cover
Contact Name
Gede Hendri Setiawan
Contact Email
hendrix_lempeh44@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
wayan_widiana@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Udayana No.11 Singaraja Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Journal Of Educational Research and Review
ISSN : 26214792     EISSN : 26218984     DOI : -
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal of Educational Research and Review. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesian Journal of Educational Research and Review
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1: April 2019" : 15 Documents clear
HUBUNGAN PERILAKU MINUM-MINUMAN KERAS DENGAN KONTROL DIRI REMAJA LAKI-LAKI Aziz Purnama; Yari Dwikurnaningsih; Yustinus Windrawanto
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.16386

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menguji hubungan antara perilaku minum-minuman keras dengan kontrol diri. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara perilaku minum-minuman keras dengan kontrol. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 185 orang remaja laki-laki di desa Kopeng dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 185 orang remaja laki-laki di desa Kopeng. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala perilaku minum-minuman keras dan skala kontrol diri, yang dikembangkan oleh Devinthia Indraprasti berdasarkan teori Hardani (1999) dan teori Averill (1973). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall’s tau-b, dan pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dengan agresivitas pada komunitas Jakmania Salatiga ditunjukkan nilai r = - 0,378 dengan taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05. Yang artinya, semakin tinggi perilku minum-minuman keras, maka akan semakin rendah tingkat kontrol diri remaja laki-laki di desa Kopeng kecamatan Getasan, sebaliknya jika perilaku minum-minuman keras rendah maka tingkat kontrol diri akan semakin tingi pada remaja laki-laki di desa Kopeng kecamatan Getasan. Kata kunci : Perilaku Minum-minuan Keras, Kontrol Diri
HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN EFIKASI DIRI Krisna Widianto; Umbu Tagela
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.16387

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Salatiga. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII Mekatronika SMK Negeri 3 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kematangan emosi dengan efikasi diri pada siswa kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan adalah Kendall’s Tau_b. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala kematanagan emosi dan skala efikasi diri, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Walgito (1984) dalam (Riwayat 2010) dan peneliti berdasarkan teori Bandura (1997). Pengolahan data menggunakan progam SPSS for Windows 17.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kematangan emosi dengan edikasi diri pada siswa kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga tahun Ajaran 2018/2019,  dengan nilai r = 0,671 dan koefesien signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Dengan demikian, hipotesis peneliti “Ada Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Efikasi Diri pada Siswa Kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga tahun Ajaran 2018/2019”. Jadi dapat dikatakan hipotesis diterima. Kata kunci : Kematangan Emosi, Efikasi Diri  
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA Nicolas Adi Wicaksana; Setyorini Setyorini
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.16388

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying pada Siswa Kelas XII RPL SMK  Negeri 1 Tengaran. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XII RPL yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan subjek menggunakan total sampling . Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadaptasi dari Nunung (2009) berdasarkan teori Olweus,1993 (dalam SEJIWA, 2008) serta skala komunikasi Interpersonal yang diadaptasi berdasarkan teori DeVito (2011). Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s tau b dengan bantuan program SPSS for Window Release 20.0. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying terdapat hubungan yang negatif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,162* dan nilai p = 0,036 < 0,050.  Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Perilaku Bullying.
PENINGKATAN KESADARAN DIRI (SELF AWARENESS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII TERHADAP PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR Riski Adhi Nugroho
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.16389

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 6 November sampai dengan 27 November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peningkatan kesadaran diri terhadap penggunaan sepeda motor melalui layanan konseling kelompok rational emotif terapy dapat meningkatkan kesadaran diri (self awareness) peserta didik terhadap penggunaan sepeda motor kelas VIII SMP Negeri 1 Bandungan. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik dengan skor terendah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling, berjumlah 5 orang peserta didik yang memiliki masalah terhadap kesadaran diri (self awareness). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran kesadaran diri (self awareness) yang merupakan adaptasi dari MAAS yang disusun oleh Brown dan Ryan (2003). Alat ukur ini digunakan untuk mengukur seberapa besar kesadaran diri (self awareness) sebagai tahap pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Mann-Whitney U diolah dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16.0. Dari hasil analisis Mann-Whitney U maka diperoleh hasil pada skor rata-rata Mean Rank pretest 3,60 menjadi 7,40 pada skor rata-rata Mean Rank posttest kelompok eksperimen setelah diberikan layanan konseling kelompok rational emotif . Dengan demikian konseling kelompok rational emotif  dapat meningkatkan kesadaran diri (self awareness) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandungan. Dengan terjawabnya masalah penelitian maka tujuan penelitian ini dapat tercapai. Kata Kunci:  Self Awareness, Konseling Kelompok Rational Emotif
HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN KONFORMITAS SISWA Sabrina Sesa Trifena
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.16390

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara penyesuaian sosial dengan konformitas siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s Tau. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bringin yang berjumlah 107 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, untuk skala yang pertama penyesuaian sosial berdasarkan teori dari Hurlock (1999), diadopsi dari Kurnia (2011) dan skala yang kedua konformitas berdasarkan teori dari  Sears (1999), diadopsi dari Desy (2013). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 17.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan penyesuaian sosial dengan konformitas siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2018/2019, dengan nilai r = 0,553 dan koefesien signifikansi 0,000 ≤ 0,01. Maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan.Kata kunci : Penyesuaian Sosial, Konformitas
PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP DISIPLIN SISWA Setyawan Irzal Heryano; Sapto Irawan
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.16391

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bringin khususnya kelas X MIPA. Pengambilan subyek penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari interaksi teman sebaya terhadap disiplin siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala interaksi teman sebaya mengacu pada teori dari Darten (Sulistyo, 2013) dan skala disiplin siswa mengacu pada teori dari Hurlock (2013) dan dikembangkan Prastika. D, (2015). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap disiplin siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang ditunjukkan dengan R Square sebesar 0,205 dan Sig = 0,000 < 0,05. Sumbangan relatif interaksi teman sebaya sebesar 20,5% terhadap disiplin siswa menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai. Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Disiplin.
Pengembangan Media Video Untuk Layanan Bimbingan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Yulna Wahyu Irawan
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.16392

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Reseach and development, yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Tujuan penelitian ini mengembangkan media video untuk layanan bimbingan karier. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu, pra pengembangan, pengembangan, dan pasca pengembangan. Need assessment dilakukan di SMK Negeri 2 Salatiga dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, sebagai dasar dalam pengembangan media. Produk pengembangan ini berupa rencana pelaksanaan layanan, dan media video layanan bimbingan karir. Hasil penelitian dan pengembangan berupa media video ini telah diuji melalui validasi ahli tentang kegunaan, kelayakan, dan ketepatan media video. Berdasarkan uji ahli didapatkan skor masing-masing 3.8; 4.0; 3.7 serta telah melakukan uji coba oleh konselor sekolah di SMK Negeri 2 Salatiga tentang tentang kegunaan, kelayakan, dan ketepatan masing-masing mendapat skor 4.0; 3.9; 3.8 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video untuk layanan bimbingan karier siswa SMK telah siap digunakan. Hasil penelitian ini telah menghasilkan sebuah video yang dapat dijadikan sebagai media bimbingan dan konseling khususnya dalam pemberian layanan bimbingan karier bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Kata kunci : Media Video, Bimbingan Karier, Sekolah Menengah Kejuruan
Kefektifan Model Student Teams Achivement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Berbicara Bagas Panur Permana; Ahmad Nashir Tsalatsa; Mei Fita Asri Untari
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.115 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.17292

Abstract

Keefektifan Model Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap keterampilan Berbicara Pada Kelas V SDN Kaliwiru Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Teams Achivement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Grup Pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata skor pretest pada mencapai 53 dan posttest mencapai 81 Berdasarkan dari uji t pada diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 14.209 > 1,684. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Model Student Teams Achievement Division (STAD) efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri kaliwiru Semarang Tahun ajaran 2019. Kata kunci: Keefektifan, Model pembelajaran Student Team Achievement (STAD), keterampilan berbicara
Keefektifan Model Course Review Horay (CRH) Berbantu Media Kartu Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Uswatun Khasanah; Rasiman .; Arfilia Wijayanti
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.621 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.17293

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, (2) Siswa cenderung senang bermain dan bercerita dengan temannya saat pembelajaran berlangsung, dan (3) Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada keefektifan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantu media kartu pecahan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Sidokumpul. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa SD Negeri Sidokumpul. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari 18 siswa. Desain penelitian menggunakan true experimental design, bentuk yang dipilih yaitu One Group Pretest dan Posttest Design. Alat pengumpulan data berupa tesintelegensi. Hasil analisis uji-t didapat Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa yang menempuh postest ketika mendapatkan model pembelajaran course review horay berbantu kartu pecahan lebih baik daripada hasil belajar siswa ketika menempuh pretest sebelum mendapatkan model pembelajaran tersebut. Perolehan ketuntasan belajar individu pada postest adalah tuntas 14 dari 18 siswa dan ketuntasan belajar kelompok mencapai 77,8%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya keefektifan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media kartu pecahan terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Sidokumpul. Kata kunci: keefektifan, Course Review Horay, Kartu pecahan, matematika
Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantu Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Faradiba Polisiandani; Mudzanatun .; Prasena Arisyanto
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 1: April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.923 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i1.17294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence berbantu media Puzzle terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Peterongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan desain penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.  Karena terdapat pretest  sebelum diberikan perlakuan, yang selanjutnya diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, kemudian dilakukan posttest. Variabel independen pada penelitian ini adalah model pembelajaran Concept Sentence, yang dilambangkan dengan “X”. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keterampilan menulis siswa, yang dilambangkan dengan “Y”. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Peterongan yang berjumlah 30 siswa. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah  Nonprobability Sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel.teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, tes, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Posttest lebih tinggi dari Pretest maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Concept Sentence berbantu media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri Peterongan tahun pelajaran gasal 2018/2019. Kata Kunci: Concept Sentence, Karangan Narasi, Keterampilan Menulis, Media Puzzle.

Page 1 of 2 | Total Record : 15