cover
Contact Name
Fahrur Rozi
Contact Email
tamkasatuloh_83@unimed.ac.id
Phone
+6281361060828
Journal Mail Official
handayani_pgsd@unimed.ac.id
Editorial Address
Jalan Willem Iskandar Pasar V Kelurahan Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
ISSN : 23551739     EISSN : 24076295     DOI : https://doi.org/10.24114/jh
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan sebagai wadah untuk memfasilitasi Dosen, Guru, Praktisi Pendidikan, Peneliti, dan Mahasiswa dalam mempublikasikan hasil pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam penerbitan jurnal, terdapat proses review yang dilakukan oleh manajemen, reviewer, dan tim editor. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk cetak dan elektronik oleh program studi PGSD FIP UNIMED. Agenda Jurnal Handayani menjadi peran penting bagi PGSD FIP UNIMED, dalam mendorong inovasi pendidikan yang harmonis yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan regional, nasional dan global. Sesuai dengan kapasitasnya dan berpijak pada kepentingan nasional, jurnal ini diterbitkan sebagai wadah yang memfasilitasi komunitas Handayani khususnya Guru Besar Prodi PGSD FIP UNIMED untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 2: December 2023" : 18 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODULE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FLIP PROFESIONAL TEMAN 6 SUBTEMA 2 KELAS V SDS ADVENT 2 MEDAN Tambunan, Yuni Ashari; Perangin angin, Laurensia Masri
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.46437

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar e-module berbasis problem based learning berbantuan flip pdf professional. Metode penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas produk oleh ahli materi dan ahli media termasuk kategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas produk oleh guru termasuk kategori sangat praktis dan peserta didik termasuk kategori praktis. Hasil efektivitas dilihat dari hasil uji-t dengan pendekatan paired sample t test memperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 sehingga ditarik dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan.
PENGEMBANGAN MEDIA EXPLODING BOX POP UP BERBASIS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 1 PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN Siregar, Khofifah Alwiyah; Perangin angin, Laurensia Masri
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.47218

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media Exploding Box Pop Up berbasis model Team Games Tournament yang layak, praktis, dan efektfif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini memperoleh persentase skor kelayakan materi 94,6% termasuk dalam kategori œSangat Layak, dan memperoleh persentase skor kelayakan media 91% termasuk dalam kategori œSangat Layak. Selanjutnya persentas e skor kepraktisan dalam penelitian ini memperoleh skor 93% termasuk dalam kategori œSangat Layak, serta memperoleh persentase skor keefektifan media 84% termasuk dalam kategori œefektif.
PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS QR-CODE MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Harahap, Nahdah Faizah; Mailani, Elvi
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.47398

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media Exploding Box Pop Up berbasis model Team Games Tournament yang layak, praktis, dan efektfif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini memperoleh persentase skor kelayakan materi 94,6% termasuk dalam kategori œSangat Layak, dan memperoleh persentase skor kelayakan media 91% termasuk dalam kategori œSangat Layak. Selanjutnya persentas e skor kepraktisan dalam penelitian ini memperoleh skor 93% termasuk dalam kategori œSangat Layak, serta memperoleh persentase skor keefektifan media 84% termasuk dalam kategoriœefektif.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA PADA OPERASI HITUNGAN PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR Zulmi, Muhammad Arif; Mailani, Elvi; Tarigan, Daitin; Simanjuntak, Eva Betty; Manurung, Imelda Free Unita
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.47689

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ada, yaitu terdapat kesulitan dalam pemahaman konsep penerapan pembelajaran hitungan pecahan,kurangnyaya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika, kurangnya penggunaan dan inovasi media pembelajaran yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam memahami operasi hitungan pecahan terkhusus pada penjumlahan pecahan,selain itu hasil belajar matematika peserta didik di kelas V-B SDN 064966 Tegal Rejo. Medan juga rendah. Tujuan dari peneliti ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika terkhusus pada operasi hitungan pecahan berbasis macromedia yang layak, praktis, dan efektif digunakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, skala, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 16 peserta didik kelas V-A SDN 064966 Tegal Rejo, Medan. Hasil dari penilaian validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktikalitas menunjukkan bahwa media tersebut mendapatkan nilai 94%, 92%, dan 92% dengan kualifikasi sangat layak dan praktis untuk digunakan tanpa revisi. Hasil pree-test dan post-test yang dilakukan di kelas V-A menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media pembelajaran tersebut, terdapat 12 peserta didik yang belum tuntas dan hanya 4 peserta didik (42,7%) yang tuntas. Setelah menggunakan media tersebut, terdapat 13 peserta didik yang tuntas dan 3 peserta didik yang tidak tuntas (81,8%). Berdasarkan perhitungan tingkat ketuntasan kelas, media tersebut memiliki tingkat keefektifan sebesar 81,3%, yang dikategorikan sebagai sangat efektif dengan kriteria ketuntasan 81% - 100%.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBASIS WEB WORDWALL PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SDN 064966 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN T.A. 2022/2023 Aidana, Dita; Gandamana, Apiek
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.48299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai taraf  kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 dan subtema 1 pembelajaran 3 SDN 064966 Medan Perjuangan T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, meliputi tahapan Define (Pendefenisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Partisipan dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan, dan siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 subtema 1, Pembelajaran 3 masuk dalam kategori layak, praktis, dan efektif digunakan. Berdasarkan hasil kelayakan, produk tersebut memperoleh tingkat 84,77% dan dianggap layak. Hasil kepraktisan produk skor 88,75% dan dinilai sangat praktis, sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan mediaWordwall meningkat, dengan uji post 83,5%, memenuhi kriteria kelayakan dan keefektifan.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN Atika, Fitthriyah; Syafriani, Dewi
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.48717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan aktivitas belajar yang bervariasi pada materi ikatan kimia serta mengetahui apakah ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan sampel yang digunakan adalah kelas X-5 (kelas ekserimen I) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz dan X-8 (kelas ekserimen II) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Nearpod. Dalam penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan berganda sebagai instrument tes dan lembar observasi sebagai instrument non-tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan ANOVA two way Univariate dengan hasil penelitian pada media pembelajaran diperoleh hasil sebesar 0,007 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Pada aktivitas belajar yang bervariasi diperoleh hasil sebesar 0,003 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan aktivitas belajar yang bervariasi. Kemudian, pada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar diperoleh hasil sebesar 0,19 > α (0,005) sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, yang artinya tidak ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI MAN 2 MODEL MEDAN Nasution, Nita Nazelina; Syafriani, Dewi
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.48718

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi  Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa  Pada Materi Struktur Atom  Di Man 2 Model Medan. Penelitianginin bertujuan untuko mengetahuim perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran dan motivasi belajar yang bervariasi pada materi struktur atom, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap nilai hasil belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xdi MAN 2 Model Medan yang berjumlah 22 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling.  Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X P sebagai kelas eksperimen 1 dengan model Project Based Learning (PJBL) dan kelas X L sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model Learning Cycle 7E. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan two way ANOVA Univariate dengan taraf signifikan 5% (0,05) apabila diperoleh hasil uji hipotesis < (0,05) maka Ha diterima. Berdasarkan hasil pada model pembelajaran bervariasi diperoleh sig 0,000 < (0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran bervariasi. Pada motivasi belajar bervariasi diperoleh sig 0,013 < α (0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang bervariasi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECAKAPAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN Widyanti, Putri; Syafriani, Dewi
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.48728

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecakapan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 7 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran dan kemampuan komunikasi yang berbeda pada materi Kesetimbangan Kimia, serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan kelas XI MIPA-3 sebagai kelas eksperimen pertama yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas XI MIPA-4 sebagai kelas eksperimen kedua yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Desain faktorial 2x3 digunakan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ANOVA Univariate dua arah dengan taraf signifikansi 5% (0,05), dan Ha diterima jika hasil uji hipotesis yang dihasilkan < (0,05). Berdasarkan nilai sig yang diperoleh dari model pembelajaran yang berbeda sebesar 0,048 < (0,05), Ha diterima dan H0 ditolak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang berbeda. Hasil sig sebesar 0,000 < (0,05) pada kecakapan komunikasi yang bervariasi, maka Ha diterima dan H0 ditolak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan komunikasi yang bervariasi. Hasil sig dari interaksi model pembelajaran dan kemampuan komunikasi sebesar 0,093 > (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak yang menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Kesetimbangan Kimia.
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Roaidah, Roaidah; Muhammad, Idris; Budi, Irawan David
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.48745

Abstract

Discovery learning adalah metode pemahaman konsep, makna, dan hubungan melalui proses intuitif, yang pada akhirnya sampai pada suatu kesimpulan. media power point interaktif ini cocok digunakan dan dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan dalam pembelajaran pada hasil belajar IPS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IPS merupakan salah satu mata pelajaran terpadu di sekolah dasar yang menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari.Ilmu-ilmu sosial yang memegang peranan penting bagi peserta didik dalam kedudukannya dalam pergaulan di lingkungan keluarga, sekolah dan sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui Adakah pengaruh model Discovery learning berbantuan media Power point interaktif pada hasil belajar IPS siswa kelas IV?. Subjek penelitian kelas IV A di SDN 35 Talang Kelapa. Jenis penelitian ini yaitu quasy experiment dengan design one group pretest posttest design.hasil penelitian terlihat setelah dilakukan pretest, treatment, post test pada kelompok eksperimen dan kelas control sehingga dapat didapat hasil perhitungan œPaired Sampel Test di atas, diketahui nilai Sig. (2-Tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05, maka dalam hal ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar Pretest dengan Posttest yang artinya terdapat pengaruh penggunan model Discovery Learning berbantuan Media Power Point Interaktif Pada hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar.
PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 136 PALEMBANG Monika, Lisa; Djunaidi, Djunaidi; Heldiyani, Eni
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol. 14 No. 2: December 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jh.v14i2.48766

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Desain œPottest-Only Control Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 sjkjhiswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan dari hasil posttest dikelas eksperimen yang diberikan perlakuan pemberian reward memperoleh nilai rata-rata 75,51 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 55,89 Serta melalui pengujian hipotesis dengan uji t atau independent sampel T-test diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 dan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (4,875)> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,003) yang bearti 𝐻𝑜 di tolak dan 𝐻𝑎 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang.

Page 1 of 2 | Total Record : 18