cover
Contact Name
Dwi Wahyu Pril Ranto
Contact Email
dwiwahyuprilranto@gmail.com
Phone
+6281931755205
Journal Mail Official
jbma@stibsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.43 Ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : 22525483     EISSN : 27158594     DOI : http://dx.doi.org/10.54131
Core Subject : Economy,
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret" : 7 Documents clear
Penerapan Akuntansi Manajemen dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada Ayam Geprek dan Penyet Lado Mudo) Ulfa, Kharismatul; Aji, Gunawan; Aci, Iklim Matunasia; Safa'ah, Laely
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54131/jbma.v11i1.175

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan entitas ekonomi produktif milik perorangan maupun badan usaha yang beroperasi untuk memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidup seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan akuntansi manajemen pada UMKM Ayam Geprek dan Penyet Lado Mudo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan dan mendeskripsikan temuan peneliti yang bersumber dari jurnal atau artikel dan dokumentasi lainnya. Penelitian ini juga melakukan observasi dan wawancara kepada pemilik usaha UMKM Ayam Geprek dan Penyet Lado Mudo yaitu Ibu Suparti (56). Hasil observasi dan wawancara adalah UMKM Ayam Geprek dan Penyet Lado Mudo telah melaksanakan fungsi-fungsi manjemen dalam penerapan akuntansi manajemen. Fungsi manajemen tersebut meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), pengendalian (controlling), dan pengambilan keputusan (decision making). Pelaku UMKM Ayam Geprek dan Penyet Lado Mudo yang terlibat dalam penerapan akuntansi manajemen menyadari akan tanggung jawab yang diemban yaitu dengan melaksanakan tugas dan wewenang dengan sungguh-sungguh dan jujur. Kata kunci: Akuntansi Manajemen, Fungsi Manajemen, UMKM
Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia Unit Rekam Medis Di RSUD Drs. H. Abu Hanifah Kabupaten Bangka Tengah Padhila, Salsa Bila; Yuliantoharinugroho, Yuliantoharinugroho; Sarjita, Sarjita
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54131/jbma.v11i1.180

Abstract

Keberadaan unit rekam medis pada suatu rumah sakit sangat penting. Hal ini karena sebagai sumber informasi yang berasal dari data rekam medis, oleh sebab itu perlu adanya manajemen mutu yang baik dalam penggelolaan rekam medis sehingga dapat digunakan sebagai landasan perencanaan dan untuk menilai kinerja unit pelayanan medis. Permasalahan pengelolaan rekam medis masih terjadi di RSUD Drs. H. Abu Hanifah Kabupaten Bangka Tengah yaitu penempatan petugas rekam medis belum sesuai dengan kompetensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan manajemen mutu Sumber daya Manusia di unit rekam medis RSUD Drs. H. Abu Hanifah Kabupaten Bangka Tengah. Penelitian ini adalah kualitatif. Cara pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber melalui wawancara terstruktur dengan kepala seksi penunjang klinis, kepala ruang rekam medis serta koordinator pengelolaan data rekam medis dan pelaporan RSUD Drs. H. Abu Hanifah Bangka Tengah. Hasil penelitian menunjukan RSUD Drs. H. Abu Hanifah Bangka Tengah telah melakukan perencanaan terhadap rekrutmen petugas rekam medis dengan baik. Pelaksanaan Monitoring dari perencanan karyawan dengan melihat kepatuhan terhadap SOP dan kedisiplinan. Identifikasi dari permasalahan yang timbul adalah ketidakpatuhan terhadap SOP serta kedisiplinan. Tindakan dan solusi yang telah dilakukan adalah memberikan teguran lisa, rotasi karyawan, surat peringatan hingga pemutusan kontrak kerja.
Pengaruh Algoritma TikTok dan Konten Kreatif Pada TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Putri, Ari Santi; Nurhayati, Siti
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54131/jbma.v11i1.182

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Algoritma TikTok dan Konten Kreatif pada TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif aplikasi TikTok dan TikTok Shop di Desa Menukung kota. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan Rumus Rao Purba dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Kualitas instrumen diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik dilakukan menggunakan uji yang berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi menggunakan aplikasi software komputer SPSS. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda melalui uji T, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi (râ‚‚). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t Algoritma TikTok mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pengguna TikTok Shop. Konten Kreatif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pengguna TikTok Shop. kata kunci : Algoritma, Konten Kreatif, TikTok Shop, Keputusan Pembelian
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul Fathoni, Muhammad Isnaini; Herlambang, Susatyo
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54131/jbma.v11i1.183

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality on inpatient satisfaction at Panembahan Senopati Hospital, Bantul. The population is people, while the sample used is 83 inpatients who perform inpatient services. The sampling technique in this study was accidental sampling, data collection was carried out by taking a questionnaire with a Likert scale. The analytical method used in this study was simple regression analysis with the SPSS 22 application. The results of the study (t test) showed that service quality had a significant effect on patient satisfaction with a significant value of 0.000 <0.05. The test results for the coefficient of determination obtained R Square of 0.302. this shows that the dependent variable of customer satisfaction is 30.2% influenced by the independent variable service quality, while 69.8% is influenced by other variables that have not been examined in this study.
Analisis Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Electronic Banking Terhadap Keputusan Generasi Z Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Fikri, Myrza Muhammad; Diwanti, Dyah Pikanthi
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54131/jbma.v11i1.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Electronic Banking Terhadap Keputusan Generasi Z menggunakan Jasa Perbankan Syariah pada nasabah mahasiswa aktif di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling, yaitu sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja responden yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data dan diolah data menggunakan program SmartPLS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Religiusitas, Pengetahuan dan Electronic Banking berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan generasi Z menggunakan jasa perbankan syariah. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang mempengaruhi minat seseorang untuk menggunakan produk perbankan Syariah. Kemudian pengetahuan manfaat pemakaian di perbankan syariah seseorang maka akan semakin tinggi minat menabung seseorang dan kemudahan serta keamanan dalam menggunakan electronic banking mempengaruhi seseorang untuk menggunakan produk perbankan Syariah.
Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Fahlefi, Wilis; Suliantoro, Suliantoro; Cahyani, Niken Ayu
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54131/jbma.v11i1.185

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Rumah Sakit Nur Hidayah, Bantul, D.I Yogyakarta pada bulan Februari 2023 berjumlah 107 orang, sedangkan sampelnya menggunakan sampel random berjumlah 84 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengumpulan dengan menggunakan SPSS.17. Analisis data menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa pelayanan dan fasilitas berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul D.I. Yogyakarta
Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat pada Konsumen Tiket.Com Wahyuni, Yuyun; Lenti, Norianti
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54131/jbma.v11i1.186

Abstract

This research aims to determine the influence of brand image and trust on airline ticket purchasing decisions among tiket.com consumers. The sampling tool used questionnaire media with a sample size of 150 respondents. The data used in this research is primary data. Data collection techniques use questionnaires. The population in this study are people who purchase airplane tickets using tiket.com. Before testing, the research instrument was first tested using validity and reliability tests. The analysis tool uses multiple linear regression tests. Hypothesis testing was carried out using the t test and F test, followed by the Determination Coefficient Test (R2) to determine the contribution of the included variables to the research results. The results of the regression test show that every one unit increase in the independent variable, both brand image and trust, will increase the decision to purchase airplane tickets. Hypothesis testing using the t test and F test gives the results that the two variables have a significant influence on the decision to purchase airplane tickets at the tiket.com company. The coefficient of determination obtained (R^2) was 40.6%, which means that the contribution of the brand image and trust variables to airline ticket purchasing decisions among tiket.com consumers was 40.6%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol. 11 No. 2 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi - Maret Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi - September Vol 5 No 1 (2018): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 4 No 1 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 2 No 2 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Agustus More Issue