-infrastructre, social-arts-education, and religious studies based on academic and scientific research. This journal seeks to publish a balanced mix of theoretical or empirical articles, case studies, review papers, comparative studies, exploratory papers, and book reviews.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19" : 14 Documents clear
Pengaruh Metode Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun'im Paiton Probolinggo Listrianti, Feriska; Munawwaroh, Lailatul; Arifa, Sayyidatul; Aisyah, Siti
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.717 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2204

Abstract

Pembelajaran   daring   menjadi   pembelajaran   alternatif   ditengah   Pandemi   pada anak Sekolah  Dasar  untuk mata pelajaran  IPS. Situasi ini membuat sebagian siswa   merasa jenuh dikarenakan metode pembelajarannya monoton melalui  metode ceramah  dan beban tugas. Gurudituntut untuk dapat menguasai berbagaimacam platformpembelajaranyangtelah disediakandengan kapasitas untuk meningkatkan motivasi belajar dari siswa. Penelitian ini bertujuan mengkoneksikan pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas VI MI Nurul Mun'im. Metode yang digunakan adalah teknik analisis dataset pre eksperimen dengan menggunakan desain intact grup comperision. Data diambil pada kelas VI berjumlah 28 peserta didik dibagi 2 kelas yaitu kelas VI B dan VI C masing-masing  berjumlah 14 peserta didik sebagai kelas kelompok kontrol dan eksperimen, dengan nilai Mean (nilai rata - rata) untuk klompok eksperimen dengan Mean (nilai rata - rata) 89.63 serta untuk kelompok kontrol 80.78, difference 8.85. Analisis dari  Mann Whitney menghasilkan nilai dari p-valuue 0,00<0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran daring pada hasil dari proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kasimpulannya, ada perbedaan signifikan antara proses pembelajaran daring Google classroom dengan teknik pembelajara secara konvensional. Hasil penelitian ini memberikan manfaat serta masukan bagi guru MI Nurul Mun'in untuk mengimplemintasikan model pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dimana kususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Analisis Pengembangan Potensi Ekonomi Keluarga melalui Unit Usaha Kapuk Fahrudin, Fahrudin; Sa'diyah, Iis; Gunawan, Rizaldi Chandra
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.289 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis salah satu potensi bisnis Desa Sumurdalam Kecamatan Besuk, yakni industri rumahan melalui Unit Usaha Kapuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui teknik wawancara dan observasi untuk memperoleh gambaran perkembangan Unit Usaha Kapuk tersebut. Usaha Kapuk merupakan industri rumahan yang menghasilkan produk berskala kecil namun berpotensi meningkatkan ekonomi keluarga. Peningkatan ekonomi keluarga dapat dicapai jika mereka memiliki pemahaman dan keterampilan tertentu dalam mengelola usaha tersebut, sehingga mereka bisa benar-benar menjadi pengusaha mikro. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) meningkatnya kesadaran masyarakat akan kerukunan dan penanaman kerjasama; b) penghasilan separuh dari biaya produksi; c) produk berbagai motif, jenis, ukuran dan berdaya saing; d) strategi pemasaran offline dan online; dan e) harga produk yang terjangkau. Usaha Kapuk ini dapat berkembang pesat dengan mengutamakan kualitas dan kepercayaan dalam usahanya.
Implementasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Multikultural pada Masa Pandemi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo Abdullah, Abdullah; Yusrolana, Yusrolana; Laily, Nur
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.756 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2753

Abstract

Artikel ini berusaha menganalisis implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural pada masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Untuk mengungkap data dan informasi mengenai implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural itu, penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif. Melalui paradigma ini, ditemukan implementasi pembelajaran akhlak di MTs Nurul Jadid ialah melalui perbuatan dan uswatun hasanah. Artinya, seorang guru tidak hanya memberikan materi dalam mengajar tapi juga contoh dan teladan yang baik. Selain itu, seorang guru juga melatih siswa dengan cara memberikan tantangan pada peserta didiknya yang berupa praktik terkait materi akhlak. Adapun tantangan yang dimaksud ialah misalnya pada Bab Ghibah, maka peserta didik diminta untuk tidak ghibah selama satu minggu. Meskipun masih banyak yang tidak bisa menahan diri untuk ghibah setidaknya para peserta didik ada dorongan untuk tidak/mengurangi ghibah dalam waktu satu minggu.
Penguatan Ekonomi Pesantren melalui Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pesisir: Pelajaran dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Febrianto, Achmad; Habibullah, Muhammad; Ilhamsyah, Aksal
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.867 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2554

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi Pondok Pesantren Nurul Jadid melalui pemberdayaan masyarakat Muslim pesisir melalui produk hasil olahan laut. Melalui pendekatan fenomenologi sebagai metode penelitian, penelitian ini berusaha mengetahui strategi dan metode pendekatan religus pondok pesantren dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Muslim pesisir. Hasil penelitian memperlihatkan (1) Dalam merumuskan pola pemberdayaan masyarakat pesisir, Pesantren Nurul Jadid berprinsip pada dua pendekatan, yakni pendekatan sosial melalui peningkatan kemampuan masyarakat agar mandiri secara ekonomi dan pendekatan ekonomis melalui penciptaan peluang pengambangan ekonomi bagi masyarakat, dan (2) Pondok Pesantren Nurul Jadid telah memfokuskan pemberdayaan ekonomi pesisir melalui beberapa tahapan, misalnya tatanan struktur sosial, pemerataan ekonomi, edukasi nilai-nilai kemandirian ekonomi, partisipasi masyarakat, dan keterlibatan masyarakat pada pembangunan daerah.
Rancangan Pengelolaan Nirsampah Mandiri Skala Lembaga Pendidikan Tirmidi, Tirmidi; Nuriyah, Eril Sinta; Rofi’ah, Rofi’ah
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.778 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2731

Abstract

Madrasah Aliyah Nurul Jadid, sebagaimana sekolah menengah lainnya di Pesantren Nurul Jadid, mempraktikkan paradigma lama pengelolaan limbah padat dalam semua fase-nya, yaitu: mengumpulkan, mengangkut, membuang atau membuang sampah di tempat pembuangan sampah yang tersedia. TPA, sebenarnya, menghadapi limpahan. Desain yang cocok untuk manajemen limbah nol otonom perlu untuk diatasi. Melalui penelitian dan pengembangan (R & D) desain, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan praktik pengelolaan limbah yang ada, dan mengusulkan desain yang sesuai untuk implementasi maagement limbah nol otonom di MA Nurul Jadid. Sebagai hasil penelitian, proposal tersebut mencakup desain yang sesuai mengenai institusi, operasi, partisipasi, peraturan, dan pendanaan.
Inklusivitas dan Responsivitas Pesantren dalam Penanganan Pandemi Covid 19: Telaah Hidden Curriculum Pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Jadid BZ, Zakiyah; Hasnah, Uswatun; Rahmah, Nafistur
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.945 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2213

Abstract

Tulisan ini menjelaskan inklusivitas dan responsivitas Pesantren Nurul Jadid dalam penanganan Pandemi Covid-19 melalui penerapan hidden curriculum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologis. Data  primer dalam riset ini adalah pelaksanaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam menangani Pandemi Covid-19 di Pesantren Nurul Jadid selama Pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Nurul Jadid telah melaksanakan serangkaian nilai, perspektif, dan fungsi tak terlihatnya (hidden curriculum) dalam proses pembelajaran formal dan nonformal, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dibentuknya Satuan Tugas Covid-19 yang secara khusus bertugas menyusun metode dan strategi penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Pesantren Nurul Jadid. Selain itu, pesantren ini juga membangun kerjasama dengan beberapa elemen pemerintah, baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, untuk mendukung terbentuknya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan di berbagai aspek kehidupan pesantren. Hal ini menjukkan bahwa Pesantren Nurul Jadid mampu bersikap terbuka (inklusif) dan tanggap (responsif) dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Implementasi Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) melalui Home Visit Tohet, Moch; Abdillah, Moh. Bagus; Al Rizki, Adam Hakim
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.43 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran daring melalui kunjungan rumah (home visit), yang diharapkan juga dapat membangun hubungan yang baik antara pihak sekolah, orang tua, dan peserta didik yang bersangkutan. Tujuan dari home visit ini adalah untuk memahami lebih dalam lingkungan peserta didik sehari-hari di rumah, dan mendiskusikan masalah mereka dengan orang tuanya. Penelitian ini dilakukan di Madarasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im, lembaga pendidikan formal tingkat dasar berciri khas agama (setingkat SD). Lokasi ini dipilih karena memiliki daya tarik tersendiri, di antaranya karena madarasah ini berada di lokasi pondok pesantren dan di bawah naungan Yayasan Nurul Jadid Paiton Probolinggo, di mana peserta didiknya ada yang mukim/tinggal di pesantren, dan ada yang tinggal di rumah bersama dengan kelurganya, yang menimbulkan problemnya tersendiri dalam melakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, datanya diperoleh berdasarkan observasi dan keikutsertaan peneliti, kemudian dioleh dengan dilakukan deskripsi atas data yang sudah diperoleh, selanjutnya dianalisis untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru MI Nurul Mun’im mengalami sedikit kesusahan dalam melakukan evaluasi pembelajaran, kesulitan menilai indikator pencapaian peserta didik, kesulitan memberikan contoh dari nilai-nilai kejujuran, dan juga kurangnya dan beberapa faktor kesibukan kerja dari orang tua yang membuat tidak mampu mendampingi anaknya, juga kurangnya pengetahuan orangtua dalam menggunakan aplikasi pembelajaran. Dengan adanya kunjungan rumah atau home visit pendidik dapat memberikan solusi dan dapat membangun hubungan yang baik dengan orang tua dengan tujuan agar proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan maksimal.
Prevensi Perilaku Konsumtif Persepektif Abraham Maslow dan Tri Logi Santri Suib, Muhammad Syaiful; Rizkiyah, Habibatur; Aini, Fitria Nur
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.087 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2647

Abstract

Perilaku konsumsif menjadi salah satu indikator perilaku modern, di mana banyak generasi milenial bersaing membeli dan menggunakan barang sesuai trend bukan sesuai kebutuhan. Prevensi merupakan salah satu cara untuk mencegah perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas implementasi Teori Kebutuhan Abraham Maslow dan Trilogi santri terhadap prefensi perilaku konsumtif santri di PP Nurul Jadid dan upaya yang dilakukan oleh PP Nurul Jadid dalam mencegah perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data yang diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pesantren Nurul Jadid berusaha mengarahkan santri pada pengembangan bakat dan minat untuk memenhi kebutuhan dirinya dalam mengaktualisasikan potensi dirinya. Pesantren Nurul Jadid mencegah perilaku konsumtif ditinjau dari  perspektif Teori Kebutuhan Abraham Maslow  dan Trilogi Santri adalah dengan pembentukan lembaga motivasi, organisasi kepemudaan, lembaga amal sosial, dan lembaga kreativitas.
Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi Covid-19 Fajri, Zaenol; Junaidi, Sukron; Alfarisi, Hamdani
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.693 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2739

Abstract

Covid-19 di Indonesia berpengaruh pada sitem pendidikan. Untuk meminimalisir penyebaran virus, pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring. Namun, di lapangan banyak kendala pelaksanaan pembelajaran daring, termasuk di SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Pertama, siswa tidak memiliki media belajar online. Kedua, tempat tinggal siswa kesulitan sinyal seluler. Ketiga, pelajaran Matematika sulit dipelajari secara daring. Maka, solusi terbaik tetap melaksanakan pembelajaran dengan cara luring (guru mendatangi siswa belajar berkelompok). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran luring pada mata pelajaran Matematika Siswa Kelas 6 SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara luring dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VI SDN Wonosuko 2 Bondowoso dan dapat membantu siswa dalam memamahami materi pelajaran dengan baik meskipun masih ada beberapa kendala yang dihadapi.
Integrasi Kurikulum Madrasah Diniyah dengan Lembaga Formal dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Jadid Paiton Probolinggo Abdurrahman, Abdurrahman; Anwar, Ika Fitri; Mauliza, Sofiya; Afkarina, Nadya
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.977 KB) | DOI: 10.33650/trilogi.v2i2.2291

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena merosotnya motivasi belajar santri di lingkungan pondok pesantren terhadap pelajaran agama yang sejatinya merupkan identitas dari pesantren itu sendiri dengan lebih mengedepankan pelajaran-pelajaran yang bersifat umum. Kedudukan Madrasah Diniyah sebagai lembaga pendidikan yang mengakomodir pembelajaran keagamaan semakin terpinggirkan dengan hadirnya sekolah-sekolah formal di pondok pesantren. Sinergi antara madrasah diniyah dengan lembaga formal sering kali tidak seimbang sehingga banyak santri dengan pengetahuan keagamaan yang masih jauh dari yang diharapkan. Berangkat dari berbagai kekhawatiran akan tergerusnya pelajaran agama di pondok pesantren, pondok pesantren mengambil sikap tegas dengan mengintegrasikan kurikulum madrasah diniyah pada lembaga-lembaga formal sebagai antisipasi akan memudarnya motivasi santri terhadap pembelajaran agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah kurikulum integrasi madrasah diniyah pada lembaga formal, menjelaskan model kurikulum integrasi madrasah diniyah dengan lembaga formal, dan mendeskripsikan kontribusi madrasah diniyah untuk melahirkan lulusan yang eksistensial terhadap pembelajaran agama pada lembaga formal. Penelitian ini juga ingin menegaskan peran madrasah diniyah sebagai identitas pendidikan keagamaan di lingkungan pondok pesantren. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah: pertama, madrasah diniyah disatukan dengan lembaga formal dengan pembagian waktu dua hari untuk madrasah diniyah dan empat hari untuk lembaga formal. Kedua, ujian madrasah diniyah lebih dulu dilaksanakan sebelum ujian formal. Ketiga, santri yang tidak lulus ujian madrasah diniyah tidak diperkenankan mengikuti ujian lembaga formal sebelum melakukan remidi. Keempat, peningkatan mutu lulusan, santri terlebih dahulu menguasai Furudul Ainiyah sebelum mengikuti ujian madrasah diniyah.

Page 1 of 2 | Total Record : 14