cover
Contact Name
Muhammad Syauqi
Contact Email
muhammadsauqi1992@gmail.com
Phone
+6281256565506
Journal Mail Official
muhammadsauqi1992@gmail.com
Editorial Address
Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura Jl. Perwira Tanjung Rema, Sungai Sipai, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan 70613
Location
Kab. banjar,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA)
ISSN : 29642477     EISSN : 27213846     DOI : http://dx.doi.org/10.58791/ekobis
Core Subject : Economy,
Jurnal ilmiah yang terbit dua kali setahun, Januari – Juni dan Juli – Desember. Memuat tulisan yang diangkat dari hasil telaahan dan kajian analitis-kritis maupun dari hasil penelitian dalam bidang Ekonomi dan Bisnis Islam atau Konvensional.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 01 (2021): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA" : 6 Documents clear
PERAN HOME INDUSTRI KUE BAWANG HJ. JUWAIKHAIRIYAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PASAYANGAN KECAMATAN MARTAPURA Nur Mahdiati
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA) Vol 2, No 01 (2021): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA
Publisher : IAI Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/ekobis.v2i01.400

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya home industri yang merupakan wadah bagi sebagian besar masyarakat yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan andil besar serta menduduki peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya di desa Pasayangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran home industri kue bawang Hj. Juwaikhairiyah dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap peranan home industri tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Pasayangan kecamatan Martapura kota perspektif ekonomi Islam.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah kualitatif. Karena mengandalkan hasil wawancara pada pemilik home industri kue bawang Hj. Juwaikhairiyah. Subjek dalam penelitian ini yaitu Ibu Hj. Juwaikhairiyah selaku pemilik home industri kue bawang. Data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, dengan teknik penyajian dan analisis data.Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran home industri ini adalah membantu perekonomian keluarga, mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan tinjauan ekonomi Islam, bahwa home industri kue bawang Ibu Hj. Juwaikhairiyah sejalan dengan syariat IslamKata Kunci : Home Industri, Hj. Juwaihkairiyah, Kesejahteraan
PENGARUH PROMOSI DAN PRODUK TABUNGAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DI KELURAHAN KEMUNING KOTA BANJARBARU Rohimah Rohimah; Fahmi Al Amruzi; Rusdiana Rusdiana
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA) Vol 2, No 01 (2021): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA
Publisher : IAI Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/ekobis.v2i01.401

Abstract

Bank Syariah merupakan bank yang beroprasi dengan prinsip-prinsip   syariah Islam. Didalam oprasinya bank syariah mengikuti aturan-aturan Al-qur’an, Hadist dan regulasi dari perintah. Sesuai dangan perintah dan larangan syariah, maka praktek-praktek yang mengandung unsur riba dihindari, sedangkan yang diikuti adalah praktik-praktik bisnis yang dilakukan di zaman Rasulullah. Berdasarkan kenyataan demikian, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat dan produk tabungan berpengaruh terhadap minat masyarkat di Kelurahan Kemuning Kota Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat, dan apakah produk tabungan berpengaruh terhadap minat masyarakat. Dalam penelitian ini pula penulis menggunakan sampel probability, yang menggunakan metode simple random sampling, untuk menggali data dengan menggunakan kuesioner yang telah di sediakan jawabannya sehuingga responden tinggal memilih. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui Penagruh Promosi dan Produk Tabungan Terhadap Minat Masyarakaat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Kelurahan Kemuning Kota Banjarbaru, responden dalam penelitian ini berjumlah 99 orang. Kata kunci: Promosi, Produk Tabungan, Minat Masyarakat.
ANALISIS PENERAPAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) AL-KAROMAH MARTAPURA Siti Hapsoh
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA) Vol 2, No 01 (2021): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA
Publisher : IAI Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/ekobis.v2i01.402

Abstract

Penelitian yang berjudul “ Analisis Penerapan Pembiayaan Mudharabah Pada Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Al-Karomah Martapura , ini merupakan hasil penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana penerapan pembiayaan Mudharabah di BMT Al-Karomah Martapura. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pihak-pihak dari BMT Al-Karomah Martapura, Hasil Dari penelitian ini adalah bahwa akad Mudharabah yaitu dimana BMT sebagai pemilik dana (shahibul maal) melakukan kerjasama dengan pihak nasabah (mudharib) yang memiliki keahlian untuk mengelola usaha yang produktif dan halal dan pembagian hasil keuntungan dari usaha dilakukan sesuai nisbah yang disepakati bersama.Kata kunci : Analisis, Mudharabah, Penerapan, Pembiayaan 
BISNIS JUAL BELI TANAM PORANG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DI KABUPATEN BALANGAN Nor Hasanah; Muhammad Sauqi
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA) Vol 2, No 01 (2021): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA
Publisher : IAI Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/ekobis.v2i01.398

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam pelaksanaan jual beli harus memperhatikan aturan yang telah ditetapkan dalam Islam, sehingga dalam mencari profit atau keuntungan, tidak dilakukan dengan menghalalkan segala macam cara. Kejujuran menjadi suatu hal yang harus diperhatikan dan penipuan atau manipulasi harus dihindari, kejujuran menyangkut dengan barang yang diperjual belikan. Maka peneliti ini memfokuskan Bagaimana Sistem Bisnis Jual Beli Tanaman Porang Dalam Perspektif Etika Bisnis Ekonomi Islam Di Kabupaten Balangan dan Bagaimana Tinjauan Bisnis Jual Beli Tanaman Porang Dalam Perspektif Etika Bisnis Ekonomi Islam Di Kabupaten Balangan. Penelitian Ini Bersifat Penelitian Lapangan Field Research Adalah Sumber Data Yang Diperoleh Dengan Terjun Langsung Mencari Data Ke Obyek Penelitian Agar Mendapatkan Data Yang Kongkrit Yang Berkaitan Dengan Masalah Yang Diteliti., Karena Dalam Penelitian Ini Peneliti Terjun Langsung Ke Lapangan Untuk Memperoleh Data-Data Yang Konkrit Mengenai Potensi Peningkatan Ekonomi Melalui Bisnis Jual Beli Tanaman Porang Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kabupaten Balangan. Berdasarkan hasil penelitian lebih baiknya lagi jika pembeli ingin membeli porang ke petani porang dijelaksan apa itu sistem rafaksi, karena tidak semua orang paham dengan apa itu sistem rafaksi apalagi sebagian orang juga tidak tahu tanaman porang itu seperti apa, dan alangkah baiknya lagi porang ini lebih dikembangkan atau dibudidayakan lagi agar banyak masyarakat yang tau dan ingin berkebun porang, karena manfaat porang yang sangat bagus dan banyak.Kata Kunci : Bisnis Jual Beli, Tanaman Porang, Persfektif Etika Bisnis Islam
PENGARUH PENGGUNAAN FASILITAS MOBILE BANKING DAN AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH Mariatul Jannah
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA) Vol 2, No 01 (2021): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA
Publisher : IAI Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/ekobis.v2i01.403

Abstract

Di zaman globalisasi saat ini, yang ditandai dengan kemajuan perekonomian global yang dapat medorong pertumbuhan bisnis pada sektor jasa. Perbankan Syariah menyediakan fasilitas Mobile Banking dan ATM guna mencapai kepuasan nasabah. Dengan memperbaiki pelayanan tentang digitalis dan fasilitas perbankan agar kepuasan nasabah dapat meningkat secara maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif dan termasuk penelitian hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna Mobile Banking dan ATM Bank Syariah di Kecamatan Banjarbaru Utara yang jumlahnya tidak diketahui dengan menggunakan rumus Resceo untuk menentukan sampel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive dengan 40 responden sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Kata Kunci : ATM, Bank Syariah, Mobile Banking
PENGARUH ISLAMIC BRANDING, ENDORSEMENT DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM WARDAHBEAUTY Elma Elma; Yulida Mardini; Iin Muyasarah
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA) Vol 2, No 01 (2021): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA
Publisher : IAI Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/ekobis.v2i01.399

Abstract

Penggunaan kosmetik di Indonesia berkembang pesat. Salah satu merek kosmetik yang beredar di Indonesia adalah Wardah. Rumusan masalah yang peneliti ambil adalah : bagaimana pengaruh Islamic branding, Islamic endorsement dan kualitas produk secara bersamaan terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram yang mengikuti Instagram Wardahbeauty, bagaimana pengaruh Islamic branding terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram Wardahbeauty, bagaimana pengaruh Islamic endorsement terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram Wardahbeauty, dan bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram Wardahbeauty. Metode penelitian berupa metode Kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dan desain pengukuran menggunakan skala Likert. teknik analisis data menggunakan uji: Validitas, Reabilitas, Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, dan Hipotesis. Hasil penelitian menjukkan bahwa secara secara simultan variabel Islamic Branding, Islamic Endorsement dan kualitas produk mempengaruhi variabel minat beli secara signifikan, yang artinya 74,2% mempengaruhi minat beli followers Instagram Wardahbeauty dan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel di luar penelitian ini. Secara parsial ketiga variabel tersebut mempengaruhi variabel minat beli secara signifikan, apabila terjadi kenaikan nilai pada variabel-variabel tersebut sebanyak satu satuan, maka minat beli pada followers Instagram Wardahbeauty akan meningkat 29% pada variabel Islamic Branding, 14,4% pada variabel Islamic Endorsement, dan 53,6% pada variabel kualitas produk. Kata Kunci : Islamic Branding, Islamic Endorsement, Kualitas Produk, Minat Beli

Page 1 of 1 | Total Record : 6