cover
Contact Name
Mochamad Fariz Irianto
Contact Email
mochamadfarizirianto@gmail.com
Phone
+6285755359670
Journal Mail Official
jpmb@bhinnekapublishing.com
Editorial Address
Jalan Mergan Lori No. 60 RT 11 RW 06 Tanjungrejo Sukun Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Published by Bhinneka Publishing
ISSN : -     EISSN : 29633753     DOI : 10.58266
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, Health, Farm, Food, Agriculture, education, and information technology etc, which published by Bhinneka Publishing. ISSN Online 2963-3753
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Bulan November" : 5 Documents clear
Pelatihan Pembuatan BMC (Business Model Canvas) Produk Lilin Aromaterapi Untuk Terapi Komplementer Di SMA Negeri 1 Pakem Didiek Hardiyanto Soegiantoro; Eri Kristanti; Chrisno Yono; Eklesia Putri Genggang; Elsa Widaningsih; Milkha Meirentia
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka Vol. 2 No. 2 (2023): Bulan November
Publisher : Bhinneka Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58266/jpmb.v2i2.66

Abstract

Menjadi wirausahawan muda yang mampu bersaing perlu memiliki strategi, terutama dalam menyusun perencanaan bisnis. Perencanaan strategis bisnis merupakan alat yang dapat digambarkan sebagai panduan untuk pencapaian visi bisnis. Melalui prosedur perencanaan bisnis dalam bentuk Business Model Canva (BMC), akan menggambarkan misi dan visi perusahaan yang mencakup baik konteks bisnis internal maupun eksternal secara lebih berkompetitif. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pakem berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. SMA Negeri 1 Pakem mempunyai prestasi akademik maupun non akademik sangat baik, namun belum memiliki prestasi dalam bidang kewirausahaan karena belum ada guru pendamping yang secara intensif mengembangkan kewirausahaan inii. Tujuan kegiatan adalah untuk melatih siswa dalam membuat perencanaan bisnis dengan alat bantu Business Model Canvas (BMC). Kegiatan dilakukan dalam 3 tahap, yaitu pre-test untuk melihat kemampuan awal, tahap pelatihan materi, dan tahap praktik membuat BMC termasuk mempresentasikannya. Siswa dibagi dalam 3 kelompok dengan target market gen-Z, gen-Y, dan gen-X yang memiliki value proposition berbeda. Kegiatan pelatihan dilakukan selama 9 minggu dan setelah itu peserta diminta mempraktekkan apa yang sudah dipelajarinya. Evaluasi hasil kegiatan ini menunjukkan antusiame peserta dalam selama pelatihan, tidak ada yang pasif, dan semua kelompok berhasil mempresentasikan BMC dengan baik.
Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sans Vegan Medan Yuliana Yuliana; Arwin Arwin
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka Vol. 2 No. 2 (2023): Bulan November
Publisher : Bhinneka Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58266/jpmb.v2i2.69

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan penjualan UMKM Sans Vegan Medan melalui penerapan strategi pemasaran. UMKM Sans Vegan Medan memproduksi roti vegan sehat dengan kandungan bebas hewani, bebas susu, bebas keju dan bebas telur. UMKM dikelola oleh 1 orang dan merupakan pemilik UMKM. Dikarenakan keterbatasan SDM, UMKM hanya bisa memproduksi sekitar 150-200 pcs roti per minggu. Sedangkan toko roti lain pada umumnya mampu memproduksi paling sedikit 1000 pcs roti per minggu. Hal ini berakibat pada tingkat penjualan roti yang rendah juga. Metode yang digunakan adalah metode wawancara untuk mengetahui situasi UMKM melalui pemilik dan strategi pemasaran yang telah diterapkan. Melalui hasil kegiatan pengabdian, bisa disimpulkan bahwa UMKM Sans Vegan memiliki STP yang bagus dimana produk utama adalah roti yang bisa dikonsumsi oleh anak kecil hingga dewasa dan dengan harga yang terjangkau serta murah. Akan tetapi, penerapan promosi/komunikasi pemasaran masih kurang dikarenakan keterbatasan modal sehingga masyarakat belum begitu mengetahui keberadaan UMKM Sans Vegan sebagai penjual roti vegan sehat. Bahkan, tenaga pengelola yang hanya dijalankan oleh 1 orang pemilik sehingga roti yang diproduksi juga sangat terbatas. Maka, disarankan agar UMKM dapat meningkatkan penjualan dengan perencanaan yang lebih matang seperti melakukan promosi aktif di media sosial.Promosi, Sosial Media, UMKM, Pemasaran, Penjualan
Peningkatan Akses Kredit atau Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Payakumbuh Arnayulis Arnayulis; Vicka Pramudya Putra; John Nefri; Roni Afrizal; Indria Ukrita; Azzukhruf Ariliusra
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka Vol. 2 No. 2 (2023): Bulan November
Publisher : Bhinneka Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58266/jpmb.v2i2.70

Abstract

Perekonomian Indonesia dihadapkan pada berbagai perubahan yang cepat dan fundamental, mendorong kondisi perekonomian yang lebih stabil di tengah isu resesi global saat ini. UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia terutama ketika terjadi krisis, UMKM bisa melewati krisis moneter pada tahun 1998 silam dan pada masa Pandemi Covid-19. UMKM merupakan bagian dari perekonomian indonesia yang mandiri dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan. Kendala yang dihadapi oleh UMKM pada umumnya berkaitan dengan modal usaha dan sulitnya mengakses pinjaman/pembiayaan dari lembaga keuangan formal. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah memberikan informasi mengenai layanan kredit/pembiayaan yang berasal dari Bank maupun Lembaga Keuangan Bukan Bank; dan memberikan penjelasan dan pemahahaman teori manajamen bagi UMKM dalam mengelola dan mengembangkan kegiatan usaha atau bisnis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode penyampaian materi (ceramah) oleh narasumber yang kompeten di bidang keuangan dan Focus Group Discussion. Kegiatan ini dihadari oleh pelaku UMKM yang berasal dari Kota Payakumbuh dan sekitarnya.
Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Media Tanam dalam Upaya Penanganan Sampah Anorganik Arshy Prodyanatasari; Jerhi Wahyu Fernanda
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka Vol. 2 No. 2 (2023): Bulan November
Publisher : Bhinneka Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58266/jpmb.v2i2.72

Abstract

Limbah plastik menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah mengingat keberadaannya makin lama semakin banyak. Sebagai Upaya dalam meminimalisir limbah plastik, dilakukan melalui reused limbah plastik menjadi produk bernilai guna, diantaranya menggunakan limbah plastik sebagai media tanam. Tujuan dari kegiatan ini adalah memanfaatkan kembali limbah plastik yang masih memiliki nilai guna dan bersifat nonbiodegradable, yaitu digunakan sebagai media tanam. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan unjuk kerja. Kegiatan diikuti sebanyak 37 orang yang terdiri dari perangkat desa, ibu-ibu PKK, dan karang taurna desa Blimbing Kabupaten Kediri. Pada kegiatan ini, para peserta kegiatan terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dari edukasi pengelolaan sampah dan juga unjuk kerja dalam membuat media tanam.  Pada kegiatan ini, diketahui adanya peningkatan pengetahuan peserta tentang pengelolaan sampah yang baik. Sebagai Upaya tindak lanjut kegiatan diperlukan kegiatan yang serupa dan relevan agar pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan limbah yang baik dan benar semakin meningkat, sehingga mampu menciptakan lingkungan sehat dan lestari.
Pelatihan Pembuatan Nugget Lele dalam Upaya Pencegahan Penyakit Hipertensi pada Masyarakat Desa Kunden Ricka Prasdiantika; Praptanti Sinung Adi Nugroho
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka Vol. 2 No. 2 (2023): Bulan November
Publisher : Bhinneka Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58266/jpmb.v2i2.74

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang sering ditemukan dalam praktik kesehatan. Hipertensi menjadi permasalahan kesehatan dunia karena menjadi faktor risiko utama yang menyebabkan penyakit kardiovaskular dan stroke. Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan instan secara berlebihan, kurangnya aktifitas fisik, diet yang tidak sehat, dan merokok menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit hipertensi seperti yang terjadi di Desa Kunden Kecamatan Karanganom. Pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Masyarakat Desa Kunden dalam upaya pencegahan penyakit hipertensi melalui pengembangan pola makan sehat yaitu pelatihan pembuatan nugget lele sebagai alternatif pangan yang sehat. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu survei lapangan, penyuluhan mengenai penyakit hipertensi, manfaat makanan sehat, proses pembuatan nugget lele, dan pemantauan hasil kegiatan. Hasil kegiatan yaitu masyarakat mengetahui tentang penyakit hipertensi dan upaya pencegahan hipertensi melalui pola makan sehat, serta masyarakat mendapatkan keterampilan dalam membuat olahan makanan yang sehat berupa nugget dari ikan lele.

Page 1 of 1 | Total Record : 5