cover
Contact Name
Annisa Junaid
Contact Email
annisa.junaid@umi.ac.id
Phone
+6282194098257
Journal Mail Official
jtsm@umi.ac.id
Editorial Address
Jln. Urip Sumoharjo KM. 05 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil Macca
ISSN : 25410148     EISSN : 27209199     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil MACCA merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim redaksi sebagai pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia dalam  rangka mewadahi hasil pemikiran dan penelitian serta inovasi insan ketekniksipilan guna memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022" : 10 Documents clear
Pembuatan Benchmark Berkoordinat Global Berbasis Teknologi GNSS untuk Menunjang Praktikum Survey dan Pemetaan di Kampus PNUP Ridwan; Anhar
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.901 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.558

Abstract

Praktikum survey dan pemetaan merupakan salah satu mata kuliah praktek di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (JTS-PNUP). Selama ini untuk menentukan titik awal pengukuran saat praktikum menggunakan koordinat dan elevasi lokal. Objek yang digunakan juga tidak standar sesuai pengukuran sebenarnya di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Benchmark (BM) di kampus PNUP, dan mendapatkan nilai koordinat global dan elevasi BM yang dibuat tersebut. BM yang dibuat bermanfaat dalam menunjang proses peraktikum pengukuran survey dan pemetaan, sehingga mahasiswa sudah dikenalkan dengan objek BM dan identitasnya sesuai standar. Penelitian ini telah menghasilkan pembuatan fisik BM berbentuk kubus berukuran 30x30x cm3. Pada bagian bawah BM dibuat telapak berukuran 60x60 cm2 dan tebal 10 cm. Identitas BM dipasang pada pelat marmer 20x20 cm2 yang memuat informasi nama skim penelitian dan nama BM. Koordinat dan elevasi tiap BM mengacu kepada Titik Tinggi Geodesi (TTG) No. 459A berada pada posisi X= 772808.448 mT dan Y= 9423192.181 mU, dengan tinggi elipsoid 62.551 m. Berdasarkan hasil survey GNSS dengan metode statik diperoleh koordinat dan elevasi (X,Y,Z) masing-masing BM yaitu: BM.1 (775095.198, 9432589.309, 8.023), BM.2 (775095.817, 9432623.818, 7.855), BM.3 (775169.274, 9432624.950, 10.114) dan BM.4 (775158.457, 9432564.650, 8.820) berdasarkan sistem proyeksi peta UTM pada Zona 50M.
Kajian Debit Limpasan Terhadap Perubahan Tata Guna Lahan DAS Kiru-Kiru Kabupaten Barru St Kurnia utami Rasyid; Ratna Musa; Ali Mallombasi
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.516 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.559

Abstract

Indonesia beriklim tropis memiliki pola hujan tak menentu.. Intensitas curah hujan di suatu wilayah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi lingkungan di daerah tersebut. Kondisi lingkungan terkarena ada perubahan tata guna lahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui koefesien aliran perubahan tata guna lahan dari tahun 2009, tahun 2014 dan tahun 2019 sehingga dapat diketahui debit limpasan terhadap perubahan tata guna lahan. Hasil penentuan curah hujan kawasan metode yang digunakan adalah metode polygon Thissen. Pemilihan Distribusi sebaran yang terpilih adalah distribusi Log Pearson Tipe III. Perhitungan intensitas hujan dengan metode Mononobe. Menentukan perubahan tata guna lahan menggunakan Koefesien aliran C. Untuk menentukan debit limpasan menggunakan Metode Rasional yang mengalami peningkatan debit limpasan karena berkurangnya lahan terbuka hijau. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan debit limpasan karena berkurangnya lahan terbuka hijau sebagai daerah resapan karena peralihan fungsi lahan.
Perencanaan Waktu Sinyal Lampu Lalu Lintas Menggunakan Mikrosimulasi Vissim pada Simpang Tiga di Kota Makassar Erning Ertami Anton; Aisyah Zakaria; Armansyah Tajuddin; A Ansyar Ananda
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.135 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.560

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan masalah yang saat ini dihadapi oleh kota-kota besar di negara berkembang, termasuk Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang saat ini menghadapi permasalahan tersebut adalah Kota Makassar. Kemacetan biasanya terjadi di lokasi-lokasi yang padat aktivitas sehingga menyebabkan kinerja dan tingkat pelayanan jalan menurun, baik di ruas jalan maupun persimpangan. Salah satu persimpangan di Kota Makassar yang perlu perhatian dikarenakan aktivitasnya yang meningkat tiap harinya adalah simpang tiga tak bersinyal Jalan Antang Raya dan Jalan Ujung Bori. Ini disebabkan terutama karena peningkatan aktivitas pergerakan pada pusat perbelanjaan, perkantoran dan bisnis yang menyebabkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan mikrosimulasi lalu lintas pada jalan tersebut dengan menempatkan lampu lalu lintas dan merencanakan waktu sinyal menggunakan ketentuan MKJI 1997 dan metode Webster. Dari simulasi yang dilakukan, diperoleh tingkat pelayanan pada keadaan eksisting berada pada level F, sedangkan setelah dilakukan pelebaran dan perencanaan lampu lalu lintas maka diperoleh LoS dari tiap pendekat berada pada level C, baik dengan pedoman MKJI 1997 maupun menggunakan metode Webster.
Simulasi Optimalisasi Pembebanan Lalu Lintas pada Rencana Pengoperasian Middle Ring Road dengan Menggunakan Aplikasi Vissim Lambang Basri Said; St Maryam H; Andi Iin Irmalia
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.044 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.561

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh dibukanya akses jalan Middle Ring Road (MRR) dan memperoleh simulasi terbaik melalui makrosimulasi yang di terapkan di Software Vissim Student Version. 9 berdasarkan aspek Panjang antrian dan Level Of Service (LOS). Penelitian ini dilakukan di beberapa simpang/ruas jalan yaitu, ruas Jalan Perintis Kemerdekaan, Simpang Perintis Kemerdekaan, - Urip Sumiharjo- Jalan Dr. Leimena, Jalan Dr. Leimena - Jalan Abdullah Dg. Sirua, dan Jln. Baruga Antang - Jln Inspeksi PAM - Jalan Antang Raya. Penelitian ini menggunakan lima Makrosimulasi yang diterapkan di Software Vissim. Dari hasil penelitian dan olah data diperoleh, metode yang digunakan, metode yang lebih cocok diterapkan adalah tanpa menggunakan APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalulintas) karena mendistribusikan kendaraan ke ruas Awal dan Akhir MRR secara merata (selisih kendaraan tidak jauh berbeda), simulasi yang tepat digunakan adalah Simulasi II (Tidak menggunakan APILL pada awal ruas MRR dan pada akhir ruas semua kendaraan belok ke kanan arah Jln. Abd. Dg. Sirua). Berdasarkan aspek panjang antrian mampu mengurangi panjang antrian secara signifikan di Simpang Adipura dan Leimena dan berdasarkan Level of Service (LOS) diperoleh kondisi simpang yang mulanya cenderung Macet-Padat Merayap berubah menjadi Padat-Lancar.
Kajian Perbaikan Alur dengan Menggunakan Perkuatan Tebing dan Krib Amiruddin Amiruddin; Ratna Musa; Hanafi Ashad
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.501 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.627

Abstract

Sungai Randomayang terletak di Kabupaten Mamuju Utara dan bermuara di Selat Makassar. Banjir yang terjadi setiap tahun pada setiap musim hujan telah mengakibatkan kerusakan sarana dan prasarana fasilitas umum, kebun, sawah, dan daerah permukiman terutama pada daerah disekitar alur dan muara Sungai Randomayang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ruas-ruas kritis di Sungai Randomayang guna penentuan skala prioritas pambangunan serta mendapatkan alternatif perbaikan alur sungai yang terbaik berdasarkan hasil kajian. Penyusunan model hidrolis pada sungai Randomayang dilakukan sepanjang ± 20 km yang dimulai dari hulu ke hilir dilakukan running program debit banjir dengan metode ulang 2, 5, 10, 25, 50 dan 10 tahunan untuk melihat tinggi muka air secara keseluruhan dari profil muka air kondisi eksisting akan dapat diketahui lokasi-lokasi yang mengalami peluapan, kapasitas aliran sungai (pada debit banjir) khususnya dari tebing sungai. Hasil Penelitian menunjukkan kondisi ruas yang dianggap kritis sesuai dengan hasil analisa berada pada kala ulang 50 tahun dengan alternatif perbaikan sungai Randomayang adalah menggunakan perkuatan tebing dan krib.
Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Metode Earned Value pada Proyek Penyelesaian Gedung Sudirman Office Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar Aris Apriansyah; Sofyan Bachmid; Watono Watono; Suriati Abd Muin
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.75 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.654

Abstract

Proyek pembangunan gedung Sudirman Office Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar dengan nilai kontrak Rp.8.038.735.740,00 dijadwalkan selesai dalam kurun waktu 32 minggu. Dengan adanya keterlambatan selama 6 minggu dari minggu ke-8 hingga minggu ke-14 dikarenakan banyak pekerja tidak hadir seperti terisolasi di daerah dan karantina, maka dilakukan pengendalian waktu sehingga biaya akhir tidak melewati nilai kontrak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya biaya tiga indikator earned value, yaitu BCWS, BCWP, dan ACWP serta menghitung perkiraan besarnya biaya dan waktu yang diperlukan untuk penyelesaian pengerjaan proyek. Data yang didapat dari proyek antara lain Master Schedule proyek, kurva S, Rencana Anggaran Biaya (RAB), laporan mingguan proyek dan biaya aktual proyek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Earned Value yang didalamnya memadukan unsur biaya dan waktu serta prestasi fisik pekerjaan. Dari hasil analisa diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan lebih besar dari biaya yang dianggarkan ditunjukkan dengan nilai CPI = 0,98 dan waktu pelaksanaan lebih lambat dari jadwal rencana ditunjukkan dengan nilai SPI = 0,84. Hasil perhitungan perkiraan biaya akhir proyek sebesar Rp.8.216.411.445,19 dengan perkiraan waktu penyelesaian 38 minggu, menunjukkan bahwa proyek mengalami keterlambatan 7 minggu dari 32 minggu yang direncanakan.
Analisis Pengaruh Perilaku, Kepatuhan, Ketegasan, Kebijakan dan Keberadaan Rambu Terhadap Kemacetan Andi Supriadi; Lambang Basri Said; Mukhtar Thahir Syarkawi
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.309 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.655

Abstract

Salah satu wilayah yang sering mengalami kemacetan di Kota Makassar adalah Jalan Pajjaiang dengan indikasi terjadinya perlambatan arus lalu lintas terutama di sekitar kawasan GOR Sudiang khususnya pada hari libur atau saat ada kegiatan besar yang diselenggarakan di kawasan GOR Sudiang. Berdasarkan hasil pengolahan data Variabel penelitian (X) terhadap Kemacetan di GOR Sudiang (Y), nilai Perilaku Pengendara (X1) sebesar 0,180 atau 18,0%, variabel Kepatuhan Pengendara (X2) sebesar 0,245 atau 24,5%, variabel Kebijakan Institusi (X3) sebesar 0,198 atau 19,8%, variabel Ketegasan Petugas (X4) sebesar 0,179 atau 17,9%, variabel Keberadaan Rambu Marka (X5) sebesar 0,101 atau 10,1%, variabel Keberadaan Fasilitas Eksternal (X6) sebesar 0,081 atau 8,1%. Penerapan atau implementasi kaitannya sebagai solusi alternatif mengatasi kemacetan lalulintas dilakukan dengan melihat hasil analisis bahwa variabel yang memiliki koefisien yang tinggi dapat diberi dukungan kebijakan sehingga nilai koefisiennya menjadi lebih kecil. Dalam hal ini koefisien terbesar antara lain Kepatuhan Pengendara, Perilaku Pengendara dan Kebijakan Institusi. Hal ini menunjukkan aspek masarakat dan aspek regulasi yang cukup memberikan pengaruh terhadap kemacetan di jalan Pajjaiang di Kawasan GOR Sudiang Kota Makassar.
Penataan Ruang Parkir di Badan Jalan untuk Meningkatkan Kinerja Jalan AP Pettarani Rappang Kurniawan Masri; Andi Mitra Andiman; Lambang Basri Said; Andi Alifuddin; Rani Bastari Alkam
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.955 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.659

Abstract

Parkir merupakan salah satu komponen atau aspek tak terpisahkan dalam kebutuhan sistem transportasi, karena setiap perjalanan dengan kendaraan pribadi umumnya selalu dimauli dan diakhiri di tempat parkir. Sesuai dengan fungsi tersebut ruang parkir disesuaikan dengan permintaan seiring dengan kebutuhan orang berkendara untuk berada atau mengakses suatu tempat. Masalah yang terjadi pada jalan AP Pettarani Rappang adalah penyalahgunaan badan jalan sebagau area parkir pada ruas jalan yang mengakibatkan terhambatnya arus kendaraan. Hal tersebut disebabkan oleh pergerakan manuver dari kendaraan yang parkir di badan jalan. Salah satu ruas jalan utama Kabupaten Sidenreng Rappang yang sebagai badan jalannya digunakan untuk parkir kendaraan adalah jalan AP Pettarani, Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang. Berdasarkan Hasil analisis kinerja jalan AP Pettarani rappang didapatkan nilai kejenuhan sebesar (DS) 0,13 dengan arus lalu lintas sebesar 545 SMP/jam pada hari jum`at puncak, Kapasitas (C) sebesar 4041,85 SMP/jam kecepatan bebas (FV) sebesar 32,28 km/jam sehingga tingkat pelayanan pada jam puncak adalah A. Adanya parkir di badan jalan mengakibatkan berkurangnya lebar jalan, sehingga nilai (DS) sebesar 0,21 kapasitas menurun 2601,65 SMP/jam, kecepatan berkurang 26,48 km/jam dan tingkat pelayanan menjadi B.
Perbandingan Critical Path Method (CPM) dengan Program Evaluation and Review Technique (PERT) Terhadap Penjadwalan Waktu Proyek Rahmatullah Rahmatullah; A. Fajryah Ramadhani L; Sofyan Bachmid; Watono Watono; St Fatmah Arsal
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.5 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.660

Abstract

Dalam pembangunan gedung Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia terkhusus pada pekerjaan struktur, dilakukan penjadwalan dengan membandingkan 2 (dua) metode yaitu Critical Path Method (CPM) dengan Program Evaluation and Review Technique (PERT). Kedua metode ini memiliki perbedaan dalam mengestimasi waktu di mana CPM hanya memerlukan satu variasi waktu untuk setiap kegiatan proyek, sementara metode PERT menggunakan tiga variasi waktu untuk setiap kegiatan di mana waktu ini digunakan untuk menghitung nilai yang diharapkan. Maksud dari penelitian ini Untuk mengetahui hasil dari penerapan masing-masing metode dalam penjadwalan waktu pada pekerjaan struktur bangunan dan untuk mengetahui yang mana lebih cepat antara kedua metode tersebut dalam pengendalian waktu proyek. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode CPM, proyek pembangunan Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia pada pekerjaan Struktur tahap 1 diketahui lintasan kristis yaitu pada kegiatan A1-A2-B2-D1-D2-E2-F2-G1-G2-H2 selama 17 Minggu. Dengan menggunakan metode PERT, proyek pada pembangunan Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia pada pekerjaan Struktur bangunan tahap 1 diketahui lintasan kritis yaitu pada kegiatan A1-A2-B2-D1-D2-E2-F2-G1-G2-H2 selama 22 minggu dengan probabilitas 99%.
Proyeksi Kinerja Ruas Jalan A.P Pettarani Makassar Pasca Penerapan Jalan Tol Layang La Ode Muh. Ramadhan; La Ode Muh. Wawan Faisal Dinra; Lambang Basri Said; Mukhtar Thahir Syarkawi; Alimin Gecong
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.907 KB) | DOI: 10.33096/jtsm.v7i2.662

Abstract

Tingginya aktivitas pengguna jalan A.P. Pettarani mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas yang terjadi. Ruas jalan A.P. Pettarani Makassar mengalami perubahan jalur setelah beroperasi jalan Tol Layang, namun perubahan jalur ini hanya bisa digunakan untuk kendaraan ringan dan kendaraan berat bagi pengemudi yang ingin melalui tol layang. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas Jalan A.P Pettarani Makassar pasca beroperasi Tol layang A.P. Pettarani dan untuk mengetahui proyeksi kinerja ruas Jalan A.P. Pettarani Makassar sampai arus mencapai titik jenuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif berdasarkan pada dasar teori jalan perkotaan dari Manual Kapasitas jalan Indonesia 1997dan metode bunga majemuk. Dari hasil penelitian Kinerja ruas jalan A.P Pettarani pasca penerapan jalan tol layang pada salah satu titik survey yaitu didapatkan volume lalu lintas sebesar 3925 smp/jam, Kapasitas jalan sebesar 5740,42 smp/jam, nilai derajat kejenuhan sebesar 0,68 dan tingkat pelayanan C. Proyeksi kinerja ruas Jalan A.P Pettarani pasca penerapan jalan tol layang sehingga arus mencapai titik jenuh pada salah satu titik survey yaitu Proyeksi kinerja ruas Jalan A.P Pettarani pasca penerapan jalan tol layang sehingga mendapatkan arus mencapai titik jenuh terjadi pada tahun 2026 dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,00.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 3 (2025): Jurnal Teknik Sipil MACCA (OKTOBER 2025) Vol. 10 No. 2 (2025): Jurnal Teknik Sipil MACCA (JUNI 2025) Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Teknik Sipil MACCA (FEBRUARI 2025) Vol. 9 No. 3 (2024): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 3 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2023 Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023 Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2023 Vol. 8 No. 3 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 3 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2022 Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022 Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2022 Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 6 No 3 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2021 Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2021 Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2021 Vol. 6 No. 3 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2020 Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2020 Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2020 Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 4 No 3 (2019): Jurnal Teknik Sipil Macca Oktober 2019 Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil Macca Juni 2019 Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Teknik Sipil Macca Februari 2019 Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal Teknik Sipil MACCA More Issue