cover
Contact Name
Firdaus Annas
Contact Email
firdaus@uinbukittinggi.ac.id
Phone
+6285263531621
Journal Mail Official
lattice.uinbukittinggi@gmail.com
Editorial Address
Rumah Jurnal UIN Bukittinggi Data Center building, 2rd floor at Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Jln Gurun Aua Kubang Putih Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam - West Sumatera - Indonesia Telp. 0752 33136 | Fax 0752 22871
Location
Kab. agam,
Sumatera barat
INDONESIA
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
ISSN : 27986470     EISSN : 27984621     DOI : https://www.doi.org/10.30983/lattice
Core Subject : Education,
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied (e-ISSN : 2798-4621 | p-ISSN : 2798-6470) is a journal which is published by Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, West Sumatera Indonesia. The journal is published twice a year in June and December. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied focused is to publish original research (qualitative research, classroom action research, development/design research are top priorities) and/or library analysis on how students learn mathematics and how mathematics is taught in primary, secondary or undergraduate level. The journal also welcomes articles that address common issues in mathematics.
Articles 55 Documents
Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ani Rosnita; Dian Lestari Suryabayu
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v1i2.5064

Abstract

One of the mathematics materials that have direct implications in students' lives is algebra, in this study devoted to the SPLDV material. Based on the phenomenon in the field, it is known that student learning outcomes are still low. This is triggered by the learning carried out by the teacher is still one-way in which the teacher is a source, provider, and provider of information (conventional), while students only record what the teacher says. For this reason, improvement efforts were made by conducting contextual learning. This study aims to determine the application of contextual learning to improve student learning outcomes. This research is a classroom action research which is a corrective action in learning. This research was conducted in class VIII.1 SMP N 1 Sungai Pua. The research was carried out in two cycles. Based on the results of the study, it was found that the application of a contextual learning approach could improve learning outcomes in mathematics subjects for SPLDV class VIII.1 SMP N 1 Sungai Pua. This can be seen from the average initial condition before the research was conducted, which was 60.21 with a completeness percentage of 33.33%. After doing research in the first cycle using a contextual learning approach on SPLDV material, it has increased with an average value of 72.17 with the percentage of students' completeness reaching 54.17%. Then proceed to cycle II by applying a contextual learning approach, student learning outcomes have increased. In the second cycle the average increased to 76,875 with the percentage of students' completeness reaching 83.33%. Salah satu materi matematika yang berimplikasi langsung dalam kehidupan siswa adalah aljabar, dalam penelitian ini dikhususkan pada materi SPLDV. Berdasarkan fenomena dilapangan diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dipicu oleh pembelajaran yang dilakukan guru  masih bersifat satu arah dimana guru sebagai sumber, penyedia, dan  pemberi informasi (konvensional), sedangkan siswa hanya mencatat apa  yang disampaikan guru. Untuk itu dilakukan usaha perbaikan dengan melakukan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu tindakan perbaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII.1 SMP N 1 Sungai Pua. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan  hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi SPLDV kelas VIII.1 SMP N 1 Sungai Pua. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal rata-rata sebelum dilakukan penelitian, yaitu 60,21 dengan persentase ketuntasan 33,33%. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi SPLDV mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 72,17 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 54,17%. Kemudian dilanjutkan ke siklus II dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 76,875 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 83,33%.
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Era New Normal Serli Restu Fauziah; Sefna Rismen; Lita Lovia
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v1i1.4744

Abstract

This research is motivated by the low ability of students to understand mathematical concepts when learning has been done online for almost a year at home, which is now back again face to face at school with less study time than usual. The purpose of this study was to find out how the students' mathematical concept understanding ability in the new normal era of class X science at Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Lubuk Malako, South Solok Regency. The research method used is descriptive method using a quantitative approach. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 18 students. The instrument used to collect data was in the form of a student's mathematical concept understanding ability test and interviews. The test results were analyzed based on the assessment criteria of high, medium, low, and very low. The results showed that the ability to understand mathematical concepts of students in the new normal era of class X science was still relatively low with a percentage of 39%, namely indicators of restating concepts, presenting concepts in various representations, and relating various mathematical concepts internally or externally. While the criteria are high with a percentage of 17%, moderate with a percentage of 33%, and very low with a percentage of 11%. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disaat belajar yang pernah dilakukan secara online hampir satu tahun di rumah yang sekarang kembali lagi tatap muka di sekolah dengan waktu belajar yag lebih sedikit dari biasanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di era new normal kelas X IPA di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Lubuk Malako Kabupaten Solok Selatan. Metode peelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan banyak sampel 18 siswa. Instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan wawancara. Hasil tes dianalisis berdasarkan kriteria penilaian yang tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di era new normal kelas X IPA masih tergolong rendah dengan persentase 39% yaitu indikator menyatakan ulang konsep, menyajikan konsep dalam berbagai representasi, dan mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal. Sedangkan kriteria tinggi dengan presentase 17%, sedang dengan presentase 33%, dan sangat rendah dengan presentase 11%.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Peluang Shafa Khadijah Rahmat; Hilman Robbany Arham
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v2i1.5542

Abstract

Students' problem solving skills are very important for everyone who will apply them both in other fields of study and in everyday life. The purpose of this study is to analyze the mathematical problem solving abilities of class VIII students in the 2021/2022 academic year. The sample in this study was class VIII students totaling 16 students who were taken randomly at one school in Karawang. This research is a descriptive research, while the data collection technique is done by giving 3 questions about the mathematical problem solving ability test. After the mathematical problem solving ability test is done, students will be divided into 3 categories, namely high, medium, and low. The results of the analysis in this study state that indicator 1 is in the medium category with a percentage of 68.75%, then the second indicator is in the medium category with a percentage of 50%, and the third and fourth indicators are in the low category with a percentage of 31.25% and 18.75 respectively. %. The average mathematical problem solving ability of students is 42.18% and is included in the medium category. The conclusions obtained in this study are that the average ability of students on the material opportunity is in the moderate category, especially in its application, other difficulties faced by students are found when students have not been able to understand the problems in questions or in the concept of arithmetic operations.Kemampuan pemecahan masalah peserta didik sangatlah penting untuk semua orang yang akan menerapkannya, baik dalam bidang studi lain di luar matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 16 peserta didik yang diambil secara acak pada salah satu sekolah di Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sedangkan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 3 (tiga) soal. Setelah dilakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, peserta didik akan dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil analisis pada penelitian ini menyatakan bahwa pada indikator pertama berkategori sedang dengan presentase 68,75%, lalu indikator kedua berkategori sedang dengan presentase 50%, dan indikator ketiga dan keempat berkategori rendah dengan masing-masing presentase yaitu 31,25% dan 18,75%. Adapun rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sebesar 42,18% dan termasuk dalam kategori sedang. Simpulan yang didapat pada penelitian ini adalah rata-rata kemampuan peserta didik pada materi peluang masuk pada kategori sedang terutama dalam penerapannya, kesulitan lain yang dihadapi peserta didik ditemukan Ketika peserta didik belum mampu memahami permasalahan pada soal ataupun pada konsep operasi hitung.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas X IPS Jefriza Jefriza; Zulfitri Aima; Lita Lovia
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v1i2.5017

Abstract

This research is motivated by the many mistakes made by students in solving story problems. The purpose of this study was to find out the mistakes made by students in solving story problems on Trigonometry material and to find out the causes of errors made by students in working on story problems on Trigonometry material. This research method uses a descriptive method with a qualitative approach. The subjects of this study were students of class X IPS SMA PGRI 3 Padang in the 2020/2021 academic year who had been selected by total sampling. Instruments used for data collection in the form of tests, interviews, and documentation. The test results were analyzed based on the error according to Newman. The results showed that some students made mistakes in understanding, errors in transforming, errors in processing skills, errors in writing the final answer. The cause of this error is that students do not know what is actually being asked in the problem, and accidentally get information on the question, so they cannot complete the information for the next step, do not understand how it turns into a question. mathematical models, and not proficient in counting. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita  pada materi Trigonometri dan mengetahui penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi Trigonometri. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas X IPS SMA PGRI 3 Padang Tahun Ajaran 2020/2021 yang telah dipilih secara total sampling. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tes dianalisis berdasarkan kesalahan menurut Newman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian siswa melakukan kesalahan dalam memahami, kesalahan dalam mentransformasi, kesalahan dalam keterampilan proses kesalahan penulisan jawaban akhir. Penyebab kesalahan ini adalah siswa tidak mengetahui apa yang sebenarnya ditanyakan dalam soal, dan tidak sengaja mendapatkan informasi pada soal tersebut, sehingga mereka tidak dapat melengkapi informasi untuk langkah selanjutnya, tidak mengerti bagaimana menjelma menjadi sebuah pertanyaan. model matematika, dan tidak mahir dalam menghitung.
Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Sigil pada Materi Transformasi Geometri Zuzilawati Zuzilawati; Rindang Kembar Sari; Haida Fitri
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v1i1.4973

Abstract

The purpose of this research is to develop e-module teaching materials using the sigil application. The type of this research is research and development (R&D). The development model used is a combination of 3-D and Luther Sutopo models, namely define, design, develop (concept, desing, collecting, assembly, testing and distribution materials). After the product was produced based on the results of product trials for aspects of validity, material experts and media experts obtained 82% which is very valid. Aspects of practicality for teachers and students with a percentage of 78.34% or practical, and for the effectiveness test the effective criteria are 77% while the test results are 82.56% with very effective criteria. So it can be concluded that the design of e-module teaching materials using the sigil application on the subject of Geometric Transformation for class XI SMA students is valid, practical and effective.Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi sigil. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah mengkombinasikan antara 3-D dan model Luther Sutopo yaitu define, design, develop (concept, desing, material collecting, assembly, testing dan distribution). Setelah produk dihasilkan berdasarkan hasil uji coba produk untuk aspek kevalidan pada ahli materi dan ahli media memperoleh 82% yaitu sangat valid. Aspek kepraktisan bagi guru dan siswa dengan persentase 78,34% atau praktis, dan untuk uji efektifitas memperoleh kriteria efektif sebesar 77% sedangkan dari hasil tes diperoleh 82,56% dengan kriteria sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa rancangan bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi sigil pada pokok bahasan Transformasi Geometri untuk anak kelas XI SMA dinyatakan valid, praktis dan efektif .
Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP Negeri 12 Padang Fenny Fitrianty; Alfi Yunita; Ratulani Juwita
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v2i1.5337

Abstract

This study aims to produce a valid and reliable test instrument that can measure students' problem solving abilities. The type of research used is research and development (R&D), namely the development of test instruments to measure mathematical problem solving abilities. The development model used is the Plomp model which consists of 3 phases: 1) Preliminary Research, 2) Prototyping Phase, 3) Assessment Phase. The test subjects in this study were eighth grade students of SMP Negeri 12 Padang, totaling 9 students. Based on the experiments carried out, it was found that: 1) the mathematical problem solving test instrument was said to be "valid" because based on the results of the CVR, namely 1, it met the criteria of 0.99 and the CVI was 1 with a very suitable category in the range of 0.68 - 1, 00. 2) The mathematical problem solving test instrument has a difficulty level with an average of 0.62 with the medium category in the range of 0.31-0.70. 3) The mathematical problem solving test instrument has a good discriminatory power with an average discriminating power of 0.52 with a sufficient category in the range of 0.41 – 0.70. 4) The mathematical problem solving test instrument is said to be reliable with a value of 0.8702 with a very high reliability category, in the range of 0.80 < r11 1.00. Thus, the test instrument for mathematical problem solving skills on the number pattern material is said to be valid and reliable.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah instrumen tes yang valid dan reliabel yang dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yaitu pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Plomp yang terdiri atas 3 (tiga) fase;  preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 9 (sembilan) orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen tes pemecahan masalah matematika dikatakan “Valid” karena berdasarkan hasil CVR yaitu 1, memenuhi kriteria 14≥"> 0,99 dan CVI yaitu 1 dengan kategori sangat sesuai (berada pada kisaran 0,68–1,00.2). Instrumen tes pemecahan masalah matematika memiliki tingkat kesukaran dengan rata–rata 0,62 dengan kategori sedang (berada pada kisaran 0,31–0,70.3). Instrumen tes pemecahan masalah matematika memiliki daya pembeda yang sudah baik dengan rata–rata daya pembeda adalah 0,52 dengan kategori cukup (berada pada kisaran 0,41–0,70.4). Instrumen tes pemecahan masalah matematika sudah dikatakan reliabel dengan nilai 0,8702 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi, berada pada kisaran 0,80 14<"> r11 14≤"> 1,00. Dengan demilikian, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan dikatakan valid dan reliabel.
Analisis Self Efficacy Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Mulia Suryani; Welly Apria
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v1i2.5163

Abstract

Self-efficacy of students in class XI TSM B SMK Negeri 1 Bukit Sundi is still low so it has a negative impact on self-efficacy and student mathematics learning outcomes. The purpose of this study was to determine how students' self efficacy after applying Think  pair square type cooperative learning models. This type of research is a descriptive method with a qualitative approach. The research subjects were all students of class XI TSM SMK Negeri 1 Bukit Sundi, amounting to two classes. The sampling technique is purposive sampling. The class chosen as the sample class is XI TSM B. To obtain the research data, an instrument in the form of a self efficacy questionnaire was used to interpret the self efficacy scores. The results obtained were 20% for the very strong criteria and 80% for the strong criteria, with an average of all indicators being 64.53% including the strong criteria. Dare to face the challenges is at the highest percentage with a percentage of 67.36% which is included in the strong criteria. He was sure that his success would be at the lowest percentage with the percentage of 60.19% and included in the strong criteria. It can be concluded that the students' self-efficacy during the application of Think  pair square type cooperative learning models in class XI TSM B SMK Negeri 1 Bukit Sundi Solok Regency with strong criteria on each indicator and needed continuous and continuous development Self efficacy siswa di kelas XI TSM B SMK Negeri 1 Bukit Sundi masih rendah sehingga berakibat terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah self efficacy siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think  pair Square. Jenis penelitian adalah penelitian dekriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TSM B. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa angket self efficacy dengan cara menginterpretasikan skor self efficacy. Hasil persentase rata-rata seluruh indikator adalah 64,53% termasuk pada kriteria kuat. Indikator Berani menghadapi tantangan berada pada persentase tertinggi dengan jumlah persentase sebesar 67,36% yang termasuk pada kriteria kuat. Yakin akan keberhasilan dirinya berada pada persentase terendah dengan jumlah persentase yaitu 60,19% dan termasuk pada kriteria kuat. Dapat disimpulkan bahwa Self efficacy siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think  pair square di kelas XI TSM B SMK Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok dengan kriteria kuat pada masing-masing indikator dan diperlukan pengembangan secara terus menerus dan berkelanjutan.
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan Ayah Fitri Yana; Haida Fitri
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v1i1.4975

Abstract

The background in this study is based on the observations of researchers at SMA Negeri 1 Merangin, based on the data on the educational level of fathers of class XI MIPA students who are very diverse where the percentages for elementary school/equivalent are 7.79%, junior high school/equivalent 12.98%, high school/equivalent 56.49% and the tertiary level 22.72%. However, with the father's education level still elementary/equivalent and junior high/equivalent, this does not make the student's mathematics learning outcomes low either. This study aims to determine the difference in the level of father's education on the students' mathematics learning outcomes carried out at SMA Negeri 1 Merangin. This study is a population study using ex-post facto research methods. The total population in this study amounted to 154 students. Data collection techniques using documentation. Based on the results of the study using the Oneway Anova test, the significance value of students' mathematics learning outcomes was sig = 0.808, at a significance level of = 0.05. Because the value of sig = 0.808 > = 0.05 so H0 is accepted. It can be concluded that there is no difference in students' mathematics learning outcomes based on the father's education level in the elementary, middle and high categories in class XI MIPA at SMA Negeri 1 Merangin. Latar belakang pada penelitian ini didasari oleh hasil observasi peneliti di SMA Negeri 1 Merangin, berdasarkan data tingkat pendidikan ayah  siswa kelas XI MIPA sangat beragam dimana diperoleh pesentase untuk tingkat  SD/sederejat sebesar 7.79%, SMP/sederajat 12.98%, SMA/sederajat 56.49% dan tingkat perguruan tinggi 22.72%. Namun dengan masih adanya tingkat pendidikan ayah SD/sederajat dan SMP/sederajat, hal tersebut tidak menjadikan hasil belajar matematika  siswa tersebut rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedan tingkat pendidikan ayah terhadap hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Merangin. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang menggunakan metode penelitian ex-post facto. Jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 154 siswa. Teknik  pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Oneway Anova diperoleh  nilai signifikansi hasil belajar matematika siswa sebesar sig = 0.808, pada taraf signifikansi α = 0.05. Karena nilai sig  = 0.808 >  α = 0.05 sehingga H0 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan tingkat pendidikan ayah kategori dasar menengah dan tinggi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merangin.
Eksplorasi Eduwisata Garam Sebagai Metode Pembelajaran Matematika Era New Normal Regita Dwi Andari; Sri Wahyuni; Riski Kholif Arohman; Moh Zayyadi
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v2i1.5275

Abstract

The pandemic period requires learning to be online. Online learning does not work effective due to several things, such as less than optimal student involvement, inadequate facilities, and so on. Improvements in these problems are urgently needed, as is the use of a new appropriate learning method. This study aims to explore the mathematical concept of Eduwisata Garam on the salt island of Madura. The type of data in this study is a qualitative research with an etnographic approach. The etnographic approach is an empirical and theoretical approach to produce a deeper description and analysis of Eduwisata Garam. The result of this research is in Eduwisata Garam there is a circle concept; rotation; two-dimentional figure; social arithmetic; distance, time, and speed; statistics; discharge, volume, and time that can be used as learning methods. In addition, this Eduwisata Garam can be used as a medium of education for children in introducing Madurese culture, especially in the manufacture of salt.Masa pandemi mengharuskan pembelajaran menjadi dalam jaringan (online). Pembelajaran online tidak berjalan efektif karena beberapa hal, seperti keterlibatan peserta didik kurang maksimal, fasilitas kurang memadai, dan lain sebagainya. Perbaikan dalam masalah tersebut sangat diperlukan, seperti menggunakan sebuah metode pembelajaran baru yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika pada Eduwisata Garam yang ada di Pulau Garam Madura. Jenis data dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi merupakan sebuah pendekatan yang dilakukan secara empiris dan teoretis untuk menghasilkan sebuah gambaran dan analisis lebih tentang eduwisata garam. Hasil penelitian ini adalah dalam Eduwisata Garam terdapat konsep lingkaran; rotasi; bangun datar; aritmetika sosial; jarak, waktu, dan kecepatan; statistika; debit, volume, dan waktu yang dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran. Selain itu, eduwisata garam ini dapat dijadikan sebagai media edukasi kepada anak dalam memperkenalkan budaya Madura khususnya dalam pembuatan garam.
Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Daring pada Pendidikan Kesetaraan Paket B Alfitriati Alfitriati; Suci Ramadhani
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied Vol 1, No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/lattice.v1i2.5057

Abstract

This study aims to determine the validity and practicality of the product developed in the form of a mathematics learning device based on Realistic Mathematical Education (RME) in the flat-sided geometry material for Package B students equivalent to class VIII SMP. This research was conducted at the Kasih Bundo Community Learning Activity Center, Bukittinggi. This research is a development research using the Plomp development model. The results of the research discussed are related to the results of the validity test and practicality test. The validity test is based on the results of the expert review, while the practicality is based on one to one and small group trials in the field. The validity test obtained very valid criteria, while for the one to one and small group activities it was found that there was an increase after using the student worksheet (LKPD) which was developed using the RME approach.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan berupa perangkat pem,belajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa Paket B setara kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukukan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kasih Bundo Bukittinggi. Penelitian merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp. Hasil penelitian yang dibahas terkait hasil uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas berdasarkan hasil expert review sedangkan praktikalitas berdasarkan uji coba one to one dan small group di lapangan. Uji validitas tersebut memperoleh kriteria sangat valid, sedangkan untuk kegiatan one to one dan small group diketahui adanya peningkatan setelah menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan menggunakan pendekatan RME.