cover
Contact Name
Elsita Lisnawati Guntar
Contact Email
lp3m_stiebiitm@yahoo.com
Phone
+628113908829
Journal Mail Official
lp3m_stiebiitm@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Tukad Badung VII No.9 Renon Denpasar Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Majalah Ilmiah Widyacakra
ISSN : 20877730     EISSN : 26556782     DOI : 10.56915
Jurnal Majalah Ilmiah Widyacakra adalah jurnal ilmiah elektronik milik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Institut Manajemen Pariwisata Internasional Bali (STIE BIITM) yang terbit setiap enam bulan sekali. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan menyalurkan minat dalam berbagi dan menyebarluaskan pengetahuan bagi para sarjana dan praktisi di bidang Manajemen. Jurnal ini memuat tulisan-tulisan ilmiah khususnya dalam bidang Manajemen di perusahaan atau organisasi. Artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah yang ditulis oleh peneliti, dosen, dan mahasiswa program studi Manajemen STIE-BIITM. Selain itu, artikel yang diterbitkan juga ditulis oleh universitas dan perusahaan yang telah bekerjasama dengan STIE BIITM.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra" : 10 Documents clear
PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS, PENGETAHUAN KEUANGAN, DAN PENGGUNAAN GO-PAY TERHADAP PENGELUARAN KONSUMSI MAHASISWA I Made Suidarma; Luh Sri Puspita Dewi; I Dewa Nyoman Marsudiana
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.811 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine whether there is a significant difference between hedonic lifestyle, financial knowledge and the use of go-pay on student consumption expenditure. The population of this research is the students of the Indonesian College of Computer Science in 2020. The data is processed using SPSS version 24.0 for window. Based on the processed data, the results of the research show that the results of data analysis obtained a tsig value of 0.003 < 0.05, so H0 is rejected and H1 is accepted which means that the hedonic lifestyle variable (X1) has a significant positive effect on student consumption expenditure (Y) and the regression coefficient ( hedonic lifestyle variable) of 0.384 indicates that the increasing hedonic lifestyle pattern will increasingly affect student consumption expenditure. While the Effect of Go-Pay Use (X3) on Student Consumption Expenditure (Y). Based on the results of data analysis, the tsig value is 0.037 < 0.05, so H0 is rejected and H3 is accepted which means that the Go-Pay Use variable (X3) has a significant positive effect on Student Consumption Expenditure (Y) and the regression coefficient (Go-Pay Use variable). ) of 0.215, indicating that the more frequent use of go-pay it will also increase student consumption expenditure.Keywords: Hedonic Lifestyle, Financial Knowledge, And Use of Go-Pay, Student Consumption ExpenditureABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi perbedaan signifikan antara gaya hidup hedonis, pengetahuan keuangan dan penggunaan go-pay terhadap pengeluaran konsumsi mahasiswa. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia Tahun 2020. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 24.0 for window. Berdasarkan data yang diolah hasil peneltian menunjukkan hasil analisis data diperoleh nilai tsig sebesar 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa variabel gaya hidup hedonis (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap pengeluaran konsumsi mahasiswa (Y) serta koefisien regresi (variabel gaya hidup hedonis) sebesar 0,384 menunjukkan bahwa meningkatnya pola gaya hidup hedonis maka akan semakin mempengaruhi pengeluaran konsumsi mahasiswa. Sedangkan Pengaruh Penggunaan Go-Pay (X3) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa (Y). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai tsig sebesar 0,037 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H3 diterima yang berarti bahwa variabel Penggunaan Go-Pay (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa (Y) serta koefisien regresi (variabel Penggunaan Go-Pay) sebesar 0,215, menunjukkan bahwa semakin sering penggunaan gopay maka akan meningkatkan pula pengeluaran konsumsi mahasiswa.Kata Kunci: Gaya Hidup Hedonis, Pengetahuan Keuangan, Dan Penggunaan GoPay, Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa
PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANWIL DENPASAR Hendra Hadi Kesuma; Luh Kadek Budi Martini; A.A Istri Ngurah Dyah Prami
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.548 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine: (1) The effect of training on employee performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Denpasar, (2) The influence of HR development on the performance of employees of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Denpasar, (3) The effect of training and human resource development on the performance of employees of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Denpasar. This research is a descriptive analysis research using a quantitative approach. Data collection using a questionnaire. The sample in this study amounted to 50 people and used the census sample method. The validity test used Alpha Cronbach. Data analysis using multiple linear regression. The results of the study found that: (1) training had a positive and significant effect on employee performance, the Sig.t value was 0.001 <0.050, indicating that H0 was rejected and H1 was accepted. (2) HR development has a positive and significant effect on employee performance, the Sig.t value is 0.046 <0.050 indicating that H0 is rejected and H1 is accepted. (3) Training and HR development together have a positive and significant impact on employee performance. The contribution of training and human resource development to explain employee performance was 45.1%, while 54.9% was determined by other variables not examined in this study.Keywords: Training, HR Development, Employee PerformanceABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Denpasar, (2) Pengaruh pengembangan SDM terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Denpasar, (3) Pengaruh pelatihan dan pengembangan SDM terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskritifdengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan koesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dan menggunakan metode sampel sensus. Uji validitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai Sig.t sebesar 0,001 < 0,050 mengidentifiikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Pengembangan SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai Sig.t sebesar 0,046 < 0,050 mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Pelatihan dan pengembangan SDM secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifkan terhadap kinerja karyawan. Kontribusi pelatihan dan pengembangan SDM untuk menjelaskan kinerja karyawan adalah 45,1% sedangkan 54,9%ditentukan oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci: Pelatihan, Pengembangan SDM, Kinerja Karyawan
PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP TINGKAT HUNIAN QUEST HOTEL SAN DENPASAR I Nyoman Agus Sastrawan; I Wayan Astawa; A .A .I. Ngr. Dyah Prami
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.848 KB)

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of price and location on the occupancy rate at Quest Hotel San Denpasar, either partially or simultaneously. The research design used a quantitative research approach. The sampling technique in this research is nonprobability sampling technique, with the accidential sampling method, in which the number of samples set was recorded at 100 people. Data were analyzed using the classical assumption test, multiple linear regression analysis, determination analysis, simultaneous significance test (F-test) and partial significance test (t-test). The results showed: (1) Price has a positive effect on the occupancy rate at Quest Hotel San Denpasar, this can be seen from the regression coefficient value for the price variable which is recorded at 0.491 and the significance value (Sig.) Of 0.000 is less than 0.05. (2) Location has a positive effect on the occupancy rate at Quest Hotel San Denpasar, this can be seen from the regression coefficient value for the location variable which is recorded at 0.404 and the significance value (Sig.) Of 0.000, less than 0.05. (3) Price and location simultaneously have an effect on the occupancy rate at Quest Hotel San Denpasar, this can be seen from the significance value (Sig.) F count of 0,000 is smaller than the value of α = 0.05.Keyword : price, location, occupancy rateABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap tingkat hunian di Quest Hotel San Denpasar, baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling, dengan metode accidential sampling, di mana jumlah sampel yang ditetapkan tercatat sebesar 100 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji signifikansi simultan (F-test) dan uji signifikansi parsial (t-test). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Harga berpengaruh positif terhadap tingkat hunian di Quest Hotel San Denpasar, hal tersebutdilihat dari nilai koefisien regresi untuk variabel harga tercatat sebesar 0,491 dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) Lokasi berpengaruh positif terhadap tingkat hunian di Quest Hotel San Denpasar, hal tersebut dilihat dari nilai koefisien regresi untuk variabel lokasi tercatat sebesar 0,404 dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (3) Harga dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap tingkat hunian di Quest Hotel San Denpasar, hal tersebut dilihat dari nilai signifikansi (Sig.) F hitung sebesar 0,000lebih kecil dari nilai α=0,05.Kata Kunci : harga, lokasi, tingkat hunian
ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN PENDEKATAN RGEC DI BPR PADMA DENPASAR Komang Dewi Apriliani; I Dewa Made Sutedja
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.88 KB)

Abstract

ABSTRACTWhatever is done, of course there is an expected goal, in this study to determine the health of the bank by using the RGEC (Risk Good Corporate Governance Earning Capital) approach based on Bank Indonesia Regulation number 13/I/PBI/2011 and SE number 13/24/DPNP/ 2011 as for the problems raised, how is the health of banks at BPR Padma Denpasar in 2017-2019, especially in the risk of non-performing loans and earnings, the type of research is quantitative as well as in a quantitative descriptive analysis also using the provisions issued by Bank Indonesia regulations, and from the results of the analysis it is found that the bank's health is quite healthy from the Risk approach (problematic credit risk) and from the Earnings approach (profitability) is very healthy.Keywords: Bank Health with RGEC approach.ABSTRAKApapun yang dilakukan tentu ada tujuan yang diharapkan, pada penelitian ini untuk dapat diketahui kesehatan bank dengan menggunakan pendekatan RGEC (Risk Good Corporate Governance Earning Capital) berdasarkan Peraturan Bank Indonesia nomor 13/I/PBI/2011 dan SE nonomor 13/24/DPNP/2011 adapun permasalahaan yang diangkat bagaimanakah kesehatan bank pada BPR Padma Denpasar tahun 2017-2019 khususnya pada resiko kredit bermasalah dan earning, jenis penelitiannya kuantatif demikian pula pada analisisnya secara deskriptif kuantitatif juga menggunakan ketentuan yang dikeluarkan oleh peraturan Bank Indonesia, dan dari hasil analisisnya didapat bahwa kesehatan bank cukup sehat dari pendekatan Risk (resikokridit bermasalah) dan dari pendekatan Earning (rentabilitas) sangat sehat.Kata kunci: Kesehatan Bank dengan pendekatan RGEC.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO GUDANG AKI DENPASAR Nailun Ni’mah; Mutria Farhaeni; Ejasa Sembiring
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.818 KB)

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of product quality and service quality on customer satisfaction at the Denpasar Aki Warehouse Store. The population in this study were all consumers who purchased batteries at the Denpasar Battery Warehouse Store. The sample of this study was 80 respondents. The sampling technique used in this study was accindental sampling. The data sources used are primary and secondary data. Data were analyzed using SPSS for Windows version 25. The data collection procedures in this study used observation techniques, documentation study, and questionnaires using a Likert scale. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The results obtained from statistical analysis showed that the magnitude of the influence of product quality and service quality on consumer satisfaction in Denpasar Aki Warehouse Store was 62.5% while the remaining 37.5% was influenced by other variables which were not discussed in this study. by testing the hypothesis using the t-test, with the result that the product quality variable (X1) has a significant effect with the t-count of 1.703 and sig 0.030 on the consumer satisfaction variable (Y). The service quality variable (X2) has a significant effect with the t-count of 5,710 and sig 0,000 on the customer satisfaction variable (Y).Keywords : Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction.ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Gudang Aki Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian aki di Toko Gudang Aki Denpasar. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 80 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accindental sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data analisis dengan menggunakan SPSS for Windows version 25. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi, dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh dari analisis statistik menunjukan bahwa besarnya pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Toko Gudang Aki Denpasar adalah sebesar 62,5% sedangkan sisanya 37,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dengan hasil bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan dengan hasil t-hitung sebesar 1,703 dan sig 0,030 terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan dengan hasil t-hitung sebesar 5,710 dan sig 0,000 terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI CANDRA SEDANA MENGWI BADUNG Made Agus Adhy Putra; Luh Komang Candra Dewi
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.81 KB)

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to determine the influence of customer relationship marketing (X1) and service quality (X2) on the level of member satisfaction (Y) in the candra sedana cooperative mengwi Badung. In this study, it is explained that there is a positive effect of customer relationship marketing and service quality on the level of member satisfaction simultaneously. The samples used in this study were 100 respondents. In this study, a statistical analysis was assisted by the SPSS (Statistical for Social Science) 24 computer program for windows. The regression equation obtained is Y = 4.779 + 0.486X1 + 0.181X2. The results of this study indicate that; first, customer relationship marketing has a positive and significant effect on member satisfaction, secondly, service quality has a positive and significant effect on member satisfaction, the third customer relationship marketing and service quality have a simultaneous positive effect of 66.7% on member satisfaction, the four variables of customer relationship marketing have an effect more dominant on the level of member satisfaction. Some suggestions that can be given in this research include; The Candra Sedana Cooperative needs to ask for suggestions and criticism directly from members during the annual membership meeting (RAT) or it can be by making a suggestion box for members. By knowing the wants or needs of members, the cooperative can improve the quality of service so that it can achieve the maximum level of member satisfaction.Keywords: customer relationship marketing, service quality, member satisfactionABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship marketing (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap tingkat kepuasan anggota (Y) pada koperasi candra sedana mengwi Badung. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa terdapat pengaruh positif customer relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan anggota secara simultan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini analisis statistik dibantu dengan program komputer SPSS (Statistical for Social Science) 24 for windows. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 4,779 + 0,486X1 + 0,181X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, pemasaran hubungan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota, kedua, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota, ketiga pemasaran hubungan pelanggan dan kualitas layanan berpengaruh positif secara simultan sebesar 66,7% terhadap kepuasan anggota, keempat variabel customer relationship marketing memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap tingkat kepuasan anggota. Beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini antara lain; Koperasi Candra Sedana perlu meminta saran dan kritik langsung dari anggota pada saat rapat anggota tahunan (RAT) atau bisa juga dengan membuat kotak saran untuk anggota. Dengan mengetahui keinginan atau kebutuhan anggota maka koperasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat mencapai tingkat kepuasan anggota yang maksimal.Kata kunci: pemasaran hubungan pelanggan, kualitas layanan, kepuasan anggota
PENGARUH EMPOWERMENT, IKLIM KERJA DAN KEPUASAN KERJATERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KLUNGKUNG Ni Komang Prasiani; Luh Kadek Budi Martini
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.041 KB)

Abstract

ABSTRACTTo achieve maximum and satisfying work results, empowerment is needed by someone in carrying out their duties so that employee performance can increase. In addition, the work climate also affects employee performance. Open organizational climate encourages employees to express their interests and dissatisfaction without fear of action replies and attention. In addition to the work climate, job satisfaction also affects employee performance, job satisfaction as a pleasant or positive emotional state that arises or results from research on a work job The sample in this study was sixty-three employees at the Klungkung District Transportation Agency. Sample determination used the Slovin method.The analysis tool used was multiple linear regression analysis.Multiple correlation, determination, t test and test f.The results of the study showed that the empowerment variable had a positive effect on employee performance as indicated by a significant value of zero point zero twenty six smaller than zero point zero five. Variable work climate has a positive effect on employee performance as indicated by a zero point value of four fourteen smaller than zero point zero five. variable job satisfaction also has a positive effect on employee performance as indicated by a zero comma zero zero seven significance value less than zero point zero fiveKeywords : empowerment, work climate, job satisfaction, and employee performanceABSTRAKUntuk mencapai hasil kerja yang maksimal dan memuaskan diperlukan empowerment yang dimiliki oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya agar kinerja pegawai dapat meningkat.Selain itu iklim kerja juga mempengaruhi kinerja karyawan. Iklim organisasi yang terbuka memacu karyawan untuk mengutarakan kepentingan dan ketidakpuasan tanpa adanya rasa takut akan tindakan balasan dan perhatian. Selain iklim kerja, kepuasan kerja juga mempengaruhi kinerja pegawai, kepuasan kerja sebagai suatu keadaan emosi yang menyenangkan atau bersifat positif yang muncul/dihasilkan dari penelitian terhadap suatu kerja pekerjaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 orang pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung.Penentuan sampel menggunakan metode slovin.Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Korelasi berganda, determinasi, uji t dan uji F.Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel empowerment berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan dengan nilai signifikansi 0.026 < 0,05. Variabel iklim kerjaberpengaruh positif terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan dengan nilai signifikansi 0.014 < 0,05. Variabel kepuasan kerja juga berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan dengan nilai signifikansi 0.007 < 0,05.Kata kunci: empowerment, iklim kerja, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai
PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI NACIVET ART GALLERY Ni Putu Widiastuti; Elsita Lisnawati Guntar; Putu Esa Junita Sari
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.379 KB)

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of product quality and price on purchasing decisions at Nacivet Art Gallery. The population in this study were all visitors at Nacivet Art Gallery. The sample of this study were 60 respondents. This research is a type of quantitative research with the variable quality (X1), price (X2) and purchase decisions (Y). The data collection techniques used were observation and questionnaires. The analysis technique used in this research is Multiple Linear Regression analysis, Multiple Correlation, Determination, t test and F-test (F-test). The results show that the variables of product quality and price have a positive and significant effect on purchasing decisions at Nacivet Art Gallery. Product quality and price influence purchasing decisions at Nacivet Art Gallery by 71.1%.Keywords: quality, product price and purchase decisions.ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas dan harga produk terhadap keputusan pembelian di Nacivet Art Gallery. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung di Nacivet Art Gallery. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan variabel kualitas (X1), harga (X2) dan keputusan pembelian (Y). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi dan kuesioner. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linear Berganda, Korelasi Berganda, Determinasi, uji t dan F-test (Uji-F). Hasil penelitian menunjukaan bahwa variable kualitas produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Nacivet Art Gallery. Kualitas dan harga produk mempengaruhi keputusan pembelian di Nacivet Art Gallery sebesar 71,1%.Kata kunci : kualitas, harga produk dan keputusan pembelian.
ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KARAKTERISTIK PEKERJAAN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL THE ROYAL BEACH SEMINYAK BALI I Ketut Sirna; Putu Nama Widiantara; I Nyoman Tingkes
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.92 KB)

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the positive and significant influence analysis either partially or simultaneously between Individual Characteristics, Job Characteristics and Work Environment on Employee Performance at The Royal Beach Seminyak Bali Hotel. The population in this study were employees at The Royal Beach Seminyak Bali Hotel. The sampling technique used was purposive sampling technique using the Slovin formula and the number of samples was 73 people. Analysis of the data using SPSS 220. with the analysis technique of validity test, reliability test, partial correlation, multiple correlation, multiple linear regression, coefficient of determination, t-test and f-test. Based on the analysis carried out, it can be concluded that there is a partial influence between individual characteristics on employee performance with a regression value of 0.609, There is a partial influence between job characteristics on employee performance with a regression value of 0.164, There is an influence between work environment on employee performance with a regression value 0.172, and the characteristics of the work and work environment on employee performance with multiple linear regression values Y= 0.263+0.609X1+0.164X2+0.172X, and the results of the determination analysis show 70.8, and the remaining 29.2 is influenced by other variables. From the results of the study, the management of The Royal Beach Seminyak Bali Hotel should be attention to individual characteristics, job characteristics and work environment so that employees can improve their performance, thus individual characteristics, work characteristics and work environment are carried out together to improve employee performance. This happens because The Royal Beach Seminyak Bali hotel has a good way to improve the performance of its employees.Keywords: Individual Characteristics, Job Characteristics, Work Environment and Employee PerformanceABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis pengaruh secara positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel The Royal Beach Seminyak Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan Pada Hotel The Royal Beach Seminyak Bali. Teknik penggambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin dan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Analisa data menggunakan SPSS 220. dengan tehnik analisis uji validitas, uji reliabilitas, korelasi parsial, korelasi berganda, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t-test dan uji f-test. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka dapat dihasilkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara karakteristik individu terhadap kinerja karyawan dengan nilai regresi 0,609, Ada pengaruh secara parsial antara karakteristik pekerjaan terhadap kinerja karyawan dengan nilai regresi 0,164, Ada pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai regresi 0,172, dan karakteristik pekerjaan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai regresi linier berganda Y= 0,263+0,609X1+0,164X2+0,172X, dan hasil analisis Determinasi menunjukkan 70,8, dan sisanya 29,2 dipengaruhi oleh Variabel lainnya. Dari hasil penelitian, sebaiknya pihak manajemen Hotel The Royal Beach Seminyak Bali memperhatikan karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan lingkungan kerja agar karyawan dapatmeningkatkan kinerjanya, dengan demikian Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan lingkungan kerja dilakukan secara bersama-sama mampu meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini terjadi karena hotel The Royal Beach Seminyak Bali memiliki cara yang baik untuk meningkatkan kinerja karyawannya.Kata kunci: Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Lingkungan Kerja dan Kinerja Karyawan
ANALISIS STRATEGI MOTIVASI KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI KANTOR PERBEKEL CULIK I Made Suarjana Arnanta; Ejasa Sembiring; I Wayan Astawa
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 4 No 2 (2021): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.762 KB)

Abstract

ABSTRACTThis research was conducted at Culik Perbekel Office, Karangasem district. This studyaims to analyze work motivation strategies to improve employee performance. The number of samples specified was 5 employees that had been agreed upon and listed in the organizational structure of the Culik Workshop Office. The data analysis technique used was data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result is that work motivation is very influential on improving employee performance, this can be seen from the results of interviews conducted with informants, it can be concluded thatemployees at the CulikWorkshop Office have achievement motivation, but interpersonal skills training has never been provided, therefore in completing tasks they are highly motivated even though they have never been hindered by their previous training ininterpersonal skills.Keywords: Work Motivation, Employee PerformanceABSTRAKPenelitian ini dilakukan pada Kantor Perbekel Culik, kabupaten Karangasem.Penelitianini bertujuan untuk menganalisis strategi motivasi kerja untuk meningkatkan kinerja pegawai. Jumlah sempel yang ditetapkan yaitu 5 pegawai yang sudah di sepakati dantercantum di struktur organisasi Kantor Perbekel Culik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasilnya bahwamotivasi kerja sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap narasumber dapat ditarik kesimpulan bahwa, pegawai di Kantor Perbekel Culik memiliki motivasi berprestasi,akan tetapi pelatihan interpersonal skill belum pernah diberikan, oleh karena itu dalam penyelesaian tugas mereka sangat termotivasi walaupun terhalang oleh belumpernahnya mereka mendapat pelatihan interpersonal skill.Kata kunci : Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai

Page 1 of 1 | Total Record : 10