cover
Contact Name
Joko Suratno
Contact Email
joko_unkhair@yahoo.co.id
Phone
+6281340749358
Journal Mail Official
joko_unkhair@yahoo.co.id
Editorial Address
Perumahan Green House, RT/RW: 010/005, Kelurahan Jambula
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru Matematika
Published by Universitas Khairun
ISSN : -     EISSN : 25796305     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Guru Matematika (JPGM) merupakan jurnal pada bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun. Jurnal ini menyediakan forum publikasi penelitian dalam pembelajaran matematika untuk seluruh jenjang pendidikan. Artikel-artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian berfokus pada topik yang berhubungan dengan aspek teoretis, pedagogis, metodologis, dan filosofis pendidikan matematika. JPGM mengutamakan penelitian yang mempromosikan pengetahuan, gagasan, metode, dan epistemologi baru pada bidang pendidikan matematika. JPGM terbit setiap 4 bulan sekali, yaitu bulan Januari, Mei, dan September.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): Januari" : 9 Documents clear
Kover, Dewan Redaksi, Daftar Isi, Vol. 4 No.1, Januari 2024 Penyunting, Ketua Dewan
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7291

Abstract

Kover, Dewan Redaksi, Daftar Isi, Vol. 4 No.1, Januari 2024
Desain Flipped Classroom Berbasis Teknologi Sebagai Suatu Alternatif dalam Pembelajaran Secara Online Ishak, Hasriani; Suratno, Joko; Ardiana, Ardiana
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7278

Abstract

Artikel ini merupakan study literatur  untuk meneliti tentang masalah pembelajaran matematika   secara online . Hal ini merupakan suatu langkah yang diambil guna mencari suatu alternatif model pembelajaran Matematika secara online  yang meyenangkan bagi siswa . Dalam hal ini dibutuhkan suatu sistem pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membutuhkan waktu tatap muka yang lama. Beberapa pemanfaatan teknologi yang dianggap penting dalam pembelajaran online, terutama dalam bidang matematika adalah diantaranya sistem pembelajaran dengan menggunakan video visual dalam penyampaian materi pada proses pembelajaran dan penggunaan aplikasi matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif  dengan bentuk studi literatur. Dari beberapa artikel penelitian sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa  penyampaian materi dengan metode Flipped classroom menggunakan video  atau  menggunakan aplikasi dalam pembelajaran matematika, dapat membantu  siswa dalam memahami  materi matematika secara online.
Pembelajaran Berbasis Komputer: Kategori, Teori Pembelajaran Pendukung, Kelebihan, dan Kekurangannya Suratno, Joko; Wahyudi, Dahlan; Muchsin, Sitti Busyrah; Tonra, Winda Syam
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7287

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan beberapa karakteristik pembelajaran berbasis komputer melalui kajian pustaka. Bagian pertama membahas beberapa kategori pembelajaran berbasis komputer, yaitu drill-and-practice, tutorial, problem solving, simulation, inquiry, electronic performance support system, testing, and programming. Tambahan penjelasan makna interaktif yang sering disematkan dalam pembelajaran berbasis komputer dibahas pada bagian kedua. Bagian ketiga, membahas empat macam teori pembelajaran yang berhubungan dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, yaitu: behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan sosial konstruktivisme. Bagian terakhir membahas kelebihan dan kelemahan pembelajaran berbasis komputer.
Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa MAN Insan Cendekia Halmahera Barat dalam Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Sapsuha, Ariqah Rif’at Rafilah; Fatimah, Fatimah; Moniy, Yulita R
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7284

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis masalah yang dihadapi oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika  dalam kaitannya dengan kemampuan berliterasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif dalam ruang lingkup penelitian kualitatif dengan melibatkan 25  mahasiswa sebagai calon subjek. Subyek yang dijelaskan dipilih dengan memberikan tugas yang berkaitan dengan masalah system Persamaan Linear. Data diperoleh dari lembar jawaban subjek saat melakukan Tes, hasil wawancara berbasis quesioner  dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara retrospektif dengan menggabungkan lembar jawaban, think aloud, hasil wawancara dan catatan lapangan dengan mengacu pada konsep Literasi. Peneliti memperoleh bahwa kemampuan literasi matematis siswa MAN IC Halmahera Barat masih tergolong rendah yang disebabkan oleh kurangnya minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap materi matematika pada umumnya dan Siswa belum terbiasa menyelesaikan soal matematika terapan yang mengandung aspek literasi matematis serta siswa tidak menguasai  konsep matematika dengan baik.
Optimalisasi Prestasi Belajar Matematika pada Materi Fungsi Eksponen dan Logaritma dengan Menerapkan Metode Kooperatif Learning pada Siswa Kelas X-MIA Waitira, Yesih Marice
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7279

Abstract

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain.  Siswa juga perlu menyelesaikannya, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan metode kooperatif learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika, (2) Bagaimanakah prosedur penggunaan metode kooperatif learning yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode kooperatif learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika, (2) Untuk menemukan prosedur penggunaan metode kooperatif learning yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak empat pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Dan sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA SMA Swasta Kristen DOBO, Kabupaten Kepulauan Aru. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan kegiatan belajar mengajar. Dan dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, Siklus I pertemuan pertama (50,61 %), Siklus I Pertemuan kedua (56,80 %), dan pada Siklus II pertemuan pertama (61,73 %) dan pertemuan kedua (72,88 %). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Kooperatif learning yang dipadukan dengan Model STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar Siswa X-MIA SMA Swasta Kristen DOBO, Kabupaten Kepulauan Aru Tahun Pelajaran 2022 - 2023. Selain itu juga, model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative yang sangat membantu guru pada pembelajaran di kelas.
Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Komposisi Rifai, Riswan; Abdullah, In Hi; Suharna, Hery
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profil kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi. Dalam hal ini siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. pendekatan ini digunakan untuk mengungkap profil kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi. Metode yang digunakan yaitu think out load yaitu siswa mnengerjakan soal tes kemampuan koneksi matematis (TKKM) sambil berbicara. Kemudian siswa diwawancarai untuk memeperoleh infurmasi lebih dalam terkait dengan profil kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi. Teknik analisis data yang dgunakan dalam penelitian ini adalah Transkrip data, Kategorisasi data, Reduksi data, Triangulasi data, Telaah data/Interpretasi data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian profil kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi sebagai berikut: (I) siswa berkemampuan matematika tinggi FS-1 antara lain: (1)Siswa memahami masalah dengan memahami hubungan antar topik matematika,(2) Siswa merencanakan strategi penyelesaian dengan menerapkan konsep dan prosedur yang diperoleh dari situasi baru,(3)Siswa melaksanakan penyelesaian masalah dengan menggunakan keterkaitan konsep dengan algorima dan operasi hitung dalam menyelesaikan masalah.(4) Siswa  mameriksa kembali jawaban dengan memperhatikan setiap langkah-langkah dan prosedur sesuai dengan syarat kemampuan koneksi matematis; (II)Siswa berkemampuan matematika sedang SS-3 antar lain: (1) Siswa memahami masalah dengan memahami hubungan antar topik matematika, (2)Siswa merencanakan strategi penyelesaian dengan menerapkan konsep dan prosedur yang diperoleh dari situasi baru, (3)Siswa belum bisa melaksanakan penyelesaian masalah dengan menggunakan keterkaitan konsep dengan algoritma dan operasi hitung dalam menyelesaikan masalah, (4) Siswa  memeriksa kembali jawaban dengan kurang teliti memperhatikan setiap langkah-langkah dan prosedur sesuai dengan syarat kemampuan koneksi matematis; (III)Siswa berkemampuan matematika rendah TS-5 antar lain: (1) Siswa memahami masalah dengan memahami hubungan antar topik matematika, (2)Siswa belum mampu merencanakan strategi penyelesaian dengan menerapkan konsep dan prosedur yang diperoleh dari situasi baru, (3) Siswa belum mampu melaksanakan penyelesaian masalah dengan menggunakan keterkaitan konsep dengan algoritma dan operasi hitung dalam menyelesaikan masalah, (4) Siswa  memeriksa kembali jawaban dengan kurang teliti memperhatikan setiap langkah-langkah dan prosedur sesuai dengan syarat kemampuan koneksi matematis. 
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Segitiga Sigui, M. Risal; Angkotasan, Nurma; Hamid, Hasan
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi segitiga dan (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi segitiga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desing. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 15 Halmahera Utara yang terdiri dari dua kelas yakni VII-1 dan VII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampling purposive. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung 8,586 lebih kecil dari ttabel 2,045, dengan α = 0,025 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching setelah diterapkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi segitiga. Hasil analisis deskriptif dengan menggunakan rumus N-gain dan interpretasi dari gain ternormalisasi bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi segitiga peningkatan dengan interpretasi tinggi.
Eksplorasi Etnomatematika Suku Gorap dalam Mendesain Sayap Perahu Bagang Saidi, Soleman; Waliyanti, Ida Kurnia; Nani, Karman La
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7289

Abstract

Etnomatematika menjadi topik yang selalu menarik dan penting untuk dikaji sebagai bentuk apresiasi peneliti terhadap budaya lokal yang selama ini sudah mulai ditinggalkan karena kemajuan teknologi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan unsur-unsur etnomatematika pada desain perahu Bagang yang difokuskan pada ukuran dan bentuk penyeimbang perahu. Jenis penelitian adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya unsur-unsur etnomatematika pada desain bagian sayap perahu Bagang berupa geometri, konsep garis, hubungan antar sudut dan konsep perbandingan.
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Garis dan Sudut Sau, Yulius Yusri Tandi
Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol 4, No 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpgm.v4i1.7282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membandingkan Efevektifitas antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Garis Dan Sudut Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 6 Nabire. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design dengan jenis Posttest - Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 6 Nabire. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) Sedangkan pada kelas eksperimen kedua menggunakan Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Data dikumpulkan melalui tes akhir terhadap model pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif digunakan dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Page 1 of 1 | Total Record : 9