cover
Contact Name
Kemala Hayati
Contact Email
kemalahayati1982@gmail.com
Phone
+6281360166220
Journal Mail Official
jurnal.tameh@unmuha.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Aceh JL. Muhammaddiyah No. 91. Desa Bathoh, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Tameh : Journal of Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 27985601     DOI : https://doi.org/10.37598/tameh
Core Subject : Social, Engineering,
Tameh merupakan Jurnal online yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh. Jurnal Tameh berkomitmen untuk kemajuan pengetahuan ilmiah dan temuan penelitian dari karya ilmiah. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang keilmuan Teknik Sipil. Jurnal Tameh diharapkan dapat memberi kontribusi kepada mahasiswa, peneliti, engineer, dan praktisi serta para ilmuwan. Jurnal Tameh ini diterbitkan secara berkala 2 (dua) edisi per tahun pada bulan Juni dan Desember, dengan meliputi bidang keilmuan adalah Structural Engineering, Water Resources Engineering,Transportation Engineering,Geotechnical Engineering,Construction Engineering & Management,Disaster Mitigation.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2024): Tameh: Journal of Civil Engineering" : 6 Documents clear
Analisis Tingkat Kehilangan Air Bersih dengan Metode Infrastructure Leakage Index Pada PDAM Tirta Daroy Akmal; Saputra, Haris; Fitriadi, Aidil; Yulia, Yulia
Tameh Vol. 13 No. 2 (2024): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v13i2.166

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Kota Banda Aceh meningkatkan kebutuhan air bersih, termasuk di Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, yang dilayani oleh PDAM Tirta Daroy. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kehilangan air bersih dan mengidentifikasi penyebab utamanya menggunakan metode Infrastructure Leakage Index (ILI). Data diperoleh melalui survei lapangan dan pengambilan sampel acak pada 40 meteran air selama dua hari. Hasil menunjukkan tingkat kehilangan air akibat ketidakakuratan meteran sebesar 17.864 m³ per enam bulan (2,97% dari total kehilangan 16,6%), dengan kerugian finansial Rp92.446.200. Penyusunan neraca air mengungkap kehilangan air total sebesar 169.264 m³ per enam bulan (100% dari volume input). Berdasarkan nilai ILI sebesar 15,29 dan tekanan rata-rata 26,9 m, wilayah ini masuk kategori C, dengan kehilangan fisik >300–600 liter per sambungan per hari. Penelitian ini memberikan landasan untuk strategi perbaikan melalui pembenahan infrastruktur, peningkatan pemantauan, dan kebijakan efisiensi penggunaan air.  
Evaluasi Faktor-Faktor Pembiayaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Proyek Konstruksi Lanjutan Pembangunan Rumah Sakit Rujukan Regional Cut Nyak Dhien Meulaboh Agusmaniza, Roni; Tripoli, Bambang; Khairunnas, Khairunnas; Syahbana, Mahdi
Tameh Vol. 13 No. 2 (2024): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v13i2.177

Abstract

Pembangunan Rumah Sakit Rujukan Regional Cut Nyak Dhien Meulaboh merupakan salah satu cara untuk mempermudah pelayanan publik yang berlokasi di Jln. Kayu Putih, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Bangunan ini memiliki luas 7.050 m2 dengan anggaran biaya senilai Rp. 29.329.837.000,00. Pada penelitian ini akan diteliti mengenai variabel faktor-faktor pembiayaan K3, administrasi, teknis, harga dan pembuktian kualifikasi. Permasalahan penelitian faktor apa saja yang dibutuhkan dalam pembiayaan K3, Indikator apa yang dibutuhkan dalam perencanaan pembiayaan K3. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang dibutuhkan dalam perencanaan pembiayaan K3 serta untuk mengetahui indikator apa saja yang dibutuhkan dalam pembiayaan K3. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 11 orang responden yaitu Project manager, Site Engineer, Quality Control, Pengawas Kontraktor, Pengawas Konsultan, dan Ahli K3, pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini di peroleh yaitu helm safety dihitung untuk 1 kali pergantian 30 pekerja x 1 = 30 helm, untuk sepatu safety dihitung 1 kali pergantian 30 pekerja x 1 = 30 sepatu , dan untuk sarung tangan safety dihitung 2 kali pergantian 30 pekerja x 2 = 60 sarung tangan. Hasil rata-rata uji validitas masing-masing variabel Y = 0,753, X1 = 0,818, X2 = 0,870, X3 = 0,803 dan X4 = 0,808 (valid), sedangkan Nilai rata-rata uji reliabilitas masing-masing variabel Y = 0,794, X1 = 0,808, X2 = 0,820, X3 = 0,805 dan X4 = 0,807 (reliabel). Dalam penelitian ini juga menggunakan analisis deskriptif untuk mendapatkan nilai rata-rata (mean) dari masing-masing variabel Y = 4,25, X1 = 4,22, X2 = 0,04, X3 = 4,05 dan X4 = 4,01. Hasil jawaban nilai dominan didapatkan nilai rata-rata setuju sebanyak 47%, sangat setuju 33%, kurang setuju 19%, tidak setuju 1% dan sangat tidak setuju 0%.
Analisis Poduktivitas Tenaga Kerja pada Pekerjaan Pasang Batu Bata Berdasarkan Permen PUPR dan  Lapangan irfanal azmi
Tameh Vol. 13 No. 2 (2024): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v13i2.183

Abstract

Produktivitas adalah ukuran kuantitatif dari capaian suatu pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja. Analisis produktivitas merupakan sebuah koefisien yang digunakan dalam suatu pekerjaan yang berguna untuk menghitung harga satuan pekerjaan. Pekerjaan dinding di proyek konstruksi sering terjadi banyak permasalahan pada umumnya terkait para pekerja tidak mengikuti standar prosedur pelaksanaan pengerjaan dinding bata. Pemasangan yang tidak teliti membuat dinding menjadi tidak rata yang berpengaruh terhadap produktivitas. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui rata-rata produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pemasangan batu bata merah di bandingkan dengan standar Peraturan Menteri PUPR Nomor 8 Tahun 2023 dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pemasangan batu bata pada proyek Gedung Kantor Pengadilan Agama Teluk Kuantan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan pengukuran. Hasil dari analisis observasi dan pengukuran di lapangan, didapat hasil rata-rata produktivitas pasang batu bata merah yaitu, 55,376 m2/hari dengan koefisien 0,054 OH, hasil rata-rata produktivitas pasang batu bata merah di proyek tersebut lebih kecil daripada standar Permen PUPR yaitu 113,333 m2/hari dengan koefisien 0,026 OH perbandingan tersebut sebesar 1:2,046. Setelah didapatkan perbandingan koefisien pekerjaan, harga upah dan harga material maka didapatkan harga satuan pemasangan batu bata merah sebesar Rp. 95.625 -/m2 dengan analisa lapangan, Rp. 118.127 -/m2 dengan perhitungan Peraturan Menteri PUPR. Faktor pengalaman kerja berpengaruh paling penting pada pekerjaan pasangan batu bata dan disusul oleh umur lalu pendidikan.  
Evaluasi Penerapan Lean Six Sigma terhadap Pengendalian Material pada Perusahaan Konstruksi Nova Nevila Rodhi; Fajri, Muhammad
Tameh Vol. 13 No. 2 (2024): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v13i2.188

Abstract

Pembangunan proyek konstruksi bertujuan mencapai keberhasilan melalui pengelolaan sumber daya seperti tenaga kerja, peralatan, material, biaya dan metode. Keberhasilan proyek diukur dari efisiensi biaya, ketepatan waktu dan mutu. Di Kota Banda Aceh, pesatnya pembangunan infrastruktur meningkatkan tantangan dalam pengendalian pemborosan material, waktu dan biaya. Pendekatan lean six sigma yang terstruktur untuk mengurangi pemborosan dan meningkatkan efisiensi, menjadi solusi utama untuk masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian material dan mengevaluasi penerapan lean six sigma pada pengendalian material pada perusahaan konstruksi di Kota Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 20 responden dari perusahaan jasa konstruksi dengan kualifikasi Kecil (K) dan Menengah (M) menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan analisis mancova dengan dengan SPSS versi 25. Variabel yang diteliti meliputi define, measure, analize, improve dan control. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, LSS sudah diperoleh nilai mean sebesar 3,96. Hal ini menunjukkan bahwa responden setuju pada tahapan LSS dapat mengendalikan penggunaan material pada proyek konstruksi. Uji MANCOVA menunjukkan bahwa penerapan lean six sigma memiliki pengaruh signifikan terhadap pengendalian material (p = 0,004), sedangkan kualifikasi perusahaan tidak menunjukkan pengaruh signifikan (p = 0,144). Oleh karena itu, pengendalian material lebih dipengaruhi oleh penerapan Lean Six Sigma dibandingkan dengan Kualifikasi Perusahaan.
Analisis Kinerja Lalu Lintas pada Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Simpang Ruas Jln. Pemuda - T. Chik Peusangan Kabupaten Bireuen) Mareno, Richard; Kumita, Kumita; Azizah, Cut
Tameh Vol. 13 No. 2 (2024): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v13i2.163

Abstract

Kinerja lalu lintas pada simpang tak bersinyal sangat dipengaruhi oleh volume kendaraan, waktu tundaan, dan panjang antrian yang terjadi, terutama di daerah perkotaan yang padat seperti Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas di Simpang Ruas Jln. Pemuda - T. Chik Peusangan, yang merupakan salah satu simpang tak bersinyal dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Data primer dikumpulkan melalui survei volume kendaraan, waktu tundaan, dan panjang antrian pada jam-jam sibuk, sementara data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Analisis dilakukan menggunakan metode yang diadopsi dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) untuk menghitung kapasitas simpang, derajat kejenuhan, waktu tundaan, serta tingkat pelayanan (Level of Service/LOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat kejenuhan simpang mencapai 0,97 pada jam puncak, yang mengindikasikan bahwa simpang hampir mencapai kapasitas maksimumnya. Waktu tundaan rata-rata mencapai 50 detik per kendaraan, yang menyebabkan penurunan tingkat pelayanan menjadi kategori D (cukup padat). Panjang antrian juga mencapai sekitar 50 meter pada jam-jam sibuk, memperburuk kelancaran arus lalu lintas di sekitar simpang. Berdasarkan hasil ini, diperlukan penanganan lebih lanjut seperti pengaturan ulang geometri simpang dan pengembangan fasilitas pendukung untuk meningkatkan kinerja lalu lintas dan mengurangi kemacetan di Simpang Ruas Jln. Pemuda - T. Chik Peusangan.
Evaluasi Fungsi Fasilitas Halte Sebagai Tempat Henti Angkutan Trans Koetaradja (Studi Kasus : Koridor 2B-Pusat Kota Menuju Ulee Lheue) hidayat, rifki; Wahyuni, Wahyuni; Reza, Muhammad
Tameh Vol. 13 No. 2 (2024): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v13i2.202

Abstract

Seiring perkembangan zaman dan jumlah populasi penduduk yang semakin meningkat terkhusus pada Kota Banda Aceh maka pemenuhan kebutuhan moda transportasi semakin tinggi. Trans Koetaradja adalah sebuah sistem transportasi massal berbasis bus yang beroperasi sejak tahun 2016 di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana bobot fungsi kinerja fasilitas Halte pada Rute Koridor 2B Pusat Kota – Ulee Lheue Kota Banda Aceh berdasarkan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Adapun tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui bobot fungsi fasilitas Halte pada Rute Koridor 2B Pusat Kota – Ulee Lheue Kota Banda Aceh dan manfaat dalam penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait pengaruh fasilitas Halte pada Rute Koridor 2B Pusat Kota – Ulee Lheue Kota Banda Aceh,. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menganalisis data penyebaran kuesioner dari 26 responden yang digunakan pada penelitian ini untuk menentukan bobot atau nilai optimal untuk setiap Rute Koridor 2B. Hasil dari penelitian ini menjadi tolak ukur bagi Dinas Perhubungan di Kota Banda Aceh dalam menciptakan kenyamanan pengguna angkutan umum terutama bagian fasilitas pada angkutan umum. Hasil penelitian diketahui bahwa dari subkriteria Identitas halte,rambu petunjuk, dan lampu penerangan, fasilitas pendukung mempunyai bobot 100,00% dan fasilitas utama  0,00%, sedangkan untuk subkriteria papan informasi trayek mempunyai bobot untuk fasilitas utamanya sebesar 97% dan fasilitas pendukung 3%  dan untuk subkriteria tempat duduk mempunyai bobot 100,00% untuk fasilitas utama sedangkan fasilitas utama pada koridor-2B dengan bobot 79,84% ,dan fasilitas pendukung  dengan bobot 20,16%.  Kesimpulan  pada penelitian ini keseluruhan fasilitas utama pada koridor-2B berfungsi dengan baik, hal tersebut dilihat dari bobot atau nilai optimal untuk setiap Rute pada Koridor 2B

Page 1 of 1 | Total Record : 6