Balanca : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Islamic Management, Islamic Banking, Islamic Marketing, Islamic Human Resources, Islamic Finance, Islamic Accounting, Islamic Microfinance, Zakah, Waqf, Philantrophy, Poverty Alleviation, Islamic Public Finance, Maqasid al-Shariah, ShariahIssues, Sukuk, Islamic Capital Markets, Insurance and Takaful, Corporate Social Responsibility in Islam
Articles
81 Documents
Mekanisme Pasar Dalam Konteks Idealita Dan Realita (Analisis Pemikiran Abu Yusuf dan Ibn Khaldun)
Nurdania Nurdania
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (908.925 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1036
Tulisan ini akan membahas sistem harga dalam mekanisme pasar Islami yang ditinjau dari pemikiran Abu Yusuf dan Ibn Khaldun. Pemikiran keduanya merupakan khasanah intelektual yang pastinya akan membantu kita dalam menemukan gagasan-gagasan idealis, serta dapat dijadikan sumber pemikiran ekonomi Islam kontemporer. Pemikiran Abu Yusuf dan Ibn Khaldun terkait dengan mekanisme pasar Islami telah menambah wawasan ekonomi Islam pada jangkauan yang lebih luas terhadap konseptualisasi dan aplikasinya. Ditinjau dari konteks idealita, sistem harga dalam mekanisme pasar Islam dapat memberikan harga yang adil bagi produsen dan konsumen, asalkan mekanisme pasar terjadi dengan sempurna. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai koreksi solutif atas realita dimana sistem harga dalam mekanisme pasar masa kini, masih banyak terjadi kecurangan dan ketidakadilan.
Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah
Abdul Hamid;
Muhammad Kamal Zubair
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (774.405 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1037
Tenaga pemasaran merupakan sarana penghubung utama perusahaan dengan konsumen atau merupakan ujung tombak bisnis perusahaan. Bagi dunia perbankan yang merupakan badan usaha yang berorientasi profit, kegiatan pemasaran sudah merupakan suatu kebutuhan utama dan sudah merupakan suatu keharusan untuk dijalankan, oleh karena itu tenaga pemasar produk perbankan dituntut kreatif dan inovatif dalam melakukan kegiatan pemasaran. Kajian ini bertujuan untuk memahami perilaku tenaga pemasar bank syarih melalui penerapan etika bisnis Islam dalam memasarkan produk-produk bank syariah di kota Parepare. Hasil kajian menunjukkan bahwa para tenaga pemasar bank syariah di kota Parepare sepenuhnya telah mengimplementasikan nilai-nilai syariah yang merupakan bagian dari konsep etika bisnis Islam dalam kegiatan pemasarannya. Penerapan etika bisnis Islam pada tenaga pemasar bank syariah dinilai sangat tepat. Bank syariah yang mempunyai kualitas tenaga pemasaran berbasis etika Islam dapat membangun reputasi untuk keberhasilan perkembangan bank syariah di Parepare.
Produktivitas Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Baharuddin Baharuddin
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (653.234 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1038
Sistem Ekonomi Islam tidak sekedar memandang kerja sebagai pendorong utama aktivitas perekonomian, tapi lebih dari itu kerja merupakan perbuatan mulia dalam rangka mewujudkan kemaslahatan individu dan masyarakat. Bekerja dalam sistem ekonomi Islam merupakan suatu keharusan sebagai kewajiban syara` dan dipandang sebagai bentuk ibadah bagi yang melakukannya. Sehingga segala bentuk pengangguran, termasuk meminta-minta dipandang sebagai perbuatan tercela. Bekerja mendapat perhatian khusus baik dalam Al-Qur`an maupun Hadits-Hadist Nabi Muhammad SAW.
Manajemen Kewirausahaan Koperasi Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa
Muhammad Saleh;
I Nyoman Budiono;
Nidaul Islam
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (645.795 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1039
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen serta bentuk-bentuk kewirausahaan koperasi pada Pondok Pesantren Al-Urwatul Wusqaa di Kelurahan Benteng Kabupaten Sidrap. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan empiris, dimana dihasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari individu-individu dan perilaku yang diamati. Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen Koperasi Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa di Kabupaten Sidrap secara umum masih belum berjalan sesuai dengan aturan perkoperasian. Fungsi perencanaan telah dilakukan namun masih terbatas pada perencanaan pengembangan bangunan toko. Fungsi pengorganisasian masih sangat lemah, Rapat Anggota Tahunan dan Pembagian Sisa Hasil Usaha tidak dilakukan, simpanan wajib sudah tidak pernah dipungut, struktur kepengurusan dan keanggotaan tidak pernah dilakukan pembaharuan. Fungsi Penggerakan (motivating), fungsi pengawasan (controlling) dan fungsi penilaian (evaluating) masih terbatas pada usaha pertokoan saja, sedangkan pada usaha-usaha lainnya tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bentuk-bentuk kewirausahaan koperasi yang pernah ada antara lain usaha pertokoan santri putra dan santri putri, usaha mesin jahit, dan usaha simpan pinjam dan usaha catering. Namun demikian saat ini usaha simpan pinjam dan usaha mesin jahit sudah tidak berjalan. Alasan tidak berjalannya usaha simpan pinjam karena sudah tidak pernah dilakukan setoran simpanan wajib sehinga modal koperasi terbatas dan tidak dapat dikelola pada usaha simpan pinjam. Sedangkan alasan tidak berjalannya usaha mesin jahit dikarenakan mesin jahit tersebut telah rusak dan tidak produktif lagi.
Konsep Utility Dalam Prilaku Konsumsi Muslim
Anwar Liling
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (839.271 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1040
Artikel mengkaji tentang konsep kemanfaatan dalam prilaku konsumsi seorang muslim. Dalam konsep ini, fungsi konsumsi muslim berbeda dengan prinsip konvensional yang bertujuan kepuasan maksimum (maximum utility), terlepas dari keridhaan Allah atau tidak, karena pada hakekatnya teori konsumsi konvensional tidak mengenal Tuhan. Dari bentuk konsumsi seseorang harus memperhatikan apapun yang dikonsumsinya. Hal ini tentu berhubungan dengan adanya batasan-batasan orang muslim dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa, khususnya terkait maslahahnya atau mudharatnya.
Analisis Permintaan Dengan Pendekatan Maslahah
Mashuri Mashuri
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (914.491 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1041
Artikel ini mengkaji teori permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dengan pendekatan maslahah. Maslahah merupakan tujuan utama dalam mengkonsumsi barang, sebab maksimasi maslahah merupakan cara untuk mencapai falah. Pengaruh maslahah terhadap permintaan tidak bisa dijelaskan secara sederhana, sebagaimana pengaruh faktor-faktor lainnya, sebab ia akan tergantung pada tingkat keimanan. Jika mereka melihat barang dengan kandungan berkah yang tinggi, maka mereka akan meninggalkan barang dengan kandungan berkah yang rendah dan menggantinya dengan barang dengan kandungan berkahnya lebih tinggi. Dengan demikian, jika maslahah relatif turun, maka jumlah barang yang diminta akan turun juga, begitu juga sebaliknya.
Determinan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Negeri
Syahriyah Semaun
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (708.108 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1042
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui secara analitis tentang strategi pemasaran yaitu pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan mahasiswa memilih Perguruan Tinggi Negeri. Analisis variabel penelitian digunakan untuk menjawab pertanyaan manajemen terkait dengan masing-masing variabel penelitian yang digunakan secara sendiri-sendiri. Penelitian ini menggunakan jumlah responden sebanyak 93 orang Mahasiswa IAIN Parepare. Kajian ini menggunakan tujuh variabel bebas yaitu Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), Place (X4), People (X5), Process (X6), dan Physical Evidence (X7) sedang variabel terikatnya adalah Keputusan Mahasiswa memilih Perguruan Tinggi Negeri yaitu IAIN Parepare yang disimbolkan sebagai Y. Dari kelima variabel bebas yang signifikan dalam menentukan keputusan mahasiswa memilih IAIN Parepare, ternyata variabel promotion (promosi) yang mempunyai pengaruh dominan dalam meningkatkan keputusan mahasiswa memilih Perguruan Tinggi Negeri yaitu IAIN Parepare.
Analisis Biaya Dan Efisiensi Produksi Dalam Ekonomi Islam
M. Muhazil Amshari
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (810.802 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i1.1043
Produsen secara rasional akan berproduksi dengan biaya minimum. Karenanya, produsen harus menganalisis seberapa mampu dalam mengubah jumlah input yang akan mempengaruhi skala produksi. Dalam menganalisis biaya produksi, analisis biaya produksi dibedakan menjadi dua, yaitu biaya jangka pendek dan biaya jangka panjang. Dalam sistem bagi hasil, karena tidak adanya beban bunga, maka biaya produksi tidak akan berubah, yang berubah adalah total pendapatan yang bergantung pada nisbah bagi hasil yang disepakati. Dengan membandingkan antara sitem bunga dan bagi hasil, pada tingkat produksi dengan jumlah yang sama, biaya total yang digunakan pada sistem bunga lebih besar dibandingkan pada sistem bagi hasil demikian halnya pada jumlah biaya yang sama, tingkat produksi pada sistem bagi hasil lebih besar dibandingkan pada sistem bunga. Hal ini berarti sistem bagi hasil lebih efisien.
Analisis Pengaruh Faktor Ekonomi dan Non-Ekonomi Terhadap Peningkatan Permintaan Perumahan di Kota Watampone
Haslinda Haslinda
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2019): BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1014.161 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i2.1142
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor ekonomi dan non-ekonomi terhadap peningkatan permintaan rumah di kota Watampone. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan responden terdiri dari penghuni perumahan yang terletak di kecamatan Tanete Riattang, Tanete Riattang Barat dan Tanete Riattang Timur di kota Watampone. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor ekonomi tidak signifikan berpengaruh terhadap permintaan perumahan di kota Watampone. Sedangkan faktor non-ekonomi berpengaruh terhadap peningkatan permintaan perumahan di kota Watampone adalah variabel jumlah anggota keluarga, lokasi, lingkungan. Hal ini dapat dilihat dengan nilai probabilitas (signifikansi) sebesar 0,000. Kemudian diikuti oleh variabel jumlah anggota keluarga dengan nilai probabilitas sebesar 0,027.
DINAMIKA PRAKTEK TANGGUNGJAWAB SOSIAL BANK SYARIAH (Studi Bank Muamalat Makassar)
Muhammad Kamal Zubair;
M Ali Rusdi;
Ismayanti Ismayanti
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2019): BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Parepare
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (888.038 KB)
|
DOI: 10.35905/balanca.v1i2.1143
Artikel ini akan mengkaji bagaimana pelaksanaan tanggungjawab sosial bank Muamalat cabang Makassar dengan melihat fungsi sosial dari bank syariah yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tanggungjawab sosial perusahaan atau dikenal sebagai Corporate Social Responsibility telah menjadi trend baru yang menarik. Pelaksanaan CSR menjadi strategi bisnis bagi bank syariah meningkatkan citra bank syariah. Sebagai tanggungjawab sosial kepada masyarakat, Bank Muamalat cabang Makassar setiap tahun melaksanakan program community development secara berkelanjutan. Pelaksanaan CSR Bank Muamalat Cabang Makassar sudah sangat baik untuk lembaga keuangan syariah khususnya perbankan syariah. Hal ini terbukti dengan adanya kegiatan CSR dan juga dengan berjalannya program-program yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan sehingga dapat mengurangi sedikit beban ekonomi masyarakat dengan memberikan santunan sosial keagamaan, dengan memberi bantuan pembangunan tempat ibadah, lembaga pendidikan sosial, panti asuhan yatim piatu. Dari kacamata nilai-nilai syariah, yaitu hubungan kepada Allah (hablumminallah), hubungan sesama manusia (habluminannas), dan hubungan dengan alam (hablum fil ardh), CSR yang dilaksanakan oleh Bank Muamalat Cabang Makassar memerhatikan ketiga aspek tersebut. Karena dalam setiap pelaksanaan kegiatannya, entitas tersebut selalu berkiblat pada visi dan misi-nya