cover
Contact Name
Taufik Raharjo
Contact Email
taufik.raharjo@pknstan.ac.id
Phone
+6281329643926
Journal Mail Official
taufik.raharjo@pknstan.ac.id
Editorial Address
Politeknik Keuangan Negara STAN Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15222
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT)
ISSN : 26848120     EISSN : 26861143     DOI : https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1178
Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT) dengan P-ISSN 2684-8120, e-ISSN 2686-1143 merupakan jurnal nasional yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan November oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Keuangan Negara STAN. Jumlah artikel dalam jurnal ini minimal 10 artikel per tahun. Artikel yang dimuat meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan dengan penerapan pengetahuan (Pertanian, Perikanan, Kelautan, Lingkungan Hidup, Manajemen Bencana, Kesehatan, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Sosial, dan Budaya, Teknologi Terapan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Pendidikan) dalam memberdayakan masyarakat. Setiap artikel yang dikirim ke Editor, akan ditinjau dan diteliti oleh dewan editorial untuk kelayakan atau publikasi tanpa mengurangi substansi artikel. Semoga artikel dalam jurnal ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perkembangan iilmu pengetahuan di Indonesia dan juga internasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2023): Edisi November" : 11 Documents clear
Pemanfaatan Pelepah dan Bonggol Pisang (Musa sp.) Menjadi Cemilan untuk Peningkatan Gizi Masyarakat Desa Aman Damai Novita Sari Lubis; Safitri Safitri; Elis Yana; Handayani Siregar; Mira Wahyuni
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2187

Abstract

Pohon pisang selama ini hanya dimanfaatkan pada buah dan daun pisangnya saja. Buah pisang diolah menjadi keripik pisang, sale pisang dan jajanan basah. Sedangkan daun pisang digunakan untuk pembungkus makanan. Bagian buah pisang yang lain masih jarang digunakan. Salah satu   manfaat lain dari pohon pisang ialah batang pisang. Batang pisang pada bagian pelepah juga dapat dijadikan sebagai keripik dan juga pada bagian bonggol pisang yang dapat dijadikan stik bonggol pisang yang memiliki nilai gizi bagi tubuh. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Aman Damai Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat ini adalah (i) meningkatkan kesadaran kepada masyarakat di Desa Aman Damai untuk mengetahui bahwa batang pisang dan bonggol pisang dapat dijadikan sebagai makanan olahan yang memiliki nilai gizi, (ii) untuk membuat makanan yang banyak diminati oleh masyarakat di Desa Aman Damai, (iii) meningkatkan income/ pendapatan penduduk  di Desa Aman Damai dengan membuka usaha kripik pisang dan nugget bonggol pisang.
Penyusunan Modul Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bagi UMKM di Palembang Sumatera Selatan Ria Dewi Ambarwati; Nina Andriana; Sriyani Sriyani
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2256

Abstract

Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk menghasilkan output berupa modul UMKM dan pengadaan barang/jasa pemerintah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dalam rangka program pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Koperasi dengan tajuk Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) yang dicanangkan oleh Kemenparekraf, serta dalam rangka mengimplementasikan instruksi presiden nomor 2 tahun 2022. Metode pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan pengabdian ini yaitu dengan menggunakan metode FGD dan pengamatan simulasi. Kegiatan dilaksanakan baik secara daring maupun luring (tatap muka) selama enam bulan. Modul yang dihasilkan dari pengabdian ini, dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan bimbingan teknis dan pendampingan UMKM mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah, serta dipatenkan dengan Hak Cipta. Diharapkan modul ini menjadi acuan bagi satuan kerja dan UMKM lainnya dalam peningkatan pemahaman terkait pengadaan barang/jasa pemerintah dan dapat menyukseskan implementasi instruksi presiden Nomor 2 tahun 2022.
Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Produk Lokal Melalui Pendampingan Proses Produk Halal Self Declare bagi Pelaku UMK di Desa Cibetik Kota Serang Banten Nina Arlofa; Tiur Elysabeth
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.1878

Abstract

Konsumen muslim di Indonesia sangat membutuhkan label sertifikat halal pada produk yang akan dikonsumsi. Mengkonsumsi produk-produk halal, baik berupa makanan maupun minuman  merupakan salah satu syariat Islam yang harus dilpenuhi. Keseriusan pemerintah Indonesia dalam memberikan jaminan terhadap produk halal dibuktikan dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Jaminan Produk Halal. Peraturan-peraturan yang diberlakukan pemerintah mendorong pelaku usaha untuk segera memproses label halal bagi produk-produk usahanya. Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021 menyatakan bahwa sertifikasi halal bagi pelaku usaha mikro dan kecil didasarkan atas pernyataan pelaku usaha (self declare). Pendampingan proses produk halal self declare diberikan kepada para pelaku usaha di kampung Cibetik RT 05/RW 03 kelurahan Cilowong kecamatan Taktakan, kota Serang, Provinsi Banten. Pendampingan diberikan kepada tiga pelaku usaha rumahan yang memproduksi berbagai jenis makanan. Produk-produk makanan yang dihasilkan adalah kripik pisang, rempeyek, sagon dan emping. Pendampingan proses produk halal dimulai dengan melakukan sosialisasi pentingnya memiliki sertifikat halal bagi produk usaha serta prosedur memperoleh sertifikat halal self declare. Pendampingan dilanjutkan dengan  membantu membuat Nomor Induk Berusaha (NIB), mengisi manual Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) dan memfasilitasi pelaku usaha pada aplikasi SiHalal yang diawali dengan membuat akun SiHalal sampai pengajuan sertifikat halal self declare. Pendampingan proses produk halal self declare dibantu oleh mahasiswa KKM kelompok 47 Universitas Serang Raya.
Mengelola Potensi Desa Sebagai Modal Bisnis Badan Usaha Milik Gampong Bakau Hulu Devi Maulana; Taufik Raharjo; Marianto Marianto
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2166

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meng­identifikasi permasalahan dan memberikan solusi terkait dengan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan di Gampong Bakau Hulu, Kecamatan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan pendekatan metode pendampingan dengan tahapan diskusi kelompok terarah dan pendampingan. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan bantuan dalam memperbaiki berkas-berkas kelembagaan, khusus­nya berkas pendirian, membuat analisa kelayakan usaha untuk rencana usaha baru, dan menyusun laporan keuangan sesuai kemampuan. Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Gampong Bakau Hulu adalah dari segi Sumber Daya Manusia yang masih terbatas mengakibatkan berkas kelembagaan tidak rapi, peren­canaan bisnis belum menggunakan analisis kelayakan sehingga sangat riskan. dalam pelaksanaannya, serta pengelolaan keuangan yang masih manual. Dampak dari kegiatan pengabdian ini adalah tersusunnya berkas-berkas kelembagaan BUMG serta tersusunnya analisis kelayakan bisnis BUMG sehingga pengelolaan BUMG lebih terarah.
Edukasi Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menuju Kota Makassar Sehat dan Hijau Lilyana Susan; Azwar Azwar; Rabiah Al-Adaliah
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2209

Abstract

Kota Makassar merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar kesepuluh di Indonesia dengan jumlah sampah yang terus meningkat. Volume sampah yang masuk di TPA sampah diperkirakan sebanyak 650 ton per hari. Persoalan pengelolaan sampah menjadi rumit dan sistemik, di antaranya disebabkan oleh rendahnya tingkat kesadaran warga dan manajemen kebijakan pengelolaan sampah yang belum optimal. Departemen Lingkungan Hidup MWP berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perda No 9. tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme bagi kaum ibu rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan masya­rakat, khususnya kaum ibu rumah tangga, dalam pengolahan dan peman­faatan sampah organik rumah tangga menjadi eco-enzyme. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pelatihan/workshop) ini adalah ceramah (sosialisasi) tatap muka, simulasi atau peragaan, dan praktek langsung tentang pengolahan eco-enzyme. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di MaxOne Hotel & Resort, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari Minggu, 11 Juni 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta dari kaum ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil evaluasi, terlihat bahwa alumni pelatihan cukup aktif menindaklanjuti hasil pelatihan dengan melakukan praktik pembuatan dan pengolahan sampah organik rumah tangga di rumah masing-masing. Hasil ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keteram­pilan masyarakat, khususnya kaum ibu rumah tangga, dalam pengolahan dan pemanfaatan sampah organik rumah tangga menjadi produk yang memiliki nilai tambah yaitu eco-enzyme, yang dapat bermanfaat sebagai desinfektan, pembersih peralatan rumah tangga, hand sanitizer, dan lainnya.
Peningkatan Keterampilan Industri Rumahan dalam Meningkatkan Kualitas Harga Produk Melalui Pendampingan Literasi Akuntansi Ade Nahdiatul Hasanah; Tri Wahyuni Sukiyaningsih; Nurhaidah Nurhaidah
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2219

Abstract

UMKM jenis industri rumahan sangat jauh dari kata standar jika dinilai pada dua komponen, tata kelola dan manajemen keuangannya. Topik ini masih menjadi pilihan pada pengabdi karena banyak industri rumahan yang belum terlihat memahami kedua komponen tersebut. Kami menawarkan konsep peningkatan keterampilan melalui literasi akuntansi. Dilla Sari Bakery kami pilih karena sangat minim SDM dan Kemampuan pembukuan yang masih konvensional. Produktivitas Dilla Sari Bakery saat ini berdasarkan sistem pesanan, dimana dua produk unggulan yaitu roti isi rasa nanas dan kelapa yang dipasarkan berdasarkan pesanan koperasi pabrik terbesar di Kota Serang, dan roti tawar jadul yang biasa dipesan toko panganan di Pasar Rau Kota Serang. Disebut jadul karena roti tawar tersebut tidak mengalami proses pemotongan. Diperoleh hasil yang cukup memuaskan, mengingat SDM yang mampu mengelola pembukuan adalah putri pemilik usaha dan dengan keahlian yang sederhana. Pemahaman akan akuntansi sistem double entry tidak dapat kami tawarkan, karena pengelola hanya mampu pada sistem single entry. Namun dengan terbatasnya kemampuan pengelola, nyatanya mampu menghitung harga pokok produksi pesanan dan menyusun laba kotor. Perhitungan harga pokok produksi pesanan menjadi landasan kualitas harga jual produk, sehingga laba yang dikehendaki akan optimal. Melalui program pengabdian masyarakat, dengan pola penyampaian materi akuntansi dan manajemen keuangan serta pendampingan perhitungan harga pokok produksi metode pesanan didapati Dilla Sari Bakery mengalami peningkatan literasi atau keilmuan dalam mengelola keuangannya, walaupun masih terdapat kendala pada terbatas pada SDM dan manajemen waktu penyusunan keuangan.
Literasi Keuangan Pasar Modal bagi Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru Neneng - Salmiah; Rita Wiyati; Afred Suci
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2241

Abstract

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 menunjukkan tingkat literasi keuangan sektor pasar modal paling rendah yaitu sebesar 4,29% dan persentase literasi keuangan berdasarkan klasifikasi usia yang paling rendah pada kelompok usia 15 – 17 tahun yaitu sebesar 15,92%. Kemudian hasil SNLIK tahun 2022 menunjukkan tingkat literasi keuangan sektor pasar modal juga paling rendah bahkan turun dibanding tahun 2019 yaitu sebesar 4,11%. Disamping itu, hasil SNLIK tahun 2022 berdasarkan kategori pendidikan juga menunjukkan tingkat literasi keuangan lulus SMP dan SMA masih rendah, masing-masing se­besar 46,61% dan 52,88%.  Dengan demikian Siswa SLTA menjadi sasaran penyuluhan untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya tentang pasar modal. SMK Bina Profesi Pekanbaru adalah salah satu mitra FEB Unilak dalam melakukan tridharma perguruan tinggi. Berdasarkan hasil wawancara Tim PKM FEB dengan Kepala Sekolah SMK Bina Profesi Pekanbaru, diperoleh informasi bahwa Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru belum pernah mendapatkan literasi keuangan pasar modal sehingga literasi keuangan pasar modal siswa di sekolah tersebut masih rendah. PKM ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan pasar modal terkait pengetahuan tentang definisi pasar modal dan investasi, pentingnya investasi, saham, obligasi, reksadana, pengetahuan tentang tempat transaksi berinvestasi, peran bursa efek, produk-produk yang diperdagangkan di bursa efek. Metode yang digunakan adalah melakukan pre test, ceramah, tanya jawab, dan post test. Hasil yang dicapai dari Kegiatan PKM ini diperoleh dari perbandingan hasil post test dengan hasil pre test. Hasil perbandingan post test dengan hasil pre test menunjukkan bahwa sebelum dilakukan PKM, Siswa SMK Bina Profesi hanya memiliki pengetahuan tentang pentingnya berinvestasi dan setelah dilakukan PKM, ada peningkatan literasi keuangan pasar modal secara keseluruhan.   
Literasi dan Inklusi Keuangan pada Gen Z guna Mendukung Agenda SDG’s di Indonesia Mila Indriastuti; Elsa Rosalinda; Mutia Maulida; Nabila Samiha; Siti Ismawati
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2289

Abstract

Pemahaman literasi dan inklusi keuangan bagi Generasi Z (Gen Z) memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi Gen Z di lingkungan SMK yang berlokasi di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam program ini adalah Community-Based Participant Research (CBPR) yang dimulai dengan observasi permasalahan mitra, sosialisasi serta melakukan seminar yang meliputi tema pemanfaatan uang, pengenalan OJK, industri jasa keuangan mulai dari bank sampai dengan financial technology P2P Lending. Guna mengetahui tingkat efektivitas program ini, maka dilakukan pretest dan posttest terhadap semua peserta seminar. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa sebesar 50% setelah mendapatkan materi oleh narasumber. Nilai ini diambil dari 59 siswa, sebelum pretest siswa yang memiliki nilai di range 70-100 hanya sebesar 49,2%. Sementara presentasi posttest pada range nilai yang sama mengalami peningkatan sebesar 88,3%. Hasil evaluasi ini akan menjadi dasar bagi Tim PKM FEB UHAMKA untuk melanjutkan upaya serupa di berbagai sekolah menengah kejuruan di wilayah Jabodetabek agar semua siswa teredukasi literasi keuangan dan tidak terjebak dengan masalah finansial di masa yang akan datang.
Sosialisasi dan Pendampingan Bagi Orang Tua dan Guru Sebagai Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Aliva Rosdiana; Dina Amalia
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2291

Abstract

Permendikbud No. 1 tahun 2021 pasal 31 ayat 3 menyatakan dihapusnya tes baca, tulis, dan hitung dalam syarat penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SD/MI. Namun beberapa sekolah masih menerapkan syarat ini khususnya pada kemampuan anak membaca karena dianggap sebagai satu-satunya bukti keber­hasilan belajar. Guru dan orang tua belum memiliki strategi yang tepat dalam membimbing proses pembelajaran membaca bagi anak. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah sosialisasi dan pendam­pingan bagi guru dan orang tua sebagai solusi untuk meningkatkan kemam­puan anak membaca dengan menggunakan media cerita bergambar di Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) Ilman Nafi' Kabupaten Kudus. Metode pengabdian ini berupa sosialisasi dan pendampingan. Sosiali­sasi berupa penyuluhan mengenai strategi mengajarkan membaca melalui media cerita bergambar (pictorial story) kepada guru dan orang tua. Pendampingan yang dilakukan berupa praktek guru dan orang tua mengajarkan anak membaca dengan media cerita bergambar (pictorial story). Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi kunjungan lapangan, wawancara, sosialisasi, pendam­pingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diperoleh peningkatan pengetahuan mengenai strategi cara membimbing anak membaca dengan menggunakan media cerita bergambar (pictorial story) bagi guru dan orang tua. Hal ini terlihat dari sebelum sosialisasi materi dengan angket skor 15% meningkat menjadi 80% pada angket setelah diberikan materi.  
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi bagi Guru SMK untuk Mempersiapkan Mata Pelajaran Pilihan pada Kurikulum Merdeka Vita Fitria Sari; Fefri Indra Arza; Nurzi Sebrina; Dewi Pebriyani; Fitria Ridhaningsih
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 5 No 2 (2023): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v5i2.2296

Abstract

Keberadaan koperasi sekolah tidak hanya semata-mata melaksanakan kegiat­an ekonomi namun juga berperan sebagai wadah praktik bagi siswa khususnya pada SMK Bisnis dan Manajemen. Keterbatasan kemampuan sumber daya manusia menjadi permasalahan utama dalam penyusunan laporan keuangan koperasi, sangat disayangkan hal ini juga terjadi pada koperasi sekolah yang ada di SMK Bisnis dan Manajemen meskipun telah memiliki guru dengan kompetensi akuntansi. Hal ini disebabkan karena akuntansi koperasi berbeda dengan akuntansi swasta yang diajarkan dan dipahami guru akuntansi selama ini. Akuntansi koperasi belum pernah diajarkan sebagai mata pelajaran di SMK Bisnis dan Manajemen sehingga guru jarang meng-update kemampuan terkait bidang ini. Diterapkannya Kurikulum Merdeka di SMK memberikan kebebasan bagi sekolah dalam menyusun kurikulum yang dibutuhkan oleh sekolah, untuk kedepannya diharapkan akuntansi koperasi dapat dijadikan mata pelajaran pilihan mengingat pentingnya keberadaan koperasi baik di sekolah maupun diluar sekolah. Oleh karena ini PKM ini dirancang untuk memberikan pelatihan penyusunan keuangan bagi guru SMK yang terlibat sebagai pengelola koperasi dan mereka diharapkan dapat merancang modul ajar untuk menjadikan akuntansi koperasi sebagai mata Pelajaran pilihan. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan ini guru SMK telah mendapatkan materi yang relevan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi baik secara manual maupun terkomputerisasi dan dirancang draft modul ajar yang dapat dijadikan referensi dalam mempersiapkan akuntansi koperasi sebagai mata pelajaran pilihan dalam kurikulum merdeka di SMK.

Page 1 of 2 | Total Record : 11