cover
Contact Name
Dodi Pramana
Contact Email
dodipramana@unimed.ac.id
Phone
+6281376717002
Journal Mail Official
judika_adp@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
ISSN : 23017813     EISSN : 28305590     DOI : https://doi.org/10.24114/judika.v11i2
Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran modern. JUDIKA menerima artikel di bidang (tidak terbatas pada) administrasi umum, pendidikan, manajemen, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan lain-lain .
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran" : 9 Documents clear
MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI T.A 2016/2017 Santy, Nurliza; Armayanti, Nelly
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v8i2.14531

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Coorperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horaypada siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-2 (Eksperimen I) yang berjumlah 30 orang dan X AP-3 (Eksperimen II) yang berjumlah 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 79,33 dengan standar deviasi sebesar 8,88. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 74,00 dengan standar deviasi 7,81. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 -2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2.550 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2.550 > 1,671) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran Coorperative Integrated Reading And Composition (CIRC)lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 48,33% daripada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horaydengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 42,12% pada mata pelajaran administrasi perkantoran Kelas X AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2016/2017.
DAMPAK ANALISIS PEKERJAAN TERDAHAP MANAJERIAL GENERASI BARU INDONESIA SUMATERA UTARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA Armayanti, Nelly; Nurhasanah, Ayu; Pratami, dinda
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47864

Abstract

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner. Peneliti menggunakan 3 responden sebagai sampel. Proses penyebaran kuesioner dilakukan dengan memberikan kuesioner 11 terhadap responden yang menjabat sebagai anggota BPH GenBI SUMUT secara online melalui google from dengan menggunakan teknik Self-Administered Questionnaires. Tujuan penelitian ini untuk bagaimana dampak analisis pekerjaan dan peran manajerial terhadap peningkatan kualitas kinerja. Teknik penentuan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini bersifat tidak acak (non-random sampling) yaitu dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil angket yang telah disebar juga didapat informasi bahwa uraian jabatan dan spesifikasi jabatan pada organisasi GenBI Sumatera Utara sudah berjalan sesuai dengan harapan, dan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.
Analisis Motivasi Kerja Karyawan Pada PT Reksa Madani Candradimuka (Sertifikasiku) Alfianty, Resya; Wiradendi Wolor, Christian; Marsofiyati, Marsofiyati
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Menganalisa motivasi kerja karyawan pada PT Reksa Madani Candradimuka (Sertifikasiku), (2) Mengetahui faktor-faktor internal motivasi kerja karayawan PT Reksa Madani Candradimuka (Sertifikasiku), (3) Mengetahui factor-faktor eksternal motivasi kerja karyawan PT Reksa Madani Candradimuka (Sertifikasiku).Permasalahan yang dihadapi pada PT Reksa Madani Candradimuka (Sertifikasiku) adalah masih kurangnya proses pemberian motivasi kepada karyawan yang dapat menurunkan kinerja karyawan terhadap perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perusahaan harus mengambil langkah yang tepat untuk memberikan motivasi yang ada didalam diri karyawan agar kinerja kerja mereka semakin meningkat dan tujuan perusahaan dapat tercapai. Pihak manajemen harus segera melakukan pemberian motivasi yang baik dan benar, seperti memberikan gaji yang sesuai dengan pembagian tugas atau posisi karyawan, pemberiian insentif, memberikan apresiasi atas usaha kerja karyawan karena berhasil mencapai target perusahaan, menjalin hubungan yang baik antar pimpinan dan karyawan.Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa motivasi kerja sangat berkaitan langsung dengan kinerja karyawan. motivasi kerja yang dirasakan oleh karyawan dapat menurunkan kinerja ataupun meningkatkan kinerja karyawan. Karyawan yang merasa puas dengan pekerjaan yang diperoleh akan termotivasi untuk meningkatkan kinerja sehingga akan berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan atau organisasi secara keseluruhan.
Analisis Pengembangan Kualitas Karyawan Pada PT Era Supplies Indonesia Rahmadhani, Destin Ayu; Wiradendi Wolor, Christian; Marsofiyati, Marsofiyati
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47917

Abstract

Pada setiap instansi atau perusahaan tentunya memerlukan adanya karyawan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuannya dalam melakukan pekerjaannya. Salah satunya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menunjang itu semua yaitu dengan melakukan pengembangan kualitas karyawannya. Penelitian ini yaitu mengenai Analisis Pengembangan Kualitas Karyawan pada PT Era Supplies Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui apa yang dilakukan perusahaan dalam melakukan pengembangan kualitas karyawan pada PT Era Supplies Indonesia, (2) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh PT Era Supplies Indonesia dalam pengembangan kualitas karyawan, (3) untuk mengetahui implikasi dari penerapan strategi pengembangan kualitas karyawan pada PT Era Supplies Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode kuesioner dan bertujuan untuk memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data. informan penelitian ini berdasarkan lamanya mereka yang bergabung kedalam PT Era Supplies Indonesia. Hal ini ditetapkan dengan pertimbanagan bahwa baru atau lamanya bergabung akan memberikan data yang bervariasi bagi peneliti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya pengembangan kualitas karyawan di PT Era Suppies Indonesia sangat berpengaruh bagi keberlangsungan perusahaan. Saran terhadap PT Era Supplies Indonesia untuk selalu update dengan program-program menyangkut kinerja karyawan pada umumnya agar tidak tertinggal dengan perusahaan yang lain. Untuk proses learning and development harus diadakan secara berkelanjutan hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi ketimpangan antara karyawan lama dan karyawan baru. Penyampaian evaluasi kinerja karyawan bulanan kepada tiap-tiap karyawan agar menjadi acuan untuk bekerja lebih baik.
Analisis Penyimpanan Arsip Pada PT. Bank Jatim Cabang Jakarta Bimantaro, Kayla Luna; Wiradendi Wolor, Christian; Marsofiyati, Marsofiyati
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47918

Abstract

Sistem kearsipan yang baik ialah sistem yang mudah dilaksanakan, sehingga tidak menimbulkan kesulitan, baik dalam penyimpanan, maupun pengambilan arsip. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penyimpanan dokumen agar dapat meningkatkan efektivitas kerja, untuk mengetahui efektivitas kerja dapat berjalan dengan lancar jika penyimpanan dokumen dilakukan menggunakan sistem elektronik. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian dengan membandingkan teori-teori yang ada dengan kenyataan dilapangan, lalu menganalisanya dalam bentuk verbal. Sedangkan, dalam pengumpulan data-data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumen instansi, serta analisis data mulai dari pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan mengenai efektivitas pengelolaan arsip pada PT. Bank Jatim Cabang Jakarta dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengelolaan arsip yang dilakukan di PT. Bank Jatim Cabang Jakarta meliputi penyimpanan, peminjaman, penemuan kembali, pemeliharaan, dan penyusutan arsip, Penyimpanan arsip di Bank Jatim Cabang Jakarta menggunakan sistem tanggal. Di dalam menyimpan arsip, petugas arsip memisahkan arsip aktif dan ars ip inaktif agar tidak bercampur menjadi satu, Penemuan kembali arsip di Bank Jatim Cabang Jakarta menggunakan tanggal surat yang merujuk pada buku agenda dan mencari surat berdasarkan indeks.
Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021 Nabila, Rana; Mutmainnah, Sri; Pramana, Dodi
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47920

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah keterampilan mengajar guru danĀ  media pembelajaran e-learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 64 siswa, yang dimana seluruh populasi merupakan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, penyebaran kuesioner angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir kuesioner ini menggunakan rumus korelasi Product Moment, reliabilitas dilakukan uji menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, analisis Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20 menunjukkan hasil regresi berganda diperoleh Y = 24,148 + 0,427 X1 + 0,277 X2 + e. Hasil uji t menunjukkan Keterampilan Mengajar Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar (Y) dengan perolehan nilai thitung 3.897 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 . Kemudian Media Pembelajaran E-learning (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan perolehan thitung 2.985 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,004 < 0,05,. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,326 atau 32,6% variabel X memengaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. dari hasil penelitian maka dibuktikan bahwa Keterampilan Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021.
Analisis Penerapan SOP Surat Masuk pada Arsip Nasional Republik Indonesia Rafli, Muhammad
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47922

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Arsip Nasional Republik Indonesia, yang bertujuan untuk mengetahui penerapan SOP surat masuk pada Subbagian Arsip Dinamis Arsip Nasional Republik Indonesia dan mengetahui apakah penerapan SOP tersebut telah terlaksana dengan optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui studi observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling dengan berjumlah 4 partisipan.Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan surat masuk pada Subbagian Arsip Dinamis Arsip Nasional Republik Indonesia masih ada yang belum sesuai dengan SOP yang berlaku. Terdapat Pencatatan Buku Agenda yang berantakan, file cabinet yang tidak diberikan indeks dan unit penindak lanjut, serta perlengakapan pendistribusian yang kurang memadai. Dengan demikian diperlukannya fasilitas atau perlengkapan yang memadai dalam proses pendistribusian, pendidikan dan pelatihan terhadap pegawai dalam pengelolaan surat masuk, serta melakukan pengawasan terhadap kegiatan pengelolaan surat masuk.
Analisis Teknologi Pengarsipan pada PT. BPR Mitra Ekonomi Andalas Ramadhan, Fani Sesaria; Rachmadania, Rizki Firdausi
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem pengelolaan kearsipan di PT BPR Mitra Ekonomi Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara.
PENGARUH PERENCANAAN, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK BRI MEDAN PUTRI HIJAU Listy, Amanda Eka; Napitupulu, Wulan Fretty; Silalahi, Yessica Retris
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v12i1.47951

Abstract

Perencanaan, pelatihan dan pengembangan karir merupakan faktor terpenting dan sangat mempengaruhi kinerja karyawan, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis perencanaan karir, pelatihan dan pengembangan karir PT. Bank BRI Medan Puti Hijau. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif yang menunjukan bahwa perencanaan karir, pelatihann dan pengembangan karir memiliki pengaruh yang sangat positif dan signifikan terhadap kinerja kayawan PT. Bank BRI Medan Putri Hijau.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modren Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Modren Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 4 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 4 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 4 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 4 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 4 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern More Issue