cover
Contact Name
Dwi Susilowati
Contact Email
seagri@unisma.ac.id
Phone
+6289650421084
Journal Mail Official
seagri@unisma.ac.id
Editorial Address
Jl. MT Haryono No.193 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
SEAGRI
ISSN : 23391111     EISSN : -     DOI : 10.33474
SEAGRI is a periodical journal of the Department of Socio-economy, Agribusiness Study Program, Faculty of Agriculture, Islamic University of Malang, which is published twice a year, in February and June. SEAGRI can be a reference for writers who will publish manuscripts, or readers who will write manuscripts. The article, which will be published in the SEAGRI journal, refers to analysis studies or research results, services related to socio-economic and agricultural business.
Articles 175 Documents
PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION STARBUCKS DI KOTA MALANG Egi Purnomo; Nikmatul Khoiriyah; Moch Noerhadi Sudjoni
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 9, No 1 (2021): SEAGRI VOLUME 9 NO 1 2021
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.16 KB)

Abstract

AbstractSaat ini terdapat berbagai macam kedai kopi di Malang, baik dari kedai kopi asing maupun dari Indonesia. Di antara sekian banyak kedai kopi di Malang, Starbucks adalah yang paling terkenal di Indonesia dan dunia. Sebagai salah satu kedai kopi di Malang yang ingin terus bertahan dan semakin berkembang maka Starbucks perlu meningkatkan service quality. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat service quality dan menganalisis variabel-variabel service quality (tangibless, realibility, responsiveness, assurance dan Empathy) berpengaruh secara simultan terhadap customer satisfactionpada pada Starbucks cabang Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan secara Accidental Sampling dan jumlah sempel di tentukan dengan Quota Sampling dengan jumlah 124 sempel.  Analisis menggunakan regresi linier berganda Bahwa service quality di peroleh hasil yang signifikan sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 dengan demikian berdasarkan hasil penelitian, hipotesis yang diajukan yaitu bahwa faktor tangibless, reliability, responsiveness, assurance dan Empathy berpengaruh secara simultan terhadap  customer satisfaction  Starbucks Malang. Hasil jawaban responden yang telah diberikan menunjukkan bahwa tingkat service    quality (tangibless, reliability, responsiveness, assurance dan Empathy) sangat baik terhadap customer satisfaction.
FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI JAGUNG DI DESA PUTUKREJO KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG (Studi Kasus di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang) Romli Ayadi
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 7, No 4 (2019): Seagri
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.201 KB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui efisiensi usahatani  jagung di Desa putukrejo Kecamatan gondanglegi Kabupaten Malang. 2). Untuk menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi produksi jagung di Desa putukrejo Kecamatan gondanglegi Kabupaten Malang. Dapat diketahui bahwa efisiensi usahatani jagung di Desa Putukrejo sudah efisien karena nilai R/C Ration nya sebesar 1.62 atau lebih dari satu. ini menjelaskan bahwa usahatani jagung di Desa Putukrejo layak untuk dikembangkan. Hasil analisis regresi berganda model Cobb Douglass menyatakan bahwa yang mempengaruhi faktor-faktor produksi jagung adalah benih, pupuk urea, pupuk phonska,dan tenaga kerja. Sedangkan variabel pupuk kandang dan pestisida tidak berpengaruh terhadap produksi
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR HIDROPONIK (STUDI KASUS POJOK HIDROPONIK KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG) M. Sholahuddin Fawwaz; Noerhadi Sudjoni; Dwi Susilowati
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 10, No 5 (2022): SEAGRI VOLUME 10 NOMOR 5 TAHUN 2022
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.541 KB)

Abstract

AbstrakSystem pertanian hidrodponik yaitu berasal dari Bahasa yunani, yaitu hydro yang berarti air dan ponics yang berarti bekerja tenaga atau daya. Konsep back to nature secara tidak langsung juga memengaruhi pola konsumsi masyarakat Indonesia dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran. Factor yang mempegaruhi keputusan pembelian sayur hidroponik haruslah di perhatikan oleh para pelaku usaha sayur hidroponik, karena dengan melihat beberapa factor yang mempengaruhi pembelian produsen dapat menjaarin konsumen sebanyak mungkin dan dapat menguasai pasar yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakteristik konsumen sayur hidroponik di Pojok Hidroponik Kec. Ngunut Kab. Tulungagung 2) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli sayur hidroponik di Pojok Hidroponik, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Untuk mengetahui faktor pemebelian sayur hidroponik yang tepat. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis Model Regresi Logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis Model Regresi Logit ada 4 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu harga dengan nilai signifikansi 0,055, kualitas dengan nilai signifikansi 0,10, pendapatan dengan nilai signifikansi 0,42, selera dengan nilai sinifikansi 0,56 dan duavariable yang tidak berpengaruh yaitu gaya hidup dengan nilai signifikansi 0,140 dan pendidikan dengan nilai signifikansi 0,442Kata Kunci : Sayuran Hidroponik, Logit, Signifikansi.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI KENTANG (SOLANUM TUBEROSUM) DI DESA SUMBER BRANTAS KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU JAWA TIMUR Rini Lestari; Dwi Susilowati; Sri Hindarti
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 9, No 4 (2021): Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (SEAGRI)
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.417 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui Efisiensi Usahatani Kentang di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. 2. Untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Pada Usahatani Kentang di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan Bulan Februani-Maret 2021 di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan pendekatan kuantitatif surve lapang. Pemilihan Lokasi di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur sebagai lokasi penelitian itu dilakukan secara sengaja (purposive), dengan menggunakan metode random sampling dari 140 populasi petani kentang didapatkan sampel 35 sampel petani kentang. Di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Malang Jawa Timur di dapatkan rata-rata penerimaan sebesar Rp. 92.179.525,90/Ha/Mt dan didapatkan nilai R/C Ratio nya sebesar 1,04 dimana nilai R/C Ratio > 1 yangberarti bahwa usahatani tersebut efisien atau menguntungkan. Berdasarkan analisis fungsi produksi Cobb Douglas yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa usahatani kentang di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur dapat di katakana efisien dan menguntungkan. Nilai F hitung yang diperoleh sebesar 20,73 dengan nilai probabilitas sebesar 0,0001 (lebih kecil dari 0,05) pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. Variabel faktor yang mempengaruhi produksi kentang adalah luas lahan, bibit, pupuk kandang, pupuk NPK dan pupuk TSP sedang variabel yang tidak berpengaruh nyata adalah pestisida dan tenaga kerja.Kata Kunci : Fungsi Produksi Cobb Douglas, Kentang, Usahatani.
PENDUGAAN ELASTISIAS PERMINTAAN INPUT PADA USAHATANI WORTEL DI DESA SUMBER BRANTAS KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU Farhatul Qolbi; Bambang Siswadi; Masyhuri Mahfudz
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 7, No 2 (2019): SEAGRI
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.977 KB)

Abstract

AbstractThis study objectives is to analyze the effect of production factors on the benefits of carrot farming and predict the elasticity of input demand on carrot farming in Sumber Berantas Village, Batu City. Location selection was done purposively by using data collection methods using simple random sampling using a sample of 60 carrot farmers. Data analysis used using descriptive analysis, Cobb Douglas production function analysis and Douglas method (UOP-CDPF) Output Price Unit or UOP of Cobb Douglass Profit Function. Based on the results of analysis using the Cobb-Douglass UOP profit function the Output Price Unit or UOP of Cobb Douglass Profit Function (UOP-CDPF) is obtained by factors that influence the profit function seen from the results of the t test. the results of carrot production are manure, NPK fertilizer and medicine because it has a value of P <0.05. The calculated F value is obtained at 14.60 with a probability of 0,000 or less than 0.05 at a confidence level of 99%. Elasticity of input demand: (a) Price elasticity of demand is elastic for variable seeds, manure, urea, NPK fertilizer, ZA fertilizer, drugs and labor inelastic because of the value Ep> 1. (b) The elasticity of cross-price requests for all variables, namely seeds, manure, urea, NPK fertilizer, ZA fertilizer, drugs and labor are complementary, because the Ep value is <0 or -1. (c) Eelasticity of variable input demandfor fixed or income inputs (icome elasticity). of all variables, namely seeds, manure, urea, NPK fertilizer, ZA fertilizer, drugs and labor are inferior, because they have a value of Ei <1.Keywords: The elasticity, of the request
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN ORGANIK STUDI KASUS DI ABANG SAYUR ORGANIK KOTA MALANG Aisyah Ramadhani; Dwi Susilowati; Sri Hindarti
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 9, No 2 (2021): SEAGRI Volume 9 No 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.412 KB)

Abstract

AbstrakSayuran organik adalah sayuran yang mengandung lebih banyak zat besi, nutrisi, anti oksidan, mineral dan terhindar dari bahan kimia. Sejalan dengan perubahan gaya hidup sehat, mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran organik. Hal ini membuka peluang usaha sayuran organik semakin meningkat dan persaingan ketat. Untuk itu perlu adanya strategi pemasaran yang tepat untuk mengatasi persaingan dan menarik konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada Abang Sayur Organik (ASO), (2) untuk mengetahui strategi pemasaran sayuran organik yang tepat. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis matriks IFAS, matriks EFAS, matriks IE, analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  berdasarkan analisis IFAS dengan skor internal 0,55 merupakan kekuatan utama ASO yaitu kualitas produk dan pemasaran/ promosi dengan media online, sedangkan kelemahan utama ditunjukkan dengan skor sebesar 0,35 yaitu lokasi usaha yang kurang strategis. Berdasarkan analisis EFAS peluang utama ditunjukkan dengan skor sebesar 0,80 skor yaitu pangsa pasar sayuran organik akan terus meningkat, sedangkan ancaman utama ditunjukkan dengan skor 0,40 yaitu kondisi ekonomi masyarakat yang saat ini tidak stabil karena pandemi covid-19. Hasil matriks IE menunjukkan posisi perusahaan berada di kuadran I, yaitu growth and build (tumbuh dan kembangkan). Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh “Abang Sayur Organik” dan prioritas strategi alternatif terpilih yang tepat untuk direkomendasikan kepada “Abang Sayur Organik” berdasarkan hasil analisis QSPM adalah mempertahankan kualitas produk untuk meningkatkan penjualan dengan total nilai atraktif (TAS) tertinggi sebesar 5,22.Kata Kunci : Sayuran Organik , SWOT, QSPM, Strategi Pemasaran.
ANALISIS OPTIMASI SISTEM TANAM TUMPANGSARI USAHATANI CABAI RAWIT DENGAN SAYURAN DI DESA NGANTRU, KECAMATAN NGANTANG, KABUPATEN MALANG, JAWA TIMU Eka Purnamasari; Masyhuri Mahfudz; Farida Syakir
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.904 KB)

Abstract

     This study aims to determine the Farm feasibility of each vegetable farming (cayenne pepper, shallots, and mustard greens), and determine the optimization of intercropping farming systems cayenne pepper with vegetables (shallots, mustard greens) and sensitivity value that does not change optimal solution. This research was determined purposively in Ngantru Village, Ngantang District, Malang Regency, East Java. The method used is farm analysis and linear program analysis using the simplex method using LINDO (Linear Interactive Discrete Optimizer) application. The results of the analysis show the average R/C Ratio of cayenne pepper with a planting area of 0.196 ha is 1.6. Average R/C Ratio of  mustard greens with a planting area of 0.1453 ha is 1.3. Average R/C Ratio of shallots with a planting area of  0.126 ha is 1.4. Which means that farming is feasible to be cultivated, because R / C Ratio is greater than 1. While the optimization that gets the highest income is optimization model 2 consisting of cayenne pepper plants with shallots, with an optimal income of Rp 21.554.560,00. Optimal producttion of cayenne pepper (x1) is 1,102 kg, and optimal production of shallot (X3) is 1,633 kg. The sensitivity value that does not change the optimal solution is divided into two, namely the range when ther is a change in the coefficient of the objective function to the optimal solution and the range when there is a change in right value of the limiting function on the optimal solution.
Farmers' Perceptions Of The Factors That Influence The Production Of Sugarcane Farming Ajatkan Ajatkan; Ahmad Dedy Syathori; Nikmatul Khoiriyah
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.909 KB)

Abstract

Tebu merupakan bahan baku gula. Gula merupakan komoditas politik di Indonesia. Permintaan gula sangat tinggi dan seringkali dipenuhi dari impor yang cukup tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi petani terhadap factor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani tebu. Data penelitian menggunakan data primer, dikumpulkan melalui wawancara langsung kepada 37 petani tebu di desa Majangtengah, kecamatan Dampit, kabupaten Malang. Pengukuran data penelitian menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa persepsi petani untuk tenaga kerja, luas lahan dan teknologi berpengaruh positif terhadap produksi usahatani tebu, sedangkan pupuk negative. Dapat diartikan bahwa persepsi petani terhadap penggunaan semua jenis pupuk dapat menurunkan produksi usahatani tebu. Adapun saran dari hasil penelitian ini agar diberikan penyuluhan kepada petani tebu agar memberikan pupuk sesuai anjuran pabrik atau sesuai dengan pedoman teknologi baru untuk tanaman tebu.
ANALISIS EFISIENSI TEKNIS DALAM PENINGKATAN PRODUKSI WORTEL DI DESA SUMBER BRANTAS KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU dina kartika sari
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 7, No 3 (2019): SEAGRI
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.349 KB)

Abstract

ABSTRACTThe increase in carrots in Indonesia is fluctuating and tends to decrease so that to fulfill their consumption needs to be done through imports, therefore a study of increasing carrot production needs to be done.This research is to knowing the analysis of the technical efficiency of production factors in increasing carrot production in Sumber Brantas Village.With a population of farmers as many as 144 people and using a slovin method that obtained 60 samples that adequately represented the population. The results of analysis using Cobb-Douglass; Stochastic Frontier for technical efficiency gets production factors that have partial effects, namely land, labor, sigma squared, gamma on ineficiency socio-economic factors that is age, family members, experience, activation in farmer groups (Dummy) with level different significanceKeyword : carrot, eficiency
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Dalam Menanam Padi (Oryza Sativa, L) Benih Varietas Ciherang Di Desa Prayungan Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Mohamad Hanif Adha Wijaya; Ahmad Dedy Syathori; Dwi Susilowati
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Vol 10, No 2 (2022): SEAGRI Volume 10 Nomor 02 Tahun 2022
Publisher : Program Studi Agribisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.216 KB)

Abstract

AbstrakPertanian merupakan bagian terpenting bagi suatu negara, selain sebagai penompang negara, pertanian juga menjadi prioritas utama dalam pembanganunan. Pertanian memiliki arti penting dalam pembangunan perekonomian bangsa Indonesia. Pemerintah telah menetapkan pertanian sebagai prioritas utama pembangunan dimasa mendatang. Pembangunan pertanian yang dikelola dengan baik dan bijak akan dapat meningkatkan pertumbuhan dan sekaligus pemerataan ekonomi secara berkelanjutan, mengatasi kemiskinan dan pengangguran, yang pada akhirnya mensejahterakan masyarakat Indonesia (Nurhaeda, Muhammad Siri Dangnga, 2019). Benih padi varietas ciherang dilepas oleh kementrian pertanian pada tahun 2000, adalah salah satu benih padi yang banyak diminati oleh masyarakat karena mempunyai beberapa kelebihan. Beberapa kelebihan varietas ciherang adalah tahan terhadap wereng coklat biotipe 2, tahan terhadap hawar daun bakteri strain 3, serta dapat menghasilkan beras yang pulen dan enak, varietas ciherang berumur cukup singkat yaitu sekitar 116-125 hari, anjuran tanam pada sawah irigasi dataran rendah sampai ketinggian 500 mdpl, dengan rata-rata hasil 6,0 ton/ha, potensi hasil 8,5 ton/ha kg. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui karakteristik petani dan anggota keluarga petani yang menanam benih padi varietas ciherang. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam menanam padi (Oryza Sativa L.) benih varietas ciherang di. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Prayungan Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu didasarkan atas pertimbangan berdasarkan kesesuaian karakteristik dan tujuan penelitian. Responden di ambil dari penduduk di Desa Karangtawar sebanyak 164 populasi, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dimana populasi memiliki strata secara proporsional proporsional (Sugiyono, 2009: 82) sehingga didapatkan 41 responden. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistika (regresi model logit). Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam menanam benih padi varietas ciherang adalah variable promosi, kualitas produk, dan pengaruh lingkungan sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel harga pendapatan petani.Kata Kunci : Karakteristik petani, Keputusan petani, Analisis Regresi Model Logit.

Page 1 of 18 | Total Record : 175