cover
Contact Name
Hero Wintolo
Contact Email
herowintolo@itda.ac.id
Phone
+6285290735355
Journal Mail Official
lppm@itda.ac.id
Editorial Address
https://ejournals.itda.ac.id/index.php/cakrawala/about/editorialTeam
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala
ISSN : 2964075X     EISSN : 29627281     DOI : dx.doi.org/10.28989
Core Subject : Science, Education,
CAKRAWALA Jurnal Ilmiah Bidang Sains merupakah wahana komunikasi ilmiah di bidang Sains yang mencakup lintas bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Pendidikan MIPA
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2024): Juni" : 5 Documents clear
Kemampuan literasi dan numerasi dengan CODA Rachmawati, Rachmawati
Cakrawala Vol 3, No 1 (2024): Juni
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/cakrawala.v3i1.2217

Abstract

Salah satu materi yang tepat untuk melatih kemampuan literasi dan numerasi matematika pada siswa SMP adalah sistem persamaan linier dua variabel atau SPLDV Selain itu, untuk menjadikan pembelajaran menarik dan menyenangkan menggunakan permainan pada media CODA. Penelitian dan Pengembangan dilaksanakan di SMPN 2 DAU SATU ATAP. Subyek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Dau Satu Atap kelas VIII. Objek dalam penelitian dan pengembangan adalah media CODA. Instrumen adalah lembar validasi materi, lembar tes dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, validasi ahli dan tes. Prosedur pengembangan menggunakan model 3D yaitu Define, Design dan Develop. Berdasarkan hasil analisis penilaian media CODA materi SPLDV oleh validator diperoleh skala 3,6 dengan kriteria valid. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil angket respon siswa, penilaian media CODA pada materi SPLDV memenuhi kriteria praktis karena mendapat respon baik dari siswa yaitu 2,92. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mempunyai nilai praktis dan layak digunakan
Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi pecahan pada kelas V Sekolah Dasar dengan tahapan newman Pratama, Surya Adi; Nuraini, Ni Luh Sakinah; Mas’ula, Siti
Cakrawala Vol 3, No 1 (2024): Juni
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/cakrawala.v3i1.2018

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan pada siswa sekolah dasar. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah operasi hitung pecahan. Materi pecahan seringkali ditulis menggunakan bentuk masalah matematika atau soal cerita. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis kesalahan Newman untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan materi operasi hitung pecahan. Tujuan dalam penelitian ini untuk menemukan kesalahan dan faktor kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran / mixed-method. Penelitian dilakukan di SDN Model Kota Malang. Hasil penelitian ditemukan bahwa lebih dari 50% siswa masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama pada tahap penulisan jawaban akhir yang bisa dikategorikan sebagai kesalahan tinggi dengan persentase kesalahan 74,52%
Pengembangan bahan ajar papan SPLDV berbasis probing prompting dalam pembelajaran matematika Napfiah, Siti; Maulita, Ruli
Cakrawala Vol 3, No 1 (2024): Juni
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/cakrawala.v3i1.2142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar papan SPLDV berbasis probing prompting pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Bahan ajar merupakan hal yang penting bagi pendidik dan siswa dalam menciptakan proses belajar. Model pembelajaran probing prompting adalah model pembelajaran dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali gagasan siswa, sehingga dapat mengetahui proses berpikir siswa dalam mengaitkan pengetahuan dan pengalaman siswa dengan pengetahuan baru yang dipelajari. Model pembelajaran probing prompting digunakan untuk menggali kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementasikan, dan evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan lembar angket respon siswa. Hasil validasi dinilai baik dengan kategori valid. Hasil analisis data angket menunjukkan presentase dengan rata rata 80% dengan kategori efektif. Bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria efektif, keefektifan bahan ajar ini dibuktikan dengan ketertarikan dan kemudahan siswa menggunakan bahan ajar ini.
Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan ditinjau berdasarkan kemampuan siswa Napfiah, Siti; Zahira, Revira Cahaya
Cakrawala Vol 3, No 1 (2024): Juni
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/cakrawala.v3i1.2159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita pada materi himpunan ditinjau berdasarkan kemampuan siswa bagisiswa SMP kelas XI. Indikator kesulitan pada penelitian ini adalah kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan mengingat materi, kesulitan menentukan rumus. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari tiga siswa kelas XI dari SMPN 2 Beji, yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan masih ada siswa yang belum bisa menyelesaikan soal cerita materi himpunan, penyebab kesulitan tersebut dikarenakan siswa tidak menguasai materi himpunan dan siswa cenderung lupa dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya. Siswa juga tidak teliti dalam memahami soal sehingga siswa belum mampu menyelesaikan soal dengan tepat. Siswa juga belum mampu mengubah soal yang diberikan ke dalam model matematika. Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut dapat melakukan proses pembelajaran seperti  penerapan soal pada kehidupan nyata, lebih memerhatikan tingkat penguasaan materi siswa, melakukan sedikit tes kepada siswa yang belum paham.
Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi Sulistyorini, Yunis; Sumajaya, Adi Sintya
Cakrawala Vol 3, No 1 (2024): Juni
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/cakrawala.v3i1.2200

Abstract

Pembelajaran literasi dan numerasi di dalam kelas membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang dalam meningkatkan pembiasaan literasi dan numerasi dalam diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran literasi dan numerasi yang terintegrasi dengan nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Media permainan ular tangga dikembangkan dengan memanfaatkan suatu software aplikasi. Validator memberikan penilaian terhadap media permainan ular tangga dengan rata-rata secara keseluruhan aspek penilaian sebesar 91,67%. Berdasarkan hasil validasi dinyatakan valid dan berdasarkan uji keterbacaan, media dinyatakan praktis. Sehingga media permainan ular tangga layak digunakan untuk pembelajaran literasi dan numerasi yang terintegrasi. Pengembangan media pembelajaran ini diterapkan dengan Taksonomi Bloom untuk mendukung pengembangan kemampuan literasi dan numerasi siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 5