cover
Contact Name
Rizki Amalia Tri Cahyani
Contact Email
rizkiatcahyani@gmail.com
Phone
+6285233000052
Journal Mail Official
media.teknik.sipil@umm.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Media Teknik Sipil
ISSN : 16933095     EISSN : 25977660     DOI : 10.2229.
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2018): Februari" : 7 Documents clear
CYCLIC BEHAVIOUR OF LIGHTLY REINFORCED CONCRETE COLUMNS WITH NON-DUCTILE LAP SPLICES Tri Cahyani, Rizki Amalia; Wibowo, Ari; Wisnumurti, Wisnumurti
Media Teknik Sipil Vol 16, No 1 (2018): Februari
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1371.423 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v16i1.5110

Abstract

Experimental testing of lightly reinforced concrete column was conducted to investigate the collapse behavior of such column under cyclic lateral loading. Six column specimens, which have low longitudinal reinforcement and lack of confinement, were detailed with no lap splice, and non-ductile lap splice within or outside critical region. Placing the short, unconfined column's lap splice within critical region caused peak moment to fall short under its nominal moment capacity. In contrast, moment capacity of the specimen containing non-ductile lap splice outside critical region was in close agreement with those of specimen without lap splice. However, its inelastic damage region was moving away from the beam-column interface, resulted in degradation of drift capacity and rapid degradation of lateral strength. The presence of non-ductile lap splice outside critical region also potentially shift column's collapse mechanism from flexure to flexure-shear critical. The ability of lightly reinforced concrete columns to maintain its axial load carrying capacity to large drift ratios despite heavy damage and significant loss of lateral load carrying capacity indicates that lap splice failure does not create sudden collapse hazard.
ANALISIS RUTE TRANSPORTASI SAMPAH KOTA BAUBAU MENGGUNAKAN SAVING HEURISTIC Efendi, Ahmad; Bahar, Syamsul Bahri; Idwar, Idwar
Media Teknik Sipil Vol 16, No 1 (2018): Februari
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.587 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v16i1.5668

Abstract

Masalah persampahan di Kota Baubau adalah banyaknyak timbulan sampah yang terdapat di jalan-jalan sebagai akibat dari ketidakmampuan bak sampah dalam menampung sampah masyarakat. Target yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pola rute transportasi pengangkutan sampah yang efektif sehingga berimplikasi terhadap penurunan biaya operasional yang harus ditanggung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau. Metode yang digunakan adalah metode saving heuristic. Hasil penelitian diperoleh pada jalur 1 Kecamatan Murhum untuk rute sekali pelayanan sejauh 27,00 km dengan biaya operasional Rp 27.500,00/hari, rute dua kali pelayanan sejauh 50,62 km dengan biaya operasional Rp 44.000,00/hari dan rute tiga kali pelayanan sejauh 74,05 km dengan biaya operasional Rp 66.000,00/hari. Jalur 2 Kecamatan Murhum untuk rute sekali pelayanan sejauh 24,47 km dengan biaya operasional Rp 27.500,00/hari, rute dua kali pelayanan sejauh 25,88 km dengan biaya operasional Rp 44.000,00/hari dan rute tiga kali pelayanan sejauh 71,58 km dengan biaya operasional Rp 66.000,00/hari. Sedangkan Kecamatan Batupoaro, rute sekali pelayanan sejauh 26,21 km dengan biaya operasional Rp 27.500,00/hari, rute dua kali pelayanan sejauh 46,44 km dengan biaya operasional Rp 44.000,00/hari dan rute tiga kali pelayanan sejauh 68,49 km dengan biaya operasional Rp 60.500,00/hari.
PENGARUH BAHAN TAMBAH FLY ASH TERHADAP KARAKTERISTIK TANAH LEMPUNG EKSPANSIF DI DAERAH DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO Setyono, Ernawan; Sunarto, Sunarto; Wirasetiyo, Kukuh
Media Teknik Sipil Vol 16, No 1 (2018): Februari
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.311 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v16i1.5452

Abstract

Tanah berguna sebagai bahan bangunan pada berbagai macam pekerjaan, di samping itu tanah berfungsi juga sebagai pendukung pondasi dari bangunan maupun jalan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan usaha-usaha perkuatan yang di lakukan pada tanah yang bermasalah sehingga mempunyai daya dukung yang baik dan berkemampuan mempertahankan perubahan volume selama masa pelayanan walaupun terdapat perbedaan kondisi lapangan dan jenis tanah. Penelitian yang akan dilakukan adalah stabilisasi tanah lempung ekspansif dengan menggunakan bahan tambah fly ash dengan parameter mekanis CBR dan Kuat tekan bebas. Hasil penelitian dari pengaruh bahan tambah fly ash terhadap karakteristik tanah lempung ekspansif ialah mengalami penurunan dari uji batas konsistensi tanah seperti LL,PL dan PI. Kemudian untuk CBR dan Kuat Tekan Bebas dengan variasi campuran 0% sampai dengan 20% terus meningkat hingga mencapai titik puncak pada persentase 17,5% dengan nilai CBR 20,63% dan Kuat Tekan Bebas sebesar 0,53 kg/cm2, sedangkan pada persentase 20% menurun dengan nilai CBR  19,42% dan Kuat Tekan Bebas 0,525 kg/cm2. 
STUDI KEANDALAN DEBIT BENDUNG BLOBO DI MOLEK TERHADAP PERUBAHAN AREA LAHAN PERTANIAN Saleh, Chairil; Orfa, Lourina Evanale; Nurcahyo, Mas Ragil
Media Teknik Sipil Vol 16, No 1 (2018): Februari
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1256.016 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v16i1.5453

Abstract

Irigasi Molek adalah saluran irigasi yang mengairi sawah kec Kepanjen sampai dengan Sumberpucung. Sebelum Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Malang dari 2010 – 2030 ditetapkan, luas lahan pertanian  pada kedua kecamatan tersebut sebesar 3.971 Ha. Pada saat ini sebagian lahan pertanian direncanakan menjadi lahan permukiman sehingga tersisa daerah irigasi 2.187 Ha. Hal ini berdampak pada keandalan debit Bendung Blobo dalam mengairi area lahan pertanian, serta berpengaruh pada pola tata tanam yang sudah ada. Tujuan studi untuk mengetahui keandalan debit bendung blobo dalam mengairi area lahan pertanian dengan menghitung kebutuhan air yang tersedia menggunakan Metode FJ. Mock dan menghitung kebutuhan air. Dari studi ini didapatkan total kebutuhan air selama satu tahun untuk tanaman padi pada kondisi existing sebesar 6063.10 ltr/det dan pada kondisi akibat RTRW sebesar 3325.47 ltr/det. Dengan ketersediaan air diasumsikan tetap, maka total kebutuhan air pada kondisi extrim yaitu Musim Kering II sebesar 5.842 ltr/det yang mengakibatkan kekurangan air dan akibat RTRW mengalami kelebihan Air. Dari analisa tersebut menghasilkan pola tata tanam yang memaksimalkan kelebihan air akibat Rencana Umum Tata Ruang kab. Malang kec. Kepanjen.
EVALUASI KINERJA JARINGAN JALAN PANGERAN TRUNOJOYO KOTA PAMEKASAN Abadi, Khoirul; Amal, Andi Syaiful; Sumardi, Tommy
Media Teknik Sipil Vol 16, No 1 (2018): Februari
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.947 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v16i1.5752

Abstract

Jaringan jalan Pangeran Trunojoyo Kota Pamekasan merupakan salah satu kawasan yang berada di pusat kegiatan masyarakat yang terdapat ruas jalan dan simpang tiga bersinyal. Tata guna lahan sepanjang jalan Pangeran Trunojoyo berupa kegitan perdagangan, jasa dan pendidikan. Aktifitas masyarakat memberikan pengaruh terhadap pergerakan arus lalu lintas pada jaringan jalan Pangeran Trunojoyo. Tujuan dilakukan studi untuk mengetahui kinerja jaringan jalan di ruas jalan Pangeran Trunojoyo Kota Pamekasan pada saat ini. Metode studi ini mengacu Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 dengan pembahasan ruas jalan perkotaan dan simpang bersinyal. Berdasarkan hasil studi jam puncak di ruas jalan Pangeran Trunojoyo terjadi pukul 06.45 – 07.45 dengan kinerja ruas jalan koridor 1 (2/2 TB) nilai derajat kejenuhan (DS) 0,59, dengan kecepatan sesungguhnya (V) 35 km/jam, sedangkan kinerja ruas jalan koridor 2 (4/2 B) nilai (DS) 0.30, dengan (V) 50 km/jam pada jalur 1 (S - U) dan nilai DS 0.29, V 56 km/jam pada jalur 2 (U - S). Kinerja simpang tiga bersinyal nilai (DS) maksimum 0.71 terjadi pada pendekat Selatan, dengan panjang antrian (QL) 55.00 m.
KAJIAN TENTANG KOTA BERKELANJUTAN DI INDONESIA (STUDI KASUS KOTA YOGYAKARTA) Ervianto, Wulfram Indri
Media Teknik Sipil Vol 16, No 1 (2018): Februari
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.303 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v16i1.4995

Abstract

AbstractSustainability issues have become popular, these are caused by a global warming phenomenon that may concern the survival of life on the Earth by marking the increasing Earth’s average temperature caused by the greenhouse effect. The purpose of this study is to find out how the city of Yogyakarta accomodates the principles of eco-friendly approaches. The using of research methodology is based on qualitative approaches by interpreting of secondary data. Several achievements of sustainability which are (a) The increasing of Yogyakarta’s temperature and humidity is relatively high, one of  the effect is the lack of green open spaces, ± 17,98%. (b) In the case of air pollution issues indicate the level of carbon dioxide is 559.54 ppm exceeding the threshold applied by World Bank (381 PPM). (c) The inequality of income distribution indicates at the moderate imbalance (0,51). The result of this study are as follows : (a) To implement the concept of sustainable city. (b) To evaluate the environmental impact assessments for infrastructure in Yogyakarta. (c) To Issuie mayoral regulations requiring every infrastructure must have facility for treating hazardous and toxic waste materials independently and reporting periodic and routine audit results. (d) To develop appropriate technology for the processing of wastewater at the village level in order to be used for other purposes. (e) To enable economic activity at the village situation.Keywords: Study, Sustainable City, IndonesiaAbstrakIsu keberlanjutan menjadi populer, pemicunya adalah fenomena pemanasan global yang mengkawatirkan keberlangsungan kehidupan di Bumi. Gejalanya adalah meningkatnya suhu rata-rata di Bumi yang disebabkan oleh efek gas rumah kaca. Tujuan kajian adalah untuk mengetahui capaian kota Yogyakarta telah mengakomodasi prinsip ramah lingkungan. Metodologi penelitian yang digunakan didasarkan pada pendekatan kualitatif melalui interpertasi data sekunder yang tersedia dan dapat diakses oleh umum. Beberapa capaian keberlanjutan di kota Yogyakarta adalah: (a) Suhu dan kelembaban kota Yogyakarta mengalami peningkatan relatif tinggi, disebabkan karena terbatasnya ruang terbuka hijau, yaitu ±17,98%. (b) Pencemaran udara, kadar  sebesar ±559,54 PPM melebihi ambang batas yang ditetapkan oleh World Bank, yaitu 381 PPM. (c) Rasio gini pada ketimpangan moderat (0,451). Hasil kajian adalah : (a) Mengimplementasikan konsep kota berkelanjutan secara lengkap dan benar. (b) Mengevaluasi analisis dampak lingkungan untuk hotel, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan di kota Yogyakarta. (c) Menerbitkan peraturan walikota yang mewajibkan setiap hotel, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan memiliki fasilitas pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun secara mandiri dan melaporkan hasil audit secara berkala dan rutin. (d) Mengembangkan teknologi tepat guna untuk pengolahan limbah cair di tingkat kampung. (e) Menghidupkan aktivitas ekonomi di tingkat kampung.Kata kunci: Kajian, Kota Berkelanjutan, Indonesia.
ANALISIS KAPASITAS PARKIR DI SEKITAR STASIUN BOGOR Syaiful, Syaiful; Rulhendri, Rulhendri; Syaifudin, Achmad
Media Teknik Sipil Vol 16, No 1 (2018): Februari
Publisher : Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.541 KB) | DOI: 10.22219/jmts.v16i1.5042

Abstract

Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa parkir ditinjau dari lima aspek yaitu Kemampuan Ujian (tangible), kemampuan nyataan (reliability), kecepatan tanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Adapun metode survei di lapangan (field research) yaitu pengamatan langsung di sekitar Stasiun Bogor melalui penyebaran surveyor pada titik-titik pengamatan (cordon count). Hasil survei dianalisis menggunakan program Microsoft Excel. Pengambilan data dengan cara mencatat jumlah kendaraan bermotor yang masuk dan keluar pada waktu tertentu. Didapatkan kapasitas parkir untuk  digunakan dalam perhitungan kapasitas parkir survei (eksisting) sebesar 409 SRP untuk parkir motor di tempat A dan 247 SRP untuk parkir motor di tempat B. Hasil penelitian menunjukan bahwa volume maksimum parkir mencapai 414 motor untuk parkiran A dan 360 motor untuk parkiran B. Akumulasi tertinggi mencapai 384 motor untuk parkiran motor A dan 305 motor untuk parkiran B. Penggunaan ruang parkir ditinjau dari Parking Turn Over mencapai rata-rata 0,964 untuk parkiran A dan 1,416 untuk parkiran B. Jika kebutuhan ruang parkir lebih besar dari kapasitas tesedia maka jumlah ruang parkir tersebut tidak mencukupi. Demikian sebaliknya, apabila kebutuhan ruang parkir lebih kecil dari kapasitas tersedia berarti artinya jumlah ruang parkir masih mampu menampung kendaraan yang akan parkir. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7